Apa itu Blogger? Lalu Bagaimana Cara Menjadi Blogger?

Tahukah Anda Apa itu Blogger? Apakah kamu termasuk yang hobi menulis?

Jika iya, pastinya kamu akan akrab dengan kata blogger. BWologger adalah termasuk sebuah julukan untuk seseorang yang menulis di blog.

Tetapi, sudah tahukah kamu fakta-fakta lain mengenai blogger, termasuk keuntungan menjadi blogger hingga cara-cara menjadi blogger?

Nah, supaya kamu semakin familiar dengan profesi satu ini, simak yuk ulasannya berikut.

Apa itu Blogger?

Sebelum mengenal jauh tentang pengertian blogger, alangkah baiknya jika terlebih dahulu kamu mengetahui apa itu blog. Blog merupakan suatu platform yang dapat dipakai oleh penggunanya untuk menulis.

Menulis di sini bisa apa saja bergantung pada kebutuhan dan keinginan dari pengguna blog. Entah itu berhubungan dengan tips dan tricks, informasi mengenai sesuatu bidang, cerita fiksi, dan lainnya.

Lalu pertanyaanya Apa itu Blogger?

Blogger adalah Seseorang yang rutin meluangkan waktunya untuk menulis di blog..

Orang-orang yang menjadi blogger tidak terbatas hanya pada kalangan tertentu. Bahkan, mulai dari remaja hingga orang tua yang memang mempunyai ketertarikan dengan dunia tulis menulis juga bisa menunggah tulisannya di blog. Jadi, siapapun bisa menjadi blogger tanpa memandang usia, asalkan mempuyai ketertarikan untuk menulis.

Untuk bisa menulis di blog, tentunya setiap blogger membutuhkan koneksi internet dikarenakan blog sendiri diciptakan berkat adanya internet.

Mengingat aktivitas blogging baru ada sejak munculnya internet dan layanan blog, mungkin kamu juga bertanya-tanya siapa sebenarnya orang yang menjadi blogger pertama kali.

Menurut sejarahnya, Justin Allyn Hall atau Justin Hall tercatat sebagai orang pertama yang menjadi blogger dan berasal dari Amerika Serikat.

Justin Hall pertama kali membuat blog pada tahun 1994, di saat dia masih menjadi mahasiswa di Swarthmore College. Pada saat itu, blog yang dibuat oleh Justin sangatlah sederhana dan tampilannya hanya berupa web pribadi.

Namun, di saat Justin Hall mulai menggunakan blog, istilah blog dan blogger sama sekali belum ada. Barulah di tahun 1997, muncul istilah “weblog” yang diperkenalkan oleh Jorn Barger. Jorn Barger sendiri adalah seseorang yang menulis di blog pribadinya yang diberi nama Robot Wisdom.

Beralih ke tahun 1999, istilah “weblog” kemudian disingkat oleh seorang programmer, Peter Merholz menjadi “blog”. Selang 5 tahun kemudian, istilah blog ini dmasukkan ke dalam kamus Merriam-Webster.

Sebenarnya, selain merujuk pada julukan seseorang yang menulis di blog, Blogger adalah bisa dikategorikan suatu website yang menyediakan layanan untuk pembuatan blog secara gratis dan dimiliki oleh Google. Sebelumnya Blogger ini dikembangkan oleh Pyra Labs, tetapi di tahun 2003 dibeli oleh Google.

Baca Juga : Kesalahan Blogger Pemula Yang Berakibat Fatal

Keuntungan dan Kelebihan Menjadi Blogger

Keuntungan dan Kelebihan Menjadi Blogger
Keuntungan dan Kelebihan Menjadi Blogger

Aktivitas blogging sekarang ini sudah cukup banyak digemari oleh banyak kalangan. Bahkan, ada pula yang menggunakannya sebagai profesi.

Hanya saja, tidak sedikit orang yang menganggap kalau blogger termasuk profesi yang remeh dan tidak sedikit juga yang menganggap kalau blogger tidak pantas untuk dijadikan sebagai profesi.

Padahal profesi blogger ini membutuhkan keuletan dan mengerjakannya tidaklah mudah pula. Jika sebagian orang menganggap kalau blogger tidak bisa sukses, maka sebenarnya itu salah besar, dikarenakan banyak juga blogger yang bisa sukses hanya dengan melakukan aktivitas blogging.

Disamping itu, masih banyak keuntungan dan kelebihan menjadi blogger, beberapa diantaranya bisa disimak sebagai berikut.

1. Meningkatkan Kemampuan Menulis

Mengingat hampir lebih dari 60% aktivitas blogging adalah menulis, maka siapapun yang terjun ke dunia blogging pastinya akan terbantu dalam meningkatkan skillnya dalam hal menulis.

Di setiap konten yang akan dibuat, setiap blogger harus menyiapkan tulisan apa yang akan mereka pajang di blog mereka.

Dengan aktivitas menulis yang rutin dilakukan, pastinya setiap harinya kemampuan menulis akan terus meningkat.

Sesuai dengan pepatah tajam pisau karena diasah, semakin kemampuan menulis itu terus diasah setip hari, maka kemampuannya akan semakin meningkat.

Baca Juga : Cara Menulis Artikel SEO Friendly

2. Jadi Lebih Rajin Membaca

Aktivitas menulis tidak akan jauh-jauh dari aktivitas membaca. Untuk menghasilkan tulisan yang bagus, seorang blogger harus mempunyai cara-cara tertentu, dan cara paling umum yang dilakukan adalah dengan rutin membaca.

Menulis sesuatu topik tanpa adanya pengetahuan mengenai topik tersebut, pastinya akan menghasilkan konten yang kurang berisi.

Semakin rutin seorang blogger membuat tulisan, maka dia akan semakin haus untuk membaca referensi-referensi entah itu dari blogger lainnya, dari buku, dari karya sastra, dan lainnya.

Oleh karenanya, dapat dikatakan kalau menjadi blogger akan semakin membuat kamu rajin dalam membaca.

3. Tidak Gagap terhadap Penggunaan Teknologi

Teknologi telah berkembang cukup pesat di era sekarang. Jika setiap orang tidak bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang ada, bisa jadi akan ketinggalan atau istilahnya adalah gagap teknologi (gaptek).

Menjadi blogger memungkinkan kamu untuk terus update dengan perkembangan teknologi. Kenapa bisa begitu?

Dikarenakan blogger merupakan aktivitas yang melibatkan teknologi mulai dari internet, fitur-fitur dalam website blog, dan penggunaan aplikasi-aplikasi lain yang mendukung aktivitas bloggingmu.

Terutama jika kamu adalah blogger yang khusus menulis tentang informasi teknologi, tentu kamu akan semakin aktif menulis hal-hal yang berhubungan dengan perkembangan teknologi. Mulai dari gadget, aplikasi, dan lainnya.

Ini akan jadi keuntungan yang cukup membanggakan buat kamu, karena tidak semua orang akrab dengan perkembangan teknologi.

4. Up to Date dengan Perkembangan yang Ada

Dalam aktivitas bloggingnya, para blogger juga sering kali menulis isu atau topik-topik terkini yang sedang berkembang di masyarakat.

Biasanya mereka akan mengomentari atau memberikan pendapat mengenai isu tersebut. Ini bisa menjadi salah satu keuntungan bagi para blogger karena mereka akan terus mengikuti perkembangan yang sedang terjadi akhir-akhir ini.

5. Dapat Menambah Income

Alasan kenapa banyak blogger yang mulai menjadikan blogging sebagai profesi mereka tidak lain karena mereka juga bisa mendapatkan income tambahan.

Bukan hanya sebagai income tambahan, ada pula blogger yang menjadikan blogging sebagai profesi penuh dan mendapatkan pemasukan yang penuh pula.

Income tersebut didapatkan dari adanya iklan yang terpasang di blog. Disamping itu, ada pula blogger yang menjadi terkenal karena tulisan-tulisannya.

Sehingga, membuatnya mendapat tawaran untuk melakukan endorsement atau tawaran-tawaran lain yang bisa mendatangkan income lebih banyak lagi.

Tentunya untuk bisa mendapatkan income penuh dari blogging, dibutuhkan usaha yang cukup keras dan taktik tersendiri.

6. Menambah Jejaring Pertemanan di Kalangan Blogger

Saat terjun ke suatu bidang, pastinya kamu akan mencari kawanan yang sama denganmu bukan?

Nah, begitu pula saat menjadi blogger, kamu akan mempunyai keinginan untuk mencari teman yang sama-sama berkecimpung di dunia blogging.

Dengan bertambahnya jejaring pertemanan di kalangan blogger, kamu akan mendapat banyak keuntungan lagi.

Pertama, kamu bisa punya teman untuk berdiskusi mengenai perkembangan dunia blogging akhir-akhir ini.

Kedua, kamu juga bisa memperluas jangkauan pembaca kamu, sehingga traffic blog kamu pun bisa jadi lebih bagus.

7. Mengasah Skill Marketing

Secara tidak langsung, saat menekuni dunia blogging, kamu akan belajar dan memahami skill marketing.

Saat kamu selesai menulis sesuatu konten, tentunya kamu ingin jika tulisanmu dibaca oleh lebih banyak orang bukan?

Nah, disinilah peran pentingnya skill marketing.

Kamu harus bisa mempromosikan tulisanmu, entah itu dengan kalimat persuasif atau dengan cara lainnya yang bisa menarik pembaca untuk mau mengunjungi blog kamu.

Nantinya kamu akan paham sedikit demi sedikit mana cara pemasaran yang bisa menggiring pembaca untuk mau menuju ke blogmu.

8. Memiliki Kemampuan Riset yang Mumpuni

Kemampuan riset yang mumpuni adalah salah satu keuntungan yang akan kamu dapatkan saat menjadi seorang blogger.

Kebutuhan akan konten yang menarik membuatmu harus meriset kira-kira konten apa saja yang akan menarik pembaca lebih banyak.

Selain itu, jika kamu blogger yang menulis tulisan informatif, maka kamu juga perlu untuk meriset tentang topik tersebut supaya informasi yang kamu bagikan tidak menyesatkan dan benar-benar berisi informasi yang berisi.

9. Melatih Diri untuk Disiplin

Supaya blog kamu tetap mendapat kunjungan dari audience secara terus menerus, setidaknya kamu juga harus rajin menulis konten.

Semakin sering kamu menulis konten, artinya secara tidak langsung akan melatih diri kamu untuk lebih disiplin. Jadi, menjadi blogger bukan hanya akan meningkatkan skill dalam hal menulis, tetapi juga meningkatkan kedisiplinan dan konsistensi diri.

Bagaimana Cara Menjadi Blogger?

Bagaimana Cara Menjadi Blogger
Bagaimana Cara Menjadi Blogger

Banyaknya keuntungan dan kelebihan menjadi blogger membuat tidak sedikit orang yang ingin terjun ke dunia blogging dengan serius.

Jika kamu adalah salah satunya yang ingin menjadi blogger yang berhasil, cara-cara berikut ini adalah cara menjadi blogger. Simak yuk.

1. Menentukan Tujuan Membuat Blog

Langkah pertama, kamu harus tentukan dulu apa tujuan kamu untuk membuat blog. Apakah untuk memberikan informasi kepada pembaca atau untuk sekedar mengasah skill menulis?

Jika tujuan membuat blog sudah ditemukan, nantinya kamu akan lebih mudah membangun blog kedepannya.

2. Menentukan Topik yang Akan ditulis di Blog

Setelah menentukan tujuan, berikutnya kamu harus persiapkan topik apa yang ingin kamu tulis kedepannya.

Usahakan topik yang dipilih benar-benar kamu kuasai dan familiar dengan topik tersebut.

3. Memilih Platform Blog

Untuk menayangkan tulisan di blog, pastinya kamu membutuhkan platform blog. Saat ini, ada dua platform yang cukup banyak digunakan oleh para blogger adalah Blogspot dan WordPress.

Dari kedua platform tersebut, sejauh ini WordPress lebih banyak dipakai dibandingkan dengan Blogger. Disamping itu, WordPress juga dikatakan punya banyak kelebihan dibanding platform blog lainnya.

Baca Juga : Platform CMS Untuk Toko Online 2020

4. Rutin Menulis Konten

Setelah berhasil membuat blog dan menentukan topik, maka yang harus kamu lakukan adalah menulis. Menulislah secara rutin dan jangan lupa untuk meriset terlebih dulu jika dibutuhkan.

Atur waktu yang tepat kira-kira kapan kamu harus menulis dan mengunggah tulisan kamu ke blog. Jangan sampai kamu tidak menulis dalam jangka waktu lama, karena pembaca rentan melupakan blog milikmu.

5. Bagikan Tulisan

Apabila tulisan sudah diunggah, jangan lupa sesekali membagikan tulisan kamu tersebut. Kamu bisa memanfaatkan sosial media seperti Facebook, Twitter, maupun Instagram.

Pastinya kamu harus memberikan deskripsi yang menarik supaya orang-orang berdatangan mengunjungi blog kamu. Disinilah peran pentingnya skill marketing dalam mempromosikan tulisanmu.

6. Terus Mengasah Skill

Untuk menjadi blogger yang sukses, skill menulis yang baik adalah kunci. Tetapi, bukan hanya skill menulis saja yang harus kamu pupuk.

Skill lainnya pun juga harus kamu asah, seperti teknik SEO, skill editing gambar untuk ditampilkan di konten blog, dan skill-skill lain yang mendukung berkembangnya blog kamu.

Sekian penjelasan mengenai Apa itu Blogger? Lalu Bagaimana Cara Menjadi Blogger? terutama buat kamu yang baru terjun ke dunia blogging.

Menjadi blogger memang dibutuhkan konsistensi dan ketekunan, dengan terus belajar dan memperluas networking, pastinya akan membawa kamu menjadi blogger yang sukses.

Leave a Comment