Apa Itu E-Wallet? Cara Kerja Dompet Elektronik

Tahukah Anda tentang Apa Itu E-Wallet? Dari masa ke masa, alat dan metode pembayaran terus berubah.

Pada mulanya, ada sistem barter untuk menukar suatu barang dengan barang lain. Kemudian, uang muncul sebagai metode pembayaran yang paling banyak dipakai oleh masyarakat.

Sekarang ini, muncul lagi suatu metode pembayaran dengan menggunakan dompet digital atau dikenal dengan e-wallet.

Dengan menggunakan e-wallet, kamu dapat melakukan transaksi jual beli secara elektronik. Banyak kelebihan dari menggunakan e-wallet ini, tetapi tidak sedikit juga kelemahannya.

Jika kamu termasuk salah satu yang tertarik untuk mencoba menggunakan e-wallet, yuk simak ulasan berikut yang akan mengupas secara lengkap apa itu e-wallet hingga cara kerjanya.

Apa Itu E-Wallet

Dalam perkembangan internet yang semakin hari semakin pesat, penggunaan e-wallet dinilai sebagai salah satu alat transaksi terobosan baru yang menawarkan kepraktisan dan keefisienan.

Secara fungsi, dompet elektronik ini mempunyai kemiripan dengan dompet saku pada umumnya.

Pada awal kemunculannya, e-wallet atau dompet digital hanya digunakan sebagai tempat untuk menyimpan uang secara elektronik.

Akan tetapi, lama kelamaan e-wallet menjadi sangat populer dan mulai dipakai untuk alat transaksi jual beli secara online.

Dalam peraturan Bank Indonesia, dompet elektronik atau e-wallet adalah sebagai layanan elektronik yang berguna untuk menyimpan, menampung dana, hingga melakukan transaksi pembayaran.

Kemunculan e-wallet adalah hal yang sangat praktis untuk keperluan transaksi, sehingga tidak salah lagi kalau banyak e-commerce yang menawarkan e-wallet sebagai metode transaksi.

Mengenai saldo yang tersedia di e-wallet, sebenarnya itu merupakan uang yang disimpan dalam e-wallet itu sendiri. Biasanya, untuk melakukan pengisian dana atau top-up ke dalam e-wallet, pengguna e-wallet akan diminta untuk menautkan rekening bank ke akun e-wallet tersebut.

Cara seperti ini dinilai efisien oleh beberapa orang karena tidak perlu repot-repot membawa uang banyak saat sedang beraktivitas diluar.

Fungsi E-Wallet

Fungsi E-Wallet
Apa Itu E-Wallet? Fungsi E-Wallet

Setelah kita mengetahui apa itu e-wallet? kita juga harus mengetahui fungsinya. Kini penggunaannya sendiri terbilang semakin meluas. Berikut ini adalah fungsi E-Wallet yang harus kamu ketahui :

Mempermudah Proses Transaksi

Pada awalnya fungsi dompet digital hanya diperuntukan untuk hal yang biasa saja seperti mengisi data internet dan membeli pulsa.

Namun dengan berkembangnya zaman penggunaan E-Wallet terus meningkat di indonesia hal ini karena kemudahannya dalam melakukan transaksi.

Saat ini Dompet digital bisa digunakan untuk apa saja, ketika membeli makan atau berbelanja saat melakukan pembataran bisa menggunakan E Wallet.

Keamanan Terjaga

Sebelum ada E wallet biasanya kita menggunakan uang cash dengan meletakannya di dalam dompet. Nah tentunya cara tersebut tidaklah aman karena mungkin saja terjadi pencurian.

Apabila kita menggunakan dompet digital ini akan lebih aman dari pencurian. walaupun terkadang ada masalah namun untuk mengatasinya jauh lebih mudah.

Selain itu dalam melakukan operasinya kita hanya membutuhkan smartphone dan cara pendaftarannya juga sangat mudah.

Mudah Dalam Membayar Tagihan

Beberapa tagihan yang mudah dibayar dengan menggunakan aplikasi ini adalah tagian air, listrik, internet dan lainnya.

Kita tidak lagi perlu mendatangi tempat pembayaran tinggal duduk dirumah dan buka aplikasi langsung bisa melakukan pembayaran. Ini sangat efesien waktu apalagi bila Anda adalah seseorang yang cukup sibuk.

Kelemahan E-Wallet

Meskipun kemunculan dari e-wallet atau dompet digital memberikan terobosan baru dalam kegiatan transaksi, terutama transaksi secara online, namun ada beberapa kelemahan yang dirasa muncul dari penggunaan e-wallet. Beberapa kelemahan tersebut akan dikupas lebih lanjut sebagai berikut.

Jumlah Merchant yang Masih Terbatas

E-wallet diketahui menjadi alat transaksi yang sudah banyak dipakai entah itu di dalam maupun di luar negeri. Hanya saja, di Indonesia sendiri penggunaan e-wallet belum menyeluruh.

Hal ini dikarenakan masih banyak merchantmerchant yang belum mau menambahkan e-wallet sebagai salah satu metode pembayaran.

Tentu saja, ini membuat pengguna e-wallet juga masih terbatas karena melihat jumlah merchant yang masih sedikit mengaplikasikan e-wallet tersebut.

Dukungan Teknologi yang Masih Terbatas

Sebagai metode transaksi yang masih baru, dukungan teknologi e-wallet juga termasuk masih terbatas.

Namun, kelemahan satu ini barangkali bisa ditutupi dengan semakin berkembangnya teknologi-teknologi baru di masa mendatang. Sehingga, e-wallet pun penggunaanya bisa semakin meluas lagi.

Saldo Tak Dapat Diuangkan

E-wallet dalam penerapannya tidaklah sama dengan kartu debit atau kredit. Apabila menggunakan kartu debit, kamu bisa melakukan tarik tunai, maka tidak dengan e-wallet.

Konsep dari e-wallet memang didesain hanya untuk transaksi online saja. Oleh karenanya, kamu hanya bisa menggunakan saldo kamu hanya untuk kebutuhan transaksi online seperti membayar ke suatu merchant atau melakukan transfer uang ke pengguna lain.

Selain itu, jumlah saldo yang bisa kamu simpan di e-wallet pun juga tidak sebanyak seperti kamu menyimpan di kartu debit atau kredit. Umumnya, jumlah saldo dalam aplikasi e-wallet tidak boleh melebihi hingga 10 juta rupiah.

Keuntungan E-Wallet

Setelah menyimak beberapa kelemahan dari e-wallet, berikutnya kamu juga perlu untuk mengetahui apa saja keuntungan dari menggunakan e-wallet. Kelebihan-kelebihan tersebut diantaranya bisa kamu simak di bawah ini.

Kepraktisan dan Kemudahan Dalam Bertransaksi

Praktis dan mudah adalah dua kata yang bisa menggambarkan kenyamanan transaksi dengan e-wallet. Hanya dalam beberapa detik saja, pembayaran untuk suatu produk di online shop maupun merchant bisa kamu lakukan dengan mudah.

Untuk menikmati kemudahan penggunaan e-wallet, pengguna hanya perlu menginstall aplikasi e-wallet dan mengisinya sesuai dengan nominal yang diinginkan.

Kemudian, saat akan melakukan transaksi, pengguna hanya perlu memasukkan barang ke keranjang dan melakukan pembayaran dengan sejumlah uang yang tercantum di harga produk.

Disamping itu, kepraktisan dalam menggunakan e-wallet juga dapat dirasakan saat kamu sedang bepergian.

Kamu tak perlu direpotkan dengan membawa dompet yang tebal dan akan lebih aman untuk menyimpan uangmu di dompet digitalmu saja.

Fitur Keamanan yang Tinggi

Saat menyimpan uang secara elektronik, pastinya kamu juga cukup khawatir bukan mengenai masalah keamanannya?

Nah, dengan menggunakan e-wallet ini, kamu tidak perlu khawatir mengenai masalah keamanan dikarenakan sistem yang ada di e-wallet biasanya membutuhkan PIN hingga sidik jari dari akun pengguna. Oleh karenanya, keamanan transaksi dengan e-wallet akan sangat terjaga.

Semua Riwayat Transaksi Tercatat

Keuntungan lain dari penggunaan e-wallet dapat dirasakan dengan adanya fitur yang mencatat semua riwayat transaksi yang dilakukan.

Kamu dapat dengan mudah melihat transaksi apa saja yang sudah kamu lakukan sebelumnya, jadi akan memudahkan kamu memantau berapa banyak transaksi yang sudah kamu lakukan.

Banyak Promo Menarik

Dalam rangka menarik lebih banyak jumlah pengguna e-wallet, tidak sedikit perusahaan e-wallet yang memberikan penawaran berupa promo-promo menarik.

Promo-promo ini pastinya juga sangat menguntungkan penggunanya. Misalnya saja, promo diskon besar-besaran, penambahan poin, hingga promo cashback yang saat ini jadi promo yang paling gencar ditawarkan oleh berbagai e-wallet yang ada di Indonesia.

Aplikasi E-Wallet Populer di Indonesia

Setelah munculnya e-wallet sebagai metode transaksi secara online yang dinilai mampu memberikan banyak keuntungan, berbagai perusahaan pun mulai mencoba terobosan baru ini.

Di Indonesia sendiri jumlah aplikasi e-wallet telah mencapai 38 aplikasi dan semuanya sudah terdaftar di Bank Indonesia.

Meskipun jumlah e-wallet di Indonesia sudah cukup banyak, namun kali ini hanya akan dibahas mengenai aplikasi e-wallet yang sudah populer di Indonesia. Kira-kira sudah tahukah kamu aplikasi e-wallet yang cukup populer tersebut? Nah, simak selengkapnya berikut.

Go-Pay

Go-Pay
Apa Itu E-Wallet? Go-Pay

Jika kamu termasuk yang suka menggunakan aplikasi Gojek, maka tentu kamu akan familiar dengan alat transaksi satu ini.

GoPay tergolong sebagai aplikasi e-wallet yang menjadi bagian dari aplikasi Gojek. Saat ini, Gopay tergolong sebagai aplikasi e-wallet yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Fungsi dari GoPay sendiri tak hanya bisa dipakai untuk membayar layanan yang diberikan Gojek saja. Akan tetapi, juga bisa kamu buat untuk membayar berbagai transaksi seperti membeli pulsa, membayar ke merchant, hingga mengirim uang ke rekening bank.

Untuk standar saldonya sendiri maksimal adalah 2 juta rupiah. Tetapi, untuk kamu yang mempunyai akun terupgrade, bisa mengisi saldo hingga 10 juta rupiah.

OVO

OVO
Apa Itu E-Wallet? OVO

Selain aplikasi GoPay, OVO juga termasuk ke dalam aplikasi e-wallet yang telah digunakan oleh banyak masyarakat Indonesia.

OVO menyediakan dua opsi metode pembayaran yaitu OVO Cash dan OVO Points. Untuk OVO Cash, ini adalah bentuk uang elektronik yang memungkinkan kamu untuk melakukan pembayaran di berbagai merchant.

Sementara itu, OVO Points bentuk rewards yang diberikan OVO setelah pengguna melakukan transaksi dengan OVO Cash.

Sama seperti GoPay, OVO bisa difungsikan untuk berbagai kebutuhan mulai dari membayar pulsa, listrik, asuransi, hingga BPJS Kesehatan.

Disamping itu, OVO tergolong sebagai e-wallet yang selalu memberikan promo-promo menarik mulai dari bonus poin yang banyak hingga promo cashback.

Baca Juga : Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Aplikasi OVO

Dana

Dana
Apa Itu E-Wallet? Dana

Aplikasi e-wallet berikutnya yang menjadi andalan banyak orang sekarang adalah Dana. Keunggulan dari Dana ada pada fitur-fiturnya yang memudahkan transaksi baik secara online maupun offline.

Sekarang ini, sudah banyak pula jumlah merchant yang bekerja sama dengan Dana dalam hal pembayaran. Diantaranya adalah Bukalapak, TIX ID, Cinema XXI, Alfamart, Alfamidi, dan lainnya.

Dalam hal pengisian saldo pun, Dana tergolong e-wallet yang cukup terjangkau, karena memungkinkan penggunanya untuk mengisi saldo dalam jumlah kecil. Besarnya pengisian saldo minimal untuk Dana adalah Rp 10.000.

Selain itu, Dana juga bisa kamu pakai untuk mentransfer uang ke teman maupun kerabat kamu yang sama-sama menggunakan Dana.

LinkAja

LinkAja
Apa Itu E-Wallet? LinkAja

Ketahuilah LinkAja menjadi salah satu e-wallet populer yang ternyata sudah bermitra dengan ribuan merchant. Pastinya ini sangat menguntungkan buat kamu pengguna LinkAja karena akan semakin mudah bertransaksi dengan merchant rekanan LinkAja.

Ada banyak opsi yang bisa kamu ambil saat melakukan isi saldo ke LinkAja, mulai dari transfer dari rekening bank hingga top up lewat Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Circle K, dan lainnya.

Jenius

Jenius
Apa Itu E-Wallet? Jenius

Perlu Anda tahu bahwa Jenius sebagai e-wallet yang sangat populer di Indonesia hadir dengan menawarkan berbagai keunggulan. Salah satunya penggunanya dapat melakukan tarik tunai di berbagai ATM dan transfer ke semua rekening tanpa adanya biaya tambahan.

Selain itu, Jenius juga memberikan keuntungan lain berupa tanpa adanya biaya administrasi untuk pembuatan kartu dan penutupan rekening Jenius.

Bahkan, untuk biaya setiap bulannya pun tidak ada. Setoran dan awal di Jenius pun tidak dikenai peraturan berapa nominal minimalnya.

Cara Kerja Dompet Elektronik

Setelah mengetahui aneka macam e-wallet yang tengah populer di Indonesia, berikutnya kamu juga perlu mengetahui cara kerja dari e-wallet atau dompet elektronik.

Dari banyaknya e-wallet yang ada di Indonesia, hampir semuanya menerapkan cara kerja yang sama. Mula-mulanya, tentu kamu harus menginstall aplikasi e-wallet yang kamu inginkan terlebih dulu.

Apabila aplikasi sudah berhasi di instal, selanjutnya lakukan registrasi sesuai dengan ketentuan yang diminta. Jika registrasi berhasil, kamu tinggal mengisi saldo dengan sejumlah uang yang kamu mau atau sesuai dengan jumlah minimal yang disyaratkan. Selebihnya, kamu tinggal menggunakan e-wallet sesuai dengan kebutuhan kamu.

Entah itu untuk membayar belanjaan di marketplace, membayar tagihan, transfer ke rekening lain, maupun transfer ke sesama pengguna e-wallet.

Kemungkinan di lain sisi kamu juga penasaran mengenai bagaimana perusahaan e-wallet mendapat keuntungan. Jawabannya, tentu keuntungan itu bisa didapatkan kan lewat beberapa cara.

Pertama, Saat pengguna e-wallet mulai mengunduh aplikasi dan melakukan registrasi, maka secara tidak langsung aplikasi e-wallet sudah mendapatkan keuntungan. Hanya saja, keuntungan yang didapat di sini tidaklah berupa profit langsung.

Keuntungan langsung akan didapatkan ketika penggunanya mulai mengisi saldo dan melakukan transaksi. Hal ini dikarenakan pihak bank yang menjadi perantara transfer tersebut, akan membagi profit dengan perusahaan e-wallet.

Kedua, saat e-wallet yang dipakai oleh marketplace, maka perusahaan e-wallet juga akan mendapatan keuntungan langsung.

Ini dikarenakan pihak vendor sebelumnya telah melakukan perjanjian kerja sama, sehingga akan ada nominal jumlah tertentu yang dibayarkan untuk perusahaan e-wallet.

Dari sini, bisa dikatakan jika valuasi e-wallet bisa terus meningkat ketika marketplace yang sudah berstatus unicorn mulai menggunakannya sebagai salah satu metode transaksi.

Dari penjelasan di atas mengenai Apa Itu E-Wallet? Cara Kerja Dompet Elektronik, terlihat jelas kalau aplikasi dompet digital memang sedang menjadi trend dikalangan masyarakat. Dengan segala kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh e-wallet, sudahkah kamu siap untuk beralih dari transaksi menggunakan uang fisik ke uang digital?

Leave a Comment