Apa Itu Proxy? Jenis, Manfaat, Cara Kerja dan Contohnya

Jokowarinoblog.com – Tahukah Anda apa itu proxy? Kita akan bahas sebentar lagi.. Di jaman internet saat ini pasti banyak istilah baru yang mulai bermunculan yang terkait dengan teknologi seperti website, domain, TDl dan selainnya.

Nah, salah satu istilah yang juga viral dikenal oleh netizen adalah Proxy.

Menurut kabarnya Proxy adalah elemen yang sangat penting bagi teknologi internet. Bahkan banyak perusahaan besar, pemerintah maupun para hacker yang menggunakan proxy untuk kepentingannya.

Pertanyaannya adalah apa itu proxy? Nah, di bawah ini akan dijelaskan secara detail yang terkait dengan proxy. Ruang lingkupnya seputar pengertian, Jenis, Manfaat, Cara Kerja dan Contohnya.

Apa Itu Proxy?

"<yoastmark

Pengertian Proxy adalah sebuah server yang memiliki fungsi khusus. Salah satunya adalah untuk memberikan pelayanan dalam rangka menggabungkan instruksi satu user di server tertentu ke server yang lain yang terhubung dalam satu jaringan.

Jika dibaca dari definisi di atas, maka proxy bisa disebutkan sebagai sebuah ayanan server yang berupa program komputer penghubung.

Maksudnya untuk menghubungkan komputer user inti dengan komputer yang lain dengan syarat semuanya harus sama-sama online.

Penggunaan server proxy sendiri memang sangat penting. Terutama yang terkait dengan keamanan jaringan atau security system supaya tidak mudah dijebol. Oleh karena itu, sebagian besar server pengguna proxy berbasis jaringan pribadi bukan umum.

Server Proxy Berada Di antara Aplikasi Dengan Client

Server proxy tidak bisa disematkan pada komputer secara sembarangan tetapi pemasangannya memang harus benar-benar tepat. Umumnya proxy diletakkan di tengah-tengah di antara aplikasi server dengan aplikasi client.

Sedangkan aplikasi client sendiri bermacam-macam. Di antaranya ialah Web Browser dan Client FTP sedangkan aplikasi server seperti server FTP dan Web Server.

Jadi proxy server diletakkan di tengah-tengah dari aplikasi di atas. Tujuannya supaya proses menghubungkan antara server yang satu dengan server yang lainnya berjalan maksimal.

Proxy Server Merupakan Sebuah Program Komputer Penghubung

Jika dibaca dari narasi di atas maka pengertian dari proxy server bisa disimpulkan sebagai satu program komputer.

Yang mana tujuannya ialah untuk memberikan kemudahan ketika menghubungkan satu server utama ke server yang lain yang berada dalam satu jaringan.

Tak hanya itu, proxy server juga menjadi penghubung antar user dalam mengendalikan aktivitas komputer. Terutama yang terkait dengan keamanan lalu lintas data yang dijalankan secara real time.

Dalam perspektif yang paling mudah, maka proxy server berperan sebagai koneksi atau jaringan pendukung. Faktanya, selain keamanan data lebih terjamin ada kemungkinan juga transfer data juga lebih cepat dan relatif lebih stabil.

Jenis-Jenis Proxy

Jenis-Jenis Proxy
Jenis-Jenis Proxy

Proxy bukan elemen server yang berdiri sendiri. Melainkan banyak jenisnya yang dalam perspektif cara kerja antara jenis yang satu dengan proxy jenis yang lain memiliki perbedaan.

Jenis-jenis inilah yang perlu dipahami oleh para netizen atau siapapun yang ingin menggunakan proxy sebagai pengaman lalu lintas data. Sebab, jika salah memilih proxy tentu proses pengamanan tidak akan berjalan.

Oleh karena itu, di bawah ini ada beberapa jenis proxy yang perlu diketahui. Silakan disimak ini jenis proxy yang dimaksud:

1. Anonymous Proxy

Anonymous Proxy disebut juga proxy anonim yang juga viral digunakan oleh netizen. Bahkan terkadang ini dipakai untuk perbuatan yang negatif yang sejatinya tidak boleh dilakukan atau akan terjerat hukum.

Anonymous Proxy merupakan jenis proxy yang mampu memberikan informasi user secara transparan. Termasuk bisa melakukan penjelajahan komputer server lain dengan menyembunyikan identitas komputer pengguna.

Itu artinya, ketika pengguna proxy anonymous melakukan permintaan pada situs tertentu, maka pemilik situs tidak akan mengetahui IP komputer yang meminta.

Sebab, yang muncul pada database hanya data IP dari proxy-saja yang merupakan alamat rekayasa jaringan.

2. High Anonymity Proxy

Jenis proxy yang kedua adalah High Anonymity Proxy yang juga dianggap elemen server yang paling banyak digunakan saat ini. Pasalnya, perannya dalam mengamankan jaringan cukup baik.

High Anomity Proxy merupakan server proxy yang sangat unik. Sebab, layanan ini tidak akan mengidentifikasi dirinya sebagai sebuah proxy.

Tak hanya itu di dalam programnya tidak tersedia alamat IP original. Makanya sebagai security server proxy jenis ini cukup handal.

Pada umumnya semua kode identifikasi dari proxy jenis ini menggunakan header REMOTE_ADDR. Sedangkan alamat IP digunakan sebagai server. Nah dari sistem ini IP Proxy justru akan terbaca sebagai klien.

3. Transparent Proxy

Jenis Proxy yang ketiga adalah Transparent Proxy. Sesuai dengan namanya yang dimaksud dengan Transparent Proxy adalah server yang terbuka secara transparan.

Dengan adanya proxy ini user bisa meminta data ke server yang lain tanpa bisa diketahui alamat server yang pertama.

Itu artinya Proxy transparent bisa digunakan untuk melihat informasi data milik orang lain tanpa si pemilik mengetahui siapa yang melihat data tersebut.

Biasanya proxy jenis ini digunakan oleh komputer perusahaan atau perkantoran. Paling tidak tujuan proxy ialah melakukan jelajah online dengan menghindari resiko data dari perusahaan akan jebol ke khalayak luas.

4. Reverse Proxy

Jenis proxy yang ke empat atau yang terakhir adalah Reverse Proxy. Ini merupakan proxy pengaman jaringan user yang terbaik. Karena itu, proxy semacam ini yang paling banyak digunakan oleh pemerintah, perusahaan dan user pribadi.

Reverse Proxy merupakan pengaman jaringan yang mampu membatasi komputer klien. Paling tidak komputer klien tidak diberikan akses untuk menjelajah data-data sensitif dari komputer pengguna.

Salah satu ciri jika komputer menggunakan sistem proxy ini ialah, traffic jaringan akan menurun menjadi lemah, jika klien mencoba melakukan tindakan penerobosan data yang tersembunyi. Efeknya ialah jaringan menjadi lemot bahkan perangkat menjadi error.

5. Web Proxy Server

Proxy jenis ini berfungsi untuk meneruskan permintaan http. Permintaan ini sebenarnya sama dengan permintaan pada http, hanya url saja yang diteruskan melalui jalur.

Dimana akan dikirimkan ke proxsy yang melakukan respon.

Beberapa contoh proxy yang dimaksud adalah HAPPoxy dan Apache. Solusi dari beberapa masalah yang terdapat pada server proxy dapat diselesaikan melalui protokol konfigurasi klien proxy-server proxy.

6. Transparent Proxy

Sedangkan jenis proxy ini sama sekali tidak memberikan anonimitas terhadap client, namun sebaliknya yang terjadi adalah alamat IP yang asli dengan mudahdideteksi bila menggunakan proxsy jenis ini.

Namun saat ini masih digunakan untuk mengatur cache pada web.

Perlu diketahui bahwa, Transparent Proxy apabila digabungkan dengan gateway maka bisa menghasilkan server proxy yang dapat melakukan permintaan koneksi yang telah dikirim IP klien yang dialihkan.

Proses pengalihan ini dapat terjadi tanpa dilakukan konfigurasi alamat IP klien. Pengalin ini bisa dengan mudah dideteksi oleh header http melalui server yang digunakan.

7. TOR Onion Proxy

Jenis TOR Onion Proxy merupakan salah satu perangkat lunak yang memiliki fungsi sebagai anonimitas online yang ditujukan untuk informasi si pengguna.

Ini adalah salah satu mempetakan lalu lintas melalui beragan jenis jaringan yang ada yang berakibat akan sulitnya melacak alamat pengguna dan tentunya mencegah dari serangan dari pihak manapun (aktivitas anonim).

Apakah ini berbayar? ketahuilah perangkat ini memiliki sifat open sourse dan sama sekali gratis atau tidak berbayar.

8. DNS Proxy

Proxy ini sangat berbeda dengan proxy lainnya dimana ia mengambil permintaan dalam bentuk sebuah DNS kemudian menerukan kepada server domain.

Kelebihan lainnya ia juga bisa di cache dan distribusi aliran dari sebuah permintaan juga dapat dialihkan kelainnya.

9. CGI Proxy

Sedangkan jenis proxy ini menerima permintaan yang menargetkan URL dengan memakai formulir web, Selanjutnya melakukan proses dan mengembalikan hasil ke browser yang terdapat pada web tersebut.

Jenis proxy ini kurang populer hal ini disebabkan VPN dan kebijakan privasi masih bisa mendapatkan atau menerima permintaan yang cukup banyak pada saat itu juga.

10. Distorting Proxy

Untuk Distorting Proxy mampu menghasilkan alamat IP yang asli yang berasal dari klien, Hal ini bisa saja terjadi setelah mendeteksi server proxy.

Untuk menjaga kerahasiaan alamat IP pada klien pastikan memakai header HTTP.

11. Suffix Proxy

Proxy jenis ini menambahkan sebuah nama proxy ke url kemudian ke konten yang telah diminta keproxy.

Perlu diingat bahwa jenis proxy ini sama sekali tidak mempertahankan tingkat anonimitas yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan yang lainnya.

Jenis ini sangat mudah untuk digunakan walaupun anda seorang yang awam namun saat ini digunakan sangat sedikit didalamnya terdapat banyak sekali filter web.

12. I2P Anonymous Proxy

Ketahuilah bahwa proxy jenis ini menggunakan enkripsi dalam menyembunyikan berbagai jenis komunikasi di berbagai lapisan atau tingkatan.

Data yang telah di enkripsi kemudian akan diteruskan melewati router jaringanyang memiliki lokasi yang berbeda.

Dengan demikian I2P Anonymous Proxy merupakan salah satu proxy yang mampu mendistribusikan secara penuh yang memiliki tujuan sebagai anonimitas online.

Manfaat-Manfaat Proxy

Setelah mengetahui pengertian dan jenis-jenis proxy, maka di uraian berikut ini akan dijelaskan tentang manfaat-manfaatnya. Sebuah ulasan yang menjadi penyebab mengapa proxy masih digunakan oleh sebagian orang.

Nah, agar informasi Anda semakin bertambah, maka silakan disimak manfaat-manfaat yang dimaksud. Ini dia manfaat-manfaat proxy yang perlu diketahui oleh para netizen di Indonesia:

1. Untuk Mengontrol Penggunaan Komputer

Manfaat proxy yang pertama adalah untuk memonitor penggunaan komputer. Terutama komputer yang dipegang oleh karyawan maupun komputer keluarga yang kebetulan digunakan oleh anak-anak.

Tidak dimungkiri kalau karyawan maupun keluarga diperbolehkan untuk menggunakan komputer dengan menghindari situs-situs tertentu.

Terutama yang terkait dengan konten-konten negatif seperti pencurian data, pornografi, judi online, kejahatan di dunia maya dan selainnya.

Karena itu dibutuhkan satu perangkat untuk memonitor apakah instruksi tersebut dipatuhi atau tidak. Maka dipilihlah server proxy yang bertugas untuk mengetahui komputer anak dan karyawan tanpa mereka sadari kalau komputer yang dipegang sedang diawasi.

2. Sebagai Sarana Penyimpanan dan Untuk Meningkatkan Loading Jaringan

Fungsi dari proxy yang berikutnya adalah sebagai sarana penyimpanan chace yang efeknya bisa menaikkan kadar kecepatan loading jaringan. Uniknya dari segala sistem yang ada proxy mampu menyimpan chace dengan kualitas yang sangat baik.

Nah, jika manfaat ini yang didapatkan tentu pengguna bisa mengakses data klien dengan lebih cepat. Terutama data dari situs yang pernah dikunjungi sebelumnya, karena chace pasti tersimpan secara otomatis.

Itu artinya proxy akan memberikan data tersebut dengan cepat tanpa netizen harus menunggu lama. Lain soal kalau data akan diambil dari situs yang masih baru ditelusuri, tentu proxy masih belum bisa bekerja dengan baik.

3. Untuk Menjaga Privacy

Salah satu tujuan perusahaan menggunakan proxy adalah untuk menjaga kerahasiaan data diri. Apalagi jika data tersebut memang identik dengan konten yang sensitif dan membahayakan.

Manfaat ini muncul karena sistem server proxy memiliki kemampuan untuk menyembunyikan data diri dengan baik. Sehingga ketika komputer perusahaan mengakses situs di internet, maka data tidak akan bisa diambil oleh pemilik situs.

Bagaimana mereka bisa mengambil data jika IP komputer saja tersembunyi. Justru yang bisa diakses oleh blogger atau pemilik situs hanya IP proxy saja yang merupakan alamat hasil rekayasa jaringan.

4. Untuk Keamanan Jaringan yang Lebih Baik

Proxy tidak hanya untuk mengamankan data pribadi dari peretasan tetapi juga untuk mengamankan lalu lintas jaringannya. Paling tidak aktivitas yang dilakukan oleh pengguna tidak akan diketahui oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Terkadang untuk keamanan ini perusahaan menggunakan Virtual Private Network tertentu dalam menjalankan transaksi secara online. Sehingga yang bisa mengakses jaringan tersebut hanya orang sekantor saja atau klien yang memang diberikan akses ke proxy yang digunakan.

Karena sistem inilah maka pihak perusahaan tidak perlu khawatir dengan lalu lintas transaksi yang akan terganggu dengan tindakan hacker yang berbahaya. Bahkan, malware dan virus yang bisa merusak perangkat pun bisa dihindari.

Cara Kerja Server Proxy

Jika sudah mengetahui tentang pengertian, jenis dan manfaat dari proxy, tentu yang perlu dijelaskan berikutnya adalah bagaimana cara kerja proxy. Poin ini yang tidak begitu diketahui oleh netizen sehingga mereka asal menggunakan proxy saja.

Karena itu di bawah ini akan dijelaskan tentang cara kerja proxy yang paling sederhana. Sebuah tata cara sistem berjalan sehingga mampu memberikan jalur keamanan pada jaringan yang terbaik. Ini dia cara kerja yang dimaksud:

Cara kerja proxy adalah mendengarkan request atau permintaan dari user yang menggunakannya. Semisal jika yang menggunakan proxy adalah komputer A, maka komputer inilah yang akan melakukan permintaan ke user lain atau komputer B.

Setelah permintaan itu sudah diterima oleh komputer B, maka bukan IP komputer A yang muncul melainkan IP dari proxy-nya. Sedangkan komputer A aman karena data privasinya tersembunyi.

Dalam konsep ini yang menjadi user adalah proxy sedangkan Komputer B menjadi klien. Nah, karena yang namanya alamat jaringan rekayasa tentu keberadaan IP proxy tidak bisa diakses.

Artinya pemilik komputer B tidak akan mengetahui siapa sebenarnya yang telah meminta data terhadapnya. Padahal si peminta adalah Komputer A yang karena menggunakan proxy maka identitasnya benar-benar tersembunyi.

Itulah review singkat tentang proxy yang terkait dengan pengertian, jenis, manfaat dan cara kerjanya. Semoga ini bisa menjadi tambahan informasi yang benar sehingga Anda tidak asal menggunakan sistem proxy.

Sekadar saran lebih baik gunakan server proxy dengan bijak. Jangan sekali-kali memakainya untuk kejahatan atau Anda akan terjerat hukum pidana maupun perdata.

Contoh Server Proxy (Protokol)

Contoh Server Proxy (Protokol)
Contoh Server Proxy (Protokol)
  • SSL Proxy Server. Merupakan salah satu jenis server yang dibuat atau dikembangkan dengan memakai sistem TCP relaying yang berfungsi di dalam protokol proxy SOCKS sebagai melakukan proses permintaan pada halaman web..
  • FTP Proxy Server: Merupakan Jenis server proxy yang memiliki tugas sebagai cache pada lalu lintas permintaan FTP. Dimana proxy ini bekerja dengan menggunakan metode relaying.
  • Socks Proxy Server: Merupakan sebuah proxy yang menyediakan sebuah koneksi ke server lainnya. Koneksi tersebut bisa terjadi berdasarkan protokol Socks.
  • HTTP Proxy Server: Merupakan salah satu jenis Proxy yang dibuat untuk memproses permintaan satu arah ke halaman web dengan menggunakan protokol HTTP.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Proxy

Bila Anda ingin menggunakan sebuah proxy, Simak terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekuran mengunakan proxy berikut ini :

1. Kelebihan Menggunakan Proxy

  • Membuat jaringan aman karena tugas pokok proxsy adalah emnjaga hal tersebut yaitu dengan menjadi pembatas antara jaringan luar dengan jaringan lokal.
  • Adanya penyaringan. Terdapat 3 jenis penyaringan diantaranya untuk konten, waktu akses dan bagi pengguna.
  • Menjadikan web atau blog lebih cepat ketika di akses kembali. Hal ini disebabkan akses selanjutnya tidak membutuhkan jaringan internet karena web telah terdapat pada cache proxy.

2. Kekurangan Menggunakan Proxy

  • Apabila sebelumnya web atau situs belum pernah dibuka maka akses situs tersebut low respon atau lambat, hal ini disebabkan karena pengunjung harus melakukan permintaan terhadap proxy. Setelah hal tersebut dilakukan kemudian proxy akan mereques pengguna kepada penyedia layanan internet.
  • Tidak semua pengguna proxsy akan mendapatkan keuntungan, salah satu kerugian lainnya proxsy kadang lambat dalam melakukan update cache, hal ini menyebabkan pengunjung akan mendapatkan konten yang belum diupdate.

Resiko Menggunakan Server Proxy

Resiko Menggunakan Server Proxy
Resiko Menggunakan Server Proxy

Penggunaan proxy memang banyak sekali manfaatnya, namun dibalik itu semua ternyata ada resiko yang harus dikawatirkan oleh penggunanya.

Jadi hati-hati memiliki server proxy. Berikut ini adalah beberapa resiko menggunakan server proxy yang harus diwaspadai :

1. Resiko Menggunakan Server Proxy Gratis

Saat ini banyak sekali server proxy yang beredar di internet. Gratis artinya tidak ada dana sedikitpun yang akan dikeluarkan.

Namun dengan tanpa adanya biaya pastinya Anda akan melihat masalah serius didalamnya seperti masalah dalam kinerja dan masalah keamanan data.

Bila Anda telah menggunakan Tools gratis ini diharapkan selalu waspada dan hati hati. Diketahui beberapa server proxy tersebut terbukti hanya ingin mencuri data penting Anda.

2. Log Riwayat Penelusuran

Ketahuilah bahwa server proxy mempunyai alamat IP yang kamu miliki dan untuk informasi dalam permintaan web tidak dienkripsi serta disimpan secara lokal.

Anda harus melihat dan memeriksaapakah server proxy yang digunakan menyimpan atau mencatat data tersebut, serta kebijakan kerjasama kepada penegak hukum yang diikuti.

3. Tanpa Enkripsi

Bila menggunakan server proxy tanpa adanya enkripsi, hal ini sama saja tanpa menggunakan proxy.

Ketahuilah bahwa bila tanpa enkripsi tentunya permintaan yang dilakukan sebagai teks biasa. Siapapu yang datang dan melihat data tersebut, pasti dengan mudah bisa mengambil data pengguna, sandi dan informasi lainnya.

Bila menggunakan server proxy, langkah pertama yang harus diperhatikan adalah memastikan menyediakan layanan enkripsi secara penuh atau tidak.

Itulah pembahasan mengenai Apa Itu Proxy? Jenis, Manfaat, Cara Kerja dan Contohnya. Semoga bisa membantu ya.

Leave a Comment