Apa itu Shadowban Instagram? Ciri, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Dunia social media sekarang ini sudah tidak asing di kalangan kita. Dan rupanya dunia social media sekarang ini sudah banyak dipakai oleh semua kalangan.

Dan rupanya pengguna dari social media itu sendiri tak hanya dari kalangan orang tua saja. Namun rupanya seiring dengan berjalannya waktu social media itu sendiri juga banyak dipakai dikalangan orang muda dan bahkan anak.

Dan bila dulu kita tahu bahwa banyak orang itu menggunakan social media untuk mencari teman baru atau teman lama.

Namun rupanya seiring dengan berjalannya waktu social media itu tak hanya berguna untuk mencari teman saja.

Tapi social media juga bisa berguna untuk membantu kita  dalam berkerja. Di mana kita bisa mempromosikan jenis produk yang kita jual dan tawarkan pada mereka.

Di tengah kita sudah kita ketahui bahwa ada banyak sekali social media yang banyak dipakai. Adapun itu seperti facebook, instagram, twitter, dan masih banyak lagi.

Dan salah satu jenis social media yang sekarang ini banyak dipakai adalah instagram. Di mana dengan adanya bisa mempermudah kita dalam mempromosikan jenis produk yang akan jual dan pasarkan pada mereka.

Dalam instagram biasanya kita mengetahui bahwa untuk sebuah postingan pastilah ada foto, caption, hastag.

Adapun di sini setiap bagian itu mempunyai fungsi dan juga perannya masing-masing.  Dan salah satu yang berperan tidak kalah penting yaitu hastag.

Di mana dengan adanya hastag itu sendiri membantu orang untuk mempermudah dalam mencari di mesin pencari.

Namun seringkali terjadi hastag yang kita tulis pada caption itu tidak muncul. Hal itu tentu saja menghambat kita dalam mempromosikan barang yang kita jual dan pasarkan pada mereka.

Adapun hal itu dinamakan dengan shadowban. Nah mungkin saja beberapa dari kita ada yang belum paham dengan apa itu shadownban.

Dan untuk menjawab rasa penasaran anda itu di bawah ini kami akan memberikan informasi lebih lanjut mengenai shadowban.

Penasaran kan? Maka dari itu yuk kita baca dan simak bersama-sama penjelasan yang akan kami uraikan seperti yang ada di bawah ini.

Apa itu shadowban instagram?

Setiap social media pasti punya akses melakukan pemblokiran pada situs atau akun tertentu yang menurut standart mereka kurang pas untuk diposting. Maka dari itu pihak social media perlu untuk melakukan pemblokiran.

Dan rupanya hal itu tidak hanya terjadi pada satu social media saja. Namun hal itu juga banyak dilakukan oleh banyak social media.

Salah satu social media yang memberlakukan system ini adalah instagram. Di mana kita tahu bahwa instagram adalah social media yang banyak dipakai oleh orang-orang untuk memposting foto-foto mereka.

Namun kendati begitu instagram juga tidak sembarangan dalam membantu orang mempublikasikan  di social media. Di mana instagram itu sendiri mempunyai system shadowban.

Adapun system shadowban adalah salah satu bentuk usaha instagram untuk menyaring akun-akun yang tidak dan kurang sesuai dengan standart mereka.

Akibat dari akun yang mengalami shadowban adalah di mana pemilik akun tidak bisa mengalami pertumbuhan dalam meningkatkan jumlah follower.

Ciri akun yang mengalami shadowban

Banyak dari kita sebagai pengguna akun social media instagram tidak menyadari atau tidak tahu bahwa akun social media mereka terkena adanya shadowban.

Bagi orang yang tidak tahu pasti akan merasa penasaran dan ingin tahu bagaimana ciri-ciri akun instagram yang mengalami shadowban.

Penasaran kan? Yuk kita baca dan simak bersama penjelasan yang ada di bawah ini.

1. Engagement menurun secara drastis

Salah satu bentuk ciri-ciri akun yang mengalami shadowban adalah engagement anda menurun secara drastic.

Di mana jumlah like dan juga komentar anda mengalami jumlah yang sangat berkurang dibandingkan sebelumnya.

2. Tidak bisa menerima follower baru

Bila sebuah instagram yang tidak terblokir atau mengalami shadowban akun itu bisa dengan mudah menerima dan mendapatkan follower baru.

Namun rupanya pada akun social media yang mengalami dan mendapatkan shadowban itu biasanya tidak bisa mendapatkan follower baru. Hal itu tentu saja mengalami penurunan dalam usaha mengembangan akun social media anda.

Penyebab akun instagram mengalami shadowban

Para pengguna social media banyak yang tidak menyadari bahwa akun social media mereka mengalami shadowban.

Bahkan kurang paham juga mengapa akun instagram mereka harus terblokir atau mengalami shadowban. Nah di bawah ini kami akan memberikan informasi yang berguna untuk anda.

1. Menggunakan software yang melanggar syarat dan ketentuan dari instagram

Beberapa orang ingin agar dalam social media mereka mempunyai banyak follower dan like. Akibatnya beberapa orang itu sengaja menggunakan software supaya terlihat oleh orang mereka mempunyai banyak like dan follower.

Padahal kita tahu bahwa untuk hal yang semacam itu pihak instagram sangat ketat pada penggunaan software semacam itu.

Maka dari untuk hal yang semacam itu pihak instagram harus memberlakukan blokir dan shadowban pada akun social media yang melakukan pelanggaran dengan menggunakan software semacam itu dengan maksud untuk bisa mendapatkan banyak follower dan like.

2. Penyalahgunaan pada hastag

Penyebab lain yang bisa membuat sebuah akun instagram itu mengalami shadowban atau terblokir adalah karena menggunakan hastag yang menyimpang.

Di mana kita tahu bahwa salah satu jenis cara yang bisa dilakukan agar bisa mendapatkan banyak like adalah dengan menambahkan hastag pada akun mereka.

Dan biasanya banyak orang menggunakan hastag yang mendapatkan like supaya keinginan mereka banyak like itu bisa terwujud.

Padahal kita tahu bahwa di dalam hastag itu banyak postingan yang kurang pantas untuk diposting. Maka dari itu pada akun yang semacam itu pihak instagram harus melakukan pemblokiran dan shadowban.

Cara mengatasi shadowban

Beberapa orang merasa panic ketika akun social media instagram mereka itu mengalami shadowban.

Nah untuk mengatasi kepanikan dan kecemasan mengenai akun social media instagram mengalami shadowban. di bawah ini kami akan memberikan informasi untuk anda cara mengatasi shadowban.

1. Tidak menggunakan software tertentu

Cara pertama yang bisa dilakukan supaya akun instagram anda terbebas dari shadowban adalah dengan menghentikan menggunakan software yang berguna untuk menambah follower.

Dengan cara yang demikian anda bisa terbebas dari adanya shadowban dan juga pemblokiran yang dilakukan oleh pihak instagram.

2. Hindari menggunakan hastag yang terblokir

Berikutnya cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi shadowban adalah tidak menggunakan hastag yang terblokir. Selain itu anda perlu untuk menghapus postingan yang menggunakan hastag yang terblokir.

Nah itulah tadi beberapa informasi yang bisa kami bagikan untuk anda semua mengenai apa itu shadowban.

Semoga informasi yang telah kami bagikan itu bisa berguna dan bermanfaat untuk anda semua. Terlebih di sini untuk anda yang sedang dan akan menjalankan bisnis di instagram.

Baca Juga : Konten Instagram Paling Menarik Untuk Calon Pelanggan

Leave a Comment