Apa itu Telegram? Kekurangan dan Kelebihan Dalam Menggunakannya

Kemudahan komunikasi di era sekarang sangat didukung oleh adanya aplikasi chatting.

Berbagai aplikasi chatting yang ada bahkan telah dipenuhi dengan fitur-fitur yang memanjakan penggunanya. Salah satu aplikasi chatting yang cukup populer di masyarakat adalah WhatsApp apalagi saat ini terdapat WhatsApp Business.

Namun, akhir-akhir ini, ada aplikasi chatting yang naik daun dan sangat digemari oleh masyarakat umum yaitu Telegram.

Nah, seperti apa sebenarnya apa itu telegram? Lalu, apa pula kelebihan dan kekurangannya? Simak selengkapnya lewat ulasan di bawah ini.

Apa itu Telegram?

Tahukah Anda Apa itu Telegram? Telegram adalah aplikasi layanan chatting atau mengirim pesan instan secara gratis. Dengan aplikasi Telegram, pengguna bisa mengirim pesan, foto, video, audio, dan dokumen.

Telegram bisa dipakai di berbagai platform mulai dari Android, iOS, Windows, Linux, dan MacOS. Berkat teknologi awan atau cloud inilah yang membuat Telegram mampu bisa diakses di berbagai perangkat dan platform.

Fitur-fitur yang dimiliki Telegram adalah secara keseluruhan memang mirip dengan WhatsApp, akan tetapi masih ada perbedaan dalam beberapa fiturnya.

Misalnya, dalam Telegram terdapat fitur secret chat yang mana fitur ini tidak dimiliki oleh aplikasi chatting lain.

Aplikasi secret chat memungkinkan penggunanya untuk mengirim pesan secara rahasia dengan penggunaan lain.

Lalu, apabila pengguna ingin menghapus chat tersebut, pengguna hanya perlu melakukan end chat. Secara otomatis, chat pengguna tersebut akan terhapus, begitu pula dengan chat di pengguna lain.

Disamping itu, ada fitur dalam Telegram yang mirip dengan fitur yang ada di Snapchat. Fitur tersebut memungkinkan pengguna mengirim pesan dengan batas waktu tertentu.

Jika waktu untuk mengirim pesan tersebut sudah habis, maka pesan akan otomatis terhapus.

Kekurangan Telegram

Setiap aplikasi pastinya punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Telegram adalah aplikasi yang mengedepankan keamanannya, juga diketahui punya beberapa kekurangan. Beberapa ini adalah kekurangan telegram diantaranya adalah:

1. Tidak Adanya Fitur End-to-End Encryption

Saat pengguna telegram menggunakan fitur chat biasa, bukan fitur secret chat, maka pengguna tidak akan mendapatkan fitur end-to-end encryption atau dalam kata lain tidak terenkripsi.

Enkripsi ini merupakan metode yang digunakan untuk mengamankan data lewat rangkaian kode. Kode tersebut nantinya akan membantu supaya pesan tidak bisa dibaca oleh orang lain.

Meskipun begitu, berbagai pesan yang dikirimkan lewat chat biasa di Telegram tidak akan dengan mudahnya dibaca oleh pihak Telegram.

Hal ini dikarenakan ada protokol yang ketat dalam hal keamanan Telegram.

2. Fitur Telegram di Desktop Tidak dikembangkan

Kekurangan lain yang ada pada Telegram terletak pada versi PC atau desktop yang tidak secara penuh dikembangkan. Dalam kata lain, pengembangan aplikasi di PC tidak dilanjutkan.

Beberapa fitur seperti secret chat tidak dapat ditemukan di Telegram.

Oleh karenanya, pengguna tidak bisa mengandalkan Telegram untuk PC saat akan mengirim pesan lewat secret chat.

3. Foto Profil Lama Tidak Otomatis Terhapus

Tidak seperti di aplikasi chatting lain, saat mengganti foto profil di Telegram, foto lama tidak langsung terhapus.

Foto tersebut biasanya akan tetap ada dan tidak akan hilang jika pengguna Telegram tidak menghapusnya.

Ini dapat dikatakan sebagai kekurangan karena beberapa orang juga merasa tidak nyaman dengan ketidakotomatisan hilangnya foto profil lama.

Kelebihan Telegram

Selepas mengenal sedikit kekurangan dari Telegram, berikutnya ada beberapa kelebihan Telegram yang dapat dikatakan cukup banyak. Kelebihan-kelebihan tersebut dapat dilihat lewat penjelasan berikut.

1. Aplikasi Chatting Free Selamanya

Gratis barangkali jadi kata yang paling disukai banyak orang. Kata gratis ini juga diaplikasikan oleh Telegram yang memungkinkan penggunanya untuk mengakses aplikasi mereka secara gratis, bahkan selamanya.

Tentunya, ini sangat memudahkan semua pengguna, mereka hanya perlu mengunduh aplikasi dari Playstore dan bisa menjalankannya tanpa dikenakan biaya apapun.

2. Kecepatan Mengirim Pesan Lebih Baik dari Aplikasi Lain

Adanya fitur cloud di Telegram telah membuat aplikasi ini mampu mengirim pesan lebih cepat bila dibandingkan dengan aplikasi chatting lainnya.

Hampir semua pengguna Telegram telah membuktikan dan setuju jika kecepatan mengirim pesan di Telegram memang cenderung lebih cepat.

Selain itu, adanya fitur cloud tadi juga membuat penggunanya tidak perlu khawatir akan penuhnya penyimpanan.

Keunggulan ini tentu dapat diandalkan oleh para pengguna smartphone yang mempunyai penyimpanan tidak cukup banyak.

3. Aplikasinya Lebih Ringan

Dari segi ukuran aplikasi, Telegram punya ukuran yang lebih kecil dibandingkan aplikasi chatting seperti WhatsApp.

Ukuran aplikasi yang lebih kecil ini membuat Telegram lebih ringan untuk dijalankan oleh penggunanya.

4. Terdapat Fitur Channel

Keunggulan lain yang dimiliki oleh Telegram ada pada fitur channel yang tidak dimiliki oleh aplikasi chatting yang lain.

Fitur channel ini dapat digunakan oleh pengguna Telegram untuk melakukan broadcast degan jumlah anggota yang tidak terbatas.

5. Terdapat Fitur Bot

Pernah mendengar mengenai bot?

Bot ini merupakan suatu akun yang dijalankan oleh aplikasi dan didukung oleh kecerdasan buatan atau AI.

Fitur bot dalam Telegram ini memudahkan pengguna untuk melakukan apapun, mulai dari broadcast, game, dan sebagainya.

Kelebihan lain dari fitur bot Telegram adalah pengguna tak perlu melakukan install terlebih dulu.

Pengguna juga tidak membutuhkan nomor telepon dan pengguna hanya perlu mengirimkan pesan atau perintah tertentu. Nantinya bot akan bekerja sesuai dengan perintah atau pesan yang diberikan oleh pengguna.

6. Dapat Berbagi File dengan Ukuran Besar

Di Telegram, mengirimkan file atau dokumen dengan ukuran besar sangat memungkinkan. Ini dikarenakan Telegram memungkinkan penggunanya untuk mengirim file hingga 1,5 GB.

Tentu ini lebih besar dibandingkan dengan WhatsApp yang hanya memperbolehkan mengirim file dengan maksimal berukuran 16 MB saja.

Jenis file yang dapat dikirimkan ke Telegram pun bervariasi, mulai dari doc, mp3, zip, pdf, dan lain sebagainya.

7. Mampu Menampung Anggota Grup Lebih Banyak

Tidak jarang sebuah komunitas atau organisasi membutuhkan komunikasi via online, sehingga mengharuskan mereka untuk berkumpul dalam satu grup chatting.

Hanya saja, beberapa aplikasi chatting hanya memberikan sedikit jumlah anggota untuk setiap grup.

Contohnya, di WhatsApp, jumlah anggota grup yang diperbolehkan hanya sekitar 200-an. Namun, Telegram justru memberikan jumlah kuota grup hingga 5000 orang.

Dengan jumlah anggota yang sebanyak itu, tidak heran kalau banyak komunitas maupun organisasi tertentu yang lebih memilih Telegram untuk mengumpulkan anggota mereka dalam group chat.

Bisakah Menggunakan Telegram untuk Berbisnis

Bisakah Menggunakan Telegram untuk Berbisnis
Bisakah Menggunakan Telegram untuk Berbisnis

Bagi beberapa orang yang suka menggunakan sosial media untuk kepentingan bisnis, pasti akan bertanya-tanya bisakah menggunakan Telegram untuk berbisnis?

Sebenarnya, saat ini para pelaku bisnis skala kecil hingga menengah juga sudah banyak yang mulai menggunakan Telegram sebagai media untuk berjualan.

Meskipun diketahui sebagai aplikasi chatting atau berkirim pesan, tetapi Telegram juga diketahui menjadi aplikasi yang sangat berguna untuk berjualan.

Keunggulan yang dimiliki oleh Telegram membuatnya jadi banyak dilirik oleh pelaku bisnis untuk melebarkan ladang bisnis mereka. Beberapa diantaranya adalah:

1. Fitur chatbot

Fitur ini mampu membalas pesan konsumen secara otomatis. Seller yang menggunakan fitur ini akan sangat terbantu, terutama bagi seller yang kebetulan tidak dalam keadaan aktif Telegram.

Sehingga, akan ada notifikasi yang diterima oleh konsumen kalau chat akan segera dibalas.

2. Real-time support

  • Dapat memproses feedback dari pelanggan
  • Mampu dijadikan media untuk menyampaikan informasi terbaru mengenai suatu produk
  • Bisa dijadikan media untuk promosi produk dalam suatu grup
  • Dapat dimanfaatkan untuk mengelola dan berkoordinasi dengan tim bisnis

Setelah mengetahui beberapa manfaat Telegram untuk keperluan bisnis, pelaku bisnis sebenarnya bisa menggunakan fitur grup Telegram untuk berjualan.

Dalam grup ini, pelaku bisnis dapat mengumpulkan orang-orang yang sekiranya tertarik dengan produk yang dimiliki oleh pelaku bisnis.

Di dalam Telegram sendiri ada dua jenis grup yaitu Groups dan Super Groups.

Seperti yang diketahui sebelumnya kalau jumlah orang yang bisa bergabung dalam suatu grup bisa mencapai 5000 orang, maka pemilik bisnis akan dengan mudah mengirimkan pesan yang bisa dibaca oleh ribuan orang tersebut.

Disamping itu, fitur grup di dalam Telegram juga menyediakan fitur history chat, sehingga untuk anggota yang baru bergabung, tetap bisa mengakses chat-chat yang sebelumnya sudah dikirimkan.

Fitur ini akan memudahkan para konsumen yang baru bergabung di dalam grup Telegram untuk melihat produk-produk yang sebelumnya telah dibagikan oleh pemilik bisnis.

Di aplikasi chatting lain, fitur ini diketahui masih belum ada, jadi pemilik bisnis tentu akan diuntungkan bila menggunakan fitur grup Telegram ini.

Cara Membuat Akun Telegram

Cara Membuat Akun Telegram
Cara Membuat Akun Telegram

Untuk bisa membuat akun Telegram, caranya sangatlah mudah. Hanya butuh beberapa step atau langkah saja seperti berikut.

  1. Download dan install aplikasi Telegram yang ada di Playstore maupun di Appstore.
  2. Setelah Telegram terdownload dan terinstal, berikutnya pengguna bisa langsung mendaftar dengan memasukkan nomor telepon yang aktif.
  3. Berikutnya, pihak Telegram akan mengirimkan kode ke nomer tersebut. Biasanya jumlah kode yang dikirimkan ada 4 digit.
  4. Apabila kode sudah diterima, maka masukkan kode tersebut ke aplikasi Telegram.
  5. Jika kode sudah dimasukkan, akun Telegram akan otomatis aktif dan pengguna bisa memulai untuk menggunakannya.

Dari step-step di atas, terlihat bukan jika caranya sangat mudah untuk mendaftar akun Telegram? Telegram akan otomatis menampilkan daftar teman pengguna yang juga menggunakan Telegram.

Tentunya, pengguna harus terlebih dulu mengizinkan Telegram untuk mengakses kontak telepon dari pengguna.

Jika pengguna ingin memulai mengirim pesan dengan pengguna lain, maka cukup klik nama kontak tersebut dan mulai mengetikkan pesan lewat kolom chat yang ada di bagian bawah.

Caranya memang tidak jauh beda dengan aplikasi chat lainnya. Namun, bila pengguna ingin mengirimkan pesan lewat fitur secret chat, pengguna bisa terlebih dulu memilih fitur tersebut.

Lantas, klik nama kontak pengguna yang ingin dihubungi dan tinggal kirimkan pesan apa yang mau dikirim. Setiap pesan yang dikirim ke pengguna lain lewat fitur secret chat ini telah terenkripsi, sehingga isi pesan tidak akan diketahui oleh siapapun.

Kemudian, bila pengguna ingin membuka Telegram lewat PC, pengguna hanya perlu mengunjungi situs Telegram. Masukkan nomor telepon yang dipakai untuk aplikasi Telegram dan klik ‘Next’.

Layar PC akan menampilkan pertanyaan, “Is this phone number correct?”, lalu klik ‘Ok’ dan Telegram akan mulai mengirimkan kode untuk dimasukkan ke situs Telegram di PC.

Masukkanlah kode tersebut dan secara otomatis beranda Telegram akan muncul dengan sendirinya.

Itulah sekilas informasi mengenai Telegram dari apa itu Telegram? Telegram adalah hingga cara membuat akun di Telegram.

Aplikasi chatting yang sedang naik daun ini memang diketahui punya banyak kelebihan. Bahkan, juga bisa digunakan untuk keperluan bisnis.

Leave a Comment