5 Rekomendasi Aplikasi Chat Pengganti WhatsApp Terbaik

Tahukah Anda tentang Rekomendasi Aplikasi Chat Pengganti WhatsApp terbaik saat ini? Hingga saat ini, nampaknya WhatsApp masih menjadi primadona di antara berbagai aplikasi chat lainnya.

WhatsApp memang begitu populer dan digunakan banyak orang dari berbagai penjuru dunia. Siapa sih yang tak mengenal aplikasi ini?

Jarang sekali orang yang tak mengenal aplikasi ini. Di Indonesia sendiri WhatsApp digunakan berbagai kalangan, mulai dari remaja hingga lanjut usia, juga mulai dari rakyat jelata, pengusaha, hingga pejabat negara.

Kepopuleran aplikasi WhatsApp tak lain karena tampilan antar mukanya yang sederhana dan mudah digunakan.

Ditambah lagi aplikasi ini didukung berbagai fitur seperti pesan suara, video call, berbagi foto dan file, berbagi lokasi hingga stories.

Dapat dikatakan bahwa WhatsApp adalah aplikasi chat yang lengkap. Selain itu WhatsApp adalah aplikasi yang bebas dari iklan dan hemat kuota.

WhatsApp seakan merupakan aplikasi terbaik tanpa cela. Padahal di balik kelebihannya tersebut terdapat pula beberapa  kekurangan aplikasi ini.

Diantaranya yaitu menghabiskan banyak ruang pada disk smartphone, tidak adanya fitur report (perlindungan dari penyalahgunaan akun untuk mengirim pesan-pesan tidak pantas), dan sering adanya update.

Terlebih lagi belum lama ini muncul kabar tentang kebijakan privasi terbaru dari WhatsApp yang mengharuskan penggunanya mensinkronisasi data pribadi.

Kebijakan baru tersebut menuai berbagai kontroversi. Pasalnya, kebijakan ini dianggap mengancam privasi pengguna WhatsApp.

Akhirnya banyak juga pengguna yang merasa khawatir dan mencari alternatif aplikasi chat lain yang lebih aman serta fiturnya tak kalah dengan WhatsApp. Apa saja sih aplikasi chat lain yang bisa kita pilih? Mari kita simak ulasan berikut tentang aplikasi-aplikasi ini.

Alternatif Aplikasi Pengganti WhatsApp

Bagi yang ingin beralih dari whatsapp ke aplikasi chat lainnya, berikut adalah beberapa Rekomendasi Aplikasi Chat Pengganti WhatsApp terbaik saat ini :

Telegram

Telegram
Telegram

Alternatif aplikasi chat pengganti WhatsApp yang pertama adalah Telegram. Aplikasi buatan Pavel Durov ini seketika trending setelah WhatsApp mengabarkan kebijakan barunya yang kontroversial tersebut.

Banyak orang mulai  mempromosikan dan membicarakan aplikasi ini. Saat ini Telegram memang salah satu rival terkuat WhatsApp. Lantas, seperti apa sih sebenarnya aplikasi ini?

Apa saja fitur-fitur yang ditawarkan? Dan bagaimana aplikasi ini jika dibandingkan dengan WhatsApp? Mari kita bahas satu-persatu.

Telegram merupakan salah satu aplikasi chat bebas iklan yang menawarkan berbagai fitur unik dan menarik. Aplikasi ini tersedia dan dapat digunakan dalam berbagai sistem operasi, diantaranya yaitu android dan iOS.

Selain itu, tak banyak orang yang tahu jika aplikasi ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Selama ini kita lebih mengenal Telegram dengan versi gratis.

Perbedaan antara versi gratis dan berbayar ada pada fitur-fitur yang ditawarkan, dimana fitur pada versi berbayar lebih lengkap.

Namun, tenang saja, versi gratis pun fitur-fitur yang ditawarkan terbilang cukup lengkap dan secara keseluruhan sudah cukup memuaskan.

Keunggulan Telegram

Nah, saatnya kita bahas terkait fitur-fitur unik dari Telegram sebagai keunggulan.

  • Salah satu  fitur unggulan dari Telegram yaitu secret chat

Merupakan fitur yang berfungsi melindungi percakapan rahasia yang sedang dilakukan pengguna. Adanya fitur ini membuat kita bisa mengatur percakapan rahasia yang ingin disembunyikan.

Percakapan rahasia tersebut aman karena tidak akan tersimpan dalam server dan setelah beberapa waktu dengan sendirinya akan menghilang. Jadi, tak perlu khawatir dan repot-repot menghapus setiap percakapan rahasia yang sedang kita lakukan.

  • Fitur supergroup

Fitur ini tidak dimiliki oleh WhatsApp. WhatsApp sendiri membatasi jumlah anggota setiap grup.

Dalam satu grup, maksimal hanya 256 anggota. Ini cukup menyulitkan ketika kita hendak membuat grup dengan anggota lebih dari 256 orang.

Telegram ternyata punya solusi atas permasalahan ini, yaitu adanya fitur supergroup. Banyak orang kemudian menggunakan telegram karena fitur ini.

Telegram membatasi jumlah anggota tiap grup maksimal 100.000 anggota. Tentu saja fitur ini membantu mempermudah kita yang ingin membuat grup dengan jumlah anggota yang banyak.

  • Fitur edit message

Fitur ini sangat menarik, karena biasanya pada aplikasi lain hanya tersedia fitur hapus pesan bukan edit pesan. Contohnya saja pada WhatsApp.

KIta tidak bisa mengedit pesan yang sudah terlanjur kita kirim, namun bisa menghapus pesan tersebut 13 jam, 8 menit, 16 detik setelah pesan terkirim.

Lebih dari waktu tersebut, pesan tidak bisa dihapus lagi. Berbeda dengan Telegram yang mempunyai fitur edit message.

Fitur ini memungkinkan kita untuk mengedit dan memperbaiki kesalahan pesan yang sudah terlanjur dikirim. Penerima pesan tidak akan bisa melihat pesan sebelum kita edit, namun ketika kita mengeditnya muncul notifikasi terkait pengeditan yang kita lakukan.

  • Gambar dan Video

Fitur unggulan lainnya yaitu gambar dan video yang tidak otomatis terunduh ke galeri. Pada WhatsApp foto dan video yang kita terima akan terlihat buram jika tidak didownload dan masuk galeri.

Nah, Telegram tidak seperti itu. Kita tetap bisa melihat gambar dan video tanpa harus mendownload dan menyimpannya ke dalam galeri.

Itulah beberapa keunggulan dari Telegram. Masih banyak fitur menarik dan keunggulan Telegram lainnya yang tidak dibahas secara rinci di sini.

Diantaranya yaitu adanya fitur bot, tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang besar, stiker gratis, adanya fitur channel atau broadcasting dengan kapasitas besar,  hingga mampu mengirim  file hingga 1,5 GB.

Kekurangan Telegram

Selain keunggulan fitur-fitur di atas, tentunya Telegram mempunyai beberapa kekurangan. Selanjutnya kita akan bahas kekurangan-kekurangan tersebut.

  • Tidak ada Video Call

Video call merupakan salah satu fitur penting dalam sebuah aplikasi chat. Adanya fitur ini memudahkan kita untuk berkomunikasi semi-langsung dengan keluarga, kerabat, maupun sahabat.

Sayangnya Telegram tidak dilengkapi dengan fitur ini. Tentu saja ini menjadi sebuah kekurangan Telegram karena di era serba digital ini, fitur video call sangatlah dibutuhkan.

  • Fitur stories

Lalu, pada aplikasi Telegram tidak ada fitur stories. Fitur stories saat ini memang menjadi favorit banyak orang. Berbagai macam aplikasi berlomba-lomba mengupdate fiturnya dengan menambahkan fitur stories ini, seperti WhatsApp, Line, Instagram, bahkan Twitter.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Telegram dibandingkan WA

LINE

LINE
LINE

Rekomendasi Aplikasi Chat selanjutnya adalah LINE, pasti banyak di antara kita yang sudah mengenal aplikasi ini. Salah satu aplikasi chat yang digandrungi anak muda.

LINE merupakan perpaduan WhatsApp dan Facebook. Aplikasi chat asal Jepang ini unik dan menarik. Apalagi  fitur stikernya yang lucu-lucu dan beragam, cocok untuk jiwa-jiwa muda.

Terlebih yang punya doi, Line cocok dan asik untuk dipakai chat dengan doi. Sebelum WhatsApp menambahkan fitur stiker, Line sudah terlebih dulu dikenal dan identik dengan fitur stiker ini.

Kelebihan Line

LINE mempunyai beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan aplikasi Lain. Mari kita bahas beberapa kelebihan yang dimiliki aplikasi ini.

  • Terdapat fitur multi-chat

Pertama, selain digunakan untuk personal chat (percakapan antar 2 pengguna), LINE bisa digunakan untuk multi-chat (percakapan antara lebih dari 2 pengguna).

Jika pada aplikasi WhatsApp kita perlu membuat grup jika ingin melakukan percakapan secara bersamaan dengan 2 orang atau lebih, maka ketika menggunakan LINE kita tidak perlu repot seperti itu.

Dalam Fitur multi-chat memungkinkan pengguna untuk melakukan percakapan dengan 2 orang atau lebih tanpa adanya grup.

  • Fitur timeline

Kemudian fitur menarik lain dari LINE yaitu timeline. Fitur ini fungsinya seperti sosial media. Mirip dengan Facebook, namun dalam bentuk lebih sederhana.

Kamu bisa memposting tulisan, foto, juga video pada timeline. Nantinya pengguna lain dapat menyukai, berkomentar hingga membagikan ulang konten-konten yang kamu posting tersebut.

  • Fitur LINE Today

Nah, Fitur LINE Today membuat kita selalu up to date, dengan menyediakan bacaan berupa berita-berita yang sedang trending dari berbagai situs.

  • Fitur LINE Jobs

LINE Jobs menyediakan info lowongan pekerjaan, sehingga memudahkan para jobseeker untuk menemukan lowongan kerja yang sesuai dengan keahlian dan lokasi.

  • Fitur LINE Square

LINE Square memungkinkan kita bergabung ke dalam grup-grup atau komunitas dengan hobi ataupun pekerjaan yang sama.

  • Fitur LINE Shopping

LINE Shopping yang memungkinkan kita berbelanja online melalui aplikasi ini.

Kekurangan Line

Selain kelebihan, pastinya LINE juga memiliki kekurangan. Beberapa kekurangan dari LINE yaitu :

  • Adanya iklan dalam aplikasi. Bagi beberapa pengguna ini cukup mengganggu.
  • Selain itu aplikasi ini cukup berat dan menghabiskan banyak ruang pada memori internal serta RAM. Jika smartphone yang kita gunakan kapasitas memorinya rendah, tentu hal ini menjadi masalah.
  • LINE membutuhkan koneksi internet yang stabil. Beberapa fitur dalam LINE susah diakses apabila internet yang kita gunakan tidak stabil.

WeChat

WeChat
WeChat

Rekomendasi Aplikasi Chat selanjutnya adalah Wechat. Aplikasi ini cukup terkenal namun tak sepopuler WhatsApp, Telegram, ataupun LINE. WeChat adalah aplikasi buatan Cina. Pengguna terbesar aplikasi ini pun warga Cina.

Hal ini karena aplikasi-aplikasi chat lain banyak yang diblokir oleh pemerintah Cina, sehingga masyarakat tidak dapat menggunakannya.  Sama dengan aplikasi chat lainnya, aplikasi ini disertai dengan fitur berbagi suara, foto, video, juga lokasi.

Fitur menarik yang ditawarkan aplikasi ini yaitu adanya fitur Look Around. Fitur ini memungkinkan pengguna WeChat untuk memanfaat GPS dalam mencari pengguna WeChat lainnya.

Hampir mirip dengan fitur ini, WeChat juga mempunyai fitur Nеаrby Реорlе. Hanya dengan menggoyang atau shake smartphone, kita dapat menemukan dan terhubung dengan pengguna WeChat lainnya yang lokasinya berada di dekat kita.

WeChat selain merupakan aplikasi chat juga merupakan sosial media, hampir mirip dengan LINE. Namun dalam hal ini WeChat mempunyai fitur menarik, yaitu subscription.

Fitur ini membuat kita tahu aktivitas yang dilakukan oleh teman. Kita dapat mengetahui artikel-artikel apa saja yang dibaca teman, meskipun ia tidak membagikannya dalam feed.

Di lain sisi, fitur hide memungkinkan kita menyembunyikan postingan-postingan teman yang membanjiri feed dan membuat kita terganggu.

Aplikasi ini juga dapat dijadikan layaknya marketplace, Ini memungkinkan kita untuk berjualan dan berbelanja online menggunakan aplikasi ini. Terlebih tersedia juga pembayaran cashless WeChat Pay, dimana sistemnya mirip dengan Shopeepay.

Di balik berbagai kelebihannya, terdapat pula berbagai kekurangan aplikasi ini. Diantaranya yaitu Jumlah anggota grup yang sangat terbatas. Dalam satu grup jumlah anggota maksimalnya hanya 40 orang. Selain itu fitur menarik Nеаrby Реорlе ternyata hanya untuk pengguna dari Cina saja.

Viber

Viber
Viber

Banyak yang bilang aplikasi satu ini mirip dengan WhatsApp. Secara umum Viber memang mempunyai kemiripan dengan WhatsApp, terutama terkait fitur-fitur umum yang keduanya miliki.

Namun, ada juga perbedaan yang mencolok antara kedua aplikasi ini. Pada Viber memungkinkan kita mengirim pesan dengan mencantumkan posisi lokasi kita.

Jadi setiap pesan yang kita kirim akan muncul geotag lokasi kita berada. Ini bisa kita dapat dengan mengaktifkan fitur geolocation.

Hal menarik lainnya yaitu membuka beberapa percakapan tanpa harus kembali ke halaman utama aplikasi.

Ketika kamu sedang kebanjiran pesan, kamu bisa membalas satu per satu pesan tersebut dengan cepat tanpa harus kembali ke halaman utama.

Hanya dengan menggeser layar sebelah kanan, maka percakapan-percakapan aktif yang belum kita baca dan balas akan muncul. Sangat menghemat waktu kan!

Kemudian ada pula fitur Doodle. Fitur ini membuat kita bisa berkreasi menghias foto dengan beragam tools yang ada dalam fitur ini. Kita bisa mencoret, mewarnai, menghias foto lalu mengirimkan hasilnya ke teman.

Di sisi lain ada fitur-fitur yang mengganggu pada aplikasi ini. Salah satunya yaitu adanya iklan yang dinilai mengganggu tampilan dan aktivitas yang sedang dilakukan pada aplikasi ini.

Tampilan pada aplikasi ini pun tidak dapat diubah sesuai keinginan kita. Tentunya ini membuat cepat bosan dan kurang menarik.

Signal

Signal
Signal

Rekomendasi Aplikasi Chat selanjutnya adalah signal. Aplikasi ini sempat menjadi trending topik karena Elon Musk melalui akun Twitter pribadinya  menyebut dan merekomendasikannya.

Cuitan Elon Musk ini adalah respon atas kebijakan baru yang dikeluarkan oleh WhatsApp. Banyak orang yang kemudian mencoba aplikasi ini. Apalagi Signal diketahui bahwa aplikasi yang aman terkait privasi penggunanya.

Kelebihan Signal

  • linked device

Selain terkait keamanan privasi penggunanya, Signal unggul karena dapat terhubung dengan berbagai perangkat atau linked device.

Kita dapat secara bersamaan menggunakan aplikasi ini pada smartphone, tablet, laptop, PC, ataupun perangkat lainnya.

  • edit foto

Signal juga dilengkapi dengan fitur untuk edit foto. Fitur edit foto ini memunngkinkan kita menggunakan editor built-in untuk membuat foto lebih menarik.

Tentunya fitur ini sangat membantu. Kita tak perlu membuka aplikasi lain jika harus melakukan edit foto.

  • mode terang dan gelap

Fitur unik lainnya yaitu, adanya pilihan mode terang dan gelap. Tampilan aplikasi bisa diubah gelap atau terang sesuai keinginan kita.

Ketika memilih mode terang, maka aplikasi akan berwarna putih biru. Sedangkan jika memilih mode gelap, maka aplikasi akan berwarna hitam.

Jika dibandingkan dengan WhatsApp, fitur-fitur pada Signal memang kurang lengkap. Walaupun sama-sama bisa melakukan panggilan biasa ataupun video call, mengirim berbagai berkas, dan tersedianya berbagai GIF yang membuat percakapan semakin seru dan lucu.

Ditambah lagi aplikasi ini sering sekali melakukan update. Jika kita tidak melakukan update, imbasnya masalah tidak bisa mengirim maupun menerima pesan.

Nah, jika kita melakukan update, harus pula melakukan sinkronisasi ulang. Hal ini tentu saja cukup mengganggu dan menjengkelkan bagi penggunanya.

Demikianlah pembahasan mengenai Rekomendasi Aplikasi Chat Pengganti WhatsApp Terbaik. Semoga bisa bermanfaat.

Leave a Comment