6+ Cara Agar Jaringan Smartfren Lancar yang Mudah Dilakukan  

Ada banyak langkah yang orang manfaatkan untuk kemudahan sendiri sekarang ini. Anda dapat menggunakan teknologi untuk memudahkan diri dalam berbagai macam kegiatan yang ada.

Tidak hanya itu saja, ada berbagai pilihan teknologi yang dapat dimanfaatkan juga.

Penggunaan internet dan sosial media adalah salah satunya. Karena itu, butuh cara agar jaringan smartfren lancar juga.

Dengan adanya langkah tersebut, Anda dapat memperoleh kemudahan sendiri. Bukan hal yang sulit untuk memilih jaringan yang ingin dimanfaatkan.

Ada berbagai macam pilihan jaringan yang biasanya orang gunakan sebagai koneksi data seluler. Anda tidak mungkin hanya menggunakan wifi saja. Pastinya, ada koneksi lainnya yang dapat dimanfaatkan dengan baik.

Baca Juga : 5+ Cara Klaim Bonus Smartfren, Selengkapnya Di Sini!

6 Cara Agar Jaringan Smartfren Lancar dengan Mudah

6 Cara Agar Jaringan Smartfren Lancar dengan Mudah

Anda tidak akan merasa nyaman dalam pemakaian perangkat untuk berbagai macam hal jika jaringan internet dalam keadaan lelet.

Hal ini akan membuat Anda malas dalam melakukan berbagai macam hal. Termasuk juga dengan bekerja.

Anda tidak dapat melakukan pekerjaan penting tanpa data seluler dan juga jaringan yang kencang.

Jadi, periksa cara perkuat jaringan dengan mudah:

1. Lakukan pengaturan APN Smartfren

Langkah yang satu ini merupakan bagian penting untuk dilakukan dalam jaringan Smartfren.

Ada banyak pengguna yang kurang paham mengenai pengaturan ApN. Hal ini memang wajar terjadi karena langkah yang cukup rumit.

Anda harus perhatikan dengan baik untuk pengaturan APN yang sesuai dengan jaringan. Access point name mempunyai peran yang sangat penting di jaringan.

APN ini akan digunakan untuk menemukan alamat IP yang tepat dan harus diidentifikasi oleh perangkat. Sederhananya, Anda tidak dapat tersambung dengan koneksi internet tanpa adanya laporan dari APN sendiri.

APN akanlanvsung memasukkan nama perangkat agar dapat terkoneksi dengan jaringan. Jadi, jika kartu perdana Anda salah, internet akan tetap lemot.

Hal tersebut wajar terjadi karena APN tidak melakukan tugasnya. Jadi, perhatikan dengan baik kehadiran APN dan setting yang harus dilakukan.

Walaupun sudah ada pengaturan default dari pihak produk, Anda tetap harus mengganti pengaturan pada APN.

Hal ini dilakukan untuk memperkuat sinyal yang ada. Jangan asal dalam pengaturan karena bisa ada kesalahan fatal juga.

Dalam pengaturan yang dapat menghindari kesalahan, Anda harus tahu langkah sederhana yang dapat dilakukan dengan mudah.

Untuk mempercepat jaringan dengan penyetelan APN tanpa ada kesalahan, Anda dapat mulai dengan langkah ini:

  • Buka bagian pengaturan yang ada perangkat Anda
  • Anda dapat memilih ke bagian pengaturan jaringan atau mobile network settings
  • Lanjutkan dengan memilih kartu Smartfren sesuai dengan posisi slotnya di dalam ponsel Anda
  • Anda dapat langsung memilih di bagian nama titik akses atau APN jika sudah berhasil masuk ke dalam pengaturan jaringan kartu Smartfren
  • Pilih pada bagian add access point atau juga ikon+
  • Anda dapat memasukkan berbagai macam APN dengan memeriksa dalam internet untuk pengaturan yang sesuai.
  • Cari yang merupakan APN paling cepat menurut Anda dan atut sesuai dengan alternatif yang diberikan tersebut
  • Langsung simpan pengaturan ulang APN tersebut dan mulai kembali perangkat Anda.

2. Gunakan aplikasi penguat

Langkah selanjutnya yang dapat Anda manfaatkan dengan mudah dalam cara agar jaringan Smartfren lancar adalah menggunakan berbagai pilihan aplikasi penguat.

Ada banyak aplikasi yang dapat Anda manfaatkan dengan mudah untuk menguatkan jaringan.

Jika setelah pengaturan APN yang lengkap dengan berbagai macam alternatif yang ada, jaringan tetap lemot, langkah ini tepat.

Anda dapat menggunakan langkah mudah dengan mengunduh berbagai macam pilihan aplikasi penguat jaringan.

Ada beberapa orang yang merasa cara ini aneh dan sulit dilakukan. Anda dapat mencoba untuk pembuktiannya sendiri.

Ada berbagai macam pilihan untuk aplikasi yang dapat Anda gunakan dalam kepentingan melancarkan jaringan. Bahkan, banyak yang tersedia secara gratis.

Setelah mengunduh aplikasi, Anda dapat coba melakukan pemakaian. Biasanya, jaringan akan menjadi lebih lancar setelah Anda melakukan akses pada aplikasi yang sudah diunduh. Anda juga harus memantau aplikasi penguat jaringan ini.

Hal ini wajar terjadi karena ada banyak orang yang suka merebut jaringan orang lain. Apalagi jika hotspot Anda sedang menyala juga.

3. Pakai mode pesawat

Jika sudah punya aplikasi untuk melancarkan jaringan dalam perangkat dan tetap ada masalah dengan internet.

Maka, Anda dapat menggunakan langkah lainnya dengan memanfaatkan mode pesawat. Cara yang satu ini cukup mudah untuk dilakukan juga.

Bahkan, mode pesawat dipercaya dapat membantu proses mempercepat jaringan yang sedang Anda gunakan.

Walaupun begitu, ketika menyalakan mode ini, Anda tidak dapat melakukan apapun yang online pada perangkat.

Untuk cara percepat jaringan, Anda tidak harus nyalakan mode hingga terlalu lama.

Cukup gunakan langkah mudah dengan menunggu beberapa saat dan langsung matikan lagi mode yang digunakan. Cara seperti ini membuat jaringan kembali ke dalam kondisi yang segar.

Sebenarnya,  ketika Anda sedang menggunakan cara mematikan dan menyalakan mode pesawat ini, jaringan akan berganti IP.

Setelahnya, jaringan juga akan bekerja untuk mencari IP yang lebih cepat. Jika sudah diganti seperti ini, akan lebih mudah untuk Anda mendapatkan jaringan yang berkualitas. Anda dapat memanfaatkan perangkat seperti biasanya setelah ganti IP.

4. Lakukan pengaturan DNS Benchmark

Dalam cara agar jaringan Smartfren lancar, Anda dapat menggunakan langkah selanjutnya dengan pengaturan pada DNS benchmark. DNS ini merupakan server yang dimanfaatkan untuk mengetahui IP Address dari suatu host. 

Cara ini cukup rumit untuk dimengerti seperti pengaturan pada APN tadi. Tentunya, DNS juga mempunyai pengaruh yang besar pada kecepatan internet Anda sendiri.

Anda dapat mengatur sendiri untuk DNS yang ada. Lalu, DNS benchmark sendiri menjadi software yang digunakan untuk melacak DNS.

Dengan menggunakan bantuan dari software ini, Anda dapat mengatur DNS dan melakukan pemilihan sesuai dengan keinginan sendiri juga. Untuk cara kerjanya juga mudah karena software akan melakukan proses scanning sendiri.

Setelah menyelesaikan scanning dan juga analisa, Anda akan mendapatkan DNS yang paling cepat dan juga stabil.

Untuk pemula dalam pengaturan seperti ini, Anda tidak perlu merasa khawatir karena penggunaan software ini sangat membantu.

Namun, untuk menjalankan software pengaturan DNS ini, Anda harus mempunyai perangkat pendukung dari PC juga.

Walaupun penggunaan software memang mudah dalam mencari DNS yang diinginkan, ada banyak orang yang masih merasa kesulitan.

Karena itu, Anda dapat menggunakan langkah mudah dengan beberapa cara berikut ini sehingga tidak perlu merasa bingung dalam pencarian DNS yang sesuai:

  • Unduh dahulu software DNS benchmark yang ingin Anda manfaatkan
  • Anda dapat membuka aplikasi ini dan langsung masuk ke bagian nameserver
  • Untuk melakukan pengaturan yang ada, Anda dapat langsung masuk ke bagian DNS dengan ketik Run Benchmark saja.
  • Sayangnya, cara yang satu ini memakan waktu lama sehingga harus menunggu hingga selesai jika tidak, proses pemindaian DNS yang tepat akan menjadi tidak berguna.
  • Jika sudah selesai, Anda akan mendapatkan daftar DNS yang mudah dimanfaatkan.

Dalam pengaturannya, Anda dapat menggunakan langkah mudah dengan memilih DNS yang mempunyai warna hijau atau juga biru. Jangan melakukan kesalahan dalam pemilihan dengan menggunakan DNS yang berwarna coklat.

DNS ini bahkan hampir kadaluarsa sehingga dapat membuat Anda mengalami kerugian. Pilih juga DNS yang hampir mirip untuk secondary DNS.

Setelah pemilihan pada DNS selesai, Anda dapat membuat profil internet untuk pengaturan. Setelah mengikuti format yang ada, langsung masuk ke bagian advanced.

Anda harus memasukkan DNS yang sudah didapatkan sebelumnya. Masukkan primary DNS dan juga secondary DNS sesuai yang Anda dapatkan sebelumnya. Anda dapat memilih menyimpan dan masuk lagi ke profil internet.

Jika Anda sudah berhasil masuk ke dalam profil internet yang baru dibuat sebelumnya. Maka, Anda pilih saja ke bagian connect untuk pemakaian jaringan.

Anda dapat langsung melakukan refresh pada jaringan yang ada. Jika jaringan Anda masih sama, Anda harus coba dengan memulai ulang perangkat. Biasanya, akan langsung terlihat hasilnya jika Anda sudah mulai ulang HP.

5. Restart hp

Cara agar jaringan Smartfren lancar selanjutnya adalah melakukan restart hp. Cara yang satu ini merupakan langkah yang paling mudah untuk dilakukan. Bahkan, tidak hanya berlaku untuk ponsel yang menggunakan provider Smartfren saja.

Ada banyak perangkat lainnya yang akan menggunakan cara ini. Bahkan, untuk semua masalah yang ada pada perangkat.

Semua orang akan menggunakan restart sebagai cara perbaikan yang utama. Beberapa error dasar yang ada pada perangkat juga akan diatasi dengan cara ini. Apalagi hanya jaringan internet yang lemot saja.

Anda dapat membuat perangkat kembali dalam keadaan normal jika dinyalakan kembali. Kadang kala, ada beberapa masalah error yang tidak orang sadari dalam menyalakan ponsel.

Setelah dinyalakan ulang, semua sistem akan kembali berjalan dengan normal. Hal ini karena ada beberapa bug yang teratasi dalam proses mulai ulang juga.

Untuk cara mulai ulang memang sama dengan semua perangkat lainnya.

Anda dapat menekan lama pada tombol start yang biasa digunakan untuk menyalakan hp. Langsung pilih restart dan tunggu selama beberapa saat.

6. Cek internet

Sebelum melakukan semua langkah sebelumnya, ada baiknya jika Anda mengecek data seluler yang dimiliki jauh lebih dulu.

Akan menjadi hal yang percuma dan membuang waktu jika Anda sudah melakukan semua pengaturan sementara letak kesalahan ada di data seluler. Anda dapat menggunakan banyak cara untuk mengecek kuota yang dimiliki juga

Biasanya, orang akan menggunakan aplikasi dalam proses pengecekan karena dianggap jauh lebih mudah. Anda juga dapat menggunakan SMS hingga ke website dalam proses pengecekan.

Ada baiknya untuk mengisi kuota sesuai dengan pemakaian. Jadi, tidak akan ada masalah dalam pemakaian jaringan untuk internetan juga.

Beberapa langkah tersebut dapat Anda manfaatkan dengan baik dalam cara agar jaringan Smartfren lancar. 

Anda dapat menggunakan langkah mudah untuk mengatasi internet yang lemot dan lain sebagainya jika paham langkah sebelumnya. Jangan lupa untuk gunakan cara mempercepat koneksi internet juga.

2 thoughts on “6+ Cara Agar Jaringan Smartfren Lancar yang Mudah Dilakukan  ”

  1. Sangat bermanfaat karena memberi tahukan tentang penggunaan internet yang lebih baik dan agar selalu cek internet dimana pun dengan baik agar tidak terjadi internet yang suka lemot

    Reply

Leave a Comment