Cara Beriklan Menggunakan Instagram Ads Untuk Bisnis

Cara Beriklan Menggunakan Instagram Ads – Instagram sudah menjadi salah satu media sosial terpopuler setelah Facebook dan Twitter.

Menyesuaikan dengan perkembangan jaman yang serba simple dan mudah, Instagram tidak hanya sekedar menjadi tempat sobat untuk meng-update kehidupan sobat, namun juga menjadi platform yang sangat mumpuni untuk mempromosikan sebuah bisnis.

Seperti yang kita ketahui bahwa pengguna Instagram bukan hanya dari kalangan anak muda dan remaja saja, namun juga menyebar hingga kalangan dewasa dan orang tua.

Karenanya, platform yang satu ini sangatlah cocok menjadi saluran iklan bagi bisnis yang kalian kembangkan.

Berita menggembirakan datang untuk kalian para pebisnis-pebisnis kreatif, karena saat ini Instagram menyediakan fitur yang akan mempermudah pengiklanan bisnis yang kalian miliki yang diberi nama Instagram ads.

Tidak hanya menjadi lebih teratur, dengan fitur Instagram ads, iklan yang sobat pasang akan menyebar lebih merata dan menjangkau lebih banyak pengguna Instagram lainnya.

Memang, kita harus sedikit merogoh kantong kita bila ingin menggunakan fitur yang satu ini, namun bila kita mempertimbangkan segala aspek yang nantinya akan sangat membantu perkembangan bisnis milik kita, sangatlah aman jika kita menyebut bahwa penggunaan ads ini sangatlah sepadan.

Lalu apa saja kelebihan Instagram ads?

Instagram ads menyediakan berbagai pilihan penyebaran iklan seperti halnya target usia konsumen yang kalian ingini, lokasi, umur, hingga berbagai hal lainnya seperti hobi dan minat.

Satu hal lagi yang membedakan Instagram ads dengan metode pengiklanan melalui akun biasa yaitu iklan yang kita buat tidak hanya menjangkau para followers kita, namun akun-akun lainya yang bukanlah followers kita.

Jadi, Instagram ads merupakan sarana yang mempermudah sobat untuk mempromosikan bisnis kalian jika kalian telah menentukan dengan matang target konsumen dari prodak kalian.

Menurut data yang datang langsung dari pihak Instagram, hampir enam-puluh persen dari pengguna Instagram menemukan prodak-prodak yang sedang naik daun di Instagram dan dari enam-puluh persen tersebut, sekitar tujuh-puluh lima persen diantara mengambil tindakan langsung setelah melihat prodak yang diiklankan.

Setelah mempertimbangkan hal ini, tentu sangat disayangkan jika kita melewatkan tawaran ini begitu saja.

Karena itu, kali ini kami akan membawa sobat sekalian untuk memperlajari lebih lanjut setiap langkah yang harus ditempuh untuk menggunakan Instagram ads.

Jangan kemana-mana, yuk kita simak bersama!

Cara Beriklan Menggunakan Instagram Ads

Hal pertama yang perlu para pembaca ketahui adalah metode pembuatan Instagram ads.

Meskipun menggunakan nama Instagram ads, faktanya sobat sekalian bisa membuat Instagram ads menggunakan lima cara yang berbeda.

Apa saja itu?

Pertama sobat bisa menggunakan aplikasi Instagram sendiri (tentu saja), yang kedua sobat bisa menggunakan berbagai aplikasi lainnya, yaitu: Facebook Power Editor, Facebook Ads Manager, Facebook’s Marketing API, dan yang terakhir adalah Instagram Partners.

Namun, pada kesempatan kali ini, kami hanya akan memberikan perjelasan cara membuat Instagram yang paling mudah, yaitu dengan langsung menggunakan aplikasi Instagram sendiri.

Hanya dengan bermodalkan ponsel milik kalian, kalian sudah bisa membuat Instagram ads dengan mudah!

1. Instagram Bisnis

Pertama-tama, sobat harus masuk melalui halaman Instagram bisnis dan membuat profil baru disana.

Setelah langkah ini kalian tempuh, kalian pada dasarnya akan menjadikan akun kalian menjadi sebuah akun bisnis.

Bagi para pembaca sekalian yang tidak tahu bagaimana cara untuk masuk menuju halaman Instagram bisnis, kalian hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Masuklah menggunakan akun Instagram kalian (akun standard), lalu buka bagian profile.
  • Masuk ke dalam pengaturan atau setting, setelah kalian masuk kalian akan melihat pilihan untuk mengubah profile kalian ke mode bisnis.
  • Langkah selanjut, secara langsung kalian akan dihubungkan oleh pihak Instagram dengan halaman Facebook. Setelahnya, kalian bisa memilih kategori yang sesuai dengan profil bisnis baru yang kalian miliki.
  • Dan terakhir, kalian akan diminta melengkapi berbagai hal yang bersangkutan dengan profile bisnis kalian.

Satu hal yang perlu diingat, ketika akun sobat telah berubah menjadi akun bisnis, maka akun tersebut tidaklah bisa lagi diubah menjadi akun private. Harap pertimbangkan baik-baik sebelum memutuskan untuk mengubah akun milik kalian.

2. Pemilihan Konten

Karena sobat telah memutuskan untuk memasarkan atau mengiklankan prodak kalian melalui media sosial, maka sudahlah sepatutnya kalian membuat dan memilih konten yang memiliki kualitas visual yang menarik dan bagus.

Tak lupa, konten tersebut haruslah mewakili sepenuhnya dengan prodak yang kalian iklankan.

Serta, perhatikanlah copywriting yang kalian susun, karena hal tersebut merupakan salah satu poin yang dapat menarik minat para calon customer untuk membeli prodak kalian.

Baca Juga : Cara Membuat Konten Viral

3. Menentukan Goal dan Target Permirsa

Langkah selanjutnya yang akan kita pelajari adalah bagaimana cara menentukan goal dan target permirsa atau audience.

Cukup menekan tombol promosikan, maka setelahnya sobat akan dibawa untuk melakukan pengaturan pertama pada ads milik kalian.

Pada dasarnya, ada tiga opsi yang tersedia untuk menarik minat para customer, yaitu: profile, situs web, dan etalase akun bisnis kalian.

Ketika kalian memilih “profile” maka target customers akan secara langsung diarahkan kea kun Instagram kalian, jika kalian memilih “situs website” maka secara otomatis para customers diarahkan menuju ke situs website milik kalian.

Nah, untuk pilihan ketiga, yaitu “etalase akun” maka calon customers akan diarahkan untuk direct interaction dengan kalian, contohnya: telepon sekarang maupun chat sekarang.

Lalu, bagaimana dengan target pemirsa?

Untuk target permirsa, sobat sekalian akan disuguhkan dengan dua pilihan: otomatis dan buat milik sendiri.

Ketika sobat memilih otomatis, maka seperti namanya, iklan milik kalian akan secara otomatis muncul pada orang-orang yang serupa dengan followers serta orang-orang yang melihat isi konten milik kalian.

Namun jika kalian memilih “buat milik sendiri”, kalian diwajibkan untuk memasukkan berbagai hal mendetail seperti jenis kelamin, usia, minat, dan lokasi.

Jadi, kalian harus memiliki rancangan yang matang berkaitan dengan pemasaran prodak kalian.

Leave a Comment

×

Ikuti Kami di Facebook