Cara Investasi Emas Batangan Untuk Pemula

Cara Investasi Emas Batangan –  Melakukan investasi emas tidak lagi dilakukan oleh generasi orang tua.

Di era modern seperti saat ini begitu banyak persaingan yang ketat, generasi muda sudah harus berpikir panjang untuk mempersiapkan masa depannya. (Baca : Cara Merencanakan Masa Depan)

Tidak lagi hanya menabung uang dari hasil gajian per bulan yang hanya dihabiskan untuk kebutuhan sehari-hari, anak muda harus pandai-pandai berinvestasi, salah satunya investasi emas.

Karena investasi ini memang jauh lebih menguntungkan dibandingkan bentuk investasi lain seperti bangunan, tanah atau mata uang dollar AS.

Ini dikarenakan emas memiliki nilai yang cenderung konstan, per tahunnya emas cenderung mengalami kenaikan.

Investasi emas dapat dilakukan oleh siapapun. Investasi emas merupakan investasi dalam jangka panjang. Tentu saja emas yang digunakan untuk berinvetasi  bukanlah emas biasa.

Dalam berinvestasi emas, ada berbagai jenis yang dapat dipilih, seperti emas perhiasan, koin emas, sertifikat emas, dan tentu yang paling populer adalah emas batangan.

Investasi emas yang sering digunakan oleh para pebisnis adalah emas batangan atau nama lainnya emas lantakan. Atau dalam bahasa Inggris lebih dikenal dengan fine gold.

Di pasaran, emas jenis ini hanya tersedia dalam kadar 24 karat, artinya emas murni.

Masih ada beberapa orang beranggapan bahwa yang dapat membeli dan berinvestasi emas batangan adalah mereka yang telah kaya raya, sedangkan bagi orang-orang yang berpenghasilan menengah dan hanya memiliki sedikit tabungan tidak akan bisa membeli emas lantakan tersebut.

Baca Juga : Jenis Investasi Anak Muda

Bagi pemula pasti banyak yang belum mengatahui bagaimana cara investasi emas.

Cara Investasi Emas Batangan Untuk Pemula

Berikut beberapa cara investasi emas batangan :

  1. Harga emas batangan akan selalu mengalami perubahan atau mengalami fluktuasi setiap hari. Umumnya semakin besar emas batangan yang kalian beli, maka harga per gram-nya lebih murah. Untuk harga pasar, nila harga emas lantakan yang diprodukui oleh PT Aneka Tambang menjadi patokan nilai harga emas. Maka dari itu yang perlu kalian lakukan pertama kali adalah pelajari dengan cermat serta pahami tata cara perhitungan dasar dalam menentukan harga emas. Kemudian cek pula harga dasar yang berlaku di PT Aneka Tambang.
  2. Lalu berikutnya adalah mempertimbangkan keputusan kalian dalam memilih tempat membeli emas. Jika kalian membeli emas di toko emas, maka biasanya harga yang dibandrol lebih murah daripada harga dasar yang dipatok di Aneka Tambang. Akan tetapi membeli emas di toko emas biasanya dibebani oleh “biaya ongkos” yang besarnya tergantung pemilik toko perhiasan tersebut. Misalnya seperti toko emas yang berada di dalam supermarket cenderung menarik biaya ongkos lebih tinggi daripada toko emas yang berada di pasar rakyat.
  3. Dalam memudahkan proses transaksi, maka pilihlah emas lantakan yang memiliki sertifikat atau memiliki surat resmi yang diterbitkan langsung oleh PT Aneka Tambang.
  4. Jika kalian memiliki modal lebih, belilah emas dalam berbagai varian. Karena emas lantakan yang berbeda-beda, mulai dari berat kecil (1-10gr), sedang (10-50gr), dan berat emas paling tinggi. Dengan memiliki variasi emas yang berbeda-beda, maka akan memudahkan kalian dalam mendapatkan uang terutama saat keadaan mendesak, karena emas berat kecil lebih mudah diperjualbelikan di pasaran.
  5. Usahakan untuk melakukan negosiasi yang intens ketika kalian memutuskan untuk membeli emas lantakan di toko emas. Lakukanlah negosiasi dengan cermat mengenai ongkos yang dibebankan kepada kalian. Umumnya saat kalian membeli emas lantakan dengan berat satuan di bawah 100 gram, pihak toko akan menarik biaya ongkos yang besarnya antara 50ribu hingga 300ribu rupiah. Besaran tarif ongkos tersebut bergantung pada nilai emas yang dibeli dan juga tempat kalian membeli emas.
  6. Sebelum kalian memutuskan akan berinvestasi pada emas lantakan, kalian harus menyiapkan tempat terlebih dahulu yaitu tempat yang paling aman untuk menyimpannya. Emas lantakan merupakan barang investasi yang memiliki nilai jual yang tinggi karena sangat mudah dijadikan uang, bahkan orang lain bisa menjualnya di pasaran tanpa perlu mendapat persetujuan atau konfirmasi dari pemilik asli. Maka dari itu, perlu upaya untuk melindungi keamanannya

Itulah beberapa cara investasi emas bagi pemula. Kalian bisa mencobanya.

Baca Juga : Alternatif Pinjaman Modal Usaha Selain KUR

Leave a Comment