Cara Lapor SPT Pajak Online (Paling Mudah)

Cara Lapor SPT Pajak Online – Cara untuk lapor SPT pajak secara online atau biasanya disebut e-Filing merupakan cara untuk menyampaikan SPT tahunan dengan cara elektronik dan dapat dilakukan secara real time dan online dalam web yang bernama DJP Online.

Selain melalui website, anda juga bisa melakukannya dengan melalui  ‘Aplication Service Provider/ASP’ yang sudah dicatat secara resmi bahwa sebagai Agen Pajak.

Tentu saja melalui online anda bisa melakukan lapor SPT dimanapun atau kapanpun yang anda mau dan tanpa untuk mengunjungi tempat KPP atau Kantor Pelayanan Pajak.

Nah, dengan demikian anda masih bisa untuk menghindar dari kegiatan antri-mengantri dalam pelaporan SPT.

Mungkin ini sangat disarankan untuk anda yang ingin melapor SPT pajak.

Apakah mudah untuk lapor SPT pajak secara online?

Nah jika anda bertanya tentang hal ini, maka pada artikel ini kami akan sharing mengenai cara untuk lapor SPT pajak secara online.

Cara Lapor SPT Pajak Online

Pada umumnya cara lapor SPT pajak online sangat mudah dilakukan, cukup anda mengikuti tahap persiapannya dan mengikuti cara-cara yang ada dibawah ini.

Tahap Persiapan

Sebelum kita masuk pada langkah-langkah uuntuk lapor SPT Pajak Online, alangkah baiknya anda harus menyiapkan beberapa hal yang seperti dibawah ini.

  • Bukti Potong Pajak; Apabila anda belum menerimanya, maka anda harus meminta pada perusahan/bendahara.
  • Buat EFIN; Apabila anda tidak memiliki EFIN, maka anda harus membuatnya dengan cara mengisi dan mentandatangani pada permohonan dari aktivasi EFIN. Dalam hal ini anda harus menyerahkan beberapa dokumen ke petugas pajak, seperti Fotokopi KTP atau Paspor, Kartu Izin Tinggal Terbatas atau Kartu Izin Tinggal Tetap dan Surat Keterangan Terdaftar atau NPWP. (Baca : Cara Membuat NPWP Pribadi)
  • Membuat akun pada DJP Online; Caranya cukup mudah anda hanya perlu mengunjungi situs DJP Online dan memilih ‘Daftar’. Disana anda harus mengisi NPWP, EFIN beserta dengan Kode Keamanan dan klik ‘Verifikasi’. Sesudah itu, anda akan mendapatkan pesan melalui email yang mengenai identitas anda. Kemudian aktifkan akun DJP Online dengan cara mengklik link yang sudah ada. Jika sudah aktif, maka anda dapat login pada DJP Online dengan mengisi NPWP serta password yang telah diberikan.

Langkah-langkahnya

Apabila tahapan persiapan yang ada diatas sudah diikuti dengan baik, maka langkah yang selanjutnya adalah melapor SPT pajak. Berikut dibawah inilah yang merupakan cara-cara untuk lapor SPT pajak online

Langkah yang pertama yaitu membuka web DJP Online, masukan NPWP beserta dengan password dank ode keamanan atau captcha, kemudian klik ‘login’.

Setelah login anda akan melihat pilihan dua layanan yaitu ebiling dan efiling.

Disini anda akan memilih layanan efiling dan klik pada ‘Buat SPT’.

Sebelum masuk pada SPT, anda diharuskan untuk menjawab tiga pertanyaan yang telah disediakan.

Jika anda telah menjawab ketiga dari pertanyaan tersebut, langkah yang selanjutnya anda harus mengklik SPT 1770 SS

Catatan: Untuk pertanyaan yang pertama maka anda dapat memilih ‘tidak’, untuk pertanyaan yang kedua maka anda dapat memilih ‘tidak’ dan sementara pada pertanyaan yang ketiga maka anda akan memilih ‘ya’.

Nah, jika sudah masuk pada SPT 1770 SS, maka berikutnya anda harus mengisi data formulir.

Sebagai contoh adalah tahun pajak seperti 2018, maka status SPT akan ‘normal’.

Apabila status SPT-nya pembetulan, maka anda harus mengisi pembetulan yang ke berapa.

Jangan lupa untuk mengisi Data SPT, sepert yang ada dibawah ini.

  • Pajak Penghasilan, disini anda harus mengisinya sesuai dengan apa yang telah tercatat pada bukti potong 1721 A1/A2.

  • Penghasilan yang dikenakan PPh Final dan yang dikecualikan dari Objek Pajak (Jika ada, maka anda berhak untuk mengisinya). Sebagai contoh, anda mendapatkan hadiah secara undian sebesar 1 juta yang telah dipotong oleh PPh Final sebesar 25% atau 250 ribu dan kemudian menerima warisan atau dikecualikan dari objek yang sebesar 2 juta.

  • Daftar harta dan kewajiban, misalnya anda memiliki sebuah sepeda motor Honda Vario sebesar 15 juta serta kalung emas yang senilai 3 juta dan perabotan rumah dengan harga mencapai 7 juta. Maka kewajiban yang dimiliki berupa kredit motor yang sebesar 12 juta. Jika sudah maka klik ‘Berikutnya’.

  • Setelah klik ‘Berikutnya’, maka anda akan mendapatkan ringkasan dari SPT anda serta mengambil kode verifikasi dengan cara anda dapat mengklik pada tulisan yang ada ‘di sini’. (Jika sudah, anda akan mendapatkan pemberitahuan mengenai kode verifikasi yang dikirim pada nomor handphone atau melalui email). Selanjutnya, anda harus memasukan kode verifikasi tersebut pada tempat ‘Kode Verifikasi’. Jika sudah anda dapat mengklik ‘Kirim SPT’.

Apabila anda melakukan pengisian e-Filing 1770 SS pada Handphone atau Smartphone, diakhir anda akan diminta untuk mengisi respons dalam layanan suatu Pajak Online, apakah anda merasa puas atau kurang puas.

Langkah yang terakhir anda akan mendapatkan BPE atau Bukti Penerimaan Elektronik SPT Tahunan PPh yang melalui email.

Dengan demikian pembahasan kita kali ini semoga bisa bermanfaat dan semoga pengetahuan anda bertambah.

Perlu diingatkan untuk melakukan cara lapor SPT pajak online, pastikan koneksi internet anda dalam kondisi yang stabil.

Disebabkan jaringan internet yang buruk juga akan berdampak pada jalannya kegiatan dalam melapor SPT pajak online.

Baca Juga : Cara Mempercepat Koneksi Internet

Leave a Comment