Cara Melaporkan Artikel Yang Di Copy Paste

Cara Melaporkan Artikel Yang Di Copy Paste – Menjadi seorang blogger memang tidak mudah untuk membuat suatu konten yang bisa menarik banyak visitor ke blog mereka.

Karena membuat sebuah konten yang berkualitas itu membutuhkan sebuah tulisan yang tentunya harus orisinil tanpa copy paste dari blog lainnya.

Tetapi saat ii sudah banyak sekali para blogger yang hanya menggunakan copy paste dari blog lain.

Dan hal ini tentu saja akan mempengaruhi blog yang kalian kelola.

Karena menurut sebagian blogger yang kurang bertanggung jawab tindakan copy paste merupakan hal yang diperbolehkan, tetapi jika blog yang kalian curi tersebut tidak terima maka tindakan copy paste tersebut bisa di laporkan ke pihak Google.

Tindakan copy paste sebenarnya masih bisa ditolelir jika saat mereka memposting artikel tersebut dengan menyertakan sumber dari blog yang aslinya. (Baca : Hal Penting Yang Harus Di lakukan Setelah Posting Artikel)

Perlu kalian ketahui jika kita membiarkan semua orang bebas copy paste dari blog yang kalian miliki ini akan memberikan dampak yang kurang bagus untuk blog kalian, kenapa demikian?

Karena reputasi blog kalian dimata mesin pencari akan semakin memburuk seiring dengan waktu, sebab ada dari artikel kalian yang dianggap sebagai duplikat konten, dan duplicate content tentunya sangat dibenci oleh mesin pencari seperti google.

Baca Juga : Dampak Blog Bila Artikel Hasil Copy Paste dan di Copy Paste

Maka dari itu akan mengakibatkan artikel kalian akan sulit ditemukan oleh mesin pencari sehingga trafik blog kalian akan semakin menurun.

Nah bagi kalian yang memiliki blogger dan konten artikel kalian ketahuan telah di copy paste oleh blog lain.

Maka ada beberapa alternatif yang bisa kalian lakukan yaitu salah satunya dengan melaporkannya ke google DMCA Complaints.

Apa yang dimaksud dengan Google DMCA Complaints itu?

Google DMCA merupakan sebuah perlindungan untuk sebuah konten/artikel asli disuatu blog atau website dari tindak pencurian yang sering dilakukan oleh para blogger yang tidak bertanggung jawab, DMCA di buat untuk menghapus para hak cipta, yaitu pemilik blog yang suka melakukan tindak copy paste dari blog lain. Dan melindungi dari semua kategori dari Hak Cipta.

Cara Melaporkan Artikel Yang Di Copy Paste

Dan berikut ini merupakan cara bagaimana melaporkan artikel yang di copy paste ke Google DMCA :

  • Yang pertama silahkan kalian masuk ke google dmca-notice.
  • Lalu kemudian isikan data-data kalian pada Contact Informationseperti pada gambar ini

  • Pada bagian Your Copyrighted Work, kalian nanti akan diminta memasukkan data seputar konten asli yang kalian miliki dan konten yang dicopy dari blog kalian.
  • Lalu isi Where can we see an authorized example of the work? dengan URL artikel asli yang kalian miliki.
  • Kemudian isi Identify and describe the copyrighted work dengan penjelasan singkat tentang kapan artikel kalian telah diterbitkan. Dan cantumkan nomor seri dari layanan patent yang kalian gunakan seperti myfreecopyright.com atau DMCA. Tetapi jika tidak ada, masukkan saja tanggal pembuatan artikel kalian seperti pada gambar ini :

  • Dan pada bagian Allegedly Infringing Material kemudian masukkan URL-URL pencuri artikel kalian.
  • Jika lebih dari satu klik Add An Additional Field untuk menambah kolom baru. Dan tambahkan sebanyak yang kalian inginkan.
  • Pada bagian sworn statement beri tanda centang pada kedua check box.

  • Kemudian setelah itu isi bagian signature dengan tanggal pembuatan laporan dan nama yang sama persis dengan nama yang kalian isikan pertama kali tadi.

Kemudian klik tombol SUBMIT, dan laporan kalian akan terkirim. Dan tinggal menunggu email balasan di alamat yang kalian masukkan di bagian CONTACT INFORMATION tadi.

Baca Juga : Cara Membuat Artikel Berkualitas

Leave a Comment