Cara Memasang Meta Tags di Blogspot

Tahukah Anda mengenai Cara Memasang Meta Tags di Blogspot? Sama halnya dengan Meta description dan Title Tag, Anda juga akan sering melihat field untuk Meta Keywords.

Kembali pada hari-hari sebelum adanya Google, Meta Keywords adalah apa yang banyak digunakan oleh search engine gunakan untuk mengkategorikan listing mereka.

Menambahkan “Spam Kata Kunci yang tidak relevan” di Meta Keywords Anda bisa terlihat sangat mencurigakan dan dapat membuat buruk ranking Anda.

Title tag membantu mesin telusur dan pengunjung mengetahui situs web Anda.

Anda dapat menggunakan ruang ini untuk menyebutkan produk dan layanan Anda secara singkat.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai tata cara memasang meta tags di Blogspot.

Penasaran bukan?

Simak penjelasan berikut ini!

Tapi sebelum beranjak ke penjelasan, ada baiknya Anda mengetahui bagaimana title tag yang benar dan apa saja yang harus dan tidak boleh Anda lakukan sebagai blogger.

1). Contoh Title tag yang Baik

  • Widget Express – Widget Diskon & Perbaikan Widget di Jakarta
  • Widget Langka and Import Berkualitas Tinggi | Widgette
  • Berbagai Widget dan Aksesoris Widget Widgets Plus, Wagga Wagga.

2). Yang harus Anda lakukan:

  • Sertakan Nama Bisnis Anda
  • Secara singkat cantumkan 1-2 produk atau layanan yang ingin Anda tekankan
  • Jaga agar tetap pendek dan fokus

3). Jangan pernah lakukan:

  • Mencantumkan semua produk dan layanan Anda
  • Spam kata kunci
  • Mencantumkan istilah pencarian yang tidak relevan namun popular

Bagaimana Menggunakan Meta tag?

Teks paragraf yang muncul pada saat penulusuran Google inilah yang akan mendorong orang untuk melakukan klik ke dalam situs web Anda dibandingkan untuk meng-klik website kompetitor Anda!

Sampai saat ini Google hanya menggunakan teks paragraf pertama yang dapat ditemukan di dalam situs Anda, itu dilakukan jika di dalam website Anda tidak memiliki Meta Description yang tersedia.

Namun sekarang Google jauh lebih pandai untuk menemukan teks yang relevan untuk digunakan – jadi jika Anda benar-benar bingung untuk mengisi kalimat apa pada meta deskripsi website pada halaman web Anda, mungkin Anda akan baik-baik saja bila mengosongkannya, jika Anda senang dengan teks/ kalimat yang saat ini otomatis digunakan Google sebagai meta description Anda maka itu tidak masalah.

Sekali lagi, cobalah untuk membuat kalimat dengan hal-hal singkat namun manis untuk dibaca: gunakan 1 atau 2 kalimat pendek untuk secara singkat menguraikan situs web Anda dan meyakinkan pencari bahwa situs web Anda adalah situs yang mereka cari.

Meta description adalah sebuah fungsi yang mempunyai peran yang sangat penting dalam penerapan teknik-teknik search engine optimization atau SEO.

Baca Juga : Alasan Struktur Teks Sangat Penting Untuk SEO

Sebab meta description akan menjadi keterangan yang ditampilkan oleh mesin pencari saat web muncul di halaman hasil pencarian.

Dengan begitu berarti meta description merupakan konten paling penting yang akan diindeks oleh mesin pencari.

Bukan konten lainnya. Di bagian ini blogger harus mengoptimalkan kata kunci sekaligus sales letter yang menarik.

Di tutorial ini kita akan membahas cara membuat meta description untuk halaman utama (home) dan halaman artikel (single post/postingan) di blog.

Keduanya saling berkaitan, jika fitur meta di home tidak diaktifkan, maka di postingan pun tidak akan muncul.

Makanya kita akan lakukan hal tersebut secara berurutan, pertama untuk halaman utama dahulu.

Cara Memasang Meta Tags di Blogspot

  • Masuk ke dashboard blogger.com Anda, klik Setting – Preferences atau Pengaturan – preferensi penelurusan. Di panel ini cari panel Tag meta – deskripsi kemudian klik link Edit.

  • Ubah ke Ya atau Yes lalu isikan meta description untuk halaman Home blog Anda. Panjang karakter yang direkomendasikan tidak lebih dari 160. Lebih dari itu tidak akan dibaca oleh mesin pencari. Boleh tapi tidak efektif.

  • Selanjutnya anda harus membuat meta description untuk halaman artikel. Silahkan buat entri baru seperti biasa. Nah sekarang perhatikan di sebelah kanan ada panel Descripsi Penelusuran. Nah di kotak itulah Anda akan membuat meta description yang sesuai dengan kaidah SEO yang Anda anut

Meta Tag yang bagus

Dibawah ini adalah tag meta yang harus ada di setiap halaman, apa pun yang terjadi.

Perhatikan bahwa ini adalah daftar kecil; ini adalah satu-satunya yang diperlukan, jadi jika Anda dapat bekerja hanya dengan ini, silakan lakukan.

  • Jenis konten meta – Tag ini diperlukan untuk menyatakan set karakter Anda untuk halaman dan harus ada pada setiap halaman. Membiarkan hal ini dapat memengaruhi bagaimana laman Anda dirender di peramban. Beberapa opsi tercantum di bawah ini, tetapi perancang web Anda harus tahu yang terbaik untuk situs Anda.
  • Judul – Meskipun tag judul tidak dimulai dengan “meta,” tag itu ada di header dan berisi informasi yang sangat penting untuk SEO. Anda harus selalu memiliki tag judul unik pada setiap halaman yang menggambarkan halaman tersebut. Lihat posting ini untuk informasi lebih lanjut tentang tag judul.
  • Deskripsi meta – Tag deskripsi meta yang terkenal digunakan untuk satu tujuan utama: untuk mendeskripsikan halaman kepada pencari saat mereka membaca melalui SERPs. Tag ini tidak memengaruhi peringkat, tetapi ini sangat penting. Ini adalah salinan iklan yang akan menentukan apakah pengguna mengklik hasil Anda. Simpan dalam 160 karakter, dan tulis untuk menarik perhatian pengguna. Jual halaman – minta mereka mengklik hasilnya. Berikut ini adalah artikel yang bagus tentang deskripsi meta yang lebih detail.
  • Viewport – Di dunia seluler ini, Anda harus menentukan viewport. Jika tidak, Anda berisiko mengalami pengalaman seluler yang buruk – Google PageSpeed ​​Insights Tool akan memberi tahu Anda lebih banyak tentangnya.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan tentang Cara Memasang Meta Tags di Blogspot. Semoga bisa bermanfaat,

Baca Juga : Pengertian Long Tail Keyword Dan Fungsinya Untuk SEO

1 thought on “Cara Memasang Meta Tags di Blogspot”

Leave a Comment