Cara Memasang Video Youtube Di Website WordPress

Joko Warino

Cara Memasang Video Youtube Di Website Wordpress

Cara Memasang Video di Youtube di Website adalah salah satu metode yang harus dikuasai seorang pengelola website.

Betapa tidak?

Dengan video yang terpasang di halaman website, kita dapat lebih mudah menyampaikan sebuah pesan kepada para visitor website yang kita kelola.

Bagi sebagian orang, memasang video Youtube di Website wordpress adalah hal yang sepele. Tapi, bagi kamu yang masih belum tau tentang hal ini, tidak perlu berkecil hati kok!

Karena kami telah menyiapkan artikel tutorial singkat yang bisa kamu baca dan praktekan sendiri ke website berbasis wordpress yang kamu kelola.

Baca Juga : Fakta Youtube Yang harus Anda Ketahui

Cara Memasang Video Youtube Di Website WordPress

Penasaran dengan caranya?

SImak terus artikel dari kami berikut ini yuk!

Selamat menyimak!

1). Login Ke CPanel WordPress Kamu, Dan Buatlah Sebuah Postingan Baru

Sepertihalnya pada saat ingin membuat sebuah postingan artikel, sebelumnya kamu harus membuat sebuah postingan baru.

Di field konten yang bisa kamu tuliskan informasi tentang artikel inilah kamu bisa memasukan video Youtube yang kamu inginkan.

2). Ingin Menampilkan Video Youtube Di Bagian Lain Semisal Side Bar Atau Sebagainya?

Langsung Saja Buka Setingan Template Website Yang Kamu Miliki!

Selain menambahkan video youtube di bagian postingan, kamu sebenarnya juga bisa loh menampilkan video youtube ditempat lain semisal side bar ataupun bagian footer sekalipun!

Bila kamu memang membutuhkannya, langsung saja login ke akun WordPressmu, dan buka konfigurasi template website yang kamu kelola.

Baca juga : Cara Membuat Playlist Video di Youtube

3). Buka Youtube.com, Dan Cari Video Yang Kamu Inginkan

Untuk dapat menampilkan video youtube di websitemu, kamu harus terlebih dahulu menentukan video manakah yang hendak kamu tampilkan.

Pastikan bahwa video tersebut berkualitas baik, dan sesuai dengan apa yang kamu butuhkan.

4. Dapatkan Script Embed Yang Terdapat Dibagian Menu Tab Share

Youtube menyediakan fasilitas agar pengguna dapat menshare video yang ada di situsnya sesuai dengan kebutuhan para pengguna itu sendiri.

Selain menu share seperti biasa, terdapat pula script embed yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna yang memiliki kepentingan lebih seperti kamu yang ingin menampilkan video tersebut di situs website yang kamu miliki.

Script Embed ini sendiri bisa kamu dapatkan persis di bawah tayangan Video, dan berada dalam tab Share. Ingat! Pilihnya yang Embed! Bukan yang copy!

5. Salin Script Embed Video Youtube Tersebut Dengan Baik Dan Benar

Setelah mengklik opsi Embed, biasanya akan dimunculkan popup yang berisikan script embed video yang tadi kamu request.

Script ini memang sedikit lebih panjang ketimbang link video itu sendiri, namun script ini dapat membuatmu menampilkan video Youtube tersebut di website yang kamu kelola.

6. Tempelkan Script Yang Sudah Kamu Buat Ke Bagian Yang Kamu Inginkan

Di Bagian Add New Post sendiri, WordPress menyediakan dua buah opsi tampilan desain postingan yang ingin kamu terbitkan.

Opsi tersebut adalah Visual dan juga Text. Visual merupakan bagian simple yang paling memudahkan para pengguna wordpress untuk menambahkan sesuatu hal ke dalam postingan tersebut.

Sementara untuk bagian Text, ini merupakan versi HTML dari postingan yang akan diterbitkan.

Dan disini, kamu dapat menempelkan script yang sudah kamu salin tadi agar dapat kamu tayangkan seperti saat sedang membuka situs Youtube.

7. Sesuaikan letak Video Tersebut Di Postingan Kamu, Dan Pastikan Semua Sudah Rapih Penataannya

Di beberapa kasus, video Youtube perlu mendapat penyesuaian. Entah harus kamu tempatkan secara center, entah itu harus disesuaikan height dan width nya, ataupun sebagainya.

Apapun itu, pasti kamu tau apa yang terbaik untuk wordpressmu. Kini, kamu hanya perlu menyesuaikannya agar video tersebut dapat kamu tampilkan secara lebih baik di wordpressmu.

Oke, itulah tadi artikel singkat kami tentang cara memasang video Youtube di Website WordPress.

Merasa terbantu dengan artikel yang kami tuliskan tadi?

Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-temanmu ya!

Siapa tau, temanmu juga ada yang sedang kebingungan dengan permasalahan serupa.

Terimakasih banyak telah menshare artikel ini, sampai jumpa lagi di artikel kami yang selanjutnya!

Baca juga : Cara Membuat Channel Youtube

Also Read

37 thoughts on “Cara Memasang Video Youtube Di Website WordPress”

  1. Tutorial yang sangat bermanfaat. Penjelasannya simple dan mudah difahami , sehingga dapat langsung praktek, bagi para pembuat konten di youtube. Dengan media ini konten yang kita buat,bisa semakin menarik. Buat Admin Salam sehat dan sukses selalu…

    Reply
  2. jadi tau cara memasang video Youtube di WordPress, ternyata setelah menbaca artikel ini mudah banget dan sangat simpel ngak ribet. Terima kasih bang informasi sangat bermafaat sekali.

    Reply
  3. langkah-langkah yang dijabarkan sangat mudah untuk dipahami dan diikuti. sangat bermanfaat sekali untuk pada vlogger agar isi artikel lebih mudah dipahami oleh pembaca jika ada video yang bisa menjelaskan secara langsung. karena terkadang suka bingung kalau hanya membaca saja, lebih mudah untuk dipahami jika ada contohnya langsung.

    Reply

Leave a Comment