12 Cara Membangun Kepercayaan Dalam Bisnis Anda

Cara membangun kepercayaan dalam bisnis tidak terlalu sulit. Tetapi harus dilakukan dengan sangat berhati-hati karena jika salah jalan sedikit saja kepercayaan akan hilang.

Atas dasar itu, di artikel berikut ini akan dijelaskan tentang beberapa cara membangun kepercayaan dalam bisnis yang bisa diterapkan untuk menarik simpati pelanggan.

Selain itu jika cara ini dilakukan, partner bisnis juga bakal berdatangan.

Cara Membangun Kepercayaan Dalam Bisnis

1. Berkomunikasi Dengan Baik Dan Responsif

Cara yang pertama adalah berkomunikasi dengan baik dan responsif. Tujuan dari kiat ini ialah supaya pelanggan lebih nyaman dan merasa diperhatikan.

Selain itu, jika segala komplain dan keluhan pelanggan langsung mendapatkan respon dari pebisnis, tentu ada kepercayaan tinggi dari pelanggan.

Bukan tidak mungkin mereka akan berlangganan selamanya.

2. Membuat Produk Melebihi Keinginan Pelanggan

Terkadang pelanggan membeli produk karena ada kualitas tertentu dari produk tersebut.

Nah, bagi penjual ini harus dimanfaatkan dengan cara membuat produk yang mutunya lebih tinggi.

Efeknya adalah pelanggan lebih senang dengan barang tersebut sehingga menjadikannya langganan.

Bahkan harga sedikit mahal sekalipun pasti akan tetap dibeli.

3. Membuka Kritik Dan Saran

Sebagai pebisnis yang baik dan ingin membangun kepercayaan pelanggan harus terbuka terhadap kritik dan saran. Jika perlu minta pendapat pembeli tentang produk yang ditawarkan.

Terbuka terhadap saran dalam arti menerima segala keluhan pelanggan dengan baik sekalipun kritiknya pedas membangun. Jadikan pendapat tersebut bahan evaluasi supaya ke depan pelayanan penjualan lebih baik lagi.

Baca Juga : Manfaat Kritik dan Saran Dari Pelanggan

4. Terapkan Komunikasi Dua Arah Dengan Pelanggan

Komunikasi dua arah dengan pelanggan maksudnya adalah penjual harus mengusahakan untuk berkomunikasi aktif hanya dengan pelanggan tanpa melalui perantara.

Ini membutuhkan call center pribadi yang hanya bisa diketahui oleh kedua belah pihak.

Cara ini sangat mudah, apalagi saat ini sudah WhatsApp yang bisa digunakan untuk chatting pribadi.

Fungsinya ialah supaya pelanggan bisa mengutarakan kritik maupun testimoninya kepada penjual itu sendiri.

5. Berikan Reward Sebagai Bentuk Apresiasi

Jika ada produk yang sudah dibeli oleh konsumen maka jangan pelit untuk memberikan reward atau hadiah. Karena ini sebentuk apresiasi yang bisa meningkatkan kepercayaan.

Silakan belikan hadiah apapun baik yang berupa kalender, mendapatkan produk secara gratis maupun reward yang lainnya. Sekalipun sedikit membebani modal, sekali-kali tidak mengapa.

6. Beri Harga Produk yang Bersahabat

Jika sudah memiliki pelanggan tetap cobalah untuk memberikan harga produk yang lebih murah.

Minimal sebagai tanda terima kasih dan persahabatan karena masih setia membeli produk pada Anda.

Langkah ini juga bisa meningkatkan kepercayaan konsumen. Minimal untuk mencegah adanya anggapan jika hanya dijadikan sebagai pemanfaatan saja.

7. Sampaikan Testimoni Dengan Jujur

Jika produk yang ditawarkan memang berkualitas apalagi ada testimoni silakan disampaikan atau dipamerkan di status WA. Ini juga bisa menarik simpatik pelanggan kalau produk memang berkualitas.

Namun untuk cara ini pastikan testimoni yang dibuat jujur dan tidak mengada-ada. Sampaikan apa adanya sekalipun bahasa testimoni-nya tidak teratur dan tidak persuasif.

8. Gunakan Situs Dengan Domain Berbayar

Jika produk bisnis dijajakan melalui situs atau website maka pastikan domain yang digunakan berbayar atau premium. Karena ini lebih menjadi rujukan konsumen dibandingkan yang gratis.

Jangan sekali-kali menggunakan hosting free untuk bisnis. Karena dengan melihat URL-nya saja pembeli sudah yakin kalau bisnis Anda hanya abal-abal.

9. Berikan Tester Produk

Konsumen akan lebih senang dengan promosi produk dalam bentuk tester. Paling tidak mereka merasakan sendiri dan percaya kalau produk memang berkualitas.

Cara ini memang membutuhkan modal. Tetapi jika produk memang berkualitas maka uang akan diganti dengan keuntungan yang besar.

10. Buka Layanan Bisnis Non Stop

Jika berbisnis melalui sistem online maka seharusnya usaha bisa dijalankan tanpa kenal batas dan waktu. Sekalipun tidak perlu membuka kantor usaha masih bisa dijalankan secara remote dari rumah.

Ini juga bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan. Karena mereka bisa mendapatkan produk yang diinginkan sekalipun pemesanannya di waktu bukan aktif kerja.

11. Melakukan Persentase Pemasaran yang Meyakinkan

Untuk bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan pastikan pebisnis memiliki kemampuan komunikasi marketing yang bagus. Minimal audien baik konsumen maupun investor bisa menangkap detail produk dengan jelas.

Jika kiat ini dijalankan dengan baik bukan hanya pelanggan yang tertarik membeli, investor pun bersedia menanamkan modalnya di dalam bisnis. Tentu ini sangat menguntungkan bukan.

Baca : Cara Mendapatkan Investor Bisnis

12. Disiplin Dan Tepat Janji

Penjualan yang disukai oleh pelanggan adalah penjual yang disiplin dan tepat janji. Terutama terkait dengan pengiriman barang/produk.

Jika pun tidak bisa memenuhinya segera disampaikan supaya pelanggan tidak menanti lama. Ini yang terkadang membuat pelanggan minggat ke penjual yang lain.

Demikian cara membangun kepercayaan dalam bisnis yang harus dilakukan ole penjual. Jika caranya tepat, biasanya pelanggan lebih banyak karena ada kenyamanan ketika berbelanja.

Leave a Comment