Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di WordPress Tanpa Menggunakan Plugin

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di WordPress Tanpa Menggunakan Plugin – Dalam sebuah website, daftar isi memiliki fungsi sebagai penampil archive postingan yang telah dipublish oleh pemilik website tersebut.

Ia biasanya menampilkan postingan semisal post, page, hingga category.

Melalui daftar isi ini, pengunjung dapat terbantu ketika sedang mencari tau tentang isi kandungan dari website yang sedang ia kunjungi.

Bilamana pengunjung website semakin termudahkan, tentu kamu yang memiliki website tersebut akan merasa senang kan?

Setelah tau sekilas manfaat dari daftar isi yang ada di sebuah website, apakah kamu sudah tau tentang cara membuat daftar isi secara otomatis di website berbasis wordpress? Bila belum, baca terus postingan ini yuk!

Pada postingan kali ini, kami akan membagikan cara untuk membuat sebuah daftar isi di sebuah website berbasis wordpress tanpa menggunakan bantuan plugin. Simak terus ya hingga usai! Selamat menyimak!

  1. Buatlah Page baru pada website berbasis wordpress yang kamu miliki
  2. Pastekan Shortcode [/archives] dengan terlebih dahulu menghapus tanda / sebelum menempelkan nya

Selain langkah tadi, sebenarnya kamu juga dapat memasangkan custom shortcode dari wordpress yang dapat kamu gunakan. Cara penggunaan shortcode tersebut pun juga sama.

Tinggal menyesuaikan shortcode tadi diatas dengan salah satu shortcode yang ada dibawah ini:

1. Menampilkan post yang diterbitkan di 12 bulan terakhir (hapus tanda / nya ya!)

[/archives type=monthly limit=12]

Script tadi akan membuat wordpress yang kamu kelola menampilkan postingan yang terbit di 12 bulan terakhir pada bagian daftar isi pada web kamu.

2. Menampilkan post ataupun archives yang ada di 12 Bulan terakhir dengan tambahan perhitungan post tersebut.

[/archives type=monthly limit=12 showcount=true]

Script tadi akan membuat wordpress yang kamu kelola menampilkan postingan yang terbit di 12 bulan terakhir pada bagian daftar isi pada web kamu, dengan tambahan perhitungan jumlah total post.

3. Menampilkan archives postingan di 18 hari terakhir

[/archives type=daily limit=18]

Script tadi akan membuat wordpress yang kamu kelola menampilkan postingan yang terbit di 18 hari terakhir pada bagian daftar isi pada web kamu.

4. Menampilkan 32 postingan terakhir yang terpublish di website berbasis wordpress yang kamu miliki.

[/archives limit=32]

Script tadi akan membuat wordpress yang kamu kelola menampilkan 32 postingan terakhir pada bagian daftar isi pada web kamu.

5. Menampilkan archive selama 3 minggu terakhir

[/archives type=weekly limit=3]

Script tadi akan membuat wordpress yang kamu kelola menampilkan postingan yang terbit di 3 minggu terakhir pada bagian daftar isi pada web kamu.

6. Menampilkan semua postingan dalam bentuk menu dropdown

[/archives format=option]

Script tadi akan membuat wordpress yang kamu kelola menampilkan semua postingan yang pernha terbit di website kamu, pada bagian daftar isi pada web kamu.

7. Menampilkan postingan selama 12 bulan terakhir lengkap dengan perhitungan yang ditampilkan dalam bentuk option dropdown.

[/archives format=option type=monthly limit=12 showcount=true]

Script tadi akan membuat wordpress yang kamu kelola menampilkan postingan yang terbit di 12 bulan terakhir dengan perhitungan, dan ditampilkan dalam bentuk option dropdown.

8. Menampilkan post yang ada di 17 minggu terakhir, with some before and after text

[/archives type=weekly limit=17before=’some before text’after=’some after text’]

Script tadi akan membuat wordpress yang kamu kelola menampilkan postingan yang terbit di 17 minggu terakhir dengan sedikit tambahan text pada bagian daftar isi pada web kamu.

Baik, itulah tadi artikel singkat kami tentang cara membuat daftar isi otomatis di WordPress tanpa menggunakan plugin. Mendapatkan manfaat dari artikel singkat kami yang satu ini?

Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kamu ya! Terimakasih telah menyimak artikel ini, sampai jumpa lagi!

Leave a Comment