12+ Cara Memilih Domain Yang Baik dan Berkualitas Untuk Blog Anda

Tahukah Anda tentang Cara Memilih Domain Yang Baik dan Kualitas Untuk Blog Anda? – Untuk memilih sebuah nama domain yang berkualitas harus memiliki cara dan teknik terbaik sehingga kita bisa mendapatkan nama domain yang berkualitas.

Tapi tenang cara terbaik sehingga kita bisa membuat nama domain yang berkualitas sudah disusun oleh kami.

Pengertian Domain

Apa itu domain? Domain adalah alamat web yang akan mengarahkan Anda ke halaman yang diinginkan.

Domain adalah varian ringkas dari alamat IP, yang merupakan rangkaian angka yang panjang. Untuk mempermudah pengguna internet maka adanya domain.

Untuk mendapatkan nama domain, Anda harus terlebih dahulu mendaftarkan nama domain yang diinginkan.

Domain tersebut akan terdaftar di ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers), sebuah entitas nirlaba yang memutuskan ekstensi domain mana yang harus digunakan.

Saat mendaftarkan nama domain, Anda memiliki opsi untuk memilih nama situs web dan ekstensi domain.

Namun perlu diingat bahwa Anda tidak dapat mendaftarkan nama domain yang sudah digunakan orang lain. Karena setiap nama domain berbeda, tidak ada dua nama domain aktif dengan penyebutan yang sama.

Bagaimana Cara kerja Domain?

Domain berfungsi sebagai url untuk membawa Anda ke situs web tertentu. Saat ini terdapat jutaan domain di negara ini.

Dan jika terdapat sebuah web yang sangat istimewa, dalam proses mengidentifikasi web tersebut akan menjadi masalah jika alamatnya atau url tersebar tidak menentu.

Browser akan menampilkan halaman yang Anda inginkan hingga domain yang Anda cari berada di DNS Server. Jika alamat tidak dapat diidentifikasi, itu akan dicari di server DNS secara terpisah.

Perbedaan antara domain dan layanan hosting

Dalam setiap penjelasan domain, saya sering membahas atau menyertakan tentang hosting. Namun, penting untuk dipahami bahwa hosting dan domain bukanlah hal yang sama. Lantas, apa perbedaan antara domain dan hosting?

Domain adalah url yang akan mengarahkan Anda ke sebuah situs web, seperti yang dikatakan sebelumnya. Hosting, di sisi lain, adalah posisi di mana semua file di situs web disimpan.

Masih bingung?

Oke, Saya akan menggunakan analogi bangunan untuk membuatnya lebih sederhana.

Domain adalah alamat rumah Anda. Sementara itu, hosting adalah rumah Anda yang digunakan sebagai tempat menyimpan berbagai perabot.

Tidak ada yang akan datang ke rumah Anda jika Anda tidak memiliki alamat. Hal yang sama bisa dikatakan untuk hosting.

Orang yang mengunjungi alamat Anda hanya dapat melihat tanah kosong jika Anda tidak memiliki rumah. Netizen hanya dapat menemukan halaman web statis tanpa konten jika tidak ada hosting.

Cara Memilih Domain Yang Baik dan Berkualitas

Berikut dibawah ini adalah sebuah cara terbaik bagi anda yang ingin membuat nama domain dengan tingkat kualitas terbaik.

1. Hindari Pemakaian Nama Domain Gratisan

Untuk mendapatkan nama domain yang berkualitas tentu saja kita harus menggunakan nama domain yang premium atau berbayar, sebisa mungkin jangan anda menggunakan yang versi gratisan.

Domain yang gratisan pada umumnya dicari oleh para blogger pemula dimana mereka sudah tidak sabar untuk memakai nama domain.

Ini dikarenakan mungkin mereka tidak memiliki biaya sehingga mereka memakai domain yang gratisan atau berpura-pura tak memiliki uang agar tidak memakai yang premium.

Nama domain-domain tersebut seperti GA, TK, ML dan lain sebagainya.

Hindari Pemakaian Nama Domain Gratisan
Hindari Pemakaian Nama Domain Gratisan

Emangnya kenapa tak boleh?

Ada dua alasan yang benar-benar anda hindari pemakaian nama domain yang gratisan, berikut alasannya.

  • Alasan pertama karena nama domain terlihat jelek atau tidak keren dan tidak profesional.
  • Domain gratis biasanya digunakan pada blog-blog yang mengandung spam. Seiring berjalannya waktu ini akan ke baned secara sengaja oleh google.

Baca Juga : Cara Mencari Expired Domain

2. Gunakan Nama Domain Yang Kreatif

Untuk cara yang kedua agar bisa membuat nama domain yang berkualitas adalah dengan menggunakan nama domain yang kreatif.

Nama domain yang kreatif akan membuat branding secara mudah dimana nama domain yang kreatif akan selalu disebarkan dan diingatkan oleh customer serta pengunjung situs web anda.

Ada beberapa alasan yang harus diterapkan oleh anda sehingga menjadi nama domain yang kreatif adalah.

  • Membuat kata baru – Anda bisa membuat kata yang baru seperti Cathy sehingga dapat menarik perhatian. Yahoo dan Google adalah sebuah perusahaan terbesar dan melakukan hal yang seperti ini.
  • Memakai sebuah kata yang menarik dan sudah ada – Mungkin anda bisa melakukan pencarian kata-kata yang jarang digunakan setiap hari dan sudah sesuai dengan website maupun bisnis anda.
  • Memakai generator pada nama domain – Pada umumnya sudah banyak yang menyediakan generator untuk mencari nama domain dengan cara memasukan sebuah kata mungkin terasa cocok oleh anda untuk dijadikan sebagai nama domain.
  • Mudah diketik serta diingat – Pastikan kalau mendapatkan nama domain dengan mudah diingat serta diketik yang dapat membantu anda untuk mencapai kesuksesan online.
  • Nama domain singkat padat dan jelas – Usahakan anda memakai nama domain dengan mencapai 20 karakter, bahkan akan menjadi lebih baik kalau 10 karakter saja. Dikarenakan nama domain yang panjang akan membuat kesulitan bagi pengunjung orang lain.

3. Memilih Ekstensi Yang Tepat

Extension atau ekstensi domain adalah suatu kata akhiran dari sebuah nama domain, misalnya .com, .net ini merupakan sebuah nama yang digunakan akhiran nama domain atau nama website anda.

Hingga kini extension .com menjadi sebuah extension yang sangat populer dan sangat mudah untuk diingat dengan sebuah domain .com

Pada saat ini dimana generatic banyak untuk top-level pada domain sudah banyak yang menyediakannya diantaranya adalah .guru serta .id dan .photography.

Mungkin ini mereka merupakan salah satu extension yang dapat membantu hingga mendapatkan nama domain relavan dan lebih mudah.

Dibawah ini merupakan ekstensi yang banyak kali digunakan oleh para blogger di seluruh dunia dan bisa anda gunakan.

  • .co – biasanya digunakan pada website yang seperti, komersial dan komunitas serta salah satu perusahaan.
  • .info – dimana pada ekstensi ini digunakan oleh website yang seperti informatif
  • .net – dalam ekstensi yang satu biasanya digunakan pada website yang menyediakan atau membahas hal-hal infrastruktur internet atau teknis.
  • .org – untuk ekstensi yang seperti ini banyak digunakan oleh website yang berorganisasi non-cormecial maupun non-profit.
  • .biz – ekstensi ini biasanya digunakan oleh sebuah website yang komersial atau bisnis, misalnya website-website yang e-commerce.
  • .me – ini digunakan oleh resume, blog dan personal
  • .sch – untuk ekstensi yang terakhir ini biasanya digunakan oleh salah satu pemerintah yang tepatnya seputaran website untuk sekolah.

4. Mendaftarkan Domain Pada Tempat Terpercaya

Untuk membuat nama domain yang berkualitas pastikan terlebih dahulu kalau nama domain didaftarkan pada tempat yang sudah terpercaya dan terjamin.

Jangan anda mendaftarkan nama domain di tempat yang abal-abal dimana yang menjadi alasan karena lebih murah atau memiliki diskon besar-besaran.

Apabila anda menggunakan tempat yang karena alasan tidak jelas (murah serta diskon dan lain-lain).

Mungkin ini akan kehilangan sebuah akses pada nama domain yang dimiliki oleh anda ini dikarenakan penyedia pada nama domainnya akan menghilang tanpa diketahui dengan alasan bangkrut atau mungkin alasan lainnya. (Baca : Cara Bangkit Dari Usaha Yang Bangkrut)

Kami sarankan anda menggunakan rumahweb.com dimana ini menjadi salah satu tempat untuk nama domain yang terpercaya dan sudah terjamin.

Dibawah ini bukti dari rumahweb.com menjadi tempat terpercaya untuk nama domain.

  • Sudah berpengalaman mulai dari tahun 2002
  • Banyak orang yang memakainya
  • Memiliki harga domain yang spontan masuk akal
  • Pernah diakreditasikan oleh ICANN

5. Hindari Nama Domain Berdasarkan Trend

Hindari Nama Domain Berdasarkan Trend
Hindari Nama Domain Berdasarkan Trend

Pada poin yang satu ini sangat penting bagi anda yang menginginkan nama domain yang berkualitas.

Apabila website anda hanya membahas topik yang mengikuti trend saja maka tidak ada kemungkinan akan bermasalah dengan nama domain yang mengikuti trend.

Misalnya pada beberapa tahun kemarin dimana sejumlah batu akik menjadi terpopuler, mungkin anda akan memakai nama doman seperti ‘infobatuakik.com’ dari nama domain akan bermasalah bagi anda karena tidak bisa memperpanjang atau tidak bisa berkembang dari nama domain yang seperti itu. Maka dari itu kita harus hindari nama domain beradasarkan dengan informasi trending.

6. Pilih Domain Mudah Untuk Diketik

Tips berikutnya untuk memilih nama domain adalah memastikannya mudah untuk diketik.

Bahkan jika harus membuat nama domain yang unik dan mudah diingat, pastikan itu mudah untuk ditulis.

7. Pilih Domain Yang Mudah Diingat

Jika nama domain panjang dan sulit diingat, dapat dipastikan pengunjung yang akan mengingat atau memahaminya sangat minim atau sedikit.

Bahkan mungkin kesulitan mengeja atau mengirim alamat domain ke phak lainnya. Hal-hal seperti ini tidak akan terjadi jika Anda menggunakan domain pendek.

Disarankan agar Anda dalam memiliki nama domain tidak lebih dari 17 karakter.

8. Gunakan Kata Kunci Yang Relevan

Menggunakan kata kunci yang spesifik dalam domain untuk bisnis merupakan hal yang harus dilakukan agar bisa dengan mudah menargetkan kayword yang di inginkan dimesin pencari.

Jika Anda menjalankan perusahaan laundry, alangkah baiknya menggunakan istilah “laundry” di nama domainnya.

Menggunakan kata kunci dalam nama domain juga akan membuat peringkat situs web lebih tinggi dalam hasil pencarian, memungkinkannya untuk muncul di daftar pertama. Hasilnya, lalu lintas situs web juga akan meningkat.

9. Pertimbangkan jangka panjang

Tips memilih nama domain berikutnya termasuk berpikir jangka panjang. Meskipun disarankan agar memasukkan kata kunci dalam nama domain.

Satu faktor yang harus diingat adalah apapun tujuan utama Anda dalam mengembangkan website pastikan tidak menggunakan kata-kata gaul yang hanya diingat dalam waktu yang singkat.

Jadi, carilah nama domain yang memiliki kemampuan bertahan seumur hidup.

Selain itu, popularitas website di mesin pencari Google ditentukan oleh nama domainnya. Karena Google dapat mencari identitas sebuah domain yang dimaksud.

Jika Anda mengubah nama domain pada masa mendatang, Google sebagai mesin Penelusuran akan menilai domain Anda adalah domain yang baru sehingga harus memulai dari Nol.

10. Wilayah target

Jika target audiens web Anda adalah orang Indonesia, maka pikirkanlah tentang ekstensi domain yang ingin Anda gunakan.

Jika  memilih untuk menjangkau orang Indonesia secara langsung, bisa menggunakan ekstensi .co.id, or.id atau .id dari pada menggunakan .com.

11. Singkron dengan akun sosial

Pastikan nama domain identik dengan nama akun di media sosial untuk menciptakan reputasi branding yang baik untuk perusahaan, organisasi, atau penggunaan pribadi.

12. Jangan gunakan angka dan tanda hubung

Hindari penggunaan angka dan tanda penghubung dalam nama domain.

Menggunakan tanda hubung pada nama domain akan membuatnya lebih sulit untuk diingat oleh para pengunjung.

Sebagai contoh, jika Facebook memiliki tanda hubung antara “Face” dan “Book” sehingga menjadi “Face-book”? maka dapat dipastikan kurang populer seperti yang kita rasakan saat ini.

Intinya, menghindari penggunaan angka dan tanda hubung merupakan pertimbangan penting saat memilih nama domain.

Kesimpulan

Domain merupakan bagian yang terpenting dalam sebuah website. Tanpa adanya domain maka tidak ada jadi diri website tersebut.

So, untuk bisa mendapatkan kepopuleran dalam jangka waktu yang panjang, pastikan gunakan domain yang tepat untuk blog pribadi ataupun website bisnis Anda.

Nah sampai di situ dulu pembahasan kami, semoga dengan cara-cara diatas dapat membantu anda pada saat ingin membuat nama domain.

Baca Juga : Kerugian Mengganti Domain

Leave a Comment