Cara Memilih Keyword Agar Mudah Masuk Ke Halaman 1 Mesin Pencari

Cara Memilih Keyword Agar Mudah Masuk Ke Halaman 1 Mesin Pencari – Memang pada umumnya seorang blogger menginginkan konten website-nya peringkat yang teratas didalam mesin pencari.

Namun yang perlu di ingatkan bagi anda semua dimana kita sekarang sedang berada di suatu SEO yang modern.

Ini berarti kalian tidak akan menggunakan sebuah cara yang lama dimana pada setiap keyword yang didapatkan oleh anda harus dijadikan sebuah konten yang terpisah.

Nah maka dari itu anda harus memilih keyword  yang digabungkan oleh anda sehingga bisa dijadikan sebuah artikel inti.

Nanti kami akan memberikan sebuah contoh penerapannya sehingga anda lebih memahami dengan baik.

Berikut adalah Cara Memilih Keyword Agar Mudah Masuk Ke Halaman 1 Mesin Pencari, silahkan disimak :

1. Memilih Keyword Dengan Nilai Tinggi Yang Sesuai Search Intent

Search Intent dapat diartikan sebagai alasan mengapa mereka melakukan pencarian dalam google.

Mungkin mereka sedang mencari sebuah informasi di salah satu website tertentu atau sedang mencari masalah yang dialaminya.

Bahkan ini bisa terjadi karena mereka ingin membeli sebuah barang yang diinginkannya atau mungkin mereka hanya ingin mencari tahu harga dari barang tersebut.

Kata kunci atau keyword yang sudah dipilih oleh anda akan menentukan sebuah keyword yang bernilai atau tak bernilai berdasarkan search intent dan sebuah niche website yang dibuat oleh anda.

Ada beberapa jenis search intent yang kalian harus pahami, seperti Informational Intent, Navigational Intent, Commercial Investigaon dan Transactional Intent.

Bagi anda yang belum tahu tentang jenis-jenis tersebut anda bisa melihat pembahasannya yang ada dibawah ini.

a. Informational Intent

Dalam Informational Intent bisa diartikan sebagai user yang sedang mengetik suatu keyword di mesin pencari dimana anda hanya mencari sebuah masalah yang sedang dialami oleh anda dan ingin mendapatkan solusinya.

Ini juga dapat diartikan ketika anda ingin mencari sebuah jawaban dari pertanyaan yang sudah dibuat oleh anda. Berikut contoh-contoh dari Informational Intent.

  • Bagaimana Cara Memutikan Kulit
  • Berapa jaraknya antara Manado dengan Gorontalo
  • Tempat Wisata Terbaru Di Manado
  • Cara Membuat Situs Web Perusahan

Jenis keyword ini sudah banyak digunakan untuk sebuah blog yang telah di Monotize pada PPC misalnya Google Adsense atau CPA.

Disebabkan jenis keyword yang satu ini memiliki banyak pencarian di search engine google, bahkan jenis keyword ini sudah dikategorikan sebagai evergreen keyword.

b. Navigational Intent

Seseorang yang mengetik pada jenis keyword ini dimana mereka sedang melakukan search dengan cara agar bisa masuk ke sebuah website yang sudah dipilih oleh mereka, misalnya;

  • Login Ke Media Sosial (Instagram Dan Facebook)
  • Klik BCA
  • Google Drive
  • Google Mybusiness

Jenis keyword ini anda harus hindari, walaupun anda sedang berada di sebuah halaman yang pertama di google, akan tetapi pengunjung anda akan sedikit dan ctr pada situs yang dimiliki oleh anda akan mengecil.

c). Commercial Investigaon

Nah pada jenis keyword yang satu ini diperlihatkan bahwa user sedang mencari sebuah produk yang ingin dibeli dan sedang mencari informasi dari produk tersebut.

Apakah anda sudah yakin untuk membeli produk tersebut atau produk mana yang sesuai dengan kebutuhan serta budget mereka. Contohnya;

  • Laptop Asus Dengan Harga Murah
  • Harga Dari iPhone X
  • Sabun Muka Terbaik
  • Berapa Harga Per Bulan NordVPN

Dalam keyword ini biasanya digunakan oleh tokoh online atau sejenisnya, Blog Adsense, Affiliate, CPA.

Keyword ini biasanya pemilik web akan menggiring secara opini dengan sudut pandang penulis dan kemudian mereka menawarkan sebuah produk yang sesuai dengan keperluan user.

d). Transactional Intent

User yang mengetik dengan keyword ini biasanya mereka sedang membutuhkan barang yang sudah ready untuk dibeli oleh mereka.

Dalam keyword ini memiliki nilai tinggi, bahkan kompetisi yang ada pada keyword ini menjadi tinggi karena adanya suatu web dengan perusahan besar yang ditempati pada halaman pertama dan kemudian menawarkan produknya.

Contoh salah satu seseorang mencari kata kunci seperti,

  • Jual Motor Honda Di Manado
  • Jual Handphone ASUS
  • Paket Travel Terbaik Di Bali
  • Jasa Pembuatan Situs Web Yang Profesional

Keyword ini hampir sama dengan Commercial Investigaon Cuma dimana keyword kebanyakan digunakan oleh tokoh online dan kompetisi ini akan menjadi lebih tinggi dikarenakan banyak yang mencarinya.

2. Memilih Keyword Yang Relavan Pada Keyword Utama

Memang pada umumnya untuk mencari keyword sangat sulit untuk ditemukan, bahkan anda tak bisa mencari keyword dengan asal-asalan pada saat menggunakan tools, misalnya google keyword ubbersugest ataupun planner dan lain-lain.

Coba anda perhatikan hasil dari scrape keyword pada ubbersugest yang ada dibawah ini :

Memilih Keyword Yang Relavan Pada Keyword Utama
Memilih Keyword Yang Relavan Pada Keyword Utama

Yang dimaksud keyword yang relavan bukan seperti keyword pada gambar diatas ini. Maksudnya keyword yang relavan adalah sebuah keyword yang dapat memperkuat keyword utama.

Mungkin anda bisa menargetkan pada tempat wisatanya, misalnya tempat “wisata yang ada dibandung”, seperti kawah putih, tebing keraton dan lain-lainnya.

Bahkan anda bisa menargetkan pada daerahnya, seperti Ciwidey, Lembing dan lain-lainnya.

Contoh lain misalnya anda sedang memilih keyword yang seputar SEO, dengan begitu anda juga harus menggunakan keyword yang relavan, seperti On/Offpage SEO, Backlink, Riset Keyword dan lain-lain.

Jika memakai word2vec dari sebuah konten Wikipedia pada keyword SEO dengan begitu hasilnya akan seperti ini;

Jika memakai word2vec dari sebuah konten Wikipedia pada keyword SEO
Jika memakai word2vec dari konten Wikipedia pada keyword SEO

Bagi anda yang terbiasa dengan menggunakan machine learning, anda bisa memakai word2vec dari Wikipedia sehingga bisa menemukan sebuah ide topik relavan atau berhubungan dengan suatu keyword dan kata tertentu.

Dibawah ini merupakan contoh yang ingin mencari keyword relavan pada kata Link dan Rank :

Cara Mencari kayword Yang Relavan
Cara Mencari kayword Yang Relavan

Pada kata Rank dan Link terdapat 3 jenis kata utama dan harus diperhatikan atau sebagai kata yang paling relavan/dominan adalah;

  • Search (60%)
  • Web (57%)
  • Result (54%)

Contoh kalimat yang bisa digabungkan dengan 3 kata diatas sehingga dapat memperkuat sebuah kata pada Rank maupun Link.

“Your web needs more link to rank higher in search result

Mungkin pada keyword tersebut tidak muncul ketika kita sedang mencari dengan menggunakan tools untuk riset keyword, misalnya keyword planner atau ubbersugest dan lain-lain.

Disini anda dapat mengumpulkan sebuah list pada keyword tersebut yang relavan dan anda bisa merelated topik dengan keyword utamanya.

Pada saat mengumpulkan sebuah list keyword, anda akan paham dengan apa yang dibahas pada konten tersebut dan keyword apa yang harus dimunculkan.

Dengan begitu konten yang dimiliki oleh anda akan menjadi padat dan sesuai pada keyword yang sudah ditentukan dan bukan hanya sebuah kalimat yang basa-basi.

Leave a Comment