Cara Memperbaiki Error 404 Pada Halaman Post WordPress

Cara Memperbaiki Error 404 Pada Halaman Post WordPress – Teman-teman pernah mengalami Error 404?

Error 404 muncul ketika teman-teman mencoba mengakses suatu halaman tetapi browser tidak dapat menemukannya.

Ada banyak tampilan Error 404, tergantung dari browser yang teman-teman gunakan.

Sebuah website meskipun tidak wajib namun sebaiknya tetap membuat halaman khusus error.

Hal itu untuk memberitahukan kepada pengunjung website apabila website tersebut ada, namun ada kendala pada halaman yang sedang diakses.

Penyebab Error 404

Terdapat berbagai hal yang dapat menyebabkan Error 404 pada WordPress:

  1. Salah mengetik atau memasukkan URL

Sesederhana masalah salah ketik merupakan salah satu penyebab sering terjadinya Error 404.

Bisa saja karena ada huruf yang terlewat, atauOleh karena itu, teman-teman harus lebih teliti dalam mengetik URL.

  1. Masalah pada caching

Browser yang teman-teman gunakan kadang-kadang melakukan caching terhadap halaman yang sedang diakses meskipun sudah menampilkan notifikasi tidak bisa ditemukan.

Sehingga teman-teman akan tetap menemukan halaman Error 404 meskipun pengguna lain tetap bisa mengakses melalui browser mereka.

  1. Masalah pada pengaturan Server Nama Domain (DNS)

Kemungkinan lain yang terjadi adalah domain teman-teman belum dipropagasi ke DNS yang digunakan, dan menyebabkan Error tetap muncul.

  1. Masalah pada Kompatibilitas WordPress

Kasus lainnya terdapat pada plugin atau tema yang digunakan juga memengaruhi dalam pembuatan URL dan permalink untuk website.

Hal itu menyebabkan apabila visitor mengakses URL yang sudah tidak berfungsi, http Error 404 muncul.

Cara Mengatasi Error 404

Terdapat beberapa cara untuk mengatasi Error 404 yang bisa teman-teman coba, di antaranya adalah

  1. Atur Ulang Permalink WordPress

Untuk mengatasi Error 404 di website, teman-teman bisa mencoba mengatur ulang permalink teman-teman.

Ada dua cara untuk mengatur permalink, yaitu melalui dashboard atau melalui FTP. Jika teman-teman tidak dapat mengakses dashboard, maka langsung saja untuk mencoba metode kedua.

Jika dashboard dapat diakses, lakukan langkah berikut. Setelah masuk ke dashboard bukalah tab Setting > Permalinks.

Catatlah struktur yang teman-teman gunakna karena akan diubah sementara. Lalu pilih opsi Plain yang berada di bawah Common Settings dan klik Save di bagian bawah.

Halaman akan melakukan reload. Kemudian pilih tipe permalink sebelumnya dan simpan perubahan yang dilakukan sekali lagi.

Buka browser, lalu cek halaman yang awalnya berisi Error 404 masih ada atu tidak, jika sudah tidak ada berarti web teman-teman sudah normal kembali.

  1. Restore File .htaccess WordPress

Perubahan struktur permalink disimpan di file .htaccess. File ini selain mengendalikan cara WordPress berinteraksi dengan servernya, juga cara WordPress membuat URL untuk membuka situs teman-teman.

Apabila teman-teman tidak bisa membuka dashboard karena Error 404, teman-teman bisa mencoba opsi mengedit permalink secara manual melalui .htaccess.

Hal pertama yang perlu teman-teman lakukan yaitu akses website via FTP dan buka folder root WordPress.

Kemudian cari file .htaccess di dalamnya. Jika teman-teman menggunakan FileZilla, teman-teman dapat mengunduh salinan file tersebut degan meng-klik kanan .htaccess dan pilih opsi View/Edit.

Kode di atas metupakan kode yang belum ada perubahan apapun. Hapus semua perubahan yang dilakukan di struktur permalink.

Kemudian buat backup konten dari file .htaccess lama dan ganti kontennya dengan kode di atas. Lalu simpan perubahannya di file .htaccess, FileZilla akan memberikan konfirmasi apakah teman-teman akan mengganti file .htaccess yang sudah ada dengan salinan yang diedit. Pilih ya, dan proses selesai.

Cek kembali situs teman-teman, jika Error 404 berhasil hilang, selanjutnya mengembalikan struktur permalink seperti semula.

Untuk mengubahnya, buka dashboard dan pilih Settings > Permalinks. Lalu pilih struktur permalink yang ingin teman-teman gunakan, dan simpan perubahan yang dilakukan.

  1. Menonaktifkan Tema dan Plugin WordPress

Jika metode pertama dan kedua tidak berhasil, maka teman-teman bisa mencoba dengan menonaktifkan tema dan plugin WordPress, karena tema dan plugin bisa memengaruhi struktur URL WordPress.

Jika teman-teman bisa mengakses dashboard, bukalah tab Plugins > All Plugins lalu ikuti langkah berikut untuk masing-masing plugin:

  • Klik Deactivate
  • Buka situs untuk mengecek apa Error 404 masih ada
  • Jika masih, aktifkan kembali plugin tersebut
  • Pindah ke plugin selanjutnya, dan ulangi proses di atas.

Jika semua plugin sudah dicek dan tidak ada yang menyebabkan error, bisa jadi karena tema yang teman-teman gunakan.

Teman-teman bisa membuka tab Themes dan ganti tema yang aktif ke tema yang lain. Buka kembali situs teman-teman, jika berhasil lakukan update ke versi tema terbaru atau aktifkan tema yang lain.

Jika dashboard tidak bisa dibuka, teman-teman masih bisa mematikan tema dan plugin secara manual melalui FTP.

Caranya, akses website teman-teman melalui FileZilla, lalu buka direktori public_html/wp-content.

Buka direktori plugins terlebih dulu. Di dalam direktori berisi folder individual untuk masing-masing plugin yang telah terinstall di wesite. Klik kanan di salah satu folder lalu pilih Rename dan ganti ke nama lain. Dengan hanya mengganti nama folder, plugin akan nonaktif.

Baca Juga :

Buka kembali situs teman-teman, jika masih belum berhasil maka kembalikan nama folder seperti semula dan ulangi proses ke folder selanjutnya.

Nah, jika buka plugin penyebabnya, teman-teman bisa mencoba melakukan hal yang sama terhadap tema. Buka direktori wp-content > themes lalu lakukan hal yang sama seperti pada plugin.

Jika Error 404 berhasil ditangani, carilah tema baru. Tetapi jika teman-teman ingin menggunakan tema lama. Restore kembali nama folder ke nama semula agar bisa terbaca WordPress.

Begitulah kira-kira beberapa cara untuk mengatasi Error 404 di WordPress, selamat mencoba!

Leave a Comment