5 Cara Mempercepat Koneksi Internet (Terbukti)

Cara Mempercepat Koneksi Internet – Aspek kehidupan manusia pada saat ini sudah sangat erat ikatan dengan yang namanya internet, karena seperti yang sudah kita tahu bahwa pada saat ini digitalisasi meraja rela sehingga koneksi internet merupakan suatu hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Setiap orang yang sudah terbiasa menggunakan internet pasti akan merasa terganggu dan tak nyaman apabila internet yang mereka gunakan melambat.

Tidak heran karena tidak sedikit orang yang menggantungkan hidupnya melalui internet.

Seperti para pemiliki bisnis online, penulis freelance on-demand dari platform ketenaga kerjaan online, kemudian youtuber dan masih banyak lagi.

Jangankan bagi mereka yang menggantungkan hidupnya melalui internet, para mahasiswa dan juga pekerja juga sangat menggantungkan hidupnya dengan internet.

Hal ini dikarenakan sudah banyak sekali tugas kampus atau sekolah dan pekerjaan yang akan sangat berhubungan dengan yang namanya internet.

Internet adalah penunjang yang penting bagi setiap orang agar mereka dapat menyelesaikan tugas dengan cepat dan tepat.

Bagi kamu yang merasa terganggu dengan kehadiran internet yang lemot karena hal tersebut mengganggu kehidupan kamu, maka artikel ini sangat cocok untuk dibaca dan dipahami sampai selesai.

Baca Juga : Negara Dengan Koneksi Internet Tercepat

Cara Mempercepat Koneksi Internet

Terdapat beberapa Cara Mempercepat Koneksi Internet yang melambat, berikut adalah cara mengatasinya :

1. Melakukan Pengecekan Terhadap Kecepatan Koneksi Internet

Salah satu penyebab koneksi internet lambat adalah pilihan provider yang tidak sesuai dengan seharusnya yang dibeli.

Terdapat kemungkinan adanya human error ketika petugas dari sebuah provider memasang koneksi internet yang anda beli, namun pada kenyataannya mereka malah salah mengatur set yang telah ditentukan sebelumnya.

Maka langkah yang paling tepat yang dapat kamu lakukan adalah segera melakukan konfirmasi ke pihak provider dengan menguhubungi call center yang sudah disediakan dan ceritakan apa saja permasalahan secara keseluruhan sehingga pihak provider bisa membantu dengan optimal.

Apabila layanan yang diminta sudah sesuai namun tetap saja masih lambat, mungkin pilihan untuk meningkatkan kecepatan (layanan yang tentu harganya juga meningkat) atau mengganti provider lain yang mungkin memiliki pilihan jasa yang lebih baik bisa menjadi pilihan yang tepat.

2. Melakukan Pengecekan Hardware

Pada umumnya rumah tangga yang ada di Indonesia menggunakan modem atau router sebagai pemancar sinyal wifi yang dapat digunakan sehari – hari.

Walaupun modem atau router tersebut memiliki kualitas yang mumpuni secara keseluruhan, namun tidak menutup kemungkinan bahwa modem atau router tersebut dapat mengalami permasalahan yang dapat menyebabkan koneksi internet menjadi lambat.

Hal yang perlu dilakukan ketika koneksi internet menjadi lambat dan kamu menggunakan modem atau router, maka lebih baik kamu mengatur ulang modem atau router yang kamu miliki.

Kamu dapat mengatur ulang modem atau router tersebut dengan cara mematikan kemudian dihidupkan kembali.

Namun perlu kamu ketahui juga apabila ternyata koneksi internet disatu device lambat dan di device lainnya dalam kondisi yang optimal, maka permasalahannya mungkin bukan di modem atau router yang kamu miliki, namun ada di device yang memiliki koneksi internet yang lambat.

3. Mematikan atau Membatasi Bandwidth-hogging

Ketika koneksi internet lambat dan sebenarnya device yang kamu miliki adalah kategori device yang mumpuni, maka terdapat kemungkinan bahwa ada program lain yang aktif dan bisa memonopoli koneksi internet yang kamu miliki.

Dalam kasus seperti ini, cara yang kamu bisa gunakan adalah dengan memasang ekstensi untuk meblokir iklan – iklan yang bisa saja mendatangkan program yang mampu memonopoli bandwith.

Selain terdapat program yang bisa memonopoli bandwith, mengunduh melalui Dropbox atau Google Drive juga bisa membuat koneksi internet melambat karena hal tersebut akan mengurangi ruang dalam bandwith yang dimiliki.

4. Mencoba Server DNS Baru

DNS bertugas untuk mencari dan menerjemahkan pencarian ke alamat IP pencarinya, dan terdapat kemungkinan DNS mengalami penurunan kinerja yang kemudian akan berdampak pada perlambatan kecepatan internet.

Penurunan kinerja tersebut dapat diatasi dengan mencari dan mencoba DNS baru.

Terdapat berbagai pilihan yang dapat digunakan oleh seorang pengguna internet untuk mengganti DNS lama dengan yang baru, seperti Google DNS dan Cloudflare.

Ketika DNS sudah memiliki kinerja yang baik, maka tentu saja koneksi internet akan lebih baik karena DNS akan mempercepat waktu pemuatan laman yang dituju.

5. Mengoptimalisasi Web

Cara lain yang bisa digunakan oleh seorang pengguna internet ketika koneksi internetnya lambat adalah dengan mengoptimalisasi web.

Optimalisasi web ini dapat dilakukan dengan menggunakan browser atau serach engine yang dapat menghemat penggunaan data seperti Opera Mini, Chrome Lite Mode dan lai sebagainya.

Sebenarnya masih banyak lagi yang bisa dilakukan ketika koneksi internet melambat, namun lima cara diatas adalah cara – cara yang dianggap cukup ampuh untuk menyelesaikan permasalahan (koneksi internet yang lambat).

Semoga artikel ini dapat membantu dan terimakasih.

Leave a Comment