8 Cara Mempercepat Loading Video YouTube di Blog

Cara Mempercepat Loading Video YouTube di Blog – Seringkali saat menjelajahi suatu blog, pengunjung blog akan menemukan satu atau dua postingan yang mencantumkan video dari YouTube.

Adanya suatu video pada suatu postingan di blog dimaksudkan oleh pemilik blog untuk menarik lebih banyak visitor sehingga akan berimbas pada naiknya traffic.

Namun, ada juga pemilik blog yang menggunakan video untuk keperluan promosi suatu produk atau bahkan dengan niat untuk mempromosikan salah satu channel YouTube itu sendiri.

Mencantumkan video YouTube di blog memang menjadi ide yang bisa dikatakan cukup kreatif.

Apalagi, saat ini YouTube juga menjadi salah satu platform yang digemari oleh banyak orang.

Pastinya, ketika ada satu postingan yang memberikan suatu video dari YouTube, pengunjung blog akan lebih tertarik untuk menontonnya.

Hanya saja, beberapa pemilik blog mungkin tidak menyadari jika mencantumkan video dari YouTube di blog bisa berakibat pada lamanya loading suatu blog itu sendiri.

Lama dan cepatnya loading suatu blog tentu menjadi hal penting yang harus diperhatikan.

Bahkan, beberapa pendapat menyebutkan jika loading suatu situs menjadi hal yang paling penting saat melakukan penjelajahan situs.

Blog yang memiliki loading yang begitu lama akan membuat para visitornya meninggalkan blog tersebut dan bisa jadi beralih mengunjungi situs lain.

Bila jumlah visitor menurun, hal ini sangat mungkin akan berakibat pada menurunnya traffic.

Kemudian, pada era yang serba diberi kemudahan ini, loading juga menjadi hal yang penting untuk menunjang efektivitas waktu.

Suatu blog yang memuat suatu halaman blog maupun situs lainnya terlalu lama hingga melebihi 5 detik, sudah pasti akan ditinggalkan oleh visitor tersebut.

Bahkan, ada juga visitor blog atau situs yang tidak mau bertahan melebihi 3 detik.

Poin paling penting lainnya, Google juga mempertimbangkan lamanya loading suatu situs dalam penilaian untuk tampil di halaman pertama mesin pencari ini.

Melihat pentingnya kecepatan loading suatu blog seperti yang dijelaskan di atas, suatu blog yang ingin mencantumkan video dari YouTube di satu postingannya barangkali harus berpikir ulang lagi.

Akan tetapi, hal tersebut tidak perlu dirisaukan terlalu dalam. Apalagi saat ini terdapat pula cara yang diaplikasikan untuk mempercepat loading video di blog maupun situs lainnya.

Baca Juga : Hal Wajib Yang Harus diketahui Sebelum Menjadi Youtuber

Daripada terlalu lama penasaran, mari simak cara mempercepat loading video YouTube di blog berikut.

Cara Mempercepat Loading Video YouTube di Blog

Cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimasi loading video YouTube yang disematkan atau dicantumkan di blog memang ada beberapa variasi.

Namun, untuk kali ini, cara yang bisa dilakukan cukup sederhana dengan menggunakan ‘YouTube Optimized Embed Generate Code.’

  1. Langkah pertama, silakan ketikkan YouTube Optimized Embed Generate Code di mesin pencari Google. Jika sudah, lalu silakan buka YouTube Optimized Embed Generator Code tersebut.
  2. Selanjutnya, apabila sudah masuk ke link tersebut, akan terdapat beberapa kolom isian yang harus diisi. Silakan copy paste atau menyalin link video YouTube yang ingin dicantumkan di blog.
  3. Jangan lupa untuk mengatur ukuran dari video. Namun, bisa juga menggunakan ukuran standar yang telah tertulis.
  4. Berikutnya, silakan centang pilihan yang ada disesuaikan dengan kebutuhan.
  5. Silakan klik ‘Preview and Generate Code’. Bila tombol tersebut suda diklik, maka akan muncul tampilan video yang ingin dicantumkan di blog. Kemudian, di bagian bawah tampilan akan ada dua kotak kode HTML dan JavaScript.
  6. Untuk langkah selanjutnya, salin kode HTML dan taruh dimanapun pada bagian blog yang diinginkan.
  7. Salin juga kode JavaScript yang diberikan dan taruh di halaman situs sebelum tag </body>.
  8. Untuk langka terakhir, silakan buka halaman blog dan coba untuk memutar video yang sudah dicantumkan atau disematkan.

Dengan menggunakan cara di atas, loading suatu blog yang menyematkan video YouTube di dalamnya akan terasa ringan.

Hal ini dikarenakan dengan bantuan fitur ini, video tidak akan otomatis terputar, namun hanya bagian thumbnail dan tombol play saja yang ditampilkan.

Video hanya akan terputar bila pengunjung blog menekan tombol play.

Selain itu, keunggulan lain yang didapat dengan menggunakan cara di atas adalah tampilan blog juga akan responsif baik di ponsel maupun tablet.

Nah, itulah cara yang bisa digunakan untuk mempercepat loading video YouTube di blog. Cara ini terbilang sangat mudah, efektif, dan pastinya efisien.

Disamping itu, pemilik blog dan pengunjung blog pun akan sama-sama diuntungkan.

Dengan cepatnya loading suatu blog yang mencantumkan video di dalamnya, maka pemilik blog juga akan mendapatkan banyak pengunjung lagi.

Dengan begitu, traffic akan sangat mungkin menjadi lebih meningkat. Kemudian, di sisi pengunjung juga akan lebih terpuaskan saat berkunjung ke blog tersebut.

Mereka tidak perlu untuk menutup situs dan beralih ke situs yang lain. Jadi, cara di atas tentu sangat layak untuk dicoba dan diaplikasikan.

Baca Juga : Pengertian Youtube Marketing

Leave a Comment