8 Cara Mempromosikan Blog Paling Hemat Waktu dan Efektif

Cara Mempromosikan Blog merupakan suatu keharusan bagi para blogger, khususnya blog yang masih baru, agar blog atau situs tersebut semakin dikenal banyak orang dan akhirnya dikunjungi.

Ada begitu banyak cara melakukannya, dan salah satunya melalui sosial media ternama yaitu Facebook. Dan tentu saja pengguna orang Indonesia tidak kalah banyak jumlahnya.

Pada tahun 2016 kemarin sekitar 88 juta orang Indonesia tercatat menggunakan facebook dan 1,7 miliar pengguna global,dan maka oleh sebab itulah berpromosi melalui facebook merupakan suatu kewajiban dan jangan sampai terlewatkan oleh para blogger.

Melihat banyaknya pengguna facebook tersebut, siapapun yang mempunyai suatu produk yang ingin dikenalkan kepada khalayak umum, maka mereka akan memilih jalur sosial media facebook ini sebagai jalur media terbaik versi digital.

Lantas apa saja hal yang harus dilakukan jika melakukan promosi blog menggunakan fb?

Dengan banyaknya fitur yang ada di facebook, ada cukup banyak pula hal-hal yang bisa anda lakukan.

Cara Mempromosikan Blog

Pada artikel ini akan membahas mengenai cara yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan blog Anda melalui Facebook. Simak penjelasan berikut ini!

1. Promosi Menggunakan Mesin pencari (Search Engine)

Cukup banyak para pemilik situs yang rela merogoh kocek untuk mempromosikan situs miliknya agar lebih populer, namun satu diantara banyak strategi promosi paling murah dan gratis adalah promosi melalu mesin pencari, berikut beberapa hint atau trick dan trick yang bisa anda lakukan untuk mempromosikan konten blog anda di mesin pencari:

  • Daftarkan blog anda di mesin pencari popular

Kenapa blog harus didaftarkan ke mesin pencari, tentusaja berfungsi agar blog lebih cepat dikenali oleh mesin pencari, jika sudah dikenal maka konten artikel blog anda akan memiliki peluang lebih cepat ditemukan di hasil pencarian mesin pencari, sehingga bisa mendongkrak trafik, ini merupakan salah satu jenis promosi konten blog paling efektif dan gratis.

Tahap awal untuk mempromosikan blog di mesin pencari adalah mendaftarkan blog di mesin pencari populer seperti yahoo, bing dan google.

Baca Juga : Cara Verifikasi Blog WordPress di Search Console

  • Libatkan SEO pada artikel blog anda

Agar usaha anda optimal anda harus melibatkan SEO didalam artikel yang anda buat, baik itu maupun seo offpage, sehingga blog anda akan mudah sekali ditemukan dihasil pencarian google di posisi terbaik.

Baca Juga : Cara Mengembangkan Blog SEO Friendly

2. Gunakan Kata-Kata yang Persuasif

Sebentar, sebelum kita benar-benar terjun ke facebook, ada hal yang harus anda ketahui serta dipelajari terlebih dahulu, yaitu bagaimana cara memilih kata-kata yang tepat ketika berpromosi blog, agar setiap promosi yang kita lancarkan tidak sia-sia.

Dengan menggunakan kata-kata atau kalimat yang persuasif, apa maksudnya?

Kata-kata persuasif merupakan bentuk kalimat yang secara tidak langsung mengajak seseorang untuk mengikuti apa yang ditulis dalam tulisan tersebut.

Ingat, kita mengajak tetapi secara tidak langsung, artinya anda tidak memaksa seseorang ketika berpromosi, biarlah mereka (para calon pengunjung blog) mendapatkan kebebasan.

Contoh kata-kata yang persuasif adalah :

“Ingin tahu seputar dunia game? blog kami menyedia banyak artikel yang dapat menambah pengetahuan anda”.

Lihat, apakah kalimat tersebut terlihat memaksa?

Tidak, mereka bebas memilih apakah ingin tahu mengenai seputar game atau tidak, tetapi efek yang didampakkan adalah ketika situasi para calon pembaca itu penasaran karena memang ingin tahu, maka tanpa lama mereka akan coba mengecek blog anda. Dan terakhir, pastikan apa yang anda sajikan sesuai dengan apa yang anda tawarkan.

3. Promosi di media sosial

Promosi di media sosial adalah salah satu kunci strategi efektif untuk saat ini guna menjaring visitor ke blog anda, namun ternyata banyak yang masih salah menerapkannya, karena tidak sedikit yang melakukan promosi dengan cara-cara yang bisa diaggap spam.

Misal dalam waktu yang singkat anda mempomosikan blog anda secara manual ke berbagai sosial media tanpa melihat minat pembaca, bahkan asal share saja, boleh saja jika memang tidak berdampak buruk namun tindakan seperti itu akan membuat anda dan juga reputasi blog anda buruk dimata calon pembaca, sehingga bisa membuat mereka enggan untuk mengunjungi blog anda.

Apapun media sosial yang anda gunakan untuk share sebaiknya tetap harus menjaga etika dan jangan sampai anda dianggap sebagai spammer, beberapa point  penting ketika share dimedia sosial:

  • Perhatikan minat pembaca.
  • Tahap awal lakukan promosi secara halus dan pelan-pelan.

Baca Juga : Indikator Mengukur Kepuasan Pelanggan di Media Sosial

4. Tag Teman-Teman Anda

Terkadang jika kita share artikel begitu saja, hanya sedikit orang yang menyadari adanya promosi tersebut, sehingga promosi tersebut tidak sampai ke banyak orang bahkan kepada teman-teman facebook yang sering aktif.

Bagaimana cara mengatasinya?

Yaitu dengan meng-tag teman-temanmu. Ketika share jangan lupa untuk menambahkan teman, ini merupakan salah satu fitur facebook yang patut kita manfaatkan.

Sehingga akan banyak teman yang mendapat notifikasi, mereka lalu akan penasaran dan melihat hal apa yang ditag olehmu.

Selain itu dengan meng-tag, besar kemungkinan share artikel blog anda akan muncul di kronologi teman anda, dengan begitu akan memperbesar lapak promosi blog di facebook.

Tentu saja untuk melakukan ini anda jangan terlalu sering, terlebih jika mereka sebenarnya tidak suka, maka oleh sebab itu jangan lupa untuk selalu ramah kepada teman facebook anda.

Selain itu anda juga bisa membagikan di Group Facebook yang Bersangkutan

Cara ini terbukti sangat ampuh untuk mempromosikan blog anda, karena dengan membagikan di grup, calon pengunjung akan lebih banyak, bukan hanya teman anda saja.

Pastikan anda berpromosi blog di group-group yang bersangkutan dengan topik artikel anda, misalnya jika anda akan membagikan artikel tentang tips dan trik bermain gitar, maka grup yang patut anda coba adalah.

  • Grup Belajar Gitar
  • Group Musik
  • Grup Pribadi Seperti Grup Kelas di Sekolah
  • Grup Blogger atau Komunitas Penulis Blog

Dan masih banyak lainnya, itu hanya contoh umum saja, karena ketika kita akan search grup tersebut, terdapat banyak jumlahnya, silahkan kalian masuk ke semua grup itu.

Dan anda harus tahu bahwa ada beberapa hal sebelum anda melakukan promosi, diantaranya :

Aktiflah dalam grup, bukan hanya ketika promosi artikel, tetapi jika ada seseorang yang bertanya sesuatu, sehingga ini akan menaikan popularitas anda di grup tersebut, baru anda promosi blog dengan kata-kata yang sopan dan ramah.

Ada beberapa group yang memiliki peraturan ketat, seperti jika kita spamming mereka akan mengkick (mengeluarkan) kita dari grup tersebut, maka oleh sebab itu, jangan promosi artikel secara blak-blakan, melainkan secara halus dan tidak terkesan promosi.

5. Promosikan konten blog anda dalam bentuk berbeda

Konten tidak harus kita sajikan hanya dalam bentuk tulisan panjang yang hanya kita sajikan di blog, namun kita bisa merubah konten tersebut dalam berbagai format agar lebih mudah untuk dipromosikan dengan cara di-share diberbagai tempat, anda bisa menyajikan konten anda dalam bentuk portable seperti PDF, atau dalam bentuk video, atau dalam bentuk infografis.

Dengan menyajikan konten dalam bentuk yang berbedaa, akan mempermudah anda untuk membagikan koten tersebut di berbagai tempat.

Jika konten anda dalam bentuk video, anda bisa membagika atau mempromosikannya melalui situs-situs berbagi video gratis seperti  youtube, dlive dan yag lainnya dan ingat sebisa mungkin anda bisa mencantumkan link menuju artikel blog anda untuk video tersebut.

Jika konten anda sajikan dalam bentuk (e-book) atau dalam bentuk dokumen potable seperti PDF, atau Document MS Word, anda bisa share disitus scribd  Jangan lupa untuk meletakan link menuju artikel pada blog anda.

Jika anda menyajikannya dalam bentuk infografis anda bisa promosikan di situs visual.ly

 Anda juga bisa share dalam bentuk artikel di beberapa forum online yang anda temukan yang sudah memiliki banyak anggota dan sudah populer.

Konten yang kita sajikan di situs-situs populer yang sudah memiliki reputasi yang baik di mata mesin pencari akan mudah sekali diindex dan ditemukan di hasil pencarian, sehingga trafik pengunjung blog anda akan anda dapatkan selain dari member di situs-situs tersebut juga dari mesin pencari sehingga blog anda tidak sepi pengunjung.

6. Blog Walking

Blog walking merupakan teknik klasik paling mudah yang bisa anda gunakan untuk mempromosikan dan mempopulerkan konten blog anda guna meningkatkan trafic, dan memang benar aktivitas ini bisa berpotensi untuk mendongkrak trafik atau dapat meningkatkan visitor ke blog andaa, namun anda harus tau tekniknya.

Caranya, silahkan lakukan blog walking dengan benar, cari blog-blog populer yang memiliki topik yang sama dengan artikel yang anda bahas dan sudah memiliki banyak pembaca setia, kemudian berkomentarlah secara cerdas dengan komentar relevan dan informatif pada blog yang anda kunjungi, komentar cerdas akan membuat pengunjung lain mengunjungi blog anda bahkan si pemilik blog yang bersangkutan, meskipun tanpa anda minta.

7. Melibatkan pembaca blog anda untuk mempromosikan

cara mempromsikan konten blog anda berikutnya adalah dengan cara melibatkan pembaca blog anda untuk ikut mempromosikan, cara ini akan membuat konten anda cepat dikenal, ini merupakan peluang yang paling baik yang bisa anda gunakan, lantas bagaimana caranya agar pembaca blog anda rela melakukan share terhadap konten yang anda buat?

Sajikan tombol share untuk berbagai media sosial seperti facebook twitter dan yang lainnya pada artikel blog anda, adanya tombol share akan mempermudah mereka mendistribusikan artikel blog anda.

8. Sajikan Artikel panjang

Penelitian yang dilakukan oleh buzzsumo menggunakan 1 juta lebih artikel, bahwa artikel dengan jumlah kata lebih dari  2000 kata, memiliki peluang dishare lebih banyak.

Promosi konten adalah bagian dari aktivitas blogging yang tidak bisa dipisahkan, semakin baik promosi yang anda lakukan maka dampaknya akan baik untuk bloog anda, meningkatnya jumlah visitor ke blog sehingga akan lebih mudah mempopulerkan blog  atau website anda dan blog anda akan dikenal.

Sebenarnya banyak sekali teknik promosoi yang bisa anda temukan dan  lakukan, baik promosi secara online maupun offline, baik berbayar maupun gratis, namun apapun cara promosi yang anda pilih langkah awal yang harus anda prioritaskan adalah konten yang berkualitas.

Demikianlah penjelasan mengenai tata cara yang bisa Anda lakukan dalam mempromosikan blog Anda, caranya menggunakan media facebook. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Baca Juga : 4 Cara Mengetahui Pencuri Konten Artikel Blog

Leave a Comment

×

Ikuti Kami di Facebook