9+ Cara Mempromosikan Blog Paling Hemat Waktu dan Efektif

Joko Warino

8 Cara Mempromosikan Blog Paling Hemat Waktu dan Efektif

Cara Mempromosikan Blog merupakan suatu keharusan bagi para blogger, khususnya blog yang masih baru, agar blog atau situs tersebut semakin dikenal banyak orang dan akhirnya dikunjungi.

Ada begitu banyak cara melakukannya, dan salah satunya melalui sosial media ternama yaitu Facebook. Dan tentu saja pengguna orang Indonesia tidak kalah banyak jumlahnya.

Pada tahun 2020  sekitar 150 juta orang Indonesia tercatat menggunakan media sosial dan 1,7 miliar pengguna global, dan maka oleh sebab itulah berpromosi melalui media sosial  merupakan suatu kewajiban dan jangan sampai terlewatkan oleh para blogger.

Bukan hanya media sosial namun masih banyak cara untuk bisa membuat blog Anda menjadi terkenal atau banyak trafic. Saya akan bahas satu persatu.

Cara Mempromosikan Blog

Cara Mempromosikan Blog Paling Hemat Waktu dan Efektif

Pada artikel ini akan membahas mengenai Cara Mempromosikan Blog Paling Hemat Waktu dan Efektif. Simak penjelasan berikut ini!

1. Buatlah Konten Artikel Berkualitas

Sebelum mempromosikan blog kita tentunya hal yang paling utama yang harus di perhatikan adalah konten. Konten berperan penting dalam kemajuan sebuah blog atau website.

Bila ingin blog Anda banyak di kunjungi orang pastikan konten yang dibuat harus berkualitas, baik secara teknis maupun isi kontennya.

  • Berkualitas secara teknis. Secara teknis meliputi pembuatan judul, pembagian paragraf, subheading, pemilihan kata kunci, tautan dan cara optimasi gambar yang tepat.
  • Isi konten. Kualitas isi konten meliputi gaya bahasa, kelengkapan pembahasan, alur cerita yang disajikan dan apakah konten yang dibuat bisa menjawab pertanyaan pembaca.

2. Promosi Menggunakan Mesin pencari (Search Engine)

Cukup banyak para pemilik situs yang rela merogoh kocek untuk mempromosikan situs miliknya agar lebih populer, namun satu diantara banyak strategi promosi paling murah dan gratis adalah promosi melalu mesin pencari, berikut beberapa hint atau trick dan trick yang bisa anda lakukan untuk mempromosikan konten blog anda di mesin pencari:

  • Daftarkan blog anda di mesin pencari popular

Kenapa blog harus didaftarkan ke mesin pencari, tentusaja berfungsi agar blog lebih cepat dikenali oleh mesin pencari, jika sudah dikenal maka konten artikel blog anda akan memiliki peluang lebih cepat ditemukan di hasil pencarian mesin pencari, sehingga bisa mendongkrak trafik, ini merupakan salah satu jenis promosi konten blog paling efektif dan gratis.

Tahap awal untuk mempromosikan blog di mesin pencari adalah mendaftarkan blog di mesin pencari populer seperti yahoo, bing dan google.

Baca Juga : Cara Verifikasi Blog WordPress di Search Console

  • Libatkan SEO pada artikel blog anda

Agar usaha anda optimal anda harus melibatkan SEO didalam artikel yang anda buat, baik itu maupun seo offpage, sehingga blog anda akan mudah sekali ditemukan dihasil pencarian google di posisi terbaik.

Baca Juga : Cara Mengembangkan Blog SEO Friendly

3. Gunakan Kata-Kata yang Persuasif

Sebentar, sebelum kita benar-benar terjun ke facebook, ada hal yang harus anda ketahui serta dipelajari terlebih dahulu, yaitu bagaimana cara memilih kata-kata yang tepat ketika berpromosi blog, agar setiap promosi yang kita lancarkan tidak sia-sia.

Dengan menggunakan kata-kata atau kalimat yang persuasif, apa maksudnya?

Kata-kata persuasif merupakan bentuk kalimat yang secara tidak langsung mengajak seseorang untuk mengikuti apa yang ditulis dalam tulisan tersebut.

Ingat, kita mengajak tetapi secara tidak langsung, artinya anda tidak memaksa seseorang ketika berpromosi, biarlah mereka (para calon pengunjung blog) mendapatkan kebebasan.

Contoh kata-kata yang persuasif adalah :

“Ingin tahu seputar dunia game? blog kami menyedia banyak artikel yang dapat menambah pengetahuan anda”.

Lihat, apakah kalimat tersebut terlihat memaksa?

Tidak, mereka bebas memilih apakah ingin tahu mengenai seputar game atau tidak, tetapi efek yang didampakkan adalah ketika situasi para calon pembaca itu penasaran karena memang ingin tahu, maka tanpa lama mereka akan coba mengecek blog anda. Dan terakhir, pastikan apa yang anda sajikan sesuai dengan apa yang anda tawarkan.

4. Promosi di media sosial

Cara mempromosikan blog selanjutnya yakni menggunakan media sosial. Media sosial adalah salah satu kunci strategi efektif untuk saat ini guna menjaring visitor ke blog anda, namun ternyata banyak yang masih salah menerapkannya, karena tidak sedikit yang melakukan promosi dengan cara-cara yang bisa diaggap spam.

Misal dalam waktu yang singkat anda mempomosikan blog anda secara manual ke berbagai sosial media tanpa melihat minat pembaca, bahkan asal share saja, boleh saja jika memang tidak berdampak buruk namun tindakan seperti itu akan membuat anda dan juga reputasi blog anda buruk dimata calon pembaca, sehingga bisa membuat mereka enggan untuk mengunjungi blog anda.

Apapun media sosial yang anda gunakan untuk share sebaiknya tetap harus menjaga etika dan jangan sampai anda dianggap sebagai spammer, beberapa point  penting ketika share dimedia sosial:

  • Perhatikan minat pembaca.
  • Tahap awal lakukan promosi secara halus dan pelan-pelan.

Baca Juga : Cara Mengukur Indikator Kepuasan Pelanggan

5. Tag Teman-Teman Anda

Terkadang jika kita share artikel begitu saja, hanya sedikit orang yang menyadari adanya promosi tersebut, sehingga promosi tersebut tidak sampai ke banyak orang bahkan kepada teman-teman facebook yang sering aktif.

Bagaimana cara mengatasinya?

Yaitu dengan meng-tag teman-temanmu. Ketika share jangan lupa untuk menambahkan teman, ini merupakan salah satu fitur facebook yang patut kita manfaatkan.

Sehingga akan banyak teman yang mendapat notifikasi, mereka lalu akan penasaran dan melihat hal apa yang ditag olehmu.

Selain itu dengan meng-tag, besar kemungkinan share artikel blog anda akan muncul di kronologi teman anda, dengan begitu akan memperbesar lapak promosi blog di facebook.

Tentu saja untuk melakukan ini anda jangan terlalu sering, terlebih jika mereka sebenarnya tidak suka, maka oleh sebab itu jangan lupa untuk selalu ramah kepada teman facebook anda.

Selain itu anda juga bisa membagikan di Group Facebook yang Bersangkutan

Cara ini terbukti sangat ampuh untuk mempromosikan blog anda, karena dengan membagikan di grup, calon pengunjung akan lebih banyak, bukan hanya teman anda saja.

Pastikan anda berpromosi blog di group-group yang bersangkutan dengan topik artikel anda, misalnya jika anda akan membagikan artikel tentang tips dan trik bermain gitar, maka grup yang patut anda coba adalah.

  • Grup Belajar Gitar
  • Group Musik
  • Grup Pribadi Seperti Grup Kelas di Sekolah
  • Grup Blogger atau Komunitas Penulis Blog

Dan masih banyak lainnya, itu hanya contoh umum saja, karena ketika kita akan search grup tersebut, terdapat banyak jumlahnya, silahkan kalian masuk ke semua grup itu.

Dan anda harus tahu bahwa ada beberapa hal sebelum anda melakukan promosi, diantaranya :

Aktiflah dalam grup, bukan hanya ketika promosi artikel, tetapi jika ada seseorang yang bertanya sesuatu, sehingga ini akan menaikan popularitas anda di grup tersebut, baru anda promosi blog dengan kata-kata yang sopan dan ramah.

Ada beberapa group yang memiliki peraturan ketat, seperti jika kita spamming mereka akan mengkick (mengeluarkan) kita dari grup tersebut, maka oleh sebab itu, jangan promosi artikel secara blak-blakan, melainkan secara halus dan tidak terkesan promosi.

6. Promosikan konten blog anda dalam bentuk berbeda

Konten tidak harus kita sajikan hanya dalam bentuk tulisan panjang yang hanya kita sajikan di blog, namun kita bisa merubah konten tersebut dalam berbagai format agar lebih mudah untuk dipromosikan dengan cara di-share diberbagai tempat, anda bisa menyajikan konten anda dalam bentuk portable seperti PDF, atau dalam bentuk video, atau dalam bentuk infografis.

Dengan menyajikan konten dalam bentuk yang berbedaa, akan mempermudah anda untuk membagikan koten tersebut di berbagai tempat.

Jika konten anda dalam bentuk video, anda bisa membagika atau mempromosikannya melalui situs-situs berbagi video gratis seperti  youtube, dlive dan yag lainnya dan ingat sebisa mungkin anda bisa mencantumkan link menuju artikel blog anda untuk video tersebut.

Apabila konten anda sajikan dalam bentuk (e-book) atau dalam bentuk dokumen potable seperti PDF, atau Document MS Word, anda bisa share disitus scribd  Jangan lupa untuk meletakan link menuju artikel pada blog anda.

Jika anda menyajikannya dalam bentuk infografis anda bisa promosikan di situs visual.ly

 Anda juga bisa share dalam bentuk artikel di beberapa forum online yang anda temukan yang sudah memiliki banyak anggota dan sudah populer.

Konten yang kita sajikan di situs-situs populer yang sudah memiliki reputasi yang baik di mata mesin pencari akan mudah sekali diindex dan ditemukan di hasil pencarian, sehingga trafik pengunjung blog anda akan anda dapatkan selain dari member di situs-situs tersebut juga dari mesin pencari sehingga blog anda tidak sepi pengunjung.

7. Blog Walking

Blog walking merupakan teknik klasik paling mudah yang bisa anda gunakan untuk mempromosikan dan mempopulerkan konten blog anda guna meningkatkan trafic, dan memang benar aktivitas ini bisa berpotensi untuk mendongkrak trafik atau dapat meningkatkan visitor ke blog andaa, namun anda harus tau tekniknya.

Caranya, silahkan lakukan blog walking dengan benar, cari blog-blog populer yang memiliki topik yang sama dengan artikel yang anda bahas dan sudah memiliki banyak pembaca setia, kemudian berkomentarlah secara cerdas dengan komentar relevan dan informatif pada blog yang anda kunjungi, komentar cerdas akan membuat pengunjung lain mengunjungi blog anda bahkan si pemilik blog yang bersangkutan, meskipun tanpa anda minta.

8. Melibatkan pembaca blog anda untuk mempromosikan

cara mempromsikan konten blog anda berikutnya adalah dengan cara melibatkan pembaca blog anda untuk ikut mempromosikan, cara ini akan membuat konten anda cepat dikenal, ini merupakan peluang yang paling baik yang bisa anda gunakan, lantas bagaimana caranya agar pembaca blog anda rela melakukan share terhadap konten yang anda buat?

Sajikan tombol share untuk berbagai media sosial seperti facebook twitter dan yang lainnya pada artikel blog anda, adanya tombol share akan mempermudah mereka mendistribusikan artikel blog anda.

9. Sajikan Artikel panjang

Penelitian yang dilakukan oleh buzzsumo menggunakan 1 juta lebih artikel, bahwa artikel dengan jumlah kata lebih dari  2000 kata, memiliki peluang dishare lebih banyak.

Penutup

Promosi konten adalah bagian dari aktivitas blogging yang tidak bisa dipisahkan, semakin baik promosi yang anda lakukan maka dampaknya akan baik untuk bloog anda, meningkatnya jumlah visitor ke blog sehingga akan lebih mudah mempopulerkan blog  atau website anda dan blog anda akan dikenal.

Sebenarnya banyak sekali teknik promosi yang bisa anda temukan dan  lakukan, baik promosi secara online maupun offline, baik berbayar maupun gratis, namun apapun cara promosi yang anda pilih langkah awal yang harus anda prioritaskan adalah konten yang berkualitas.

Demikianlah penjelasan mengenai tata cara yang bisa Anda lakukan dalam mempromosikan blog Anda, caranya menggunakan media facebook. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Baca Juga : 4 Cara Mengetahui Pencuri Konten Artikel Blog

Also Read

29 thoughts on “9+ Cara Mempromosikan Blog Paling Hemat Waktu dan Efektif”

  1. Bung mau tanya, untuk membuat blog yang memiliki alamat website sesuai dengan apa yang kita mau itu apa harus pakai hosting atau tidak? kalau pakai hosting apakah ada saran buat hosting yang gratis? maklum mahasiswa hehehe

    Reply
  2. Cara-cara diatas membuat blog saya semakin ramai yang baca,rekomendasi banget buat kalian yang memiliki blog wajib coba cara-cara diatas.Cara penyusunan nya juga sudah sangat baik,sukses terus bang

    Reply
    • Setuju banget sih sama poin pertama. Sebelum mikir tentang cara promosi alangkah lebih baik kita bikin konten yang berkualitas dulu. Karena semakin berkualitas kontennya, semakin bikin orang betah buat membacanya.

      Reply
  3. Inilah cara yang saya cari untuk membuat blog untuk promosi kan website agar dapat banyak pengunjung, disinilah nanti akan mudah dalam menjalankan bisnis/jualan.

    Reply
  4. memang tidak mudah untuk mempromosikan sebuah konten agar setiap konten kita bisa menarik untuk dilihat banyak orang. dengan berbagai cara yang telah dipaparkan akhirnya bisa saya pahami atau sedikit mengerti bagaimana caranya agar konten atau blog kita bisa dikenal mulai dari yang berbayar mau pun yang gratisan. bisa dicoba diantaranya tag teman, blog walking, promosi di medsos, dan lain lain sehingga diharapkan banyak yang visit ke blog kita nantinya.

    Reply
  5. Pada intinya adalah cara-cara di atas tadi bagaimana blog kita dapat terkenal dan banyak di kunjungi orang,yang tentunya pasti akan menghasilkan keuntungan untuk kita.Blog harus di sajikan sedemikian rupa agar menarik banyak orang.

    Reply
  6. Salam kenal, saya dari ungaran hadir, wow mantab. Memang ada banyak cara untuk mempromosikan produk, salah satunya adalah dengan membuat blog, disitu kita dapat memberikan gambaran produk-produk kita dengan berbagai ulasan yang tentunya dengan bahasa yang jelas dan mudah di pahami agar calon pembeli bisa memahami apa yang kita promosikan…

    Reply
  7. dibandingkan dulu sekitar tahun 2015 kebawah peminat blog, baik penulis maupun pembaca makin kurang. Minat baca menurun, kemampuan mengartikan kalimat rendah. semoga dengan adanya artikel ini bisa membuat para blogger semakin kreatif dan menarik untuk melakukan promosi. membuat artikel-artikel yang menarik sehingga dapat meningkatkan minat membaca dan menulis di blog.

    Reply
  8. Baik sekali saya akan mencoba menerapkannya untuk blog saya agar bisa menjaring banyak pengunjung

    Reply
  9. Saat ini promosi di media sosial memang adalah promosi yang paling murah dan sangat menguntungkan, apabila kita bisa memanfaatkan media sosial dengan bijak / taat pada kebijakan media sosial itu sendiri dan dengan cara-cara yang tepat seperti yang dikatakan penulis pastinya blog atau website kita akan cepat dikenal secara luas.

    Reply
  10. Aku udah pernah bikin blog. Masih awal belajar tapi lama kelamaan Jenuh menunggu perkembangannya. Dan baru sadar bahwa cara aku terlalu monoton. Cara penyajian, promosi, dan kualitas konten yang aku paparkan kurang menarik. Oke aku akan coba lagi. Semangat.

    Reply
  11. wah ada banyak juga ya cara mempromosikan blognya
    akan tetapi sebelum mempromosikan blog sebaiknya membuat membuat blog yang terbaik terlebih dahulu untuk dipromosikan. hal itu jika dirasa menarik oleh pembaca justru akan dilirik blog yang lainnya

    Reply
  12. Pemaparan di atas adalah cara-cara positif yang diterapkan untuk membuat blog kita dikenal orang ramai, namun banyak juga yang menggunakan cara-cara “nakal”, seperti membuat judul bombastis yang bahkan tidak sesuai dengan kejadian aslinya, membuat judul yang memancing perseteruan, membuat judul yang memancing orang untuk membully kita sendiri dll. Sudah banyak contoh di youtube, koran dll. Dari semua itu, cara apa yang akan kita pilih, kembali kepada kita selaku pemilik blog. Salam sehat dan sukses selalu.

    Reply
  13. Dulu aku punya blog dan sepi sekali yang mengunjungi. Setelah itu blog ku tinggalkan, setelah membaca ini insha Allah saya akan menulis blog lagi, mengembangkan seperti cara di atas dan mempromosikan

    Reply
  14. wah, terima kasih nih sabuah terobosan untuk mempromosikan blog dengan biaya minimalis melalui artikel ini. Saya khususnya jadi lebih merasa yakin blog saya dapat dikenal luas setelah membaca artikel ini . sekali lagi Tank’s atas artikelnya.

    Reply
  15. Pada intinya adalah cara-cara di atas yang sudah di jabarkan tadi bagaimana kunjungi berbagai macam kalangan ,yang tentunya pasti akan menghasilkan keuntungan bagi kita.Blog harus di sajikan sedemikian rupa agar menarik minat orang banyak.

    Reply
  16. Pengetahuan yang baru jadi nya dengan cara mempromosikan blog jd ga bingung mempromosikan nya akhir nya jadi tertarik membuat blog. bisa di tuang kan sebuah ide ide di rasa menarik oleh pembaca justru akan di lirik

    Reply
  17. Saya belum pernah membuat blog atau Website, saya hanya pembaca blog orang jika saya mencari sebuah informasi, setelah membaca tulisan diatas saya jadi tau cara mempromosikan blog, tapi saya lebih tertarik sama nomor 1,2 dan 4,,, bukan berarti 6 sisanya tidak efektif,,,

    Reply
  18. banyak cara memperkenalkan Blog kita bisa dari iklan di web atau di sosial media buat lah blog kita bisa bermanfaat untuk orang lain contoh blog tentang software dan sekematic HP contohnya jaman sekarang banyak di cari para teknisi pemula dan masih banyak lagi dengan bahasa tulisan yang dapat di mengerti dan di pahami jika perlu ada visualnya menambah daya tarik juga kan

    Reply
  19. Benar sekali,jika kamu memiliki situs yang tak kunjung ramai merupakan keliru satu indikasi tehnik promosinya belum anda terapkan.beberapa kecenderungan pemilik situs asal-asalan didalam membangun situs sehingga benar-benar lumrah sekali jikalau tidak ada pengunjung yang datang.

    Reply
  20. Mempromosikan Blog merupakan suatu keharusan bagi para blogger, khususnya blog yang masih baru, agar blog atau situs tersebut semakin dikenal banyak orang dan akhirnya dikunjungi. Dengan adanya ini sangat berguna bagi para pembuat Blogger.

    Reply
    • Setelah saya melihat apa itu blog.
      Dan sangat menarik untuk belajar menambah wawasan di dunia digital.
      Terima kasih pada yang membuat artikel dan sangat membantu.

      Reply
  21. Pengen buat bang tapi gak bisa nulis artikel, klo blognya cuma buat cerpen atau puisi gitu laku gak ya bang?

    Reply
  22. Cara yang paling mudah untuk mempromosikan blog kita sepertinya dengan cara promosi di mesin pencari/search engine, tapi sayangnya perlu budget yang tidak sedikit dan harus konsisten mempromosikannya

    Reply
  23. Mas Joko saya punya pertanyaan satu saja di bagian akhir atau “Sajikan Artikel panjang” itu saya aga kesulitan mas karena bila kita menulis terlalu panjang ditakutkan kata kata dalam blog banyak yang di ulang dan pembaca jadi bosen, bagaimana cara menghindari itu?

    Reply
  24. Kunci utama apabila blog kita ingin banyak di kunjungi dan di baca banyak orang adalah blog tersebut harus berisi konten yang berkualitas dan bermanfaat,setelah itu kita bisa mengambil beberapa cara di atas dan harus konsisten dalam melakukannya,yakin pasti akan berhasil.

    Reply
  25. Pemilihan artikel yang akan dibahas adalah kunci utamanya. Bagaimana sebuah artikel dibuat semenarik mungkin sehingga menimbulkan minat baca bagi yang melihatnya. Hal ini tentu harus diperhatikan susunan kalimatnya supaya bisa mengalir jelas dan mudah di fahami pembacanya.
    Buatlah konten atau artikel yang bermanfaat

    Reply
  26. menarik untuk belajar menambah wawasan di dunia digital.
    Terima kasih pada yang membuat artikel Mempromosikan Blog merupakan suatu keharusan bagi para blogger, khususnya blog yang masih baru, agar blog atau situs tersebut semakin dikenal banyak orang dan akhirnya dikunjungi

    Reply
  27. Melihat komen2 diatas seperti nya semua mengerti apa itu blog sy sdg belajar buat blog dan sy byk dpt ilmu dsini.semoga banyak LG ilmu yg sy dpt agar bs buat blog sdri dan bs menghasilkan uang dr sini

    Reply

Leave a Comment