10+ Langkah dan Cara Memulai Bisnis Online dari Nol Untuk Pemula

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol – Saat ini, siapa saja bisa memulai bisnis. Namun tidak semua orang mampu bertahan lama.

Memulai memang jauh lebih mudah dibandingkan bertahan, apalagi ketika dihadapkan dengan berbagai macam persoalan.

Untuk memulai bisnis dibutuhkan sebuah tekad yang kuat. Meskipun waktu ini memulai bisnis jauh lebih mudah dibanding jaman dulu, nyatanya menjalankan bisnis setelah menemukan suatu peluang usaha tidak semudah itu.

Di awal-awal akan banyak rintangan yang dihadapi.

Oleh karena itu, banyak yang lebih memilih menjadi karyawan karena memiliki penghasilan tetap dibandingkan harus membuka bisnis dengan penghasilan awal tak menentu.

Ketika memilih menjadi pelaku bisnis, itu artinya Anda sudah siap dengan segala risiko yang akan diterima, termasuk kerugian dan kegagalan. (Baca : Faktor Usaha Kecil Mengalami Kegagalan)

Namun, di situlah letak kenikmatan berbisnis. Dengan usaha yang gigih dan mental yang kuat, pelaku bisnis akan menerima jerih payahnya dengan tersenyum.

Meski berbeda dibanding membuat biisnis di dunia nyata, faktanya memulai biisnis online dari nol juga tidak mudah.

Salah persiapan dalam membangun bisnis online akan membuat bisnis Anda berhenti di tengan jalan.

Untuk itu, artikel ini akan membahas langkah dan cara yang bisa Anda lakukan dalam membangun bisnis online Anda dari 0.

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Simak penjelasan berikut ini!

1. Mulailah dari diri anda

Langkah awal yang harus anda lakukan adalah mengetahui dan memahami secara mendalam tentang diri anda.

Anda harus tahu siapa diri anda. Latar belakang anda, pendidikan, kesukaan serta pekerjaan anda saat ini.

Karena ini semua akan sangat besar pengaruhnya pada model bisnis yang akan anda garap nantinya.

Misalnya anda adalah seorang Guru Matematika dengan nilai terbaik saat di Kampus. Saat ini anda terdaftar sebagai Guru di salah satu Sekolah.

Berangkat kerja pukul 7 pagi dan pulang pukul 16 sore.

Dari hari senin hingga Sabtu. Nah, dari data diatas. Kita bisa mendapatkan beberapa hal.

Anda memiliki kelebihan di bidang Matematika, suka mengajar (skill anda mengajar matematika),  dan memiliki waktu luang yan terbatas. Karena anda bekerja dari pagi hingga sore hari.

Selanjutnya, anda bisa mencari ide bisnis online yang bisa  digarap dengan kondisi anda diatas.

Mulailah googling, mencari solusi dari masalah orang lain untuk kemudian anda olah menjadi peluang bisnis yang digarap secara online. Dari waktu yang anda miliki, sulit bagi anda untuk berjualan produk fisik.

Karena saat berjualan produk fisik ada beberapa step yang harus anda jalankan. Misalnya : melayani konsumen, packing dan kirim barang via kurir.

Sementara waktu anda berada di Sekolahan hampir seharian. Ini artinya, untuk sementara anda skip dulu keinginan untuk berjualan produk fisik.

Bukan tidak bisa anda garap, tetapi tidak sesuai dengan waktu yang anda miliki saat ini. Untuk saat ini, tunda dulu.

Penulis menyarankan agar anda berjualan produk digital. Karena tidak perlu packing barang bahkan kirim barang via kurir.

Kelebihan lainnya, produk digital produksi sekali dan bisa dijual berkali-kali.  Karena anda punya kelebihan di matematika.

Dan suka mengajar juga, maka sangat cocok bagi anda untuk menjual panduan belajar matematika.

Panduan ini bisa anda buat berupa ebook pdf, audio maupun video.

Kemudian nanti bisa anda distribusikan saat ada yang membelinya. Proses distribusi produk digital ini relatif mudah. Bisa via email. Bisa juga melalui membership.

Nanti anda akan kami tunjukan daftar skill apa saja yang anda butuhkan untuk menggarap bidang ini.

2. Temukan Ide yang Sedang Trending

Percaya atau tidak, kebanyakan pebisnis online yang sukses meraup keuntungan hingga ratusan juta perbulan awalnya memulai bisnis dari ide sederhana yang sedang berkembang di jagat dunia maya.

Misalnya seperti jasa penulisan caption untuk sosial media, dimana gagasan awalnya bermula dari trend instagram sebagai sarana sosialisasi dan aktualisasi diri.

Jika Anda ingin menjadi seorang pebisnis online handal, maka salah satu kiatnya Anda harus bisa membaca peluang sekecil mungkin dari fenomena yang sedang dibicarakan banyak orang.

Ketahui selera pasar dan produk-produk yang sedang dicari banyak orang, kemudian setelah ketemu baru dilakukan analisis berdasarkan kiat nomor dua, yakni memahami karakteristik produk yang akan ditawarkan.

3. Pahami Karakteristik Produk

Sebagai seorang penjual, wajib hukumnya bagi Anda untuk mengetahui karakteristik produk yang ingin di pasarkan.

Pelajari keunggulan produk dari A-Z dengan teliti dan seksama agar berpotensi meningkatkan daya tarik calon pengguna.

Selain itu, siapkan juga pengetahuan terkait selera konsumen yang sedang trend karena hal ini sedikit banyak bakal membantu mempengaruhi performa penjualan produk Anda.

Cara memahami karakteristik produk sendiri ada beberapa metode, seperti membaca brosur, googling, atau Anda bisa mencobanya terlebih dahulu untuk mengetahui khasiat dan berbagai manfaat yang akan didapatkan.

4. Identifikasi Persaingan dengan Kompetitor

Kiat penting terkait cara memulai bisnis online dari nol berikutnya adalah mengidentifikasi persaingan dengan kompetitor.

Caranya bisa menggunakan metode analisa SWOT dengan membandingkan poin-poin kelebihan, kekurangan, peluang, serta ancaman.

Kesalahan yang paling umum dilakukan oleh pebisnis online pemula yaitu terlalu percaya diri dan ingin hasil instan, padahal mereka belum mempelajari kompetitor yang butuh waktu lama agar bisnisnya bisa stabil dan tetap bertahan.

Dari poin identifikasi kompetitor, Anda kemudian bisa menarik kesimpulan secara tangible apakah mereka menawarkan produk dengan ramah, cepat tanggap ketika ada pertanyaan, atau memberikan bonus pelayanan tertentu untuk menjaga konsumen menjadi loyal.

Setelah itu, tirulah strategi tersebut dengan sedikit modifikasi agar bisnis online yang Anda kembangkan bisa leibih menonjol dimata konsumen.

5. Bangun Branding Agar Lebih Terpercaya

Bagi para pemula membangun branding bisnis online memang bukan perkara mudah karena pada dasarnya Anda belum memiliki pelanggan loyal maupun budget yang signifikan.

Namun, jika Anda tidak keberatan untuk berinvestasi dalam membangun branding, cara terbaik sekaligus mudah dilakukan yaitu dengan membangun website menggunakan domain sama seperti brand bisnis online.

Biaya pembuatan website sendiri sangat beragam tergantung tingkat kerumitan desain serta paket hosting yang digunakan.

Sebagai salah satu provider web hosting terbesar di Indonesia yang sudah dipercaya oleh belasan ribu pelanggan, kami menawarkan paket hosting murah mulai dari Rp14,500 perbulan jika Anda memutuskan untuk membangun website profesional.

Ingat, mayoritas pelanggan bisnis online akan lebih percaya ketika melihat konsep branding yang lebih kredibel dibandingkan nama brand yang dibangun secara asal-asalan.

6. Jaga Kualitas Produk dan Ambil Keuntungan Sewajarnya

Tak diragukan lagi, kualitas produk menjadi nilai jual utama yang bakal menarik minat banyak pelanggan.

Dengan demikian, bisnis online yang Anda geluti pun akan terus berkembang seiring waktu berjalan.

Maka dari itu, maksimalkan waktu Anda untuk melakukan riset dan perbandingan produk dari tiap-tiap supliyer.

Selain itu, jangan mengambil margin keuntungan terlalu tinggi ketika baru terjun ke dunia bisnis online.

Sebagai pemain baru, Anda tentu harus mengutamakan penambahan pelanggan di atas margin keuntungan yang terlalu signifikan agar bisa bersaing dengan kompetitor.

7. Jangan Takut Berinvestasi Lewat Iklan Berbayar

Di era perkembangan teknologi yang semakin canggih seperti sekarang ini peran media sosial menjadi semakin relevan dengan aktivitas bisnis online.

Pasalnya, kita bisa melakukan promosi baik secara gratis maupun berbayar sesuai target dan segmentasi yang sebelumnya sudah kita tentukan.

Apalagi saat ini media sosial seperti Instagram dan Facebook juga sudah bisa di setting untuk mempromosikan iklan kepada calon konsumen potensial agar produk kita menjadi semakin dikenal.

Pertanyaannya adalah apakah Anda siap untuk berinvestasi sejak awal?

Baca Juga : Jenis Investasi Anak Muda

8. Tentukan Pendapatan Minimal Sebagai Target Pencapaian

Setelah memiliki branding dalam bentuk website dan mulai melakukan pomosi di media sosial tips bisnis online selanjutnya yang perlu Anda terapkan adalah menentukan target penjualan.

Ya, meski baru memulai Anda sudah harus menetapkan ancang-ancang penghasilan meski angkanya masih minimal.

Hal tersebut selain mampu menjaga fokus untuk terus merasa tertantang juga bisa menghidupkan suasana bisnis menjadi lebih hidup dan menyenangkan.

9. Terus Belajar

Dalam berbisnis, Anda akan berhadapan dengan kegagalan.

Jangan menyerah, tapi belajarlah dari kegagalan itu.

Dengan begitu, Anda akan tahu di mana letak kesalahan sebelumnya dan tidak akan terjadi kesalahan yang sama.

Ketika dirasa bisnis online Anda sudah berkembang, usahakan untuk tidak cepat berpuas diri, karena puas adalah biang kehancuran.

Anda bisa menjadikan Yahoo atau Nokia sebagai contoh.

Mereka terlalu cepat merasa puas ketika berada di atas sehingga lupa berinovasi. Saat ini, dua perusahaan itu nyaris terlupakan.

10. Perbanyak Berdoa

Ibarat kata, di dunia ini tidak ada usaha yang bakal berbuah maksimal tanpa disertai dengan doa didalamnya.

Jadi, selain sudah menerapkan kiat-kiat cara memulai bisnis online dari nol untuk pemula tidak ada salahnya jika Anda juga memperbanyak porsi berdoa, meminta agar diberi kelancaran dalam setiap usaha.

Tips & Motivasi

Bisnis online bukanlah bisnis cepat kaya. Tetap ada proses dan usaha keras yang harus anda lakukan.

Ada timeline yang harus anda lewati untuk mendapatkan kesuksesan anda dalam bisnis online.

Oleh karenanya, bersabarlah dalam melewati setiap step dari proses anda. Fokus dan konsisten menjalaninya.

Kami yakin anda akan mendapatkan apa yang anda harapkan dari internet.

Banyak pemula yang gagal dalam memulai bisnis online karena mereka tidak sabar dalam menjalani timeline mereka. Mereka tidak focus dan konsisten menjalaninya.

Timeline masing-masing orang itu berbeda-beda. Ada yang 1 bulan sudah langsung berhasil.

Ada yang 3 bulan. Ada yang 6 bulan. Bahkan ada yang 2 tahun masih belum berhasil. Itu adalah sesuatu yang lazim.

Sebagaimana seorang manusia yang punya nasib yang berbeda. Sekali lagi, yang perlu anda lakukan hanya sabar, focus dan konsisten melakukannya.

Demikianlah penjelasan mengenai langkah-langkah yang bisa Anda lakukan dalam memulai bisnis online Anda dari 0.

Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi bagi pembaca sekalian.

Teruslah belajar, mencoba dan berproses dalam membangun bisnis Anda, sehingga Anda bisa mendapatkan kesuksesan yang didamba.

Jangan takut akan kegalalan dan teruslah mencoba dan memperbaiki juga belajar dari kesalahan yang ada.

Baca Juga : Bisnis Ibu Rumah Tangga

Leave a Comment