2 Cara Menambahkan Ikon Sosial Media Di WordPress

Cara Menambahkan Ikon Sosial Media Di WordPress – Mengelola wordpress memang gampang-gampang susah. Banyak hal yang harus dipelajari bila kita ingin mengembangkan website berbasis wordpress yang kita kelola.

Salah satu hal yang tidak boleh terlupa saat mengelola wordpress adalah, menambahkan ikon social media di WordPress agar para pembaca setia konten yang ada di website kita menjadi lebih mudah terbantu ketika ingin menyebarkan link url yang ingin mereka bagikan.

Namun, sebenarnya bagaimana sih cara untuk menambahkan ikon social media di WordPress?

Cara Menambahkan Ikon Sosial Media Di WordPress

Ingin tau caranya?

Simak terus artikel ini yuk!

Ada 2 opsi yang bisa kamu pelajari loh!

Selamat menyimak ya!

1. Install Plugin Sosial Media Di WordPress

Salah satu cara untuk memasang ikon social media di WordPress yang kita kelola adalah dengan menginstall plugin media social di wordpress yang kita kelola.

Cara ini banyak dipilih karena mudah untuk dipraktikan, dan prosesnya relative singkat.

Di WordPress sendiri, terdapat beberapa plugin yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya adalah plugin media social yang bernama Blog2Social.

Diantara sekian banyak plugin, Blog2Social cukup sering digunakan oleh pengelola WordPress. Sebab, plugin ini memungkinkan wordpress untuk terhubung ke Instagram, dan setiap kali Anda memposting sesuatu, konten akan secara otomatis terposting ke dua platform tersebut. Keren kan?

Ingin memasang plugin ini?

Langsung saja pergi menuju bagian Plugins di WordPress yang kamu kelola!

Cari Blog2Social di kolom pencarian, dan tekan button Install Now untuk memasang plugin ini ke situs WordPress yang kamu kelola.

Setelah terpasang, lakukanlah beberapa konfigurasi tambahan untuk membuat social media tersebut benar-benar terkoneksi dengan WordPressmu.

Biasanya hanya berupa informasi login, dan juga tampilan postingan di social media kok! Cukup mudah untuk digunakan, dan cukup asih untuk dioperasikan!

Namun patut diingat, untuk dapat menikmati fitur ini secara full, kamu harus menginstall versi premium dari plugin ini. Jadi, jangan kaget ya bila ada beberapa hal yang membatasimu di versi non premium ini!

2. Penggunakan Platform Pihak Ketiga

Untuk menambahkan ikon social media di WordPress, sebenarnya terdapat banyak platform pihak ketiga yang bisa kamu manfaatkan. Salah satunya, IFTTT yang menyediakan versi layanan tidak berbayar.

Langkah pertama memanfaatkan platform ini adalah dengan mengunjungi situs resmi IFTTT dan buat akun yang tidak memerlukan biaya pendaftaran. Setelah itu, klik lah tab My Applets yang ada diatas dashboard. Dan di halaman yang baru terbuka, kamu dapat melihat opsi New Applet.

Setelah itu, kamu harus memilih layanan yang kamu inginkan, dan kamu harus memilih WordPress agar dapat menambahkan ikon social media di WordPressmu.

Kemudian tekan button connect.

Setelah koneksi IFTTT ke WordPress yang kamu miliki tercipta, kini kamu harus memilih trigger agar aplikasi dapat dijalankan.

Awalnya memang hanya disediakan beberapa platform saja. Namun kamu dapat melihat lusinan opsi yang tersembunyi dengan sedikit ketelitian.

Iya, cukup dengan menekan opsi Suggest a new trigger yang ada di bawah layar. Namun untuk saat ini, mungkin kamu harus mencoba memilih Any new post.

Trigger yang Anda pilih tadi akan dijelaskan di kolom deskripsi singkat. Seperti newpost yang akan otomatis menjalankan platform ini setiap kali kamu memposting sesuatu yang baru di WordPressmu.

Hal ini akan divisualisasikan dengan menampilkan tampilan seperti If dari Applet dan dilanjutkan degnan + that yang sebenarnya dapat kamu klik untuk mengintegerasikan WordPress dengan platform social media yang kamu inginkan.

Setelah menekan link yang ada di + that tadi, sekali lagi kamu harus memilih layanan yang ingin kamu gunakan. Kali ini, ketikan Facebook dan tunggu tampilan jendela selanjutnya.

Kini kamu harus memilih action yang sesuai dengan kebutuhanmu. Biasanya, postingan akan secara otomatis menyertakan url WordPress yang kamu posting kedalam postingan. Lakukan semua konfigurasi tambahan hingga usai, dan pastikan tidak ada yang terlewat.

Setelah semua selesai, klik Create Action dan IFTTT akan menampilkan tampilan akhir applet dan akan diaktivasi secara default.

Ingin mematikan applet?

Buka saja tab My Applets. Disitu terdapat opsi untuk mematikan applet yang kamu miliki.

Simple kan?

Oke, itulah tadi artikel singkat kami tentang 2 cara menambahkan ikon social media di WordPress.

Semoga setelah kamu menyimak artikel dari kami tadi kamu menjadi lebih terbantu lagi ya! Ingin membantu teman-teman yang mungkin masih kebingungan untuk menambahkan ikon social media di WordPress?

Share artikel ini ke mereka yuk!

Terimakasih, sampai jumpa lagi!

Leave a Comment