7 Cara Mendapatkan Pelanggan Setia Dalam Bisnis

Cara mendapatkan pelanggan setia dalam bisnis tidak sulit. Tetapi diperlukan kesabaran serta strategi yang matang. Nah, di bawah ini akan dijelaskan cara mendapatkan pelanggan yang tidak akan berpindah ke pedagang lain. Ini dia tipsnya:

1. Perlakukan Pelanggan dengan Baik

Cara yang pertama adalah perlakukan pelanggan dengan baik. Pastikan mereka puas dengan pelayanan yang Anda berikan. Karena ini satu-satunya cara terbaik agar pelanggan tidak berpindah ke penjual yang lain.

Pembeli adalah raja merupakan adagium yang harus dipegang oleh penjual. Karena dari sanalah muncul keinginan untuk memperlakukan pembeli dengan sebaik-baiknya layaknya seorang raja.

Atas dasar itu, jika ingin memiliki pelanggan setia, perlakukan mereka dengan baik. Karena pelangganlah syarat penting produk laris terjual atau sebaliknya.

2. Pahami Kebutuhan Pelanggan

Cara yang kedua adalah memahami kebutuhan pelanggan. Sehingga produk yang dijual memang diinginkan oleh pembeli.

Ini bisa dilakukan jika penjual melakukan survei sebelum menjajakan produk. Survey-nya bisa berupa wawancara terkait kebutuhan atau keinginan pembeli. Setelah mendapatkan beberapa data, maka silakan jual produk sesuai dengan data-data yang didapatkan.

Jika cara yang kedua ini diterapkan dengan baik, biasanya produk tidak akan ditolak oleh pembeli. Bahkan mereka akan menjadi pelanggan tetap karena segala kebutuhannya dipenuhi oleh Anda.

Jadi silakan pelajari kebutuhan pelanggan dengan sungguh-sungguh.

3. Kenali Karakter Pelanggan Tertarget

Sebelum memasarkan produk kenali terlebih dahulu pelanggan yang akan menggunakan produk tersebut. Ini untuk mencegah terjadinya miss komunikasi antara pebisnis dengan pembeli.

Penerapan cara yang kesekian kalinya ini bisa dilakukan dengan survey. Termasuk mewawancarai calon pembeli terkait dengan pandangannya pada produk, strategi promosi maupun cara distribusi barang. Dari sana akan ketahuan seperti apa karakter si pembeli.

Jika karakter pelanggan sudah diketahui, maka silakan buat produk, lakukan promosi produk, serta mulai distribusikan produk sesuai dengan karakter mereka. Biasanya, pelanggan lebih puas karena merasa benar-benar dilayani dengan baik oleh Anda.

4. Memberikan Reward (Hadiah)

Cara mengajak pelanggan agar setia yang tidak boleh dilupakan adalah memberikan reward atau hadiah. Bentuknya terserah Anda bisa berupa hadiah langsung atau memberikan harga khusus yang lebih murah.

Reward semacam ini membutuhkan biaya tambahan. Tetapi tetap harus dilakukan jika ingin pelanggannya tidak membeli produk dari pebisnis yang lain. Toh reward tidak diberikan setiap saat tetapi hanya pada waktu-waktu tertentu saja.

Jika ingin menjadi pebisnis yang baik, modal untuk reward harus dipersiapkan. Karena ini juga termasuk strategi promosi yang bisa mengajak pelanggan tetap setia.

Jika tidak dipersiapkan, dikhawatirkan mengganggu modal usaha apalagi jika modal kecil sedangkan bisnis belum berkembang dengan pesat.

5. Melakukan Inovasi Terus Menerus

Penjual atau pebisnis yang disukai pelanggan adalah penjual yang selalu menjual produk-produk baru. Maka dari itu, teruslah berinovasi dan kreatif untuk melahirkan barang/jasa jika ingin pelanggannya setia.

Inovasi produk bukan berarti membuat produk yang berbeda dengan jumlah banyak. Tetapi membuat satu produk tetapi variasinya ditingkatkan. Seperti variasi rasa, ukuran, fungsi, kemasan dan lain sebagainya.

Anda boleh membuat satu produk saja, tetapi beragam. Ini yang disebut kreatif atau berinovasi dalam bisnis. Tujuannya ialah agar pelanggan memiliki banyak pilihan.

Semakin pelanggan bingung untuk memilih produk, peluang produk laris juga cukup besar. Karena semangat mereka untuk membeli sudah tumbuh.

6. Lakukan Promosi dengan Intensif

Cara mendapatkan pelanggan setia yang selanjutnya adalah lakukan promosi dengan intensif. Jika perlu datangi mereka secara langsung supaya komunikasinya lebih nyaman.

Baca Juga : Pengertian Komunikasi Bisnis

Promosi atau pemasaran produk adalah hal yang sangat penting. Karena hanya dengan begitu, pelanggan terus ingat pada produk Anda bukan yang lain.

Dengan meningkatkan intensitas promosi produk, berarti Anda menutup celah bagi pebisnis lain yang ingin merebut pelanggan. Ini boleh dilakukan selama cara yang digunakan luhur, sehat serta tidak dipaksa.

Jika promosi produk tidak intensif, dikhawatirkan pelanggan berpindah ke penjual yang lain. Apalagi jika si pebisnis kompetitor memiliki strategi pemasaran yang bagus. Ini tentu kerugian yang besar apalagi jika si pembeli sudah masuk target pasar.

7. Minta Saran dan Kritik Membangun

Sebagai pebisnis atau penjual jangan malu untuk meminta saran dan kritik dari pembeli. Bahkan jika sarannya bagus jangan segan untuk menampung dan melaksanakannya.

Jika penjual meminta untuk dikritik apalagi kritik yang terkait dengan produk, berarti pelanggan dilibatkan. Ini yang membuat mereka senang dan betah bertransaksi bersama Anda. Maka dari itu, jika ingin pelanggan setia, silakan minta kritik dan sarannya.

Kadang ada pembeli yang menghujat produk. Tetapi penjual tidak boleh membalas dengan hujatan yang sama. Justru harus ditanyakan alasan pelanggan melontarkan hujatan.

Setelah didapatkan alasannya, silakan jadikan bahan evaluasi agar produk selanjutnya bisa diterima dengan baik.

Itulah beberapa cara mendapatkan pelanggan setia yang boleh dicoba. Jika cara ini dilakukan dengan baik, tentu pelanggan tidak akan berpindah ke pebisnis atau penjual yang lain.

Leave a Comment