Punya Blog ! Begini 8+ Cara Mendapatkan Uang dari Blog Pribadi

Tahukah Anda Cara Mendapatkan Uang dari Blog Pribadi? Jalan mencari penghasilan saat ini banyak sekali. Tidak hanya berputar hanya bekerja di kantor, menjadi abdi negara, bekerja di pemerintahan, swasta, atau negara.

Kini, sesuatu yang dulu tidak pernah terpikirkan pun dapat menjadi sebuah sumber penghasilan. Terlebih sejak adanya internet.

Banyak sekali pekerjaan yang bisa kita dapatkan dari internet. Mulai dari jual beli produk, hingga menawarkan jasa.

Selain itu, kamu juga dapat mendapatkan uang tanpa harus menjual barang atau jasa, yaitu dengan menulis.

Yap! Menulis dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus menguntungkan.

Kamu bisa mendapatkan uang dari internet dengan menulis di blog pribadi. Hasilnya pun tidak main – main banyaknya, bahkan tak terhingga.

Untuk sebuah blog yang sudah memiliki banyak visitor, pendapatan yang diraup bahkan hingga mencapai ratusan juta rupiah dalam sebulan. Sungguh fantastis, bukan?

Cara Membangun Blog : Tahap Awal Menghasilkan Uang Dari Blog

Jika tertarik dengan cara menghasilkan uang dari blog pribadi, artikel ini tepat buat kamu. Berikut adalah cara – cara untuk mendapatkan uang dari blog pribadi:

1. Buat Blog

Untuk dapat menghasilkan uang dari blog, yang harus kamu lakukan adalah membuat blog atau punya blog terlebih dahulu.

Kamu dapat membuat blog dari berbagai platform, seperti WordPress, Blogger, Magento, Joomla, Drupal, Wix, dan lainnya.

Pilihlah salah satu platform yang paling bagus. Berdasarkan statistik penggunaan, kamu dapat memilih WordPress sebagai platform blogmu. (Baca Juga : Kelebihan WordPress Self Hosting)

Mengapa harus WordPress?

Karena WordPress sangat mudah digunakan baik untuk pemula maupun yang sudah pro. Selain itu, platform ini juga gratis, dilengkapi dengan sistem keamanan, serta banyak tema yang bisa kamu gunakan secara gratis.

Setelah membuat blog, tentukan nama domain dan hosting untuk blog pribadimu. Domain layaknya alamat rumah online yang kamu miliki. Yang nantinya dapat dicari oleh para pengguna.

Untuk menentukan domain, gunakanlah nama yang mudah diingat. Lebih pendek lebih baik, supaya mudah untuk diketik dan diingat oleh para peselancar di internet. Selain itu, domain blog harus sesuai dengan konten yang kamu tulis di website.

Setelah blog dan domain jadi, langkah selanjutnya adalah mendesain blog.

Carilah tema atau template yang unik dan menarik. Syarat suatu template itu menarik adalah desainnya yang bagus, dimana desain bagus tidak harus full colour atau full decorator. Bahkan desain simple pun dapat menjadi menarik.

Selain desain yang menarik, desain tersebut juga harus nyaman digunakan untuk membaca karena tujuan utama blog adalah untuk dibaca, sehingga buatlah blog senyaman mungkin bagi pembaca.

Ditambah lagi, jangan terlalu banyak aksesoris supaya tidak berat ketika membuka blog.

2. Buat Konten yang Menarik

Setelah blog pribadimu jadi, langkah selanjutnya adalah membuat konten yang menarik. Konten yang menarik adalah konten yang bermanfaat bagi pembaca.

Tujuan pembuatan blog adalah supaya dibaca oleh orang lain.

Supaya blog kamu muncul dalam pencarian Google, buatlah konten yang bermanfaat seperti tutorial dan informasi – informasi yang sering dicari atau membuat konten yang sedang Viral. (Baca : Cara Membuat Konten Viral)

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat konten yang menarik. Salah satunya adalah mencari sebuah tema untuk dibahas.

Satu tema dapat dibahas dari berbagai sudut pandang, inilah letak keunikannya. Tulis dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Format bahasa yang digunakan tergantung blog kamu masing – masing. Baik menggunakan bahasa formal, informal, atau bahasa gaul, semua tergantung padamu.

Konten yang kreatif harus didukung dengan judul yang juga kreatif. Buatlah judul yang menarik minat untuk membaca. Tidak perlu panjang, simple padat yang terpenting.

Selain itu, yang tak kalah penting adalah penambahan media visual. Membaca artikel yang terlalu panjang akan membuat orang jenuh.

Adanya media visual berupa foto, video, atau ilustrasi membuat membaca lebih menarik. Selain itu, pembaca juga dapat lebih mengerti maksud dari artikel tersebut.

3. Tingkatkan Kualitas SEO Blog

Pembaca blog datang darimana saja. Supaya banyak pembaca yang datang ke blog pribadimu, kamu harus meningkatkan kualitas SEO blog pribadimu.

Konten yang kamu tulis di blog harus muncul setidaknya di halaman pertama hasil pencarian Google.

Dengan munculnya di halaman pertama pencarian Google, itu artinya akan banyak orang yang berkunjung di blog pribadimu. Oleh karena itu, bangunlah kualitas SEO blog pribadimu.

Untuk membuat konten SEO yang berkualitas, tidak dapat dilakukan dalam waktu yang singkat. Namun, tentunya jika kamu berusaha terus, maka hasilnya akan terlihat.

Banyak tutorial bagaimana cara membuat artikel SEO yang baik. Kamu dapat mengikuti cara – cara tersebut.

Yang terpenting, meskipun kamu memfokuskan pada SEO, artikel yang kamu buat juga harus enak dibaca dan mudah dipahami.

Baca Juga : Cara Mengembangkan Blog Anda dengan SEO Friendly

4. Menentukan Pembaca

Ketika kamu membuat konten, kamu harus tahu siapa sasaran pembaca yang kamu bidik. Oleh karena itu, kamu harus mulai mempromosikan blog milikmu. Kamu dapat mempromosikannya melalui sosial media.

Kamu dapat menggunakan sosial media yang lazim digunakan oleh pengguna internet.

Misalnya Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, atau sosial media lainnya. Manfaatkan sosial media untuk mendapatkan pembaca!

5. Jaga Kepercayaan Pembaca

Pembaca layaknya customer dalam perusahaan. Jaga kepercayaan pembaca dengan konten – konten yang berkualitas. Selain itu, jaga retensi pelanggan dengan membalas setiap komentar yang ditinggalkan para pembaca.

Buat komunitas blog pribadimu di sosial media. Posting setiap artikel baru yang kamu tulis di blog ke sosial media. Para pembaca akan setia menanti tulisanmu jika kamu pun responsif dengan pembaca.

Yang terpenting, jangan sampai ketika sudah banyak pembaca, kamu meninggalkan dan tidak merespon mereka. Jika hal itu terjadi, bukan tidak mungkin jika lambat laun para pembaca akan meninggalkan blogmu.

Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Cara Mendapatkan Uang dari Blog Pribadi

Jikan blog pribadi Anda telah di bangun, tentunya langkah selanjutnya adalah ingin meraup keuntungan atau penghasilan dari blog yang Anda miliki, Berikut adalah cara menghasilkan uang dari blog dari beberapa sumber penghasilan, Diantaranya :

1. Penghasilan dari Iklan

Ketika trafik pengunjung mulai naik, mulailah juga untuk memonetisasi blog dengan menambahkan iklan. Salah satu platform yang sering digunakan adalah Google Adsense.

Banyak para blogger mendapatkan pemasukan blog dengan cara ini. Biasanya, iklan ini berada di beberapa bagian halaman blog. Bisa di samping, di atas, bahkan diantara artikel.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Pendapatan Adsense

2. Pendapatan dari Afiliasi

Banyaknya trafik pengunjung juga dapat membuka peluang untukmu mengikuti program afilias. Pendapatan dari program afiliasi didapatkan dengan memasukkan link ke sebuah produk yang dijual oleh website lain.

Jika salah satu pembaca meng-klik link tersebut, maka akan langsung menuju ke website yang menyediakan link.

Dari sinilah pendapatan afiliasi didapatkan. Tidak ada yang dirugikan, bahkan kedua belah pihak diuntungkan.

Dari pihakmu, kamu akan mendapatkan keuntungan melalui setiap link yang di klik oleh pengunjung. Sedangkan website tujuan mendapatkan keuntungan dari setiap kunjungan pembaca.

3. Penghasilan dari Endorsment

Sama halnya dengan konten YouTube atau Instagram yang terkadang mengiklankan suatu produk, inilah endorsment. Bagi penulis blog, kamu juga dapat mengikuti program endorsment.

Baca Juga : Pengertian Endorse

Jika trafik pengunjungmu sudah tinggi, kamu tidak perlu lagi mencari bahan endorsment. Justru perusahaan lah yang mencarimu untuk dijadikan aktor yang memasarkan atau endorsment.

Apalagi jika konten blog mu begitu menarik dan spesifik. Misalnya blog yang kamu tulis adalah tentang wisata.

Yang mana memungkinkan endorsment yang dapat berasal dari produk – produk yang berhubungan dengan wisata, atau bisa juga tentang paket wisata tertentu.

Kamu hanya perlu menceritakan pengalamanmu menggunakan produk tersebut menjadi konten tulisan di blogmu.

4. Meraup Penghasilan dari Webinar

Webinar dapat dikatakan seperti kuliah online atau seminar online. Ketika kamu sudah expert atau pro di bidang yang kamu tulis, misalnya wisata, fashion, atau lainnya, kamu dapat membuka kelas webinar.

Di kelas ini, kamu akan menjadi mentor untuk menyalurkan ilmu kepada para audience. Kamu dapat menetapkan tarif sendiri, atau menggratiskan Webinar namun menetapkan tarif jika ingin membeli ebook atau jasa konsultasi.

5. Menyediakan Produk

Blog juga dapat digunakan sebagai ajang menjual produk, baik produk fisik maupun non fisik. Produk non fisik dapat berupa e-book, software, laporan, dan lainnya.

Kamu dapat membuat e-book sendiri dengan ilmu yang kamu dapatkan. Apalagi jika kamu sudah pro di bidang tersebut.

Selain itu, kamu juga dapat menghasilkan uang dari penjualan produk fisik, misalnya menjual baju, fashion, atau barang – barang lainnya. Yang terpenting, jangan sampai konten atau tulisan di blog kamu tinggalkan karena fokus dengan produk jualan.

Justru, konten mu harus tetap ada untuk tetap mempertahankan posisi blogmu di halaman pertama Google.

6. Menjual Jasa

Selain barang, kamu juga dapat menjual jasa. Kamu dapat menawarkan jasa menulis, desain, pembuatan website, dan jasa lainnya.

Misalnya kamu menetapkan jasa desain interior. Konten di blogmu harus tetap ditambahkan dan tentunya berhubungan dengan desain interior.

Misalnya cara memilih dekorasi rumah unfinished, cara mensiasati ruangan sempit supaya terlihat luas, dan lainnya.

7. Recurring Income

Jika kamu sudah dapat membuat konten premium, kamu dapat menawarkan layanan berbayar untuk pelanggan.

Bisa membayar per bulan, per minggu, untuk mendapatkan akses ke konten premium, area komunitas, atau layanan lainnya.

Justru dengan recurring income ini, kamu bisa mendapatkan penghasilan dalam periode waktu yang pasti. Misalnya setiap bulan, setiap minggu, atau periode tertentu.

8. Mengadakan Event

Beberapa blogger telah melakukan cara ini, yaitu mengadakan event. Menghasilkan uang dari blog dengan cara ini dirasa masih jarang dilakukan oleh para blogger.

Untuk ukuran event sendiri bervariasi, mulai dari konferensi besar hingga pertemuan blogger dalam skala kecil. Uang yang dihasilkan berasal dari pembayaran tiket atau sponsor event.

Cara Mendapatkan Uang dari Blog melalui Sumber lain

Selain cara di atas, ada cara lain yang dapat digunakan untuk menghasilkan uang. Misalnya menggunakan PayPal untuk menerima donasi.

Pada PayPal terdapat tool yang digunakan untuk keperluan donasi dari pengunjung website. Ini merupakan langkah tepat untuk kamu yang ingin memonetisasi website non profit.

Selain dari PayPal, kamu juga dapat menggunakan Infolinks. Dengan ini, kamu dapat memasang iklan berupa teks. Sumber pendapatan diperoleh dari setiap klik pengunjung.

Kesimpulan

Blog merupakan salah satu media informasi yang saat ini mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Kita bisa menuliskan bermacam informasi yang bisa di lihat dan di akses seluruh masyarakat, bukan hanya di indonesia saja namun masyarakat dari penjuru dunia.

Banyak yang beranggapan bahwa mengurus atau mengembangkan blog tidak ada gunanya, namun perlu Anda ketahui banyak orang yang sukses hanya dengan memiliki blog pribadi, Bahkan penghasilan mereka bis amencapai ratusan juta rupiah perbulan.

Jadi, apakah Anda masih berfikir dua kali untuk memiliki dan mengembangkan sebuah blog.

Itulah cara mendapatkan uang dari blog pribadi. Kamu dapat mulai sekarang untuk mendapatkan blog yang menghasilkan banyak uang. Selamat mencoba!

36 thoughts on “Punya Blog ! Begini 8+ Cara Mendapatkan Uang dari Blog Pribadi”

  1. Bagaimana mencari topik menarik dan konsisten dalam tulisan. Kadang merasa, kok ini tidak menarik ya? Apa ganti tema tulisan? Bagaimana cara mengatasinya?

    Reply
    • Tulislah topik sesuai dengan hobi dan kemampuan kita kak.. Kalau bukan bidang kita, kita akan bosen sendiri nulisnya..

      Reply
  2. Dulu saya pernah buat blog sampe lupa lagi cara masuk nya gimana.. oh ternyata blog bisa dapat uang ya, thanks mas informasi nya benar” sangat membantu dari delapan cara di atas

    Reply
  3. Wah artikelnya bagus, kali ini membahas cara mendapatkan financial dari blog yang begitu konkrtit dan lengkap. Saya juga baru punya blog kebetulan baca artikel ini, terima kasih artikelnya .

    Reply
  4. Sudah beberapa kali saya buat blog, tp memang kendalanya adalah dari diri sendiri, terutama tema atau informasi yang akan disampaikan. Ya mungkin karena minimnya pengetahuan yg saya miliki, namun dengan disampaikannya informasi di atas saya bisa lebih termotivasi lagi untuk bisa membuat blog yang lebih terarah dan tersusun rapi.

    Reply
    • Saran saya si mas buat blog dengan tema yang dikuasai atau sesuai dengan hobi sehingga kedepannya gak males nulis dan gak kehabisan ide.

      Reply
  5. Ternyata dari membuat blog juga bisa menghasilkan uang.. asal tau cara dan triknya.. d artikel ini d jelaskan semua.. mantap bgt bisa di tiru nih.. mudah2an bisa. Hehe

    Reply
  6. jujur masih awam dengan dunia blog begini…tapi setelah baca dari atas sampai akhir..sangat menjanjikan untuk bisa dipelajari bahkan mungkin kedepannya bisa buat penghasilan pokok kita malah..susah juga ya buat membangun sebuah blog untuk berkembang hingga bisa menghasilkan..good job semoga bisa..sukses bersama”

    Reply
  7. Membuat Blog memang sangat bermanfaat disamping menghasilkan uang juga menambah wawasan kita dalam dunia internet ini,cuma itu kita biasanya kalah bersaing dalam hal marketingnya,perlu perjuangan dan kesabaran.

    Reply
      • Menurut saya banyak peluang pekerjaan yang bisa kita dapatkan untuk menghasilkan uang,apakah itu menjual barang,jasa ataupun dengan menulis.Nah yang terpenting adalah kita memahami cara-cara agar konsumen atau pengunjung bisa datang ke blog kita.Di atas sudah diterangkan caranya bagaimana mendapatkan uang dari blog.Okey selamat mencoba..

        Reply
  8. bisa juga mendapatkan penghasilan walaupun hanya di rumah saja salah satu contohnya membuat blog
    selain tips membuat blog di atas sebisa mungkin jangan copy paste karya milik orang lain agar tidak terkena pelanggaran hak cipta.

    Reply
  9. Ada banyak cara untuk memoneytiser sebuah blog dan ada banyak juga cara untuk membuat sebuah blog selain yang disampaikan dikonten ini. Kalau kita seorang terkenal atau banyak dikenal orang, maka cara membuat blog yang paling mudah diantaranya adalah melalui Instagram. Isi Instagram dengan cerita tentang aktifvitas sehari-hari yang berkaitan dengan produk-produk yang sering kita gunakan dan dikenal oleh follower.
    Jika sudah jadi otomatis perlahan-lahan uang akan menghampiri Instagram, apakah endorse, iklan dll. Salam sehat dan moneytizer selalu.

    Reply
  10. Memang dijaman sekarang yang serba canggih ini banyak cara untuk kita dapat menghasilkan uang asalkan kita paham dan jeli dalam memilih yang mana yang akan dijadikan pilihan,saya sendiri tertarik dibidang menulis,semoga suatu saat nanti impian saya menjadi penulis dapat terwujud

    Reply
    • Yang perlu di asa adalah tulisan yang kta buat kak. Semakin baik maka blog yang kita kelola juga akan dikenal sehingga paluang untuk mendapatkan uang akan semakin tinggi.

      Reply
  11. di zaman yang serba digital ini memang bisa mempermudah semua pekerjaan kita. tetapi kita juga harus bisa lebih kreatif lagi agar bisa memanfaatkan kecanggihan yang sudah ada. dari blog ini kita bisa menambah wawasan cara untuk menambah passive income kita.

    Reply
  12. Wah sudah punya blog dari lama, cuma belum sampai dijadiin mesin pencetak uang. Kayaknya mesti dicoba nih biar bisa dapat tambahan lebih di jaman yang masih ribet dengan pandemi ini. Dari tips-tips di atas sih kayaknya optimis mengerti dan bisa nanti dipraktekin.

    Reply
  13. Salah satu pekerjaan yg menurut saya cukup mudah yaitu menulis blog, apalagi bagi orang² yg bener² suka banget menulis pengen menuangkan idenya dalam sebuah tulisan. Daripada hanya dipendam mending ditulis aja kan iseng² siapa tau bisa menguntungkan. Tapi seperti yg ditulis diatas, harus diperhatikan dulu cara² supaya blog kita bisa dilirik dan banyak yg suka apalagi bisa dapet uang. Kalo kita udah capek² nulis blog tapi ga merhatiin cara diatas keknya percuma sih.

    Reply
  14. Terima kasih atas infonya. sangat membantu sekali dalam memahami cara mendapatkan imbalan dari pembuatan blog. Sukses selalu menyertaimu.

    Reply
  15. Dengan pengetahuan dan ketrampilan yang kita miliki tentu banyak cara untuk bisa menghasilkan uang diantaranya dengan menulis blog. Di jaman serba digital semua bisa dilakukan dengan belajar dan belajar, biar lebih cerdas memanfaatkan tehnologi.

    Reply
  16. Susunan dan perencanaan yang matang adalah awal dari semua pekerjaan, terutama mereka yang ingin terjun ke dunia blogger. Alhamdulillah dapet pencerahan lagi.. mari berkarya

    Reply
  17. Setelah membaca blog ini saya langsung mencoba membuat blog,semoga saya dapat dari blog yang saya buat karena mengikuti langkah-langkah diatas.Rekomendasi banget kalian para pelajar agar membuat blog dan menghasilkan uang diusia muda

    Reply
  18. Sangat menginspirasi untuk mencoba mengembangkan potensi diri melalui blog. Melalui ilmu dan pengetahuan serta ketrampilan yang ada maka bisa ditemukan banyak metode dalam mendapatkan uang . Lebih giat belajar, lebih cerdas dan lebih kreatif dalam memanfaatkan tehnologi.

    Reply
  19. allhamdulilah yah setalah membaca ini aku jadi banyak hal hal pengetahuan yang saya dapatkan, sehingga sangat bersyukur bisa membacanya tanpa bosan sampai habis kebawah… semangat dan sukses.

    Reply
  20. Ini sangat cocok untuk para generasi milenial uang melek digital
    Ayo kita dapatkan income dari mana saja termasuk seperti ulasan diatas, agar kita dalam bermedsos menjadi produktif tidak konsumtif
    Artikel sangat membantu menambah pengetahuan dan bisa pula mendapatkan penghasilan

    Reply
  21. Blog ini memberikan pengetahuan dan pengalaman baru bagi para pembuat blog,sebab dari blog juga bisa menghasilkan uang dengan mudah,asal mengikuti langkah langkah dan aturan yang berlaku.

    Reply
  22. generasi milenial sangat kreatif untuk mendapatkan penghasilan,dengan pemikiran yang cerdas kita bisa meciptakan lapangan pekerjaan buat diri kita sendiri,dengan membuat konten,blog yg menginspirasi pastinya akan menghasilkan,,

    Reply
  23. bagus sekali artikelnya, memberikan 8 cara yang isinya terdapat penjelasan yang lengkap, dan di akhir artikel diberikan kesimpulan jadi dapat sangat membantu memahami 8cara diatasnya, artikel seperti ini yang sangat membantu para pengahasil uang dari blog pribadi

    Reply
  24. Artikel yang sangat menarik, dulu saya pernah buat blog juga, berisi tutorial gitu, tapi saya agak kurang paham bagaimana cara dapat cuannya, terimakasih ilmunya bang, bermanfaat banget,

    Reply
  25. Banyak orang berpikir bahwa menulis blog hanya akan menyita waktu dan tidak menghasilkan uang. Namun, dari blog kita dapat menghasilkan uang tanpa mengeluarkan modal yang banyak.

    Reply
  26. Website/blog yang bagus dari berbagai aspek memang sangat berpotensi untuk menghasilkan pendapatan. Beberapa prinsip pokok haruslah menjadi pegangan, diantaranya hindari plagiat, konten sebaiknya fokus kepada bidang/topik tertentu, jika mengutip sumber lain maka harus sebutkan sumber dan linknya, kontennya sedapatkan mungkin bermanfaat bagi pembacanya, dll. Tentu itu semua menjadi syarat juga untuk lulus proses monetisasi yang pada akhirnya melahirkan potensi penghasilan yang diharapkan. Salam sukses.

    Reply
  27. Ada banyak cara untuk menghasilkan uang. Salah satunya adalah dengan cara membuat blog. Dari informasi diatas sudah diberi tahu cara step by step dari mulai kita membuat blog sampai kita bisa menghasilkan uang dari blog.

    Reply
  28. Info yang menarik dan menginspirasi kita untuk membuat blog dan menghasilkan uang. Hal ini dibutuhkan ketekunan dan keuletan dalam membangun blog yang menjual. Tulisan ini memberikan beberapa cara menghasilkan uang dari blog. Itulah cara membuat blog, supaya menghasilkan uang. Ayo, mulai membuat blog dari sekarang, gunakan blog kita untuk menghasilkan uang. Sukses selalu.

    Reply
  29. Kamu bisa memanfaatkan skill dengan menulis di situs milik pribadi yaitu dengan blog.jika blog yang kamu buat menarik dan cukup terkenal,kamu pun bisa menghasilkan penghasilan dari blog tersebut.misalnya,lewat blog kita bisa menuliskan cerita kehidupan sehari-hari yang dikemas dengan gaya bahasa lucu.

    Reply
  30. Membuat saya semakin bersemangat..memang semua butuh kesabaran untuk memperoleh hasil..usaha apapun kalau di landasi kerja keras pasti berhasil..banyak orang dari nol bikin bolg dan banyak yang sukses..

    Reply

Leave a Comment