Cara Mengajukan KPR Dengan Mudah

Cara Mengajukan KPR – Rumah merupakan salah satu kepentingan dibutuhkan dan diimpikan manusia. Bagi sebagian orang rumah akan di prioritaskan untuk dimiliki.

Harga rumah semakin lama harganya semakin tinggi hal ini menyulitkan orang – orang untuk memiliki rumah yang dia inginkan.

Pembelian secara kontan akan menyulitkan orang karena mereka harus menyediakan uang yang cukup banyak untuk membeli rumah tersebut.

Jika anda ingin memiliki rumah sekarang sudah banyak cara efektif yang bisa dilakukan untuk membeli rumah.

Bagaimana caranya?

Caranya adalah dengan membeli rumah secara kredit menggunakan KPR atau ( Kredit Pemilikan Rumah ).

Membeli rumah menggunakan KPR anda hanya harus mengangsur atau menyicil rumah yang anda idam idamkan.

Namun tak jarang orang berbohong secara finansial untuk dapat bisa mengajukan kredit atau KPR tersebut. Maka dari itu kami akan memberikan langkah – langkah untuk mengajukan KPR.

Cara Mengajukan KPR

Lalu, bagaimanakah cara untuk mengajukan KPR?

1. Pastikan memiliki dokumen yang lengkap

Pengajuan kredit membutuhkan dokumen dokumen yang lengkap, semakin lengkap dokumen anda prosesnya akan menjadi lebh cepat.

Sebagai peringatan, jangan pernah memanipulasi data dokumen tersebut terutama di bidang finansial. Itu akan membuat bank tidak percaya dengan anda.

2. Perbaiki finansial

Sebelum mengajukan KPR pastikan anda tidak ada masalah dengan kredit manapun. Lunasi segala hutang anda sebelum anda mengajukan KPR, termasuk hutang kartu kredit. (Baca : Cara Penggunaan Kartu Kredit)

Pasalnya Bank Indonesia memiliki catatan kredit anda. Jadi sebelum mengajukan KPR perbaiki segala kendala kartu kredit anda, pastikan anda tidak menunggak pembayaran.

3. Sadari kemampuan bayar

Setiap pemohon KPR harus menyiapkan dana untuk pembayaran uang muka sekitar 30 persen dari harga jual.

Besarnya cicilan ditentukan oleh total kredit, uang muka, dan jangka waktu kredit serta rasio penghasilan rutin yang didapatkan setiap bulannya. Perlu diingat bahwa rasio rata-rata yang ditetapkan olerh pihak bank adalah 30 persen.

Artinya, total semua tanggungan kredit Anda meliputi KPR, cicilan dan kewajiban lainnya, harus berada di bawah angka tersebut.

Setelah mempelajari persyaratan berikut masih ada hal yang anda harus lakukan berikutnya

  • Temukan rumah yang tepat.

Langkah pertama sebelum ana mengajukan KPR adalah salah satunya dengan temukan rumah yang tepat.

Untuk menemukan rumah yang tepat anda bisa mendatangi bang dan meminta informasi rumah yang tersedia dan bisa diajukan KPR. Atau anda bisa mencar dari berbagai macam sumber seperti koran, internet, atau dari media sosial.

  • Tanyakan hal tentang rumah tersebut

Setelah anda sudah memilih rumah yang anda inginkan, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah tanyakan segala hal tentang rumah itu, hal yang perlu ditanyakan adalah harganya, berapa uang muka yang harus dibayar, berapa cicilan setiap bulannya, berapa biaya tanda jadinya, apakah rumah itu sudah dibangun atau belum dan hal penting lainnya .

Lihat gambar denah rumahnya, apakah sesuai lokasi yang tertera atau tidak. Dan jangan lupa untuk mengecek segala fasilitas yang ada. Tanyakan pula bagaimana proses kredit KPR rumah tersebut nantinya.

  • Membayar tanda jadi

Jika segala informasi sudah didapatkan, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah membayar tanda jadi. Tanda jadi ini seperti booking yang merupakan bukti tanda beli. Agar harganya tidak naik sebelum dibayar atau agar rumah tersebut tidak dibeli oleh orang lain.

Developer memiliki cara yang berbeda beda untuk menghadapi ini ada beerapa yang tidak perlu membayar tanda jadi, beberapa membebaskan tanpa batas waktu.

  • Bayar uang muka

Setelah beberapa prosedur tadi, tahap selanjutnya adalah membayar uang muka. Beberapa developer menganggap membayar uang muka adalah membayar tanda jadi.

Uang muka akan dikembalikan jika pengajuan KPR Anda ditolak oleh pihak bank.

  • Ajukan KPR kepihak bank

Berikutnya adalah setelah uang muka dilunasi, maka Anda harus mengajukan kredit KPR ke Bank yang sesuai dengan pilihan Anda.

Ketahuilah proses ini developer akan membantu dalam mengurus pengajuan KPR ke pihak bank yang menjadi partnernya.

Tapi bila Anda memilih Bank yang bukan partner developer maka Anda akan diminta untuk memproses pengajuan kredit KPR rumah ini sendiri tanpa dibantu oleh developer.

Beberapa persyaratan dan ketentuan KPR yang perlu anda ketahui adalah fotokopi rekening koran semua tabungan, surat keterangan bekerja, slip gaji 3 bulan terakhir, menjadi pegawai tetap minimal 2 tahun, fotokopi KTP, KK, Surat Nikah, dan lain-lain tergantung masing-masing bank. Sedangkan waktu dalam pengajuan KPR rumah ini umumnya akan memakan waktu yang cukup lama yaitu sekitar 1 bulan.

Dalam waktu satu bulan tersebut, pihak Bank biasanya akan melakukan proses survei. Survei ini bertujuan untuk melakukan pemantauan ke tempat Anda bekerja, dan dilakukan pengecekan ke BI (Bank Indonesia) untuk memastikan Anda dan istri Anda tidak termasuk dalam blacklist terkait catatan kredit (atau pernah melakukan ntunggakan dalam kredit) yang mungkin pernah dilakukan sebelumnya.

Proses pengajuan KPR ini akan diterima berdasarkan kemampuan finansial yang Anda miliki di mata bank.

Leave a Comment