Cara Mengatasi Broken Link Building Pada Blog

Pengertian broken link atau error 404 not found adalah sebuah halaman situs yang tidak menemukan halaman konten yang dimaksud oleh pengguna di blog atau website.

Broken link memiliki arti sama dengan halaman 404 telah rusak, yang disebabkan oleh beberapa faktor.

Akibat yang ditimbulkan terhadap artikel yang mengalami broken link adalah penulisan yang anda buat akan percuma jika tidak bisa dibaca oleh pengunjung web anda.

Apabila hal ini berlarut – larut akan berdampak fatal pada kualitas blog anda dan masalah lain yang disebabkan hal ini.

Dengan ini perhatikan hal-hal apa saja yang perlu dilakukan untuk mengatasi broken link pada blog akan dibahas secara detail dibawah ini.

Jenis Broken Link Building

  • Internal link, tautan yang berada di dalam ruang linkup blog, contohnya: anda memasang halaman konten lain di setiap postingan artikel tetapi konten yang anda tautkan link tersebut mengalami perubahan url, bisa juga karena link artikel anda sudah dihapus atau salah dalam mengetik link.
  • Eksternal link, tautan yang berada di luar ruang lingkup blog atau web, contohnya: postingan blog anda mendapatkan sebuah komentar url, komentar url sering digunakan sebagai media dalam menemukan backlink. Tetapi jika url terdapat pada komentar sudah tidak aktif, maka akan menyebabkan broken link misalnya, web yang ditautkan pengunjung sudah offline.

Keuntungan dalam broken link adalah untuk mengantisipasi pengunjung salah tuju yang mengarah pada konten blog dengan link sudah offline tersebut.

Kerugian dalam broken link adalah adanya broken link membuat konten blog anda terkena pinalti dari google, ini akan berpengaruh pada pagerank, pengindeksan blog oleh search engine. Broken link berpengaruh terhadap kualitas seo.

Baca Juga : Panduan Link Building SEO

Apabila broken link ditemukan banyak pada blog maka blog tersebut dianggap spam oleh search engine.

Berdampak pada pengguna tidak bisa mendapatkan informasi sesuai kebutuhan mereka, sehingga ini akan berakibat penurunan view kunjungan dalam blog atau web karena pengguna merasa kecewa terhadap kualitas dan tidak akan berkunjung ke situs yang sama.

Cara Mengatasi Broken Link Building Pada Blog

Lalu bagaimana cara untuk mengembalikan link yang telah rusak. Apakah bisa diperbaiki?

Sebelum membahas itu, bagaimana cara mengetahui bahwa link tersebut telah rusak atau broken link.

Sehingga dapat memperbaiki secara tepat. Cara mengetahui broken link yaitu:

  • Lakukan pengecekan keseluruhan artikel yang anda miliki, meskipun membutuhkan waktu lebih lama, ini dapat dilakukan jika anda memiliki agenda waktu luang untuk mengeditnya.
  • Bisa menggunakan layanan dari brokenlinkcheck.com atau lainnya. Cara ini lebih effektif dibandingkan dengan cara pertama, hanya mengirimkan artikel yang bermasalah pada situs brokenlinkcheck anda akan langsung mendapatkan sumber yang rusak pada artikel sehingga lebih mudah untuk memperbaikinya.

Cara mengatasi broken link building pada blog sebagai berikut:

1. Memperbaiki link rusak

Jika memungkinkan buatlah artikel baru yang relevan lalu urlnya menggunakan broken link tersebut.

Maksudnya, apabila suatu artikel mengalami broken link sedangkan dalam penulisan artikel itu sudah banyak menggunakan referensi maka buatlan artikel baru dengan mengubah url tautan.

Untuk mengoptimalkan artikel secara akif sehingga dapat dibaca oleh pengunjung blog/web.

2. Me-redirect broken link

Cara ini dianggap paling mudah dan effektif dengan menganti nama url pada artikel.

Redirect broken link sama hal dengan internal link dalam penggunaannya.

Tetapi perlu diperhatikan penggunaan redirect broken link sebaiknya jangan dilakukan terlalu sering karena berpengaruh pada kecepatan loading berkurang/lemot di web blog, untuk itu gunakan seperlunya.

Atau anda juga bisa menggunakan blogspot agar konten memiliki jangka panjang yang perlu dilakukan yaitu catatlah nama url sebelum mengirim tulisan lama ke revert draft, sehingga mudah diganti.

Jika tidak ingin mengubah artikel menjadi revert draft maka jangan diubah url, bisa menyebabkan nama url berubah secara otomatis.

Namun, apabila ingin mengganti nama url, ubahlah nama menjadi seo friendly akan mudah terindeksi.

Baca Juga : Cara Redirect 301 Domain Lama Ke Domain Baru

3. Menghapus broken link

Cara terakhir dengan menghapus broken link dari penelusuran google.

Langkah – langkahnya masuk ke google search console lalu pilih properti situs pilih google indeks klik hapus url. Setelah itu tinggal menunggu permintaan dieksekusi oleh google. (Baca : Cara Verifikasi Blog WordPress di Search Console)

Itulah pembahasan materi tentang pengertian, keuntungan, kerugian dan cara mengatasi broken link building pada blog. Beberapa cara juga sudah dijelaskan untuk memperbaiki broken link.

Adapun masalah halaman error 404 ini dianggap sebagian orang bukan masalah yang perlu dikhawatirkan, tetapi jangan pernah menyepelekan hal sekecil apapun. (Baca : Cara Memperbaiki Error 404)

Sebab  jika suatu masalah ditumpuk tanpa adanya penyelesaian maka akan menjadi suatu masalah besar nantinya.

Hal tersebut seharusnya masalah bisa diselesaikan secepat mungkin agar tidak menjadi beban yang berlarut – larut.

Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan dalam hal broken link.

Leave a Comment