Masalah dan Cara Mengatasi Yang Sering Terjadi Di Youtube

Masalah yang sering terjadi di Youtube harus diselesaikan secepatnya sebelum masalah tersebut membuat Youtuber gagal mendapatkan penghasilan dari iklan.

Nah, sebelum melakukan tindakan pencegahan tentu Youtuber harus tahu dulu apa saja masalah tersebut dan sebisa mungkin untuk mempetakannya menjadi masalah yang ringan atau berat.

Nah, bagi Youtuber yang ingin mengetahui masalah yang sering terjadi di Youtube, maka silakan baca artikel ini dan pastikan membacanya sampai selesai.

Baca Juga : Cara Menjadi Youtuber Sukses yang 100% Berhasil

Masalah Yang Sering Terjadi Di Youtube

Setelah itu baru dilakukan tindakan pencegahan sebelum pundi-pundi rupiah benar-benar pergi dari genggaman. Ini dia masalah-masalah yang dimaksud:

1. Channel Youtube Tidak Bisa Dibuka

Masalah yang paling menjengkelkan para Youtuber Indonesia salah satunya terkait dengan channel Youtube yang tidak bisa dibuka karena disebabkan oleh masalah-masalah tertentu.

Problem yang paling terjadi ialah karena channel tersebut masih belum dinotifikasi oleh Youtube sehingga untuk membukanya pun amat kesulitan.

Kalau masalah ini yang terjadi yang perlu dilakukan Youtuber hanya menunggu notifikasinya saja yang biasanya dikirimkan melalui email yang aktif.

Jika notifikasi sudah lulus tetapi channel masih juga belum bisa dibuka mungkin karena jaringan sedang buruk sehingga di dalam Youtube sendiri masih terjadi proses loading.

Yang perlu diperhatikan berikutnya adalah konten video yang ada di dalam channel tersebut baik dari segi durasi maupun genre.

Jika konten video sebagian besar didominasi durasi yang panjang tentu wajar kalau channel agak sulit untuk dibuka apalagi jika channel baru saja berdiri.

2. Aplikasi Youtube Error

Masalah yang sering terjadi di Youtube berikutnya ialah masalah yang terkait dengan aplikasi Youtube yang selalu error atau selalu terkendala gangguan.

Akibat dari peristiwa ini tentu Youtuber akan kesulitan untuk mengunggah video termasuk tidak akan bisa melihat video-video dari channel orang.

Solusi yang perlu dilakukan ialah silakan cek jaringan Wifi terlebih dahulu dengan cara mematikan Wifi beberapa menit lalu hidupkan kembali.

Jika muncul lampu indikator yang berwarna merah berarti yang terganggu bukan Youtube-nya tetapi jaringannya yang sedang error.

Kalau jaringan Wifi aman-aman saja coba refresh situs Youtube yang sedang terbuka secara berulang-ulang.

Biasanya dengan proses refresh ini Youtube akan kembali normal dan Youtuber bisa kembali menggunakan situs sebagaimana mestinya.

3. Loading Youtube Lemot saat Mengunggah Video

Terkadang proses pengunggahan video Youtube berjalan sangat lama alias lemot yang membuat Youtuber ada kalanya juga merasa bosan sehingga membatalkan proses pengunggahan.

Hal ini kadang disebabkan oleh jaringan yang terganggu atau durasi video yang terlalu panjang sehingga memang membutuhkan waktu upload yang sedikit lebih lama.

Jika selama 24 jam menunggu tetapi video tidak juga masuk ke channel, mungkin memang ada masalah dengan situs Youtube yang mengharuskan Youtuber perlu melakukan trik tertentu.

Salah satu cara yang bisa dicoba ialah batalkan proses pengunggahan setelah itu lakukan refresh situs.

Kalau masih saja belum bisa mengunggah video coba periksa ulang konten tersebut apakah sudah sesuai ketentuan atau tidak.

Namun kasus ini tidak terlalu populer cuma sebagai antisipasi saja siapa tahu karena video melanggar aturan lalu admin enggan untuk meluluskannya.

4. Konten Video Youtube Tidak Bisa Diputar

Masalah yang sering terjadi di Youtube yang paling menjengkelkan berikutnya ialah konten video Youtube tidak bisa diputar sekalipun sudah dicoba berulang-ulang.

Ciri-cirinya video melakukan loading terus menerus terkadang juga ada notifikasi kalau format video tidak cocok alias error.

Kalau masalah ini terjadi coba matikan terlebih dahulu Wifi atau modem internetnya setelah itu diamkan beberapa menit lalu hidupkan kembali.

Jika video sudah bisa diputar berarti yang bermasalah adalah jaringan bukan situs Youtube namun kalau video tetap loading berarti ada masalah lain yang sedang terjadi.

Cara mengatasi masalah ini ialah coba tutup video lalu cari video yang lain dan coba klik untuk memutarnya.

Periksa apakah video tersebut berjalan lancar atau tidak dan jika tidak, mungkin video yang pertama sudah dihapus oleh pemiliknya atau dimasukkan ke konten video tersembunyi.

Cara Mengatasi Video Youtube Error

Nah, jika semua masalah di atas muncul dan tidak bisa diatasi dengan trik di atas, mungkin memang perlu perlakuan khusus untuk mengembalikan situs Youtube yang rusak seperti menghapus Chace.

Chace atau junk adalah sampah internet yang kadang juga membuat Youtube error atau hank.

Untuk mengatasinya silakan hapus menggunakan aplikasi Master Cleaner atau bisa juga menggunakan CC Cleaner jika terjadinya di android.

Youtuber juga bisa menghapus (uninstall) situs Youtube beberapa waktu setelah itu download dan instal aplikasi Youtube yang baru.

Ini bisa dilakukan hanya untuk android sedangkan untuk PC, cara-cara di atas harusnya sudah bisa mengembalikan Youtube ke sedia kala.

Itulah beberapa Masalah yang sering terjadi di Youtube beserta langkah pencegahannya. Semoga informasi ini berguna bagi seluruh Youtuber di Indonesia terutama yang sering mengalami masalah-masalah di atas.

Baca Juga : 10 Peralatan Youtuber ini Wajib Anda Miliki

Leave a Comment