6 Faktor Utama Cara Mengatur Keuangan Bisnis

Bagi anda yang ingin menjadi seorang pembisnis, pasti anda akan memikirkan kalau mengatur keuangan bisnis menjadi salah satu cara terbaik untuk sukses.

Tentu saja ini bisa membuat anda menjad lebih sukses, karena dengan adanya cara yang ideal dalam mengatur keuangan bisnis, maka anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

Cara Mengatur Keuangan Bisnis

Ada 6 faktor utama cara mengatur keuangan bisnis, simak pembahasan yang berikut ini.

1. Perbaikan Terhadap Arus Kas

Hal yang paling pertama dan harus dilakukan oleh anda adalah mencari tahu tentang arus kas. Dalam hal ini anda harus mengecek dan perbaikilah jika masih ada yang kurang tepat.

Arus kas ini bermanfaat untuk anda yang ingin mengambil keputusan pada saat menentukan kapan agar bisa berinvestasi ataupun menunda investasi, apakah menunda dalam mengeluarkan uang atau pada saat tersebut kita dapat berbelanja uang.

Itulah sebabnya anda dapat mengatur dan memperbaiki arus kas bisnis anda dengan berbagai macam cara pengelolahan.

Perlu diingatkan oleh anda bahwa mendapatkan sebuah keuntungan bukan menjadi sebuah hal yang dapat menjaminkan kalau kita bisa sukses dikemudian hari. Bahkan, pertumbuhan bisnis anda bisa berjalan dengan baik.

2. Perhatikan Terhadap Anggaran

Anggaran merupakan salah satu cara yang harus diperhatikan oleh anda, khususnya anda yang ingin mengelolah sistem keuangan dengan baik dan benar.

Jika kita lihat dari sumber Entrepreneur, dimana lebih dari 40% pemilik usaha yang kecil menyediakan anggaran.

Tentunya ini akan membuat sistem keuangan dari bisnis yang dimiliki oleh anda bisa menjadi lebih baik.

Anggaran keuangan bisnis adalah pedoman dari anda sehingga sistem keuangan anda bisa dikelola dan diawasi dengan baik.

Nah, dengan begitu anda dapat memperhatikan anggaran bisnis yang dimiliki oleh anda. Dalam artinya anda bisa melakukan revisi atau evaluasi terhadap anggaran perusahaan.

Pastikan anda melakukannya disetiap 6 bulan dalam satu kali.

3. Mengatur Perencanaan Pendapatan

Cara yang berikutnya anda dapat melakukan perencanaan terhadap pendapatan yang akan mengikuti sebuah modal dari sebelumnya direncanakan.

Dalam hal ini anda dapat membuat rencana tentang bagaimana bisnis yang dilakukan sehingga bisa menghasilkan pendapatan.

Langkah yang selanjutnya, anda dapat mencari tahu tentang target penjualan, dimana anda dapat membuat rencana tentang beberapa produk yang akan dijualkan oleh anda.

Kemudian, buatlah strategi yang akan memastikan kalau anda bisa mendapatkan penghasilan yang menguntungkan dari modal anda.

4. Pisahkan Uang Pribadi Dengan Uang Bisnis Anda

Bukan menjadi sebuah hal yang mudah untuk mengatur setiap keuangan dari bisnis kita.

Karena biasanya kita akan sedikit tergoda dengan beberapa hal lainnya yang akan membuat kita harus menggunakan uang bisnis, meski jumlah nominalnya sedikit.

Jika anda memanfaatkan poin ini, anda bisa mengatur lebih efektif terhadap sistem keuangan bisnis yang dimiliki oleh anda.

Banyak juga para perusahaan yang gagal dengan hal ini. Tetapi, jika anda benar sungguh-sungguh untuk mengatur keuangan dalam berbisnis, maka pastikan anda telah memisahkan uang pribadi, keluarga dan lain sebagainya dengan uang yang dimiliki oleh bisnis ataupun usaha anda.

Hal inilah yang menjadi sebuah keharusan dari anda sehingga anda bisa mengatur keuangan dengan baik dan benar.

Pasalnya, memisahkan rekening anda (pribadi) dengan rekening usaha menjadi hal yang tepat dalam mengatur keuangan.

Jika anda menyatukan, uang pribadi, keluarga dan juga uang bisnis anda. Yang pastinya anda seringkali dan tanpa disadari oleh anda bahwa keunagan tersebut sudah terpakai oleh anda sendiri. Maka dari itu anda harus perhatikan dengan poin yang satu ini.

5. Mengembangkan Bisnis Dengan Laba

Mengembangkan bisnis dengan laba merupakan salah satu cara yang paling bermanfaat untuk dilakukan oleh anda dalam mengatur sistem keuangan.

Menghasilkan uang yang berasal dari keuntungan bisnis menjadi sebuah hal yang sangat menggoda, tapi akan menjadi lebih baik jika anda tidak menghabiskan semua uang yang ada.

Sebaiknya anda gunakan uang tersebut untuk mengembangkan bisnis anda sehingga bisa menjadi lebih maju.

Untuk contohnya, dimana anda bisa melakukannya dengan sendiri, misalnya anda dapat menambahkan beberapa barang untuk berdagang.

Hal ini bertujuan agar anda bisa menghasilkan hasil dari barang yang telah dijualkan oleh anda sendiri.

Semakin baik dan sering anda melakukan hal ini, maka akan semakin cepat juga dunia bisinis anda berkembang.

6. Pisahkan Akunting dari Kasir

Nah, untuk cara yang terakhir dalam mengatur keuangan bisnis anda adalah anda dapat melakukan pemisahan terhadap akunting dengan kasir.

Pada umumnya, cara ini menjadi salah satu cara yang sangat penting untuk dilakukan oleh anda sehingga anda bisa mengatur sistem keuangan dengan mudah tanpa ribet.

Apabila penguasa uang/kasir membuat laporan terhadap keuangan, maka potensi memanipulasi laporan akan muncul.

Maksudnya disini adalah laporan akan menunjukkan bahwa tersedia uang di sebuah kas, akan tetapi pada saat di audit tidak akan muncul uangnya.

Hal ini memungkinkan bisa terjadi karena adanya pemakaian uang secara pribadi dan anda tidak akan mengetahui dengan hal ini.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Clothing Rumahan

Leave a Comment