Cara Mengatur (Setting) Plugin ‘All In One SEO Yang Benar

Cara Mengatur (Setting) Plugin ‘All In One SEO Yang Benar – Nah bagi anda yang pengguna WordPress maka anda sangat beruntung karena dapat dimanjakan oleh plugin SEO sehingga bisa mengoptimasi SEO pada website WordPress yang anda miliki.

Ada banyak plugin SEO dan terdapat di library WordPress, bahkan anda bisa menemukan dua plugin SEO yang terpopuler dan dan banyak digunakan oleh para pengguna WordPress yang ada diseluruh dunia.

Baca : Kelebihan dan Kekurangan WordPress Self Hosting

Apa saja sih kedua plugin SEO tersebut?

Kedua plugin SEO tersebut bernama SEO By Yoast dan All In SEO.

Pada umumnya kedua plugin tersebut berbasis premium dan gratis dimana anda akan memilih apakah ingin menggunakan versi yang premium harus mengeluarkan dana atau gratisan yang tanpa mengeluarkan biaya.

Namun pada versi gratis sudah mencukupi untuk membuat situ web anda menjadi SEO friendly.

Pada dasarnya kalau anda adalah seorang blogger yang pemula untuk mengkonfigurasi sebuah plugin All In One SEO sangat rumit untuk dilakukan dan tanpa plugin All In One SEO sendiri anda tak bisa mendapatkan berbagai manfaat dari plugin yang seperti ini. Plugin All In One SEO merupakan plugin yang memiliki pengaturan sederhana daripada plugin by Yoast SEO.

Mungkin dari anda yang tidak menyukai dengan kerumitan, Plugin All In One SEO inilah yang dapat membantu dan sangat cocok untuk anda.

Pada plugin ini terdapat sebuah halaman pengaturan dan sudah menjadi satu dengan begitu anda bisa mengikuti tutorial dengan cara yang mudah.

Memang pada umumnya WordPress sudah diciptakan untuk sebuah platform yang sangat ramah terhadap search engine serta mampu mengoptimalkan SEO dengan cara default.

Namun selain dari pengaturan secara default ada juga berbagai pengaturan yang dibutuhkan oleh kita semua untuk membuat lebih tangguh pada search engine, seperti anda membuat meta description, tag, mencegah untuk duplikat konten serta menghasilkan sitemap dan lain sebagainya.

Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai  cara untuk mengatur sebuah plugin yang berbasis All In One SEO pada WordPress.

Baca Juga : Cara Mengetahui Backlink Profil

Tunggu apalagi langsung saja perhatikan cara-cara yang ada dibawah ini.

Tahap Awal Untuk Mengatur Plugin ‘All In One SEO Pack WordPress

Pada tahap untuk mengatur plugin All In One SEO pada WordPress anda harus menginstal dan mengaktifkannya terlebih dahulu.

Bagi anda yang belum tahu cara menginstal dan mengaktifkan plugin tersebut, anda bisa mengikuti cara-cara yang ada dibawah ini.

  • Hal yang pertama anda dapat login ke dashboard wp admin yang dimiliki oleh anda, setelah itu anda bisa pilih sebuah menu plugin dan kemudian pilih add new

  • Nah pada sebuah kolom pencarian anda baru ketik All In One SEO dan kemudian anda dapat menginstalnya dengan mengklik instal now dibagian bawah All In One SEO Pack

  • Ketika proses menginstalnya sudah selesai anda harus mengaktifkan plugin tesebut dengan cara mengklik tombol “activate”

  • Setelah anda melakukan kegiatan pengaktifan pada plugin tersebut, silahkan mengkonfigurasikan pada plugin tersebut dengan cara pilih menu pada WordPress anda dan pilih All In One SEO dan kemudian pilih opsi general setting.

Ada Beberapa Pengaturan Yang Dapat Diubah Oleh Anda

Pada sebuah halaman pengaturan terdapat banyak fitur yang dapat digunakan oleh anda dan anda tidak usah khawatir dengan kesulitan untuk memahami fungsi dari fitur-fitur tersebut.

Ini dikarenakan adanya keterangan pada fitur tersebut bersama kalimat tanya yang akan di buat oleh anda. Berikut dibawah ini merupakan pengaturan fitur-fitur tersebut.

1). General Settings

  • Canonical URLs – Apabila pilihan yang satu ini diaktifkan, maka website anda tidak terjadi masalah penalti dari google mengenai perbedaan URL dengan sebuah konten yang sama.
  • No Pagination for Canonical URLs – Dalam pilihan ini berfungsi dimana ini dapat menghapus Pagination pada Canonical URLs.
  • Enable Custom Canonical URLs – Pada opsi pilihan ini berfungsi untuk menambahkan sebuah kolom baru pada Custom Canonical dalam halaman unggahan editor atau editor postingan.
  • Use Original Title – Jika terjadi masalah pada template atau plugin yang ada di judul, anda dapat mengaktifkan pilihan ini.
  • User Schema.org Markup – Pada pilihan ini akan menyediakan informasi yang dibutuhkan search engine sehingga menampilkan sebuah rich snippets dalam hasil pencarian.
  • Log Important Events – Untuk pilihan yang satu ini berperan penting bagi yang menginginkan sebuah plugin lain pada log

Baca Juga : Cara memasang Iklan Adsense Di Bawah Postingan

2). Home Page Setting

  • Home Title – Ini merupakan salah satu SEO Meta Title pada home page. Title tersebut akan tampil dibagian atas tab browser pada saat home page terakses.
  • Home Description – Salah satu meta description yang akan tampil pada halaman utama atau home page. Deskripsi tersebut akan berada di search engine pada saat alamat website yang dimiliki oleh anda diketik. Panjang karakter direkomendasikan hingga 160 karakter.
  • Use Static Front Page Instead – Jika ini diaktifkan maka anda akan diingatkan bahwa anda akan mengedit beranda dengan menggunakan panel utama dalam All In One SEO sehingga dapat menerapkan sebuah judul serta deskripsi dari SEO anda.

3). Title Setting

  • Rewrite Titles – Diaktifkan secara default dan dapat memungkinkan bagi anda yang ingin memodifikasi judul di setiap jenis konten
  • Capitalize Tag and Search Titles – Ini sama seperti rewrite titles dimana pilihan ini aktif secara default dan pilihan ini bisa mengubah kata pada setiap title.
  • Home Page Title Format – Pilihan ini merupakan kolom isian yang dapat mengubah format pada page title.

4). Custom Post Type Setting

  • SEO For Custom Post Types – Pilihan ini dapat mengaktifkan All In One SEO yang berperan penting untuk custom post types pada website yang dimiliki oleh anda.
  • SEO On Only These Post Types – Salah satu pilihan yang bertipe postingan tertentu dimana suatu plugin akan bekerja untuk menceklist pilihan yang disukainya.
  • Enable Advanced Options – Pada pilihan ini dapat menambahkan sebuah pilihan baru seperti Custom Titles dimana berfungsi sebagai konfigurasi format di title tags pada postingan.

5). Display Setting

  • Show Column Labels for Custom Post Types – Pilihan ini sangat berfungsi untuk menampilkan sebuah SEO Keyword, SEO Title dan SEO Description. Silahkan untuk memilih tempat bagi anda yang ingin tampilkan.

6). Non Index Settings

Pada pilihan ini sangat bermanfaat untuk mencegah mesin pencari yang ingin index disetiap konten maupun link di situs web yang mengarah pada situs web lain.

7). Advenced Settings

  • Autogenerate Descriptions – Ceklist pada bagian ini agar bisa membuat deskripsi dengan cara otomatis di konten anda.
  • Remove Descriptions For Paginated Pages – Pada bagian ini dapat menghapus sebuah meta description mulai dari halaman ke 2 dan sampai seterusnya pada postingan yang pagination.
  • Never Shorten Long Descriptions – Silahkan diaktifkan bagi anda yang ingin deskripsi yang disertai dengan 160 karakter panjangnya.

Nah bagi anda yang sudah melakukannya jangan lupa untuk disimpan semua pengaturan tersebut dengan cara mengklik tombol Update Options.

Itulah yang bisa kami sampaikan dengan adanya cara yang diatas dijamin akan berhasil untuk mengatur plugin ‘All In One SEO pada website anda.

Baca Juga : 4 Alasan Mengapa Kita Perlu Punya Website?

Leave a Comment