4 Cara Mengelola Multiple WordPress dari Satu Dashboard

Cara Mengelola Multiple WordPress – Saat ini sudah banyak orang yang memiliki blog WordPress, bahkan setiap orang bisa memiliki situs lebih dari satu.

Tentu akan sangat merepotkan jika Anda harus mengelola beberapa, misalnya 3 – 5 website dalam dashboard yang berbeda-beda.

Untungnya, kini ada cara yang mempermudah Anda dalam mengelola multiple website WordPress dengan satu dashboard.

Dengan mengelola beberapa website dalam satu dashboard tentu akan lebih efisien. Anda tidak perlu melakukan login satu per satu ke dashboard dari setiap WordPress.

Hanya dengan sekali login, Anda dapat mengelola beberapa website yang Anda miliki dengan waktu bersamaan.

Tentu ingin sangat menguntungkan bagi blogger yang memiliki lebih dari satu situs.

Informasi di bawah ini perlu Anda simak, khususnya bagi Anda memiliki lebih dari satu website.

Cara Mengelola Multiple WordPress dalam Satu Dashboard

Kelola multiple website Anda dengan mudah hanya melalui satu dashboard dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Menambahkan Situs ke Jaringan Anda

  • Jika Anda sudah mempunyai beberapa website, Anda bisa masuk ke dalam dashboard website WordPress. Caranya:
  • Buka Sites – Klik Add New. Maka akan muncul tampilan kurang lebih seperti di bawah ini!

Anda akan melihat form yang terdiri kolom “Site Address (URL), Site Tittle, Site Language, Admin Email”. Lengkapi kolom di atas sesuai dengan website lain yang Anda miliki. Jika sudah selesai, jangan lupa klik “Add Sites”.

  • Lihat website yang sudah Anda tambahkan dalam tab “All Site”.
  • Anda bisa menambahkan situs website yang Anda miliki dengan cara yang sama. Maka situs yang Anda tambahkan akan berada di satu dashboard. Anda bisa melihat daftar website yang sudah berhasil Anda tambahkan dalam tab “All Site”.

2. Mengaktifkan Plugin untuk Multiple WordPress

Setelah menambahkan jaringan website baru di dalam satu dashboard, kini saatnya mengatifkan plugin yang akan membantu Anda mengelola beberapa webste di dalam dashboard yang sama.

Caranya: Klik tab “Plugin” dan aktifkan jaringan dari tiap-tiap jaringan website yang sudah Anda tambahkan.

Ada beberapa rekomendasi plugin yang cocok untuk multiple WordPress, diantaranya sebagai berikut:

  • ManageWP

ManageWP merupakan plugin premium yang akan mmeberikan Anda fitur-fitur unggulan yang mempermudah dalam mengelola berbagai situs hanya dalam satu dashboard.

Anda juga bisa meningkatkan fitur dengan melakukan upgrade plugin ManageWP. Fitur utama ManageWP yaitu “1-click Login” dan “2-Factor Authentication”.

1-click Login merupakan fitur yang memungkinkan Anda masuk dalam satu dashboard dengan beberapa website di dalamnya.

Sementara fitur 2-Factor Authentication berfungsi untuk melindungi website Anda dari peretasan karena fitur ini akan mengirimkan kode konfirmasi setiap kali Anda melakukan login ke dashboard.

  • JetPack

JetPack merupakan plugin keluaran WordPress.com yang sangat familir.

Plugin ini juga menyediakan fitur pengelola website yang lengkap mulai dari tampilan situs, marketing, keamanan, hingga pengelolaan website multisite atau multiple website WordPress.

Melalui plugin ini Anda bisa mengelola beberapa website di dalam satu dashboard dengan mudah.

Anda juga bisa memperbarui plugin pada website yang berbeda sekaligus dengan fitur auto update. Hal ini tentu akan membuat proses pengelolaan multiple website lebih cepat dan efektif.

Hanya dalam dashboard yang sama, memungkinkan Anda melihat statistik pengunjung dari website yang berbeda-beda.

  • MainWP Dashboard

Plugin selanjutnya yang bisa membantu Anda mengelola multiple WordPress yaitu MainWP Dashboard. Namun plugin ini membutuhkan dukungan MainWP Child yang juga perlu diinstall.

MainWP Dashboard diinstall pada website utama, sementara MainWP Child diinstal pada setiap website yang ingin dikelola. Dengan menggunaan plugin ini, Anda bisa melakukan update plugin dan tema sekaligus.

Selain itu, Anda juga bisa mempublikasikan konten untuk banyak website yang Anda miliki dalam waktu bersamaan.

  • iControl WP

Tak kalah dengan plugin multiple WordPress sebelumnya, iControl WP juga bisa membantu Anda mengelola banyak website dengan mudah dan cepat.

Sama seperti plugin sebelumnya yang memungkinkan untuk melakukan upgrade plugin dna tema sekaligus, iControl WP juga dapat melakukannya.

Tak hanya itu saja, untuk menghindari resiko hilangnya data, plugin ini menyediakan fitur unggulan backup dan restore data yang bekerja secara otomatis.

iControl WP juga dilengkapi dengan fitur support yang bisa Anda gunakan jika mengalami kendala teknis.

  • CMS Commander

Selanjutnya adalah plugin CMS Commander, ini bukan hanya sekedar plugin multiple website.

Namun, memberikan banyak fitur unggulan yang mendukung content marketing.

Plugin ini juga mampu melakukan pembaharuan plugin, tema, software, dan sebagainya hanya dalam satu kali tindakan dan akan upgrade secara otomatis untuk semua website.

Anda juga bisa melakukan pengaturan serendak dengan mengaktifkan Copy Blog Setting. Sementara untuk backup data dapat dilakukan dalam berbagai tempat, karena CMS Commander didukung tempat penyimpanan data mulai dari email, server, FTP, Google Drive, Dropbox, dan Amazon S3.

  • InfiniteWP Client

Terakhir, InfiniteWP Client yang merupakan plugin pengelola multiple WordPress dalam satu dashboard. Plugin ini telah digunakan leh banyak pengguna seperti Honda, IBM, Yoast, hingga United States Postal Service.

Seperti plugin-plugin sebelumnya, InfiniteWP juga mampu melakukan pengelolaan untuk beberapa website sekaligus. Mulai dari pengelolaan laman, post, tautan, hingga komentar hanya melalui satu dashboard.

Selain mengelola multiple website dari satu dashboard, plugin ini juga telah mendukung kebutuhan optimasi SEO. Sehingga membantu Anda memaksimalkan konten agar memiliki rating yang baik dalam mesin pencarian.

Baca Juga : Cara Meningkatkan SEO WordPress

3. Menambahkan Pengguna Baru

Tak hanya dapat menambahkan situs baru, Anda juga bisa melakukan setting untuk menambahkan pengguna baru ke dalam dashboard.

Untuk menambahkan user atau pengguna, Anda bisa masuk ke Dashboard, lalu Klik Users – Add News. Maka akan muncul tampilan sebagai berikut:

Isikan username dan email terkait pengguna yang ingin Anda tambahkan. Kemudian klik “Add User”. Dengan menambahkan user baru, artinya pengguna baru yang Anda tambahkan memiliki akses untuk mengelola situs Anda.

4. Melakukan Konfigurasi Jaringan

Langkah terakhir adalah melakukan konfigurasi jaringan agar semua situs dapat digunakan.

Sebenarnya, tanpa melakukan konfigurasi ini, website multiple sudah bisa dikelola dalam satu dashbord. Namun, tidak ada salahnya melakukan setting jaringan dalam dashboard Anda.

Caranya: masuk ke dashboard Anda lalu buka Settings – Network Setting. Tampilannya kurang lebih seperti di bawah ini:

Tak hanya melakukan konfigurasi jaringan, Anda juga bisa melakukan upgrade jaringan untuk semua website yang telah Anda tambahkan di dalam sat dashboard.

Caranya: Masuk Dashboard – klik tab Upgrade Network – kemudian klik tombol “Upgrade Network”. Tunggu prosesnya selesai dan Anda akan mendapatkan notifikasi setelah upgrade berhasil.

Itulah langkah-langkah cara mengelola multiple WordPress dari satu dashboard.

Semoga cara di atas membantu Anda mengelola sejumlah situs website yang Anda miliki dengan mudah dan efektif. Selamat mencoba.

Leave a Comment