Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Blog Orang Lain

Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Blog Orang Lain – Sebagai pemilik sebuah website atau blog, pastinya kita harus tetap update dengan persaingan yang terjadi di antara para website yang telah bermunculan di dunia maya.

Ya, semakin banyak website bermunculan, maka semakin banyak pula saingan yang harus kita lewati.

Ajang kompetesi-pun akan semakin meningkat dan terkadang rasa penasaran yang sangat besar juga akan muncul di hati sobat untuk membandingkan website atau blog yang kalian miliki dengan situs dari para pesaing.

Salah satu rasa penasaran yang tak bisa dibendung adalah keingin tahuan jumlah pengunjung yang telah mampir ke situs pesaing kita.

Apakah hal itu wajar?

Sebagai manusia, tentunya hal itu sangat wajar – bahkan ada istilah terkenal yang muncul akibat persaingan usaha yang semakin ketat, yaitu rumput tetangga terlihat lebih hijau dari rumah sendiri – janganlah hal ini sampai terjadi, sobat!

Kita memang perlu berjaga-jaga demi mempertahankan peforma dan kualitas situs yang kita pegang, namun jangan sampai kita merasa iri dan dengki terhadap situs milik orang lain.

Mengapa?

Karena pada dasarnya kita semua merupakan orang-orang yang sama-sama berjuang dan berusaha. Kesuksesan situs yang lainnya juga merupakan jerih lelah dari pemilik situs tersebut!

Nah, kali ini, kami akan memberikan trik untuk memuaskan rasa penasaran yang sobat miliki yaitu cara mengetahui jumlah pengunjung blog orang lain.

Ingat, gunakan trik ini bijaksana tanpa melibatkan emosi yang tidak sehat, ya!

Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Blog Orang Lain

Sebenarnya, untuk mengetahui jumlah pengunjung pada website kepunyaan orang lain, sobat sekalian telah disediakan aplikasi yang khusus diciptakan untuk tujuan yang satu ini.

Ada dua aplikasi yang bisa kalian semua coba, yang pertama bernama statshow dan yang kedua memiliki nama similarweb.

Nah, jadi, pembahasan kita kali ini akan berfokus pada cara penggunaan dari kedua aplikasi ini.

Kalian hanya cukup mengakses kedua situs di atas dan mengikuti setiap langkah yang akan kami jelaskan dan setelah secara otomatis kalian mendapatkan informasi yang kalian ingin. Tanpa berlama-lama, mari kita simak bersama!

1. Statshow

Statshow
Statshow

Pertama-tama masuklah menuju website resmi dari Statshow, yaitu: Statshow.com.

Setelah membuka website ini, kalian akan disuguhkan dengan homepage yang berisikan berbagai informasi features yang disediakan oleh website tersebut.

Tak hanya itu, di halaman utama kalian juga dapat melihat recent list dari website-website yang baru dilihat oleh para pengguna Statshow.

Lalu, bagaimana cara penggunaan dari situs ini?

Kalian lihat bagian atas dari halaman utama Statshow, disana kalian akan menemukan kolom pencarian; yang harus kalian lakukan adalah mengetik atau mengisi kolom tersebut dengan nama website yang hendak kalian ketahui jumlah pengunjungnya, dan setelahnya tinggal tekan tombol search.

Perlu kalian ketahui, situs ini tidak hanya menunjukkan jumlah atau banyaknya pengunjung pada website yang bersangkutan, namun hasil yang keluar juga akan menunjukkan berbagai informasi lainnya, seperti: halaman yang dilihat oleh pengunjung (pageview), jumlah pengunjung (visitors), taksiran penghasilan yang diperoleh oleh sang website melalui iklan (Ads Revenue), dan yang terakhir adalah harga dari sang website bila website tersebut dijual (Website Worth).

Terlebih lagi, kalian juga akan mendapat berbagai infomasi dari sang pemilik website seperti halnya foto, sosial media, dan lain sebagainya.

Namun, kelemahan dari situs ini adalah ketidakmampuan pendeteksian website yang masih memakai domain bawaan. Tapi selebihnya, kalian bisa menggunakan jasa situs ini dengan gratis!

2. Similarweb

Similarweb
Similarweb

Untuk mengakses situs yang satu ini, kalian langsung bisa menuju ke Similarweb.com.

Tidak hanya berhenti pada website, namun kalian juga bisa menganalisis aplikasi-aplikasi lain menggunakan similarweb.

Berbeda dengan Statshow yang terbatas hanya pada webstite yang tidak memakai domain bawaan, di Similarweb kalian bahkan bisa mengakses berbagai website yang mamakai domain bawaan!

Langkah selanjutnya sama persis dengan cara penggunaan Statshow, kalian tidak mencari kolom pencarian yang terletak pojok kanan atas, dan selanjutnya yang perlu kalian lakukan adalah mengisi kolom tersebut dengan nama website yang ingin kalian analisa.

Satu lagi kelebihan dari situs ini adalah keakuratan data analisa yang disediakan.

Selanjutnya, data yang akan diberikan oleh SImilarweb tidak hanya berhenti pada jumlah visitors atau pengunjung dari website yang ditargetkan, namun juga beberapa hal lainnya seperti: asal atau sumber dari pengunjung website tersebut (Traffic Sources), berbagai website yang mereferensikan atau merekomendasikan website target (Referrals), halaman apa saja yang telah dilihat oleh para pengunjung (Audience Interest), dan sobat akan mendapatkan referensi mengenai berbagai website yang serupa dengan website target (Similar Sites).

Inilah dua situs yang membantu sobat sekalian untuk menganilisa jumlah pengunjung pada sebuah website yang kalian targetkan.

Tenang saja, keduanya menyediakan layanan gratis maupun berbayar. Jadi, keputusan terakhir semuanya tergantung dari sobat sendiri. Selamat menggunakan!

Leave a Comment