4 Cara Mengetahui Pencuri Konten Artikel Blog

Cara Mengetahui Pencuri Konten Artikel Blog – Seakan menjadi kebutuhan primer bagi sebagian besar masyarakat, saat ini internet semakin banyak digunakan oleh kalangan masyarakat kita.

Maraknya penggunaan internet saat ini merupakan sebuah arti bahwa manfaat internet semakin dirasakan oleh masyarakat.

Internet menjadi digemari masyarakat karena melalui internet orang-orang mendapatkan banyak informasi yang hampir tanpa batas sesuai kebutuhannya mulai dari hobi, kesehatan, bisnis dan lain-lain.

Hal ini dikarenakan setiap orang selalu membutuhkan informasi.

Orang dapat dengan mudah menemukan apa yang dicarinya dengan hanya mengetikkan suatu kata kunci tertetentu dalam search engine seperti google.

Internet seakan sebagai sebuah jendela dunia dimana orang dapat mengetahui apa yang sedang terjadi di belahan dunia lain dalam waktu yang relatif singkat dan mendapatkan berbagai berita terkini serta berbagai pengetahuan baru.

Berbagai macam pengetahuan, berita serta informasi yang didapat melalui internet didukung oleh bebagai macam media yang terdapat di internet seperti media jejaring sosial, portal berita, blog ataupun melalui forum sebagai tempat berdiskusi. (Baca : Cara Membuat Forum WordPress)

semakin banyak orang yang ingin berlomba memberikan informasi agar dapat diterima oleh pengguna internet yang lain melalui berbagai macam media dan fasilitas yang didapat melalui internet tersebut.

Berbagai informasi yang diberikan tersebut dapat berupa sebuah berita, pandangan dan pemikiran, serta pengetahuan dan pengalaman si penulis.

Berbagai macam fasilitas yang dapat memberikan kemudahanpun semakin diminati bagi para pengguna internet,baik kemudahan bagi para pencari informasi maupun kemudahan dari para pemberi informasi.

Banyak orang menggunakan blog atau website pribadi untuk mencari dan mendapatkan informasi, Hal ini dikarenakan bagi para penulis blog atau website dapat leluasa mengungkapkan dan menuangkan hasil olah pemikirannya.

Cara dan gaya penyampaian informasi yang berupa artikel pun berbeda dan mempunyai bahasa dan keunikannya sendiri.

Seseorang yang mempunyai keahlian di bidang tertentu akan membuat blog atau website tentang bidangnya dengan memberikan penjelasan secara detail dan spesifik.

Berdasarkan hal tersebut,maka hal ini menyebabkan mengapa blog dibaca dan diminati oleh para pencari informasi.

Maka tak heran, banyak sekali pencuri konten yang bermunculan mencuri konten-konten di blog yang tersedia.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai cara mengetahui pencuri konten artikel pada blog Anda. Simak penjelasan berikut ini!

Pengertian Blog

Sebelum melangkah pada penjelasan tata cara untuk mengetahui pencuri konten artikel blog, mari kita jelaskan terlebih dahulu pengertian dari blog itu sendiri.

Blog adalah platform khusus yang memudahkan kita untuk tetap menambahkan jurnal atau artikel secara berkala berdasarkan waktu dan orang lain bisa memberikan komentar pada setiap jurnal atau artikel.

Sumber lain juga menjelaskan, Blog adalah sebuah singkatan dari website log yang merupakan jurnal, artikel atau informasi online dibuat berurutan berdasarkan tanggal penerbitan, dengan konten terbaru berada di urutan teratas.

Baca Juga : Pengertian Autoblog Adalah

Beberapa fungsi dari blog sendiri diantaranya adalah:

  • Kemudahan dalam menyajikan atau berbagi informasi untuk orang lain melalui internet.
  • Perusahaan bisa memberikan wawasan dan informasi terbaru untuk klien dan pelanggannya sekaligus menjalankan content marketing untuk calon pelanggan.
  • Melalui blog, pengguna bisa saling berinteraksi dengan Anda atau bisnis Anda.
  • Promosi atau memasarkan sebuah produk atau jasa.
  • Mengekspresikan pemikiran atau opini.
  • Untuk meningkatkan kemampuan menulis (copywriting).
  • Membangun personal branding.
  • Membangun relasi dengan blogger lain.
  • Bisa mendapatkan uang dari internet melalui blog. Ini yang paling populer baik di dunia maupun di Indonesia sendiri.

Cara Mengetahui Pencuri Konten Artikel Blog

Berikut ini adalah tata cara yang bisa Anda praktikan untuk mencari tahu pencuri konten artikel blog Anda:

1). Lakukan Pencarian dengan Judul Lengkap

Cara yang pertama adalah Anda dapat mengandalkan google search engine untuk mengetahuinya, baik melalui google web maupun google blog. (gunakan yang co.id ya).

Cukup ketikkan saja judul artikel yang ingin anda ketahui apakah dicuri atau tidak.

Ini karena para pencuri konten ini justru sebenarnya memiliki indeks Google yang sangat baik, pageranknya lumayan.

Lalu ingat, judul bisa saja berbeda dan mengalami perubahan, jadi apabila anda menemui judul yang berbeda saja sedikit, usahakan untuk tetap mengeceknya.

2). Lakukan Pencarian dengan Kalimat

Cara yang kedua untuk mengetahui siapa pencuri konten artikel blog, Anda juga dapat melakukan pencarian dengan menggunakan beberapa baris kalimat kata kunci atau query yang unik yang terdapat dalam konten yang ingin Anda cari duplikatnya.

Caranya adalah dengan mengambil satu baris kalimat atau kata-kata pada artikel yang dicurigai memiliki salinan (duplikat), kemudian pastekan pada address bar.

Trik ini memberikan hasil cukup memuaskan untuk menemukan dan mengetahui ada atau tidaknya duplikasi pada konten kita.

3). Lakukan Pencarian dengan Perintah “intitle”

Gunakan perintah pencarian seperti berikut:

intitle: judul artikel/halaman yang ingin dilacak (tulis lengkap sama persis)

4). Gunakan Perintah “inurl”

Caranya silakan buka artikel yang ingin ditemukan duplikatnya, lalu copy URLnya.

Demikianlah penjelasan mengenai tata cara untuk mengetahui pencuri konten artikel blog. Semoga penjelasan ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Baca Juga : Cara Membuat Artikel Berkualitas

Leave a Comment