7 Cara Menggunakan Kartu Kredit Secara Aman

Sistem kartu kredit merupakan salah satu jenis penyelesaian transaksi ritel (retail) dan sistem kredit, yang berasal dari kartu plastik, diterbitkan kepada pengguna sistem keuangan pribadi tersebut.

Satu kartu kredit berbeda dengan kartu debit karena penerbit kartu kredit dapat meminjamkan kepada konsumen sejumlah uang dan bukan mengambil uang pribadi mereka dari rekening.

Pada umumnya kartu kredit mempunyai bentuk dan ukuran sama, seperti yang telah dispesifikasikan oleh standar ISO 7810.

Namun anda perlu berhati – hati di dalam menggunakan kartu kredit supaya tidak melampaui batas – batas peminjaman yang telah ditetapkan oleh bank penerbit kartu tersebut.

Cara Menggunakan Kartu Kredit Secara Aman

Tips – tips di bawah ini dapat membantu anda untuk mengatur penggunaan kartu kredit supaya sistem keuangan pribadi anda berjalan sehat dan aman.

Berikut adalah Cara Menggunakan Kartu Kredit Secara Aman :

1). Memakai kartu pembayaran prabayar

Kartu ini adalah sebuah kartu khusus dengan jumlah nilai ditentukan dalam bentuk voucher sebagai salah satu alat pembayaran pengganti kartu kredit.

Caranya, anda tinggal masukkan nomor kartu pada situs toko online.

Kartu jenis ini cukup aman digunakan karena mempunyai jumlah nilai tidak terlalu besar dan pada umumnya hanya sekali pakai.

Kelemahannya adalah kartu tidak dapat diterima secara luas dan bebas oleh masing – masing situs tempat pembelian kartu, jadi hanya fokus di tempat – tempat tertentu saja.

2). Memakai pembayaran pihak ketiga, seperti PayPal, e – Gold dan lain -lain.

Pertama anda harus mendaftar sebagai anggota PayPal, lalu masukkan sejumlah dana ke rekening anda di PayPal dengan menggunakan kartu kredit biasa.

Namun, walaupun anda sudah memakai kartu kredit, situs seperti PayPal dijamin aman.

Apabila hendak membayar ke situs toko online, dapat dilakukan dengan cara transfer dari rekening anda di PayPal.

Tetapi situs penjual harus memiliki rekening PayPal, karena dewasa ini ada beberapa web yang menyediakan fasilitas pembayaran lewat PayPal.

Sehingga anda tidak membutuhkan untuk memasukkan kartu kredit pada semua situs terutama situs – situs yang baru dikenal supaya lebih aman.

3). Pakailah browser internet dengan fitur keamanan terbaru.

Teknologi di dalamnya seperti SSL (Secure Sockets Layer) mampu menyimpan data untuk diamankan dengan memakai teknologi yang disebut enkripsi.

Perangkat lunak dalam enkripsi bisa mengacak data yang sedang dikirim dengan satu kode khusus yang hanya dibuat untuk si pemilik kartu.

Ketika data sampai ditujuan, software yang sama akan mengembalikan data acak kebentuk aslinya. Tanda bahwa anda berada dalam situs aman adalah alamat web diawali dengan https://.., atau tanda s adalah secure (aman).

Juga pada bagian bawah browser terlihat ikon gembok yang terkunci. Jika belum ada tanda – tanda tersebut, kemungkinan anda salah bertransaksi dengan situs yang kurang aman.

Artinya data anda kemungkinan diketahui oleh mereka yang kurang bertanggung jawab.

4). Perhatikan logo – logo sertifikat keamanan suatu situs.

Logo keamanan dikeluarkan oleh perusahaan independen yang sebelumnya telah memeriksa keamanan satu situs tertentu.

Logo menandakan bahwa situs ini telah dinyatakan aman.

Dengan mengklik logo tersebut, anda akan memperoleh informasi detail tentang suatu situs.

Ini dilakukan bertujuan supaya anda terhindar dari upaya pemasangan logo palsu oleh pihak – pihak yang kurang bertanggung jawab.

 5). Pergunakan hanya satu kartu untuk setiap transaksi online.

Walaupun anda sudah mempunyai 10 kartu kredit, usahakan satu yang sering dipakai buat berbelanja online.

Karena selain menghindar dari kemungkinan kartu kredit anda akan disalahgunakan oleh pihak – pihak yang tidak berwenang, juga supaya anda memiliki cukup waktu di dalam memeriksa secara detail tagihan – tagihan kartu kredit belanja online.

6). Hindari mengirimkan data – data penting lewat e – mail.

Karena e – mail tersebut kemungkinan berasal dari penipu, sebab sudah menjadi aturan umum bahwa situs yang sah dan benar tidak akan meminta anda untuk mengirim data penting melalui e – mail.

7). Simpan bukti – bukti transaksi intenet anda dalam bentuk file.

Karena saat anda menerima tagihan, periksa sekali lagi bahwa tidak ada transaksi yang salah atau tidak anda kenal.

Lepas dari tujuh hal penting tersebut di atas yang patut anda ketahui, sekarang adalah waktu yang tepat buat membuktikan bahwa pemakaian kartu kredit dengan benar ternyata memberikan keuntungan banyak dan bertanggung jawab dalam suatu transaksi online.

Nah itulah 7 Cara Menggunakan Kartu Kredit Secara Aman yang harus kita perhatikan. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

×

Ikuti Kami di Facebook