5 Cara Mengoptimalkan Facebook Page Untuk Meningkatkan Penjualan

Cara Mengoptimalkan Facebook Page – Tidak dapat dipungkiri bahwa media sosial bisa menjadi sarana yang efektif untuk meningkatkan bisnis Anda.

Terdapat berbagai cara untuk mendapatkan pelanggan, salah satunya yaitu dengan mempromosikan bisnis secara online melalui media sosial.

Di Indonesia sendiri, salah satu  jejaring sosial yang memiliki banyak pengguna adalah Facebook.

Dilansir dari kompas.com, jumlah pengguna aktif bulanan Facebook di Indonesia mencapai 82 juta orang pada tahun 2015. Jumlah tersebut merupakan pengguna yang mengakses Facebook paling tidak satu kali dalam waktu satu bulan.

Dengan tingginya pengguna Facebook di Indonesia, banyak pelaku usaha menggunakan Facebook untuk keperluan bisnis online.

Anda dapat menggunakan dua fitur di Facebook seperti Facebook ads dan Facebook page.

Kedua fitur ini memiliki fungsi yang sama. Bedanya, Facebook ads adalah fitur berbayar yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha.

Namun jika Anda pebisnis yang baru terjun dan belum memiliki dana untuk fitur Facebook ads, Anda tidak perlu khawatir.

Ada satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mempromosikan produk atau jasa Anda dengan menggunakan Facebook Page dengan cuma-cuma.

Mengapa Facebook Fanpage?

Alasannya karena akun Facebook pribadi hanya terbatas untuk 5000 teman, sedangkan untuk Fanpage tidak terhingga.

Baca Juga : Dampak Negatif Membeli Followers Media Sosial

Cara Mengoptimalkan Facebook Page Untuk Meningkatkan Penjualan

Artikel ini akan membahas cara-cara bagaimana untuk mengoptimalkan Facebook page  untuk meningkatkan penjualan.

1. Posting Konten yang Bermanfaat dan Berkualitas

Facebook page merupakan satu fitur yang dapat digunakan oleh pengguna untuk meningkatkan performa bisnis Anda di media sosial.

Konten yang bermanfaat juga berkualitas akan membuat pengguna Facebook tertarik untuk mengunjungi Facebook page Anda.

Para pengguna Facebook beranggapan bahwa Facebook page dikelola oleh tim profesional. Hindari menjiplak postingan orang lain.

Buatlah yang baru dan menarik untuk dibaca. Anda juga harus menghindari mempromosikan produk atau jasa Anda secara terus menerus.

Pengguna akan bosan melihat halaman Facebook Anda. Anda juga harus mengikuti trend yang ada.

Anda dapat memanfaatkan informasi yang sedang viral untuk mencuri perhatian pengguna.

2. Waktu Posting yang Rutin

Memposting artikel secara rutin merupakan salah satu cara untuk mengoptimalkan Facebook page.

Mulailah membuat satu konten per hari dan lakukan dengan konsisten. Hal ini dapat meningkatkan performa komunitas secara bertahap.

Facebook juga menyediakan fitur penjadwalan otomatis, sehingga ketika Anda tidak ada waktu untuk menulis konten di Facebook page Anda, konten yang sudah dijadwalkan akan diposting secara otomatis oleh Facebook.

Fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan penjadwalan dari 40 menit hingga 6 bulan kedepan. Posting secara konsisten dan teratur untuk menunjukan profesionalisme bisnis Anda.

3. Interaksi Langsung dengan Fans

Untuk mempertahankan fans yang Anda punya di Facebook page Anda, berinteraksilah dengan mereka secara langsung.

Jangan lupakan fakta bahwa Facebook page Anda merupakan penghubung antara Anda dengan pengguna Facebook yang menyukai page Anda.

Jangan menjadi robot dan aktiflah membangun komunikasi dan bercakap-cakap dengan fans dari page Anda.

Analisa audiens dan pastikan Anda sesuaikan bahasa Anda saat berinteraksi dengan mereka.

Ketahui jenis kelamin, lokasi dan usia fans yang Anda punya untuk mengefektifkan pengaruh dari setiap konten yang Anda buat.

4. Menjunjung Profesionalisme

Para pengguna Facebook beranggapan bahwa Facebook page dikelola oleh tim profesional.

Maka Anda pun harus bersikap secara profesional dalam mengelola Facebook page Anda. Untuk menjadi professional dalam membuat konten dan mengelola Facebook page pasti membutuhkan waktu.

Postinglah secara konsisten dan berinteraksi dengan fans untuk membentuk diri Anda menjad lebih baik dan profesional.

Jauhi dalam membuat konten yang melanggar SARA dan isu-isu yang pantang untuk disebarluaskan.

5. Uji Format Secara Rutin

Facebook page merupakan tempat yang cocok bagi Anda untuk menguji berbagai cara baru untuk jenis konten, deskripsi, tagar, link dan yang lainnya.

Ini bisa ditujukan untuk melihat jenis postingan yang sesuai dengan bisnis Anda.

Melalui dashboard page, kita dapat menganalisis metriks yang paling penting contohnya efektifitas suatu konten dan informasi demografis.

Seiring berjalannya waktu, kita akan mendapatkan pelajaran dan pengalaman penting. Lakukan secara berulang dan rutin konsisten untuk mengukur efektifitas dan efesiensi yang sempurna.

Yang telah dibahas diatas merupakan beberapa tips yang Anda bisa lakukan untuk mengoptimalkan Facebook page dalam meningkatkan penjualan produk.

Jika dimanfaatkan dengan baik dan optimal, fitur dari Facebook ini bisa memiliki pengaruh yang positif terhadap bisnis yang Anda bangun.

Banyak sekali pelaku bisnis yang memanfaatkan fitur ini. Anda tidak perlu menjadi seorang ahli untuk memaksimalkan fitur yang dimiliki Facebook ini.

Aplikasikan tips yang telah dijelaskan untuk membuat Facebook page Anda menjadi semakin berkualitas dan menarik perhatian pengguna Facebook sehingga dapat memaksimalkan post engagement dan post reached.

Baca Juga : 6 Indikator Mengukur Kepuasan Pelanggan

Leave a Comment