6 Cara Meningkatkan Jumlah Pageview Blog

Cara Meningkatkan Jumlah Pageview Blog – Meningkatkan pageview merupakan harga mati bagi seorang blogger.

Di sini lah kemajuan blog dipertaruhkan. Terlalu banyak blogger yang dibuat frustasi oleh pageview yang kian merosot dari waktu ke waktu.

Bahkan segala cara telah dilakukan asalkan pageview blog ‘membengkak’. Entah dengan teknik wajar atau pun yang abnormal.

Agar pageview meningkat, penulis sarankan pilih jalan yang benar. Disamping lebih aman, kesehatan blog juga akan terpelihara untuk jangka panjang.

Viewer atau jumlah tayangan / jumlah tampil artikel pada sebuah blog dihitung berdasarkan jumlah pengunjung pada blog yang membaca artikel yang anda sajikan tersebut, semakin banyak trafik sebuah blog maka viewerpun akan semakin tinggi.

Perlu diingat bahwa viewer artikel berbeda dengan visitor blog, dan biasanya viewer setidaknya sama atau lebih besar dari visitor blog.

Pada artikel ini, penulis akan membahas mengenai cara meningkatkan jumlah pageview pada blog Anda. Simak penjelasan berikut ini!

Terdapat 3 hal penyebab pageview tak mampu menyentuh level tinggi, antara lain :

  • Konten bagus tapi tidak menarik
  • Konten menarik tapi susah di mengerti
  • Konten bagus dan menarik tapi kurang promosi

Cara Meningkatkan Jumlah Pageview Blog

1). Rotasi internal link

Seperti kita tahu, tiap-tiap artikel pada blog memiliki jumlah kunjungan yang berbeda-beda.

Kelompok kan artikel dengan pageview yang tinggi dan yang rendah. Setelah itu rotasi internal link nya. Caranya cukup mudah.

Tempatkan link dari artikel ber-pageview rendah pada artikel yang memiliki pageview tinggi.

Pecah secara merata. Usahakan tiap link yang dirotasi, memiliki konektivitas topik yang masih sama.

Dan ingat, cukup 2 link per artikel. Setelah itu jangan lupa, submit kembali artikel Anda agar perubahan cepat ter-indeks oleh Google.

Baca Juga : Strategi Menggunakan Internal Link

2). Pengaturan widget popular post

Widget juga bisa kita pakai sebagai ajang promosi kecil-kecilan untuk artikel kita dalam menjaring pageview dari visitor.

Namun sayangnya, banyak blogger yang tidak tahu manfaat ini. Karena itu lebih disarankan untuk menampilkan 10 artikel pada widget ini.

Tentunya agar artikel lebih banyak ter-ekspos oleh visitor.

Pada pengaturan konfigurasi popular post pilih opsi “30 hari terakhir” atau “7 hari terakhir” pada pilihan menu “paling banyak di kunjungi”.

Kedua opsi tersebut memungkinkan perubahan artikel pada widget yang berlangsung secara dinamis mengikuti perubahan statistik artikel pada blog.

3). Buang atau daur ulang artikel tidak laku

Setiap blog pasti memiliki artikel yang tidak laku di pasaran. Indikasi nya bisa dilihat dari pageview pada statistik artikel tersebut.

Pilih mana saja artikel di blog kamu yang pageview nya paling rendah. Anda punya 3 pilihan : hapus, update atau daur ulang artikel tersebut.

Untuk menambah jumlah pageview, penulis sarankan untuk mendaur ulang kembali artikel tersebut agar lebih ‘menjual’.

Caranya sangat mudah. Baca artikel penulis tentang mengubah artikel standar menjadi spesial.

Baca Juga : Alasan Mengapa Perlu Update Postingan Lama

4). Modifikasi KATA pada tag menu navigasi

Tidak hanya judul yang harus punya daya tarik. Kata pada tag menu navigasi pun perlu Anda modifikasi agar lebih punya daya pesona.

Tag-tag pada menu navigasi merupakan pintu masuk bagi visitor menuju artikel Anda yang lain.

Tag ini berbeda dengan label. Kita bisa memodifkasi nya melalui edit html. Untuk itu dibutuhkan sedikit pengetahuan tentang cara mengutak-atik template.

Sebagai contoh, tag tentang ‘blogging’ bisa kita ubah menjadi “jurus jitu ngeblog” atau “tutorial ngeblog” dan sebagai nya sesuai kreasi Anda.

Intinya, buat pengunjung penasaran dengan isi pada tag tersebut melalui kata yang ditampilkan.

5). Label yang menarik

Disini maksudnya bukan tampilan widget labelnya yang menarik. Kekuatan kata pada label, itu yang terpenting.

Seperti yang penulis sebutkan di atas, label berbeda dengan tag menu navigasi.

Agar menarik pengunjung trik nya hampir sama, yaitu dengan “mempercantik” kata. Untuk label, cara modifikasi nya melalui edit pada entri dasbor.

Bisa juga dilakukan saat kita membuat postingan. Pada entri label, buat kata yang benar-benar bisa memancing pengunjung.

6). Buat artikel dari konten popular

Pilih konten yang paling populer pada blog Anda, bisa 2, 3 atau 5 artikel. Lalu buat artikel dengan topik yang serupa namun tidak sama atau istilahnya keyword turunan.Dari situ kita bisa mendongkrak pageview.

Caranya, tempatkan link dari artikel yang baru pada konten terpopuler yang telah Anda pilih.

Agar visitor merasa tidak “tertipu”, usahakan link memiliki korelasi yang kuat. Jangan memakai cara lama untuk memasang internal link.

Baca Juga : Cara Membuat Konten Viral

Gunakan kalimat yang jelas dan langsung mengarah ke link yang dimaksud. Untuk menaikkan pageview, selama ini kita hanya terpaku pada judul artikel dan hanya fokus pada konten.

Secara tidak sadar, kadang kita meremehkan hal-hal kecil yang ada pada blog, seperti label, widget popular post, tag menu navigasi dan beberapa fungsi lain nya.

Demikianlah penjelasan mengenai tata cara meningkatkan jumlah pageview pada blog Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Leave a Comment