11 Cara Meningkatkan Ranking Alexa Blog

Cara Meningkatkan Ranking Alexa Blog – Apa yang terlintas di pikiran ketika mendengar kata “Alexa Blog”? Bagi blogger pemula mungkin masih merasa sedikit kebingungan dengan Alexa Blog.

Alexa blog merupakan bagian dari perusahaan Amazon.com yang hadir untuk memberikan pelayanan tentang traffic web dan seluruh kegiatan komersil bagi blog.

Dengan kehadiran Alexa, blogger dapat memantau peringkatnya di mesin pencarian hingga melihat seberapa banyak pengunjung website yang dimiliki.

Seberapa pentingnya peningkatan ranking pada Alexa Blog?

Penting atau tidaknya ranking sebuah blog tergantung pada tujuan blog itu sendiri. salah satu tujuan peningkatan ranking adalah untuk kebutuhan komersil.

Lebih lagi jika blogger menggunakan blog untuk mempromosikan produk atau layanan untuk mendapatkan pelanggan.

Cara Kerja Alexa

Berdasarkan apa yang dijelaskan oleh Alexa itu sendiri, perhitungan peringkat atau ranking Alexa blog didasari oleh jumlah pengunjung dan page view di setiap harinya. Peringkat tersebut diakumulasi pada setiap tiga bulan sekali.

Dari mana data tersebut diperoleh?

Data-data diperoleh dari total pengguna search engine yang terdapat pemasangan Alexa padanya. Di sini, Alexa bekerja untuk me-maintenance website yang dianggap bias.

Lalu, bagaimana cara meningkatkan ranking Alexa blog?

Agar peringkat blog Anda dapat terpantau secara maksimal, Anda dapat menerapkan cara meningkatkan ranking Alexa blog berikut ini.

1. Instalasi Toolbar

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk meningkatkan ranking Alexa blog adalah menginstalasi toolbar Alexa.

2. Widget Alexa

Setelah menginstalasi Alexa toolbar, jangan lupa untuk memasang Alexa widget rank. Nantinya, setiap klik yang menyentuh blog Anda akan dihitung sebagai pengunjung blog.

3. Sosialisasi

Ketika Anda menginstalasi toolbar Alexa untuk meningkatkan ranking Alexa blog, jangan lupa untuk mensosialisasikannya kepada teman-teman atau blogger lainnya.

Dalam hal ini, Anda diperbolehkan untuk mengiming-imingi agar mereka tertarik menggunakan Alexa.

4. Tempat Kerja

Jika Anda memiliki perusahaan atau bekerja di kantor, manfaatkan momen tersebut untuk melakukan instalasi toolbar Alexa pada semua komputer yang ada.

Setelah itu, jadikan website Anda sebagai homepage pada browser yang digunakan di tempat kerja Anda.

5. Konten blog

Salah satu cara untuk meningkatkan ranking Alexa blog adalah dengan membuat konten atau tulisan blog tentang Alexa itu sendiri.

Lebih lagi, tulisan tersebut juga akan menjadi rujukan oleh pengguna blog atau website lainnya.

6. Promosi

Setelah melakukan instalasi, Anda juga diharuskan untuk mempromosikan URL blog Anda kepada para webmaster atau forum terkait.

Ini termasuk langkah yang dapat dilakukan agar blog atau web Anda semakin dikenal dan ramai pengunjung.

7. Webmaster

Selain menulis konten-konten terkait Alexa blog, Anda juga disarankan untuk menulis konten-konten tentang webmaster.

Tentunya ini akan sangat menarik perhatian para webmaster untuk mengunjungi web atau blog yang Anda miliki.

Sehingga, Anda berkemungkinan untuk mendapatkan kunjungan dari berbagai domain yang berbeda.

8. Webmaster Tool

Setelah mengetahui bahwa web atau blog Anda sering dikunjungi oleh webmaster, tidak ada salahnya untuk memfasilitasi mereka dengan menghadirkan webmaster tool.

Selain itu, Anda juga berpeluang untuk mendapatkan kunjungan webmaster yang lebih banyak lagi.

9. Kategori

Ketika Anda memanfaatkan toolbar Alexa, jangan lupa untuk membuat kategori Alexa.

Manfaatkan toolbar tersebut sebagai wadah untuk menyertakan artikel atau berita Alexa di dalamnya. Ini juga akan meningkatkan daya akses blog atau website yang Anda miliki.

10. Update

Setelah Anda melakukan poin-poin yang sudah dibahas sebelumnya, jangan lupa untuk stay up to date.

Tidak menutup kemungkinan jika ranking Anda mengalami penurunan meskipun sudah mencapai puncak tertinggi sekalipun apabila Anda tidak memperhatikan website Anda

Perlu diingat bahwa web atau blog yang aktif akan selalu mengundang pengunjung bahkan dinanti-nantikan update-annya oleh pengunjung setia.

Dengan begitu, peringkat Alexa Anda tetap terjaga bahkan menjadi lebih tinggi.

11. Backlink dan Konten yang berkualitas

Selain berfokus pada pembuatan konten, jangan lupa menyertakan backlink yang juga berguna untuk meningkatkan view page. Pastikan seluruh backlink dan  konten yang Anda buat memiliki kualitas yang baik.

Baca Juga : 12 Ciri dan Kriteria Backlink Berkualitas

Keakuratan Alexa Rank

Bagi mereka yang awam dalam dunia web atau blog, keakuratan ranking Alexa blog pasti menjadi hal yang dipertanyakan.

Penting atau tidaknya Alexa blog terganting pada paradigma para webmaster. Terdapat beragam pendapat tentang hal ini.

Ada yang menganggap bahwa ranking Alexa blog dapat dipercaya dan ada juga yang menggabungkan penggunaannya dengan Google Analytics.

Terdapat penilaian tentang bagaimana kinerja Alexa Blog dalam mengumpulkan data. Seperti yang sudah dibahas di atas, Alexa bekerja dengan mengumpulkan data-data berdasarkan search engine yang digunakan.

Namun, ada yang berkilah bahwa data tersebut tidak akurat. Ini karena jumlah pengguna extension Alexa script masih terbatas.

Perhitungan jumlah tersebut dinilai belum transparan karena hanya didasari oleh hitungan pengunjung web atau blog pada tiga bulan terakhir saja.

Nah, itulah sedikit ulasan tentang meningkatkan ranking pada Alexa blog. Terlepas dari kekurangannya, minimal hal ini digunakan sebagai acuan pencapaian page view blog hingga bahan evaluasi terhadap kekurangan blog Anda.

Baca Juga : 5 Jenis CMS Blog Paling Terkenal

Leave a Comment