6 Cara Optimasi Channel Youtube Agar Cepat Berkembang

Joko Warino

Cara Optimasi Channel Youtube Agar Cepat Berkembang

Tahukah Anda Cara Optimasi Channel Youtube Agar Cepat Berkembang? Youtube saat ini menjadi salah satu sosial media yang paling populer di dunia termasuk di Indonesia.

Menurut data yang dirilis pada awal tahun 2021, saat ini ada sekitar 170 juta pengguna aktif di youtube atau 94% dari total pengguna  internet di Indonesia yang jumlahnya hampir 182 juta.

Fakta ini menjadi alasan kenapa kemudian youtube menjadi media yang menguntungkan secara bisnis.

Selain menjadi youtuber untuk bisa menghasilkan uang, youtube juga bisa digunakan oleh pelaku usaha untuk memasarkan bisnisnya.

Banyaknya penggunan aktif yang menggunakan youtube setiap harinya menjadikan peluang untuk video ditonton semakin besar. Namun pada kenyataan untuk bisa mencapai hal tersebut tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Banyaknya video yang di upload setiap harinya menimbulkan persaingan dalam menarik penonton.

Apalagi youtube mempunyai cara kerja seperti google, dimana sebuah video harus memenangkan persaingan hasil pencarian di youtube.

Lalu bagaimanakah untuk bisa kuat bersaing di mesin pencarian agar video dapat muncul di halaman teratas? Jawabannya adalah dengan melakukan optimasi pada video youtube.

Dengan melakukan optimasi yang tepat pada video maupun channel youtube, kamu bisa memenangkan persaingan dan videomu akan dapat tampil di halaman teratas.

Dengan tampil di halaman teratas maka peluang videomu menghadirkan banyak penonton akan semakin terbuka lebar.

Baca Juga : Cara Download Video Dari Facebook Dengan Mudah

Cara Optimasi Channel Youtube Agar Cepat Berkembang

Lalu bagaimanakah cara optimasi channel di youtube? Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa digunakan:

1. Riset Keyword dan Fokus Pada Keyword Tertentu

Banyak youtuber pemula yang abai dengan hal ini, padahal keyword menjadi hal yang sangat penting dalam optimasi sebuah channel di youtube.

Keyword yang tepat akan menjadi kekuatan bagi sebuah channel video di youtube untuk dapat bersaing di halaman teratas pencarian dari youtube.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam riset keyword, yaitu:

  • Temukan keyword sesuai dengan niche
  • Menganalisis trend terbaru
  • Koleksi kata kunci di google

Cara-cara tersebut bisa dilakukan dengan bantuan-bantuan aplikasi riset keyword sehingga akan lebih memudahkan

2. Optimasi Judul dan Deskripsi

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan optimasi pada judul maupun deskripsi video yang di upload.

Tips agar judul mampu bersaing di kolom pencarian adalah dengan menyertakan keyword di dalam judul.

Selain itu pada deskripsi juga sertakan kata kunci pada kalimat awal. Sebenarnya cara kerja ini mirip dengan melakukan optimasi artikel pada suatu blog.

Sehingga untuk yang sudah terbiasa dengan optimasi website maka tinggal melakukan penyesuain saja untuk melakukan optimasi channel youtube ini.

Isilah bagian deskripsi dengan kesimpulan dari video yang dibuat sehingga akan lebih memudahkan dan meyakinkan penonton.

3. Buat Thumbnail yang Menarik

Ketika video bisa berada di pencarian teratas, maka untuk bisa menarik penonton agar membuka video tersebut adalah dengan memberi tampilan thumbnail yang menarik.

Thumbnail bisa dibilang akan memberikan kesan pertama bagi pengguna youtube apakah video tersebut harus ia tonton atau tidak. Maka dari itu desain thumbnail sebaik dan semenarik mungkin.

Tulis judul atau keterangan yang menarik pada thumbnail dengan ukuran font yang dapat terbaca jelas.

Banyak youtuber yang sudah berhasil dengan menerapkan cara ini walaupun tak jarang juga mereka membuat thumbnail yang berlebihan dan tidak sesuai dengan isi dalam videonya.

Namun walau bagaimanapun cara ini memang sangat ampuh dalam optimasi channel dan video di dalam youtube.

4. Berikan Tag dan Hashtag yang Tepat

Tag bisa membantu google dan youtube dalam untuk memahami konteks dari video yang kamu buat.

Maka selain dimasukkan ke dalam judul dan deskripsi, keyword juga perlu untuk dimasukkan ke dalam tag agar optimasi channel youtube bisa berjalan dengan optimal.

Selain itu kamu juga perlu memasukkan kata kunci ke dalam hashtag. Berbeda dengan tag yang tidak terlihat dari luar, hashtag akan muncul dibagian atas judul dengan warna biru dan diawalannya ada tanda pagar.

Saat tanda pagar tersebut di klik maka youtube akan menampilkan video denga kata kunci yang serupa sehingga pencarian menjadi lebih spesifik.

5. Memanfaatkan Youtube Cards

Saat ini youtube memiliki fitur tambahan yaitu youtube cards. Fitur ini diberikan kepada channel yang punya jam tontonan panjang.

Dengan youtube cards, pemilik channel dapat menaruh link-link tertentu yang dibisa diklik oleh penonton video.

Link-link ini bisa dimanfaatkan untuk menaruh berbagai macam hal mulai dari link video rekomendasi, link untuk subscribe hingga link untuk menuju ke website perusahaan ataupun lnk ke toko online tempat produk dari perusahaan dijual.

6. Membuat Playlist

Dengan membuat playlist penonton akan secara otomatis diarahkan untuk menuju video lainnya dari sebuah channel youtube. Dengan begitu maka kemungkinan para penonton untuk menonton video lain dari channelmu akan semakin besar.

Buatlah playlist dengan memasukkan video denga topik dan tema yang sama. Jika memiliki video dengan beberapa tema maka buatlah beberapa playlist.

Baca Juga : Cara Optimasi Video Youtube

Also Read

Leave a Comment