8 Cara Optimasi Video Youtube Untuk Meningkatkan View

Bagaimana cara Cara Optimasi Video Youtube Untuk Meningkatkan View? Kemajuan teknologi melahirkan berbagai macam hal baru untuk peradaban manusia.

Salah satu karya dari pergerakan teknologi tersebut adalah internet.

Jaringan internet sebagai new media secara signifikan mengubah perilaku komunikasi masyarakat.

Salah satunya adalah dengan memenuhi kebutuhan informasi audio-visual. Saat ini, banyak orang mengunakan internet seakan sebagai kebutuhan primernya.

Dalam internet, banyak tersedia informasi bagi para pengguna. Salah satunya adalah Youtube.

Orang-orang membuat channel youtubenya sendiri dengan berbagai tujuan.

Beberapa dari mereka menggunakan youtube sebagai ajang popularitas sehingga dapat menghasilkan pundi-pundi uang bagi pemiliki channel tersebut.

Baca Juga : Cara Youtuber Menghasilkan Uang

Nah, pertanyaannya adalah, bagaimana sih cara mengoptimasi video Anda di youtube sehingga akan selalu diakses oleh penonton?

Penasaran bukan?

Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai cara optimasi video di youtube. Simak penjelasan berikut ini!

Apa sih itu Youtube?

Sebelum menjelaskan lebih jauh mengenai tata cara optimasi video di youtube.

Kita akan membahas terlebih dahulu pengertian dari youtube.

Youtube merupakan situs yang berfungsi untuk menonton kumpulan video yang diunggah dari seluruh dunia dan dapat ditonton di mana saja asalkan kita terhubung dengan internet.

Sebelum kehadiran Youtube, masyarakat hanya dapat menikmati informasi audio-visual melalui televisi.

Televisi hadir sebagai media massa yang difungsikan sebagai media yang mendatangkan informasi dari sebuah sumber dan disebarkan menuju banyak penerima informasi.

Dengan kehadiran televisi, informasi tersebar secara cepat dan luas ke berbagai daerah melalui frekuensinya.

Oleh karena itu, televisi dapat memiliki daya penetrasi paling tinggi di antara media-media lainnya untuk menyelinap masuk ke dalam ranah pribadi, keluarga, bahkan masyarakat.

Namun, Youtube hadir dan berhasil mengalahkan televise sebagai media informasi yang paling sering digunakan oleh masyarakat.

Jaringan internet pada Youtube menawarkan berbagai sumber informasi yang lebih beragam daripada televisi.

Selain itu, Youtube lebih memiliki daya penetrasi yang kuat untuk hadir pada setiap momen kehidupan masyarakat.

Hal ini didukung oleh kemampuan Youtube yang dapat diakses melalui berbagai macam alat selain komputer, seperti tablet, handphone, dan bahkan televisi (smart TV).

Sumber lain menjelaskan, youtube adalah merupakan salah satu tempat penyimpanan video yang sangat popular saat ini.

Oleh sebab itu, kita bisa memanfaatkan youtube untuk menggali ilmu dan belajar dengan mudah dan cepat.

Lewat YouTube, pengguna dapat mencari hampir semua informasi yang mereka butuhkan melalui konten video yang tersaji.

Dengan tujuan lain seperti mengeruk view dan subscriber (Baca : Cara Menambah Subscribe Youtube) yang nantinya akan menjadi pendapatan tambahan bagi pemiliki akun, YouTube juga memiliki berbagai kanal yang digunakan oleh para kreator konten untuk berpromosi, menghibur serta mengedukasi audiens mereka.

Cara Optimasi Video Youtube

Viewer memang menjadi hal yang sangat penting bagi seorang YouTuber, terutama para pemula.

Sayangnya, untuk meningkatkan view YouTube tidak selalu semudah yang dibayangkan.

Sebagus apapun konten yang dibuat dan sebanyak apapun promosi yang dilakukan, belum tentu viewer YouTube Anda jumlahnya sesuai dengan keinginan.

Nah, pertanyaannya, bagaimana sih cara optimasi video youtube Anda? Berikut merupakan penjelasannya.

Membuat Konten Menarik

Bagaimanapun, konten video yang Anda buat merupakan faktor yang menentukan jumlah viewer.

Konten yang baik dan berkualitas tentunya akan mendapatkan respon positif dari audiens dan ini akan berdampak terhadap algoritme pencarian YouTube terhadap video yang Anda unggah.

Buatlah konten yang menarik untuk video youtube Anda.

Fokus Pada Satu Topik

Setelah menemukan niche video yang banyak diminati, Anda sukai, dan sesuai dengan passion Anda, maka langkah selanjutnya adalah fokus pada satu niche atau topik yang sudah Anda pilih tersebut.

Buatlah video dengan topik yang sama secara konsisten. Entah itu Anda memilih topik seputar game, review gadget, musik, dan sebagainya.

Ketika penonton menemukan bahwa konten video Anda ternyata relevan dengan minat mereka dan memiliki nilai tambah bagi mereka, maka mereka pasti akan kembali dan tentunya bisa menambah viewer YouTube Anda.

Usahakan topik yang anda pilih sesuai dengan keahlian anda dan banyak dimintai oleh para pengguna youtube. Anda bisa membuat video tutorial atau video lucu bahkan video yang paling  diminati atau ngetrend saat ini.

Anda bisa juga melakukan riset menggunakan sebuah tool seperti http://www.youtube.com/trendsdashboard untuk mengetahui trend yang sedang terjadi pada beberapa negara yang nantinya menjadi target penayangan video anda.

Dengan begitu, anda semakin mudah menetukan topik apa yang akan anda buat, dan jangan sampai anda mengambil gambar, lagu maupun video orang lain, karena bisa – bisa akun anda akan terkena peringatan dari pihak youtube.

Hubungkan Dengan Topik Viral

Selain memperhatikan niche, Anda juga harus peka terhadap topik-topik yang sedang trending atau viral.

Dengan mengikuti tren yang sedang viral, Anda berkesempatan untuk mendapatkan lebih banyak viewer.

Anda mungkin akan merasa sedikit kesulitan untuk menyesuaikan video sesuai niche yang Anda pilih dengan trend yang sedang viral.

Tetapi jika Anda berhasil melakukannya, Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan view yang lebih banyak.

Salah satu cara yang harus dilakukan adalan riser keyword. Riset keyword sangat diperlukan untuk menemukan kata kunci yang paling di cari oleh para pengunjung youtube, dengan cara ini memudahkan anda menentukan judul apa yang paling menarik para pengguna youtube.

Anda juga bisa menggunakan tool google trend di https://www.google.com/trends/explore dengan mengisi :

  • Kata kunci yang ingin di cari
  • Pilih negara sebagi target penayangan
  • Lalu Pilih waktu trend, misalnya 12 bulan terakhir
  • Pilih kategori
  • Kemudian Pilih jenis penelusuran

Maka akan muncul judul yang paling diminati, dan jadikanlah judul. Tapi ingat lagi ya, judul sesuaikan dengan kemampuan anda dan jangan pernah anda mengambil gambar, lagu maupun video yang memiliki hak cipta, karena bisa berefek buruk pada akun anda, seperti di nonaktifkan oleh youtube.

Membuat Video

Setelah anda menemukan judul yang tepat, maka saatnya anda membuat video sesuai dengan judul. Pastikan video tersebut unik, menarik dan bisa bersaing dengan jutaan video lainnya.

Pada umumnya, video yang baik memiliki durasi sekitar 10 – 15 menitan. Ketika anda membuat video usahakan sesuai dengan kemampuan anda tapi tetap unik, apalagi semain unik video seseorang, maka semakin bagus juga posisi peringkatnya dan jumlah penonton.

Perhatikan Kualitas Gambar dan Audio

Sebagai YouTuber pemula, mungkin yang terpikir dalam benak Anda adalah membuat video dengan visual berkualitas untuk menjadikannya viral.

Tetapi, dibandingkan dengan kualitas video, sebenarnya audio menjadi faktor yang sangat penting untuk diperhatikan.

Semenarik apapun konten yang Anda buat, tanpa didukung dengan audio atau suara yang bagus, orang akan malas untuk menonton konten video Anda.

Upload Video ke Youtube

Upload Video ke Youtube
Upload Video ke Youtube
  • Video bisa di upload melalui http://www.youtube.com
  • Pada kanan atas klik upload
  • Akan muncul halaman baru dan klik pilih file untuk mengupload
  • Pilih file video yang ingin anda upload dan tunggu hingga proses upload video selesai, yaitu pada 100 %.
  • Masukkan judul dengan kata kunci yang anda temukan tadi
  • Masukkan diskripsi sesuai dengan video yang anda upload tapi tetap singkat dan informatif. Anda bisa memasukkan keyword juga namun lakukan sewajarnya saja, karena jika terlalu berlebihan malahan di anggap SPAM.
  • Masukkan tag sesuai isi video anda dan kata kunci. Ada satu hal yang menguntungkan jika anda menggunakan tag yang tepat dan sama dengan vidoe lain, maka video anda akan muncul di sidebar.
  • Tentukan gambar tumbnail yang sekiranya bisa menarik para penonton youtube untuk memutar video anda, apalagi jika seseorang ingin memutar vidoe di youtube pertama kali yang di lihat adalah gambarnya.
  • Lakukan advance setting untuk menentukan kategori video, tanggal terbit dan sebagainya. Setting sesuai dengan video yang anda buat.
  • Klik publikasikan.

Share Video

Jangan lupa share video anda ke beberapa media sosial agar teman – teman anda atau pengguna youtube tahu akan video anda.

Mengoptimalkan Hasil Pencarian Youtube

Sama halnya seperti mesin pencari Google yang menggunakan algoritme khusus, cara YouTube dalam menampilkan berbagai video yang relevan dan terbaik bagi penggunanya juga menggunakan algoritmenya sendiri.

Maka dari itu, untuk membuat konten video Anda bersinar di antara ribuan video sejenis lainnya, sekaligus menambah jumlah view, Anda harus mengoptimasi eksposur video Anda di hasil pencarian YouTube.

Gunakan kata kunci pencarian yang relevan dengan konten yang kamu sajikan. Di sinilah peranan riset keyword yang telah kamu lakukan akan bekerja

Judul yang menarik, deskriptif serta mengandung kata kunci akan membawa konten yang kamu buat untuk lebih dekat kepada pengguna, karena kontenmu akan muncul pada halaman pertama hasil pencarian.

Selain itu, agar konten mendapat perhatian dari audiens, sebaiknya konten tersebut memiliki deskripsi yang jelas, yang dapat memberikan informasi tambahan tentang video yang sedang audiens putar.

Deskripsi ini juga akan membantu mesin pencari untuk mengetahui konten apa yang tersaji lewat videomu.

Untuk membantu agar videomu mudah ditemukan pengguna, kamu juga dapat menggunakan fitur tag yang ada di YouTube.

Tag  bersama dengan deskripsi serta judul video yang telah melalui proses optimalisasi akan memperlihatkan pengguna tentang apa yang sebenarnya videomu berusaha sajikan. Dan ini baik untuk SEO video tersebut.

Baca juga : Cara Memasang Video Youtube Di Website WordPress

Leave a Comment