9 Cara Pemasaran Blog Marketing Paling Ampuh dan Terbukti

Cara pemasaran blog marketing sangat diperlukan untuk meningkatkan penjualan produk yang ditawarkan.

Persoalannya adalah teknik pemasaran seperti apakah yang cocok untuk bisnis berbasis online?

Dengan menggunakan teknik pemasaran blog, artikel yang diposting mudah dikenal orang. Sehingga, peluang mendapatkan pembaca yang cukup besar.

Sejarah Blog Marketing

Sejarah Blog Marketing
Sejarah Blog Marketing

Blog saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat kan perkembangan yang pesat.

Hal ini dibangun oleh perkembangan internet yang semakin hari semakin tinggi penggunanya.

Plafon yang bisa digunakan untuk media blog seperti WordPress, Blogspot, Tumblr dan lain-lain.

Awalnya blog hanya memanfaatkan sekedar untuk mengisi curhatan dan publikasi tugas, namun saat ini blog bisa dijadikan sebagai media pemasaran yang sangat ampuh.

Blog juga bisa menjadi kekuatan untuk menghasilkan dan meningkatkan popularitas bisnis yang berasal dari konten yang ditulis.

Bahkan berapa blogger mampu menghasilkan uang dalam jumlah yang sedikit bahkan bisa mencapai ratusan hingga miliaran rupiah per bulannya.

Mereka menghasilkan melalui iklan dari link program atau google adsense, media.net dan lain-lain.

Para blogger yang bisa hidup apalagi mereka berada di negara-negara yang penduduknya tinggi sehingga blog-blog yang bisa menjadi populer dengan cepat dan instan.

Sistem blog saat ini telah menjadi model bisnis yang nyata bagi organisasi yang juga menggemari tulisan yang berada di internet.

Bahkan beberapa blogger yang sudah terkenal merupakan pemimpin opini yang berada pada bidangnya yang tidak membentuk debat publik.

Banyak blog yang menulis artikel kontroversi di bidang tertentu sehingga meningkatkan popularitas dari nama bloggernya itu sendiri.

Perusahaan, toko online dan merek besar lainnya memanfaatkan blog sebagai salah satu pemasaran media yang baik selama bertahun-tahun untuk mencapai tahap dan keuntungan yang berlipat-lipat ganda.

Inilah mengapa pemasaran blog itu diperlukan oleh pembisnis.

Saat ini paling penting dari pemasaran blog adalah isi konten.

Semakin baik konten produk ataupun memuat hal-hal yang berkaitan dengan bisnis maka semakin baik pula tingkat popularitas dan penjualan yang akan dialaminya.

Mengapa Bisnis Memerlukan Pemasaran Konten?

Mengapa Bisnis Memerlukan Pemasaran Konten
Mengapa Bisnis Memerlukan Pemasaran Konten

Pemasaran konten merupakan salah satu cara yang paling baik dan efektif dalam memasarkan produk dan jasa.

Hal ini karena pelanggan dapat memilih untuk mendapatkan konten yang menarik minat mereka.

Bila dibandingkan dengan pemasaran tradisional tentunya sangat berlawanan.

Menurut statistik, konten pemasaran dapat meningkatkan konversi dalam bisnis sekitar 6 kali lipat dibandingkan dengan pemasaran tradisional.

Sedangkan menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Aberdeen Group, konversi rata-rata sebuah situs web atau blog yang memakai pemasaran konten sekitar 2,9%.

Untuk situs web yang tidak melakukan pemasaran konten hanya mendapatkan sekitar 0,5%.

Pemasaran konten ini sangat penting untuk menarik pelanggan untuk bisa membeli produk dan jasanya.

Cara Pemasaran Blog Marketing

Cara Pemasaran Blog Marketing
Cara Pemasaran Blog Marketing

Berbisnis online dengan teknik pemasaran blog akan sangat tidak aman jika pemasar tidak tahu bagaimana caranya.

Sedangkan orang yang sudah ahli, tentu strategi ini bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Nah, untuk anda yang ingin blognya terkenal ke seluruh dunia, silakan terapkan metode pemasaran blog yang menguntungkan.

Caranya cukup banyak dan beberapa di antaranya kami rilis pada narasi di bawah ini, yaitu:

1. Posting Artikel Secara Teratur

Memposting artikel umum secara rutin merupakan kiat blog dikenal banyak orang.

Jika tidak, orang akan meninggalkan web sehingga peluang artikel dibaca sangat kecil. Atas dasar pembaca, suguhilah dengan artikel terbaru.

Lakukan pemostingan artikel secara teratur dan konsisten.

Nantinya pengunjung akan memonitor blog dan menganggap kalau situs anda layak dijadikan rujukan pencarian informasi yang elegan dan update.

Baca Juga: Hal Penting Yang Harus Dilakukan Setelah Memposting Artikel

2. Ketahui Sumber Lalu Lintas Blog

Cara selanjutnya adalah anda harus tahu semua pergerakan situs web. Lalu lintas inilah yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk memperhitungkan promosi artikel selanjutnya. Anda bisa dari segi kata kunci, Pencarian Google yang memperhatikan oleh pembaca.

Jika semua lalu lintas sudah diimplementasikan, berarti anda sudah tahu kebiasaan-kebiasaan pelanggan ketika melakukan pencarian informasi.

Anda tinggal posting artikel yang sekiranya bisa diakses melalui lalu lintas di atas.

3. Jawab Setiap Komentar Blog

Jika pengunjung mengomentari postingan Anda, segera tindaklanjuti minimal Anda mengetahuinya. Kalau bisa komentar mereka dengan cepat.

Hal ini menandakan kalau anda menghargai harga dengan baik. Tentunya pengunjung akan senang berlama-lama di blog anda.

Malah, kalau anda enggan komentar pengunjung, mereka akan keluar dari blog dengan marah. Dijamin, mereka tidak akan sudi mampir lagi di situs web anda.

4. Bertukar Ide Dengan Blogger Lain

Cara pemasaran blog pemasaran yang keempat adalah komunikasi dengan blogger bisnis (pemasar) yang lain. Korek keterangan dari mereka tentang tips meningkatkan jumlah pengunjung.

Berkomunikasi semacam ini dengan pebisnis online yang sukses merupakan cara cepat untuk menaikkan rating blog.

Anda bisa menjadikan blogger lain sebagai teman offline. Karena hal ini dapat menguntungkan bisnis anda.

Namun, jangan pelit, Anda juga memberikan rahasia sukses bisnis yang tidak dia miliki dalam berbisnis.

5. Rajin Beriklan di Google Adwords

Blog pemasaran ada yang dijalankan secara gratis dengan aturan cukup.

Namun, menyewa jaringan periklanan adalah langkah yang lebih tepat untuk meningkatkan prospek bisnis. karena traffic blog cepat meningkat dibandingkan pengelolaan bisnis yang gratis.

Semua jaringan periklanan yang ada, memiliki keistimewaan yang berbeda-beda. Salah satunya adalah Google Adwords yang sampai saat ini sudah digunakan oleh ratusan ribu pebisnis situs web di seluruh dunia.

Semua orang mencari informasi di internet melalui Google.

Jika anda bekerjasama dengan Google Adwords, maka setiap pengetikan kata kunci, artikel anda akan muncul. Artinya, semua orang yang mencari informasi melalui Google akan bertemu dengan artikel anda.

Baca Juga: Pengertian Google Adwords

6. Gunakan Headline yang Menarik

Headline adalah tidak penting dalam pemasaran blog. Karena ini menjadi syarat, artikel anda dilihat dari orang atau tidak. Sekalipun artikel review bagus, tetapi headline tidak memancing hasrat, pengunjung tidak akan membaca tulisan anda.

7. Bagikan Blog di Medsos

Semua orang yang memiliki akses ke internet, pasti kenal dengan media sosial. Karenanya, porsi dalam jaringan ditambah dengan lahirnya istagram, WA, telegram menemani medsos terdahulu seperti fb dan twitter.

Fenomena ini harus dimanfaatkan dengan baik. Caranya adalah membagikan blog anda ke media sosial atas. Jika kreativitas dan mumpuni, blog pemasaran yang dilakukan akan sukses. (Baca Juga: Pengertian Tren Marketing )

8. Buat Konten Blog Yang Beragam

Meningkatnya lalu lintas situs karena pengunjung tidak membaca tulisan anda. Maka dari itu, buatlah konten yang berbeda-beda agar tidak membentuk kaku dan monoton.

Tutorial dan tip-tip juga bisa diposting dan testimoni dari sebuah produk.

9. Membuat Blog Khusus untuk Bisnis

Cara memasarkan blog marketing yang terakhir adalah garap blog berhaluan bisnis. Hal ini sangat penting jika anda ingin berkompetisi dengan pebisnis blog yang lain.

Karena pengunjung akan menilai, anda blogger yang menjalankan niaga online.

Itulah beberapa cara pemasaran blog marketing yang bisa dicoba oleh blogger.

Dengan cara ini, blog lebih dikenal dan dikenal oleh banyak orang di seluruh dunia. Jika anda rutin dan bekerja keras, keuntungan besar bisa anda dapatkan.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Online

Kelebihan dan Keunggulan Pemasaran Blog Marketing

Agar dapat mencapai kesuksesan dalam sebuah bisnis haruslah memiliki strategi dan teknik pemasaran yang tepat.

Di era digital seperti kita alami saat ini strategi pemasaran yang cukup efektif adalah dengan menggunakan blog.

Dalam memasarkan produk melalui blog merupakan salah satu cara yang terbilang sangat jitu dalam berbagai sektor bisnis. Apalagi dalam sektor bisnis online.

Ada beberapa kelebihan dan keunggulan dalam memasarkan produk melalui blog marketing di antaranya adalah:

1. Meningkatkan pengunjung blog

Meningkatkan pengunjung blog
Meningkatkan pengunjung blog

Perlu diketahui bahwa dampak dari penggunaan blog pemasaran Salah satunya adalah pemasaran yang dapat meningkatkan jumlah pengunjung web utama (bisnis web).

Keberadaan blog bisnis merupakan salah satu bagian yang sama sekali tidak bisa masuk dari strategi pemasaran yang dilakukan secara online.

Artinya pengunjung blog marketing dapat meningkat web bisnis yang kita buat, apalagi jika isi dari blog tersebut terdapat informasi dan juga solusi dari masalah yang dibutuhkan oleh audiens.

Apabila audiens menemukan masalah atas permasalahan yang muncul maka mereka tidak akan ragu untuk membagikan konten tersebut.

Makin tinggi jumlah share yang dilakukan oleh audiens tentunya akan semakin tinggi kualitas blog marketing yang anda miliki dan lebih tinggi pula pengunjung yang akan diperoleh oleh blog tersebut.

2. Mendorong pengunjung menjadi potensial pelanggan

Dengan jumlah pengunjung blog tentunya dapat menciptakan peluang besar yang Anda inginkan untuk mendapatkan potensi pelanggan untuk membeli produk dan juga jasa yang Anda inginkan.

Pembisnis selaku harus terus konsisten membuat konten-konten yang berkualitas dan menarik sehingga audiens tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

3. Membangun kredibilitas dalam bisnis

Isi konten yang berada di dalam pemasaran blog yang memuat solusi atas masalah yang muncul oleh audiens.

Maka tingkat kepercayaan audiens terhadap bisnis yang Anda geluti akan semakin tinggi.

Ingat !!

Bila anda terus menyajikan konten-konten tersebut secara teratur dan konsisten maka sudah pasti kredibilitas perusahaan dan bahkan anda sendiri akan semakin tinggi dan kuat dimata mereka.

Pemasaran blog, pemasaran juga menjadi peluang dan tujuan utama bagi konsumen yang tentunya ini sangat menguntungkan bagi Anda selaku pembisnis.

4. Memiliki audiesn yang tinggi

Hampir semua blog yang memiliki konten dan isi yang memberikan solusi atas permasalahan bagi para audiens pasti memiliki audiens yang sangat tinggi.

Audiensi ini tentunya dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan produk dan jasa yang Anda miliki.

Hal ini terbukti dari beberapa studi yang telah dilakukan, satu-satunya dari Quicksprout yang mencatat bahwa terdapat 29 juta pembaca dari total 240 juta blog yang ada.

Blok yang ada yang bisa menjadi peluang yang sangat besar untuk meningkatkan penjualan produk.

5. Biaya yang minim

Audiens di dunia maya lebih suka membaca blog yang dilihat dari internet.

Menurut data Quicksprou sekitar 70% membeli produk dan jasa berasal dari blog bukan dari periklanan.

Hal ini tentunya menjadi peluang yang sangat menguntungkan bagi pembisnis yang memiliki anggaran yang sangat rendah hanya melalui blog bisa mendatangkan konsumen secara organik.

Kita mengetahui bahwa memanfaatkan blog untuk promosi tidak memerlukan biaya alias gratis dan meskipun harus membayar biaya yang digunakan sangat minim.

Anda tidak memerlukan banyak pengeluaran dalam melakukan promosi untuk menarik pelanggan atau konsumen.

Namun dalam membuat blog, marketing kita dituntut memiliki sifat sabar untuk melihat hasil yang memuaskan.

Karena dalam memproduksi atau membuat konten membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Walaupun cara mempublikasikan konten secara gratis, namun yang harus diperhatikan lebih khusus adalah kualitas.

Tanpa adanya kualitas konten yang baik maka audiens tidak akan singgah dan membaca konten yang telah dibuat.

Contoh Pemasaran Blog Marketing

Contoh Pemasaran Blog Marketing
Contoh Pemasaran Blog Marketing

Dalam membuat blog yang digunakan untuk promosi tidak semudah yang kita bayangkan.

Ada trik untuk menerapkan blog agar bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan menjadi jauh lebih tinggi.

Tentunya hal ini bisa dimulai dengan mencari ide dari blog atau web yang telah ada.

Contoh blog di bawah ini adalah beberapa blog marketing yang bisa dimanfaatkan untuk pemasaran online yang Anda lakukan antara lain :

1. Marketing Land dan Search Engnie Land

Marketingland.com dan searchengineland.com adalah web pemasaran yang dapat jadikan sebagai sumber terpercaya yang selalu memberikan informasi terbaru dalam dunia pemasaran online.

Dimana didalamnya memiliki berbagai jenis topik antara lain SEO, pemasaran konten serta platform periklanan terupdate.

Ketahuilah web tersebut banyak kontributor dengan keahlian yang berbeda-beda sehingga mereka bisa menyediakan artikel-artikel berkualitas dan baru dalam pemasaran online maupun offline.

2. Blog Google

Google merupakan salah satu perusahaan terbesar dalam bidang internet.

Google memiliki blog dengan alamat blog.google/products/ads yang merupakan sumber terbaik dalam perkembangan dunia perikalnan seperti PPC Google.

Blog ini semakin banyak digunakan oleh para pembisnis.

Apabila Anda tidak ingin menggunakan iklan berbayar yang berasal dari Google tentunya blog ini bisa dijadikan sebagai sumber informasi yang berharga untuk menunjang atau sarana promosi bisnis Anda.

Misalkan banyak alat yang digunakan untuk kampanye organik yang dibocorkan oleh google.

Disamping itu Google juga sering melakukan test terhadap strategi pemasaran online sehingga anda bisa mengambil pelajaran terbaik untuk keberlangsungan bisnis yang Anda.

3. Moz Blog

Para praktisi SEO tentunya tidak asing lagi dengan Moz blog.

Moz blog merupakan salah satu web yang memiliki informasi terbaik di internet yang membahas mengenai dunia SEO dan Marketing.

Disini memiliki beberapa kontributor reguler seperti CEO Rand Fishkin yang membahas secara detail dan lengkap mengenai SEO.

Alamat moz blog adalah moz.com/blog

4. Social Media Today

Socialmediatoday.com merupakan web dengan informasi terbaru mengenai dunia media sosial.

Disini Anda akan dapat info mengenai pemasaran secara praktis.

Informasi tersebut lebih mengutamakan konten yang memiliki data yang lengkap seperti studi kasus dan riset.

5. Copy blogger

Cofyblogger.com adalah web yang bisa dijadikans ebagai sumber berita, dimana beritanya lebih berfokus pada perencanaan strategis dan eksekusi strategi blog.

Bukan hanya sekedar memberikan informasi mengenai distribusi konten tapi juga membahas mengenai SEO,  pembuatan blog dan aktivitas dunia bisnis

Blog/web ini  merupakan tempat yang paling baik untuk Anda mendapatkan strategi pemasaran terbaru.

6. Content Marketing Institute

Blog contentmarketinginstitute.com memberikan informasi mengenai pemasaran konten dan SEO.

Ini merupakan salah satu blog yang memiliki otoritas tertinggi dalam dunia pemasaran content.

Disini Anda bisa menemukan strategi mengenai tren terbaru dalam dunia bisnis, dan SEO, dan blog.

Oleh karena itu dengan informasi yang disediakan content marketing Institute menjadikannya salah satu web yang sangat diperhitungkan dalam dunia pemasaran online.

7. Quick Sprout

Blog ini tidak menghasilkan berita secara berkala dan tidak juga memperbaruhi konten yang pernah dibahas.

Namun yang perlu diketahui bahwa quicksprout.com menyediakan ebook yang bisa memberikan berita dan info terbaik dalam pemasaran online.

8. Hubspot

Blog hubspot.com merupakansalah satu website yang miliki berbagai jenis topik pemasaran online.

Anda bisa menemukan topik topik bermanfaat, mulai dari penelitian, studi kasus hingga pengalaman penulis.

Nah bagaimana?

Anda bisa memilih salah satu dari beberapa blog/web diatas untuk menjadi sumber rujukan dalam pemasaran online yang Anda lakukan.

Leave a Comment