9 Cara Penggunaan Kartu Kredit Secara Efektif

Cara Penggunaan Kartu Kredit – Kartu kredit memudahkan kita dalam bertransaksi setiap bulannya, kita akan mendapat tagihan berapa uang yang sudah kita gunakan untuk melakukan transaksi setiap bulannya.

Dengan kemudahan itu banyak orang menyepelekan hingga menjadi konsumtif dalam membeli barang-barang, sehingga tagihan setiap bulannya menjadi membengkak, maka dari itu masih banyak yang belum mengerti bagaimana menggunakan kartu kredit secara bijak dan efektif.

Masih banyak orang yang belum mengerti arti dari menggunakan kartu kredit secara efektif.

Menggunakan kartu kredit secara efektif adalah bagaimana kita menggunakan kartu kredit dengan baik sehingga tidak terjadi pengeluaran yang tidak diperlukan.

Baca Juga : Cara Mendaftar KlikBCA Individual

Cara Penggunaan Kartu Kredit

Maka dari itu sekarang kita akan menjelaskan cara menggunakan kartu kredit secara bijak dan efektif.

1. Batasi jumlah kartu kredit yang anda miliki

Mengapa Anda harus membatasi jumlah kartu kredit anda, karena jika Anda memiliki banyak kartu kredit, Anda akan mengeluarkan uang tambahan untuk membayar iuran tahunan dan biaya-biaya terkait.

Jika Anda sudah memiliki kartu kredit pertama dengan transaksi pembayaran lancar, Anda akan mendapat tawaran kartu kredit lagi dari penerbit yang sama atau bahkan dari tempat lain.

Oleh karena itu bataskan jumlah kartu kredit Anda, kami menyarankan maksimal Anda memiliki 2 kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan Anda.

2. Beli kebutuhan atau keperluan yang anda mampu bayar

Kesalahan berikutnya adalah masyarakat banyak menggunakan kartu kredit untuk membeli barang yang tidak mampu mereka beli.

Hindari hutang kartu kredit membengkak dengan membeli barang yang tidak mampu kalian beli, apalagi jika barang itu tidak terlalu berguna atau hanya untuk ajang pamer, belilah barang yang berguna untuk kehidupan Anda.

Lebih baik lagi jika Anda mampu membayarnya dengan uang tunai dan tidak perlu menggunakan kartu kredit, sehingga tidak terjadi besar pasak dari pada tiang.

3. Jangan berikan kartu kredit Anda jika dipinjam orang lain

Jika anda meminjamkan kartu kredit kepada orang lain anda tidak memiliki kuasa penuh terhadap kartu kredit anda, sehingga anda tidak dapat mengotrol apa yang orang lain itu beli, dan juga karena kartu kredit ini bersifat pribadi.

Maka dari itu jangan sekali-sekali anda pinjaman kartu kredit anda ke orang lain.

4. Catat pengeluaran setiap bulannya

Agar tidak terjadi pengeluaran yang berlebihan setiap bulannya, dan Untuk mengetahui sudah berapa banyak uang yang kita gunakan dengan kartu kredit ini, catat pengeluaran setiap bulannya.

Sehingga Anda dapat mengontrol penggunaan kartu kredit anda, dan juga keuangan anda dapat terkoordinasi dengan baik.

5. Hindari tarik tunai menggunakan kartu kredit

Kartu kredit bukanlah seperti kartu debit yang selalu bisa Anda gunakan untuk mengambil sejumlah dana tunai pada saat Anda butuhkan di mesin ATM.

Setiap transaksi penarikan tunai yang Anda lakukan dengan menggunakan kartu kredit, akan dikenakan biaya penarikan yang jumlahnya rata-rata sebesar 4% atau minimal Rp50 ribu.

Untuk itu, lebih baik Anda mempertimbangkan kembali keinginan Anda untuk melakukan penarikan dana secara tunai dari kartu kredit Anda.

Bukan hanya biaya tarik tunai saja, sejumlah dana yang anda tarik dari kartu kredit Anda juga akan segera dikenakan bunga harian oleh pihak bank penerbit.

Transaksi ini berbeda dengan pembelanjaan. Dalam transaksi tarik tunai, bunga yang dikenakan dari kartu kredit akan segera dihitung mulai pada hari transaksi tersebut Anda lakukan.

6. Periksa tagihan dengan baik dan cermat

Jika Anda sudah memiliki kartu kredit dan sudah mulai memakai nya untuk membeli kebutuhan anda akan mendapatkan tagihan setiap bulannya.

Periksa kembali tagihan itu dengan cermat sebelum Anda membayarnya, apakah ada tagihan yang tidak sesuai atau ada transaksi yang tidak anda lakukan, sehingga tagihan itu menjadi banyak.

7. Bayar penuh tagihan

Upayakan Anda membayar penuh tagihan Anda sebelum jatuh tempo, ini akan menjadi lebih baik dari pada Anda mencicilnya. Karena semakin Anda mencicilnya semakin banyak bunga yang Anda dapatkan.

Selain itu Anda bisa mengatur keuangan anda utuk kepentingan lain, misalnya liburan, tabungan masa depan, investasi dan lain lain

8. Gunakan kartu kredit jika diperlukan

Selain menghindarkan pembelian yang tidak terencana, menyimnpan kartu kredit juga menghindari kartu kredit hilang atau dicuri, jadi akan menjadi lebih aman.

Oleh karena itu gunakan kartu kredit jika diperlukan saja, jika tidak diperlukan Anda dapat menyimpan kartu kredit itu di rumah.

9. Penting untuk dana darurat

Banyak masyarakat terpaksa menggunakan kartu kredit untuk dana darurat atau dana yang tidak terduga, seperti biaya rumah sakit, biaya perbaikan kendaraan, dan bahkan biaya kematian.

Baca Juga : Cara Menyiapkan Dana Darurat

Sebagai penutup pesan saya untuk Anda yang baru akan memiliki kartu kredit bijaklah menggunakan kartu kredit itu dan minimalkan pengeluaran-pengeluaran yang tidak berguna hanya untuk berfoya-foya, karena hanya akan membuat anda menjadi lebih sengasara.

Leave a Comment

×

Ikuti Kami di Facebook