Cara Redirect Http ke Https (Terbukti Berhasil)

Cara Redirect Http ke Https – Jika kamu memiliki situs niche bisnis atau istilah gampangnya memiliki website untuk berjualan secara online, lebih baik gunakan HTTPS dibandingkan HTTP.

Karena ini lebih memiliki sistem keamanan yang bagus dibandingkan HTTP.

Nah, jika kamu sudah memiliki situs yang masih menggunakan HTTP silakan ubah atau redirect ke HTTPS. Namun untuk melakukannya tidak boleh sembarangan. Karena jika salah penerapan situs bisa menjadi error.

Atas dasar hal tersebut, di bawah ini akan dijelaskan tentang cara redirect HTTP ke HTTPS.

Namun sebelum menerangkannya, alangkah lebih baiknya harus diketahui terlebih dahulu apa itu HTTPS dan apa keunggulannya dibandingkan HTTP. Ini penjelasannya.

Pengertian HTTPS

HTTPS adalah singkatan dari Hyper Text Transfer Protocol Secure. Jika dilihat dari singkatan ini, maka HTTPS merupakan versi aman dari Hyper Text Transfer Protocol yang disingkat HTTP.

HTTPS bukan protokol sistem informasi biasa seperti yang dijalankan melalui sistem HTTP. Tetapi protokol komunikasi jaringan yang terinskripsi dengan baik. Selain itu di dalamnya juga ada autentifikasi yang cermat.

Enkripsi yang berjalan di dalam HTTPS terbagi menjadi dua jenis. Yaitu data sesion dan komunikasi plain text. Selain itu untuk prosesnya sudah menggunakan protokol SSL sehingga port yang sesuai hanya port 443.

Jika dilihat dari narasi ini, bisa disimpulkan kalau HTTPS adalah protokol komunikasi yang lebih aman dibandingkan HTTP karena setiap data yang masuk terinkripsi dan terautentifikasi dengan baik.

Keunggulan HTTPS dibandingkan HTTP

Setelah mengetahui pengertian HTTPS, berikut akan dijelaskan keunggulannya dibandingkan HTTP. Silakan jadikan keuntungan tersebut sebagai pedoman kamu ketika ingin memilih redirect atau sebaliknya. Ini dia keuntungan yang dimaksud:

1. Meningkatkan Kualitas Seo

Keuntungan yang pertama adalah menaikkan kualitas Seo. Karena saat ini, Seo yang dianjurkan adalah humanity. Yang mana tingkat kepercayaan viewer terhadap situs harus tinggi.

Nah, situs dengan HTTPS lebih dipercaya oleh viewer terutama yang bertema jual beli online. Apalagi jika artikel yang diposting di dalamnya memang menarik minat orang untuk melihat dan membacanya.

Baca Juga : Panduan dan Cara Optimasi SEO Lokal

2. Memiliki Keamanan Berlapis

HTTPS lebih aman dibandingkan HTTP. Karena protokol komunikasi ini memiliki sistem keamanan berlapis.

Selain ada enkripsi dan autentifikasi, juga ada sistem integritas. Yang mana ketiganya saling berkolaborasi untuk mengamankan komunikasi yang beredar dalam jaringan. Termasuk juga menjaga database akun agar tidak dijebol hacker.

3. Traffic Pengunjung Meningkat

Jika kamu membangun situs jual beli online, tentu yang diharapkan ialah pengunjung yang datang terus bertambah. Karena viewer inilah yang berpotensi untuk membeli atau menjual produknya di sana.

Nah, pengunjung tentu memilih situs yang bisa menjaga akun atau data-data mereka aman. Apalagi di dalam transaksinya berhubungan dengan finansial seperti nomer ATM Bank, nomer rekening dan lain sebagainya.

Maka dari itu, situs dengan HTTPS tentu menjadi pilihan mereka. Efeknya ialah jika pengunjung terus bertambah, traffic viewer situs juga meningkat. Tentu ada keuntungan tersendiri yang didapatkan oleh blogger.

4. Rating Situs Semakin Tinggi

Keunggulan yang selanjutnya adalah rating situs akan semakin tinggi. Hal ini disebabkan oleh viewer yang semakin banyak plus optimasi Seo yang berhasil.

Jika situs sudah semacam ini, maka pihak pengiklan akan tertarik untuk memasang iklannya di situs. Sehingga jika ada pengunjung yang klik, kamu sebagai pemilik blog akan mendapatkan komisi darinya.

Selain itu, dengan meningkatnya rating situs, peluang situs berada di halaman pertama search engine juga sangat besar. Sehingga penghasilan dari Google juga bisa kamu dapatkan.

5. Situs Tercegah dari Kebocoran Data

Keunggulan yang terakhir ialah situs akan tercegah dari kebocoran data. Karena hacker kesulitan untuk meretas situs yang menggunakan protokol komunikasi jaringan HTTPS.

Itu artinya, bagi blogger sendiri penggunaan HTTPS bisa membuat aktivitas ngeblog menjadi tenang dan nyaman karena keamanannya terjamin. Ini beberapa alasan mengapa kamu perlu melakukan redirect dari HTTP ke HTTPS.

Cara Redirect HTTP Ke HTTPS

Setelah mengetahui pengertian dan keunggulan HTTPS dibandingkan HTTP, maka berikut ini akan dijelaskan tentang cara redirect atau mengubahnya.

Cara ini disarankan untuk digunakan oleh pebisnis yang menjual produknya secara online dengan cara membangun situs. Ini dia cara-cara yang dimaksud:

1. Memakai .htaccess

Untuk cara ini silakan akses Cpanel. Pastikan kamu sudah memiliki username dan passwordnya. Jika sudah berhasil login, silakan cari file manager klik di sana. Selanjutnya sorot public_html. Lalu cari .htaccess.

Jika .htaccess sudah ketemu silakan masukkan kode:

RewriteEngine On

RewriteCond %{HTTPS} off

RewriteRule(.*) https://%{HTTP_HOST}%{REQUEST_URI}

2. Menggunakan Pluggin WordPress

Redirect HTTP ke HTTPS juga bisa menggunakan plugin khususnya yang membuat situs dengan platform wordpress. Sedangkan caranya ialah silakan login ke wordpress kamu.

Setelah itu silakan masuk ke dashboard pilih pluggin. Kamu tinggal mencari plugin Really Simple SSl. Setelah ketemu langsung saja instal dan aktifkan.

Jika proses instalasi sudah selesai, silakan kembali ke dashboard lalu pilih setting. Selanjutnya klik SSL. Jika masih belum aktif silakan klik Go ahead activate SSL. Akhiri dengan refresh browser.

Baca Juga : Perbedaan SSL Gratis dan Berbayar

Itulah cara redirect HTTP ke HTTPS yang paling mudah. Silakan dicoba jika kamu ingin situs jual beli yang dikelola lebih menguntungkan.

Leave a Comment