5 Cara Setting AMP di WordPress Dengan Mudah

Cara Setting AMP di WordPress – Para blogger terutama yang menggunakan WordPress pasti pernah dengar aplikasi AMP.

Pasalnya, software plugin ini mulai marak digunakan sebagai bagian dari pendukung website dan situs.

Nah di bawah ini akan dijelaskan cara setting AMP di WordPress.

Namun sebelum itu, perlu diketahui pula apa definisi dari plugin ini, apa fungsinya serta apa keuntungannya untuk situs. Ini dia penjelasan lengkapnya:

Pengertian AMP WordPress

AMP adalah singkatan dari Accelerated Mobile Pages. Ini merupakan sebuah teknologi yang dibuat dengan tujuan untuk mendukung perangkat bergerak dalam mengakses internet dengan cepat.

Perangkat AMP biasanya digunakan pada situs yang juga bisa dibuka di perangkat bergerak seperti smartphone dan Iphone.

Artinya plugin ini dibuat untuk mempercepat akses loading situs ketika website tersebut diakses melalui android dan tablet.

Perusahaan Pembuat Plugin AMP

Plugin AMP dibuat oleh perusahaan besar yang disebut Ampproject. Ini merupakan lembaga organisasi perindustrian teknologi kelas kakap yang tidak kalah dengan perusahaan-perusahaan aplikasi di Amerika  dan China.

Karena itu, AMP berhasil diasosiasikan dengan berbagai perusahaan mega power seperti Google, Twitter dan WordPress.

Sehingga plugin ini menjadi produk pendukung untuk Search Engine dan Twitter Backlink. Sedangkan yang digunakan di wordpres disebut AMP WordPress.

Sekalipun AMP WordPress masih kategori pengembangan, tetapi ke depan fitur ini pasti benar-benar berguna.

Termasuk memberikan keuntungan besar untuk pihak pemilik web maupun viewer (pengunjung situs).

Tujuan Pembuatan AMP

Ada banyak tujuan dirilisnya AMP yang salah satunya adalah mempercepat koneksi internet. Hal ini didasarkan pada kecepatan internet saat ini yang masih tergolong rendah.

Hal ini didasarkan pada survei pengunjung yang batal mengakses situs karena loading-nya terlalu lama.

Nah dengan adanya AMP maka ke depan kecepatan internet akan semakin stabil. Sehingga masyarakat bisa lebih cepat mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Tujuan selanjutnya adalah meminimalisir biaya dari pihak developer web. Karea untuk mendapatkan kecepatan loading yang berkualitas, mereka harus membangun tim kerja yang solid. Tentu ini membutuhkan biaya yang sangat mahal.

Nah dengan adanya AMP diharapkan masalah ini bisa teratasi. Karena blogger tidak perlu mengajak orang lain untuk melakukan percepatan koneksi secara manual.

Cukup dengan mengaktifkan plugin saja maka loading situs akan secepat kilat.

Cara Setting AMP Di WordPress

Nah setelah tahu pengertian dan tujuan dibuatnya AMP, maka tentu plugin ini layak untuk di-instal di situs terutama platform wordpress. Karena ini yang membuat loading situs cepat sehingga viewer yang datang lebih puas.

Nah, di bawah ini akan dijelaskan cara setting AMP di WordPress. Tips yang menurut kami termudah karena blogger pemula juga bisa melakukannya. Ini dia cara-cara yang dimaksud:

1. Install dan Aktifkan Plugin AMP by Automattic

Cara yang pertama adalah lakukan instalasi Plugin AMP by Automatic.

Silakan akses dashboard wordpress setelah itu, klik plugin. Biasanya AMP sudah ada di dalam daftar menu aplikasi sehingga Anda tinggal instal.

Jika selesai melakukan instalasi jangan lupa untuk mengaktifkan AMP.

Caranya ialah silakan sorot sisi kanan dari plugin. Jika terlihat fitur aktifkan maka klik saja. Secara otomatis, AMP sudah aktif dan bisa digunakan.

2. Mengakses Setting AMP

Langkah yang selanjutnya adalah mengakses setting AMP. Fitur ini berada di panel utama sehingga Anda tidak sulit untuk menemukannya.

Di fitur setting AMP Anda bisa menginput kode analitik yang sudah dikonfigurasi ISON. Fungsinya adalah untuk melihat traffic atau statistik website yang dikelola.

Setelah input data analitik AMP dilakukan silakan klik save. Pengaturan tersebut akan tersimpan di dalam fitur sehingga untuk menggunakannya Anda tidak perlu melakukan pengaturan secara manual.

3. Memuat Ulang Permalink

Nah, sebelum Anda menjalankan AMP perlu dimuat ulang permalink yang anda unggah di situs sebelumnya. Jika sudah dilakukan silakan simpan juga perubahan tersebut agar proses pengaturan fitur berjalan maksimal.

Sedangkan proses muat ulang permalink, bisa Anda cari tutorialnya di Google. Jumlahnya banyak dan terapkanlah yang menurut Anda paling mudah.

4. Melakukan Perubahan Layout AMP

Layout AMP juga bisa dirubah melalui fitur setting. Caranya sama dengan mengubah tema wordpress cuma ketika Anda masuk ke proses perubahan akan muncul fitur template AMP. Klik saja fitur tersebut untuk melakukan perubahan.

Jika sudah selesai, silakan klik save. Biasanya tampilan AMP akan berubah sesuai dengan template yang Anda pilih.

Untuk poin ini, Anda bisa merubah tampilan AMP, bisa juga tidak. Namun untuk pengguna pertama kali, lebih baik gunakan template bawaan saja yang lebih ringan dan simpel.

Baca Juga : Situs Penyedia Template Blog Gratis

5. Lakukan Pengujian Fitur

Jika semua pengaturan AMP di atas sudah dilakukan, maka mulailah untuk melakukan pengujian fitur. Caranya tambahkan permalink /amp atau &amp=1 sesuai yang telah dibuat di pengaturan permalink.

Nah, jika tidak muncul error berarti AMP sudah terbaca di search engine. Sehingga fitur ini akan terdeteksi secara otomatis yang fungsinya loading situs akan lebih cepat dibandingkan sebelumnya.

Itulah cara setting AMP di wordpress yang menurut kami termudah. Silakan dilakukan dan pastikan langkah-langkahnya tepat.

Leave a Comment