10 Tool Gratis Untuk Cek Kecepatan Website Yang Wajib Dicoba

Joko Warino

Google PageSpeed Insight

Tahukah Anda tentang Tool Gratis Untuk Cek Kecepatan Website? Ketika Anda sedang mengunjungi sebuah website, namun website tersebut lambat loadingnya.

Apa yang Anda rasakan?

Sebal tentunya bukan?

Lalu, karena Anda tidak sabar akhirnya meninggalkan saja website tersebut tanpa sempat menjelajah lebih jauh.

Kecepatan sebuah website memang penting bagi pemilik website. Hal ini merupakan salah satu yang dapat mempengaruhi kunjungan website Anda.

Oleh karena itu Anda secara rutin harus mengecek kecepatan website tersebut. Setelah mengetahui hasilnya, jika memang website yang Anda miliki tergolong lamba, maka Anda dapat meningkatkan kecepatan dan performa website tersebut.

Nah, untuk mengecek kecepatan website, ada banyak tool yang dapat digunakan secara gratis. Dengan tool tersebut Anda dapat mengetahui seberapa cepat website milik Anda bekerja.

Kali ini akan membahas tentang tool gratis yang bisa Anda gunakan untuk cek kecepatan website.

Namun, sebelumnya akan membahas pula tentang seberapa penting kecepatan sebuah website dan faktor yang mempengaruhi kecepatan sebuah website.

Pasti penasaran, kan?

Yuk, simak ulasan berikut!

Seberapa Penting Kecepatan Sebuah Website?

Saat Anda mengunjungi sebuah website, tetapi website tersebut loadingnya lambat.

Apa yang Anda lakukan?

Pasti Anda memilih keluar dari website tersebut, ketimbang menunggu sampai loading sempurna dan konten dalam web tampil.

Sebagian besar orang akan melakukan seperti itu dibanding harus bersabar menunggu. Jadi, sebegitu pentingnya kecepatan sebuah website.

Selain yang telah disebutkan di atas, banyak hal yang membuat pentingnya kecepatan sebuah website. Mari simak faktor-faktor yang membuat pentingnya kecepatan sebuah website berikut :

Mengurangi angka bounce rate

Bounce rate merupakan persentase pengunjung yang meninggalkan website setelah membuka satu halaman pada website tanpa melakukan tindakan apapun.

Website yang loadingnya lambat membuat orang mudah meninggalkannya tanpa sempat melakukan tindakan apapun, karena sifat dasar manusia yang tidak sabaran menunggu dan mudah merasa jengkel.

Akibatnya, angka bounce rate pun tinggi dan tentunya tidak baik bagi sebuah website. Hal ini berlaku untuk website penyedia informasi maupun website untuk berjualan.

Untuk website penyedia informasi, pengunjung akan beralih ke website lain yang mampu menyediakan informasi lebih cepat.

Sedangkan untuk website untuk berjualan (toko online), membuat pengunjung yang merupakan calon pembeli mengurungkan niatnya untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

Pengunjung tidak mengunjungi kembali website

Kesan pertama yang dirasakan pengunjung ketika mengunjungi website yang lambat adalah buruk.

Oleh karena itu setelah sekali mengunjungi website Anda dan ternyata loadingnya lambat, pengunjung tidak akan kembali mengunjunginya.

Ini tentu saja membuat performa dan penilaian pengunjung yang jelek terhadap website Anda.

Meningkatkan ranking pada Google

Google merupakan search engine yang paling banyak digunakan orang di dunia. Banyak pemilik website yang berlomba-lomba agar website miliknya bisa tampil di halaman pertama pencarian.

Banyak faktor yang digunakan Google untuk menampilkan sebuah website pada halaman pertama pencarian. Salah satu faktornya yaitu kecepatan sebuah website.

Semakin cepat loading sebuah website, penilaian dan ranking pada Google pun semakin tinggi.

Dampaknya, website tersebut dapat muncul pada halaman awal-awal pencarian Google. Hal ini tentu saja membuat reputasi yang baik bagi website Anda. Begitu pula sebaliknya.

Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Website

Website yang cepat membuat reputasi website menjadi bagus. Website akan muncul pada halaman awal pencarian search engine.

Pun menjadi dikunjungi lebih banyak orang. Nah, setelah mengetahui begitu pentingnya kecepatan sebuah website, lantas faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan sebuah website?

Faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan website antara lain:

  • Server hosting yang digunakan (jenis, spesifikasi, lokasi, dsb.)
  • Penggunaan plugin pada website yang tidak sesuai dengan kapasitas server hosting
  • Tema yang digunakan pada website terlalu berat
  • Adanya gambar, video, atau file multimedia lain yang ukurannya terlalu besar
  • Source code yang digunakan
  • Koneksi internet

Baca Juga : Penyebab Website Lambat Diakses

Tool Gratis untuk Cek Kecepatan Website

Untuk bisa mengetahui kecepatan sebuah web gunakan beberapa tools gratis berikut ini :

Google Analytics

Google Analytics
Google Analytics

Google Analytics merupakan salah satu layanan Google yang serbaguna. Anda bisa menggunakannya untuk memantau real time website, demografi pengunjung, perilaku pengunjung, trafik, hingga kecepatan website.

Caranya pun cukup mudah, Anda bisa memilih menu Site Speed untuk mengecek kecepatan website milik Anda.

Data yang dapat Anda peroleh dari tool ini berupa laporan tentang rata-rata waktu loading website, waktu download halaman, waktu respon server, hingga kecepatan website berdasarkan browser dan halaman.

Anda juga dapat mencari waktu loading setiap halaman. Selain itu, Anda bisa mendapatkan tips dan saran terkait waktu ideal loading pada menu Speed Suggestions.

Anda dapat menerapkan  saran yang diberikan agar waktu load website lebih cepat atau meningkat.

Google PageSpeed Insight

Google PageSpeed Insight
Google PageSpeed Insight

Satu lagi tool untuk mengecek kecepatan website dari Google, yaitu Google PageSpeed Insight.

Tool gratis ini dianggap paling lengkap dan akurat jika dibandingkan dengan tool cek kecepatan website lainnya.

Hal ini karena Google PageSpeed Insight merupakan tool buatan Google sendiri, otomatis indikator yang dibuat pun disesuaikan dengan standar Google.

Cara menggunakan tool ini pun terbilang mudah. Anda cukup membuka website Google PageSpeed Insight, kemudian masukkan alamat website yang ingin Anda ukur kecepatannya.

Lalu klik Analyze dan akan segera mendapat hasil analisis mengenai website Anda. Saat hasil analisa muncul, nilai terkait kecepatan website juga muncul.

Rentang nilai pada  tool ini yaitu 0-100, dimana website dianggap cepat apabila nilainya 90-100.

Selain nilai, ada 6 data hasli yang perlu dianalisis lebih lanjut. Keenam data tersebut berupa field data, origin summary, lab data, opportunities, diagnostics, dan passed audits.

Pada field data dan opportunities, hasil yang muncul merupakan data kecepatan website berdasarkan teks, gambar, maupun video yang pertama muncul setelah membuka website tersebut serta kecepatan jarak antara klik yang dilakukan pengunjung dan respon browser dalam menanggapinya.

Pada lab data, hampir mirip dengan sebelumnya, namun yang dianalisis lebih banyak dan lengkap.

Kemudian pada passed audit akan menampilkan langkah-langkah optimasi website yang sudah berhasil dilakukan.

Pingdom

Pingdom
Pingdom

Tool lain yang bisa Anda gunakan untuk mengetes kecepatan website adalah Pingdom.

Pingdom menyediakan versi gratis dan versi berbayar, dimana versi berbayar menyediakan fitur yang lebih lengkap seperti visitor insight, uptime monitoring, dan masih banyak lagi.

Untuk versi gratisnya, tool ini sudah cukup membantu dalam cek kecepatan website. Pingdom mampu menganalisa kecepatan hingga performa website Anda secara terperinci dan menyeluruh.

Apalagi tool ini dapat digunakan untuk cek kecepatan website hingga 70 lokasi yang berbeda. Menakjubkan sekali, kan?

Dari hasil tes menggunakan tool ini, akan diperoleh data berupa performa dari website juga hal-hal yang menyebabkan kecepatan website Anda berkurang.

Cara mengecek menggunakan tool ini pun mudah. Anda tinggal membuka website Pingdom. Kemudian masukkan alamat website dan pilih lokasi pengecekan.

Klik start test, dan tak perlu menunggu waktu lama, hanya sekitar 1 menit, Anda sudah bisa mendapatkan hasilnya.

Hasil pengecekan menggunakan tool ini yaitu berupa nilai performa website dari 0 hingga 100 dan juga tersedia detail hasil pengecekan tersebut.

GTmetrix

GTmetrix
GTmetrix

GTmetrix, merupakan salah satu tool untuk mengecek website yang perlu Anda coba. Selain Pingdom, tool ini termasuk yang paling banyak digunakan untuk mengecek kecepatan website. Tool ini cukup mudah digunakan untuk pemula.

Anda bisa menggunakan GTmetrix versi gratis maupun premium yang berbayar tergantung kebutuhan. Versi premium memang menyediakan fitur yang lebih lengkap. Namun,bagi sebagian orang versi gratis pun sudah dianggap cukup lengkap.

Cara cek kecepatan menggunakan GTmetrix sangat mudah. Anda hanya perlu memasukkan alamat website yang ingin dicek kemudian klik test your site. Hasil pengecekan pun segera tampil.

Bagi ANda yang memiliki akun, Anda bisa mengecek kecepatan website dari berbagai lokasi seperti Hongkong, Sydney Australia, Mumbai India, London UK, hingga Dallas USA.

Hasil pengecekan berupa ringkasan beberapa indikator tentang performa website Anda. Menariknya lagi, Anda bisa melakukan pengecekan koneksi.

Anda bisa mencoba menggunakan koneksi yang kuat hingga lemah. Tujuannya yaitu untuk mengetahui seperti apa performa website Anda pada kecepatan koneksi yang berbeda, dari yang kuat hingga lemah.

Geek Flare

Geek Flare
Geek Flare

Mirip dengan berbagai tool lainnya, Geek Flare juga memberikan layanan memudahkan yang Anda untuk mengecek kecepatan website.

Anda dapat menggunakan tool ini secara online dan gratis. Kabar baiknya lagi, tool ini bisa digunakan melalui desktop maupun android melalui smartphone.

Selain itu Anda juga dapat melakukan pengecekan pada beberapa lokasi yang berbeda.

Caranya juga mirip dengan tool lainnya. Anda perlu mengunjungi situs ini terlebih dahulu. Kemudian masukkan alamat website dan klik run test.

Tak lama, hasil pengecekan pun akan keluar. Hasil yang didapat yaitu laporan tentang skor kecepatan website, ukuran halaman, dan sebagainya. Hasil laporan tersebut cukup mudah untuk dipahami.

Web Page Analyzer

Web Page Analyzer
Web Page Analyzer

Tool satu ini merupakan salah satu tool untuk mengecek kecepatan website yang usianya termasuk tua. Tool ini sudah ada sejak tahun 2003.

Meskipun begitu, jangan salah, tool ini masih tetap bisa digunakan dengan baik hingga sekarang.

Jika dilihat tampilan tool ini cukup penuh, tidak sesederhana tool lainnya. Namun, melakukan pengecekan dengan tool ini ternyata juga mudah, seperti pada tool lainnya.

Anda hanya perlu memasukkan alamat website yang akan dicek. Kemudian klik submit query dan tanpa menunggu lama, hasil pengecekan pun dapat diketahui.

Pengecekan kecepatan menggunakan tool ini berdasarkan 11 aspek indikator. Hasil pengecekan yaitu berupa data terkait ukuran halaman website, kecepatan website, dan sebagainya.

Menariknya, Anda juga akan mendapat saran dan rekomendasi terkait hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan performa website.

KeyCDN

KeyCDN
KeyCDN

KeyCDN merupakan satu diantara sekian banyak tool untuk cek kecepatan website. Tool ini praktis dan sangat mudah digunakan. Selain itu tool ini gratis, lho.

Meskipun begitu, KeyCDN juga menyediakan versi berbayar yang dilengkapi fitur lebih banyak.

Tool satu ini menarik, karena ketika Anda ingin mengecek kecepatan website, Anda tinggal memasukkan alamat website dan memilih lokasi pengecekan.

Hasil pengecekan pun akan segera muncul. Ada 14 lokasi yang dapat Anda pilih untuk melakukan pengecekan.

Selain yang telah disebutkan di atas, KeyCDN juga dapat mengaktifkan attack tester, ini tentunya untuk menjamin keamanan website Anda.

Hal menarik lainyya dari tool ini yaitu mampu menampilkan hal-hal yang perlu diperbaiki untuk menaikkan performa website Anda.

WebPageTest

WebPageTest
WebPageTest

WebPageTest adalah salah satu tool untuk mengecek kecepatan suatu website. Meskipun tampilannya terlihat kuno dan kurang menarik, kemampuan tool satu ini tak diragukan lagi.

Tool ini menyediakan berbagai pilihan pengecekan, mulai dari pengecekan yang sederhana hingga pengecekan tingkat lanjut yang sangat lengkap.

Selain itu, fitur lain yang ditawarkan tool ini pun menarik. Anda bisa melakukan pengecekan dengan tool ini melalui berbagai macam browser.

Begitu juga dengan lokasi pengecekan. Anda bisa memilih berbagai lokasi pengecekan yang Anda inginkan. Tak hanya melalui desktop, Anda juga bisa melakukan pengecekan menggunakan smartphone.

Cara melakukan pengecekan website pun terbilang mudah. Anda perlu menuliskan alamat website, memilih lokasi pengecekan yang diinginkan, jiga memilih browser apa yang ingin digunakan.

Kemudian klik start test, dan hasil pun akan tampil. Hasilnya berupa kecepatan website hingga saran yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan website.

k6

k6
k6

K6 adalah updatean dari  LoadImpact. Bila LoadImpact menyediakan layanan pengecekan secara gratis, K6 pun demikian, bedanya fitur yang ditawarkan terbatas. Apabila Anda menginginkan fitur yang lengkap, bisa menggunakan versi berbayarnya.

K6 merupakan tool cek kecepatan website yang basisnya adalah cloud. Dengan tool ini selain mengecek kecepatan website, ada beberapa fitur menarik yang ditawarkan.

Diantaranya yaitu Anda dapat melakukan pemantauan kinerja website juga mengetahui kendala-kendala pada website.

Chrome DevTools

Chrome DevTools
Chrome DevTools

Tool untuk mengecek kecepatan website satu ini merupakan bawaan dari browser Chrome. Namun, tool ini biasa digunakan para developer, bukan pengguna website biasa apalagi pemula.

Jika dibanding dengan tool lainnya penggunaan tool ini memang terlihat lebih rumit.

Para developer lebih memilih menggunakan tool ini karena efektivitasnya dan aksesnya dalam melakukan uji coba yang dianggap mudah.

Jika Anda ingin mencoba tool ini, Anda bisa menekan Ctrl+Shift+I, lalu cek kecepatan situs Anda. Tak berapa lama hasil pengecekan pun muncul.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai Tool Gratis Untuk Cek Kecepatan Website Yang Wajib Dicoba. Semoga bermanfaat.

Also Read

Leave a Comment