11 Dampak Blog Bila Artikel Hasil Copy Paste dan di Copy Paste

Jokowarinoblog.com – Semua blogger pasti marah kalau artikel konten-nya di copy paste orang tanpa izin. Logis-nya adalah sudah menulis berjam-jam, ending-nya malah dicuri orang. Tentu, marah dan kecewa merupakan hal yang wajar.

Masih banyak blogger tidak mengetahui efek negatif blog jika artikel hasil copy paste dan di copy paste orang. Hanya karena ingin memiliki banyak artikel, cara instan juga dipakai.

Padahal, teknik copy paste merugikan semuanya. Baik website sendiri maupun situs milik orang.

Dampak Blog Jika Artikel Hasil Copy Paste

Berikut ini, kami rilis dampak negatif jika artikel blog hasil copy paste dari artikel blog lain tanpa izin, yaitu:

1). Alamat URL Musnah

Jika anda copy paste artikel orang tanpa izin, blog akan dilaporkan ke Google oleh pemilik artikel.

Jika ini anda lakukan terus menerus, alamat URL blog anda akan hilang dari peredaran dan tidak bisa didaftarkan kembali.

2). Dapat Citra Buruk Google

Copy paste artikel tanpa menyertakan sumber yang asli, memancing Google merayapi web menggunakan Google Boot.

Jika terbukti bersalah, blog anda mendapatkan kesan buruk darinya. Efeknya, Google akan menghapus website secara permanen.

Citra ini tidak hanya dari Google tetapi juga dari blogger lain. Bahkan, sebagian besar mereka akan share blog anda agar di-bully beramai-ramai. Akibatnya, pelaporan semakin banyak, banned blog semakin cepat.

3). Mendapat Teguran Dari Google

Jika pelanggaran masih awal, paling blogger mendapat teguran dari Google. Biasanya melalui email yang didaftarkan.

Bentuk tegurannya adalah instruksi untuk mengubah artikel agar tidak sama persis dengan artikel lain.

4). Artikel Atau Postingan Blog Akan Di Hapus

Dampak selanjutnya adalah artikel hilang dari peredaran. Hal ini disebabkan oleh pihak Google melakukan penghapusan indeks artikel secara penuh. Maka dari itu, jangan harap artikel copy paste muncul di search engine.

5). Blog Akan Di Hapus

Jika pelanggaran sudah kronis, Google tidak segan menghapus blog. Biodata anda akan di backlist sebagai akun terlarang.

Efeknya, anda tidak bisa membuat blog jenis apapun di internet. Singkatnya adalah ketahuan copy paste, siap dipecat jadi blogger.

6). Blog Tidak Bisa Di Kaitkan Ke AdSense

Faktor penting diterimanya blog oleh Adsense adalah kebijakan Google tidak dilanggar. Jika satu saja pelanggaran, AdSense akan menolak blog. Efeknya adalah, blog berpeluang kecil mendapat penghasilan dari iklan.

Baca Juga : Cara Pemasaran Blog Marketing

Dampak Blog Jika Artikel Di Copy Paste

Efek copy paste artikel tidak hanya buruk bagi blog pelaku tetapi juga negatif bagi blog yang asli.

Maka dari itu, jika menemukan gejala segera laporkan agar blog tidak terkena imbasnya. Ini dia imbas-imbas negatif tersebut, yaitu:

1). Terkena Duplikat / Plagiat Konten Google

Imbas pertama adalah blog terkena gejala plagiat konten. Karena perayapan Google menemukan kesamaan satu artikel di dua blog. Jika blogger pemilik tidak melaporkan, kedua-duanya mendapat citra buruk.

2). Sulit Menembus Page Rank 1 Google

Untuk menempati halaman pertama Google, artikel harus orisinal bebas copas. Maka dari itu, jika artikel di copy orang segera laporkan. Jika tidak semua usaha menaikkan traffic dan rating akan sia-sia.

3). Menurunnya Jumlah Pengunjung di Blog

Blog yang terindikasi plagiat baik pelaku maupun korban akan mendapat citra buruk pengunjung. Dampaknya adalah posisi Rank Google menurun karena viewer berkurang.

4). Hilangnya Kepercayaan Pembaca

Biasanya, orang yang mahir copy paste artikel bisa mengedit tanggal kejadian. Durasinya dibuat lebih lama dibandingkan tanggal artikel yang asli.

Tujuannya adalah mengalihkan pengunjung bahwa artikel dialah yang orisinal. Sedangkan yang copas adalah anda.

Peristiwa ini tentunya menimbulkan penurunan kepercayaan pembaca kepada Anda. padahal andalah penulis artikel yang asli.

5). Kehilangan Loyalitas Viewer

Keinginan blogger adalah memiliki pengunjung yang loyal. Namun, impian tersebut tidak akan tercapai, jika pengunjung masuk dua blog berbeda malah menemukan satu artikel yang sama. Akibatnya, pengunjung akan meninggalkan keduanya.

Kalau pengunjung tidak loyal pada blogger, blog akan segera bubar. Bahkan, anda malas untuk mengelolanya akibat sepinya viewer.

Demikian efek dari blog yang artikel konten-nya hasil copy paste dan blog yang artikelnya di copy paste. Kedua-duanya mendapatkan efek negatif dan citra buruk hingga banned permanen dari Google.

Maka dari itu, bagi penyuka copas artikel, hentikan kebiasaan tersebut. Jangan mencari keuntungan dengan cara mencuri artikel orang.

Sedangkan bagi blogger yang artikelnya dicuri blogger lain, segera laporkan kepada pihak Google. Supaya akun-nya dihapus dan blog anda tetap berdiri tegak.

Baca Juga : Cara Membuat Konten Viral

Leave a Comment