3 Dampak Sering Mengganti Theme atau Template Blog

Dampak Sering Mengganti Theme – Blogging merupakan suatu aktivitas di dunia maya yang sering dilakukan dari dulu hingga sekarang.

Karena bagi beberapa orang, blogging dapat menjadi sebuah kanvas kosong yang siap untuk menerima kreatifitas yang dimiliki oleh blogger (orang yang melakukan aktivitas blogging).

Sebut saja salah satu blogger legend dari Indonesia adalah Raditya Dika.

Karena ketekunannya dalam menulis keseharian di blognya, saat ini dia bisa dibilang menjadi public figure sukses yang bermula dari blogging.

Selain untuk menuangkan kreatifitas yang dimiliki oleh seorang blogger, mereka juga ada yang menggantungkan kehidupannya dari aktivitas blogging.

Karena memang tidak bisa dipungkiri apabila blog yang dimiliki telah memiliki traffic yang lumayan maka dapat di monetize dengan google adsense sehingga bisa memberikan pendapatan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari.

Karena dua alasan yang disebutkan itu, maka jumlah blogger semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Apabila blogger sudah menggantungkan hidupnya dari aktivitas bloggingnya, maka tidak menutup kemungkinan dia akan bekerja keras untuk dapat memenuhi target yang ingin dicapainya, seperti mencari backlink, update artikel setiap hari, blogwalking dan lain sebagainnya yang bertujuan untuk Meningkatkan Jumlah Pageview Blog.

Karena mereka selalu bekerja didepan laptop, maka tidak menutup kemungkinan juga bahwa mereka akan merasakan kejenuhan ketika melihat blog yang mereka miliki, belum lagi apabila mereka merasa bahwa blog sebelah templatenya lebih oke dibandingkan dengan blog yang mereka miliki sehingga membuatnya sering mengganti template blog yang mereka miliki.

Mungkin tujuan para blogger mengganti template blognya adalah untuk mencari suasan baru, sehingga para visitornya merasakan kenyaman dan tidak jenuh mencari informasi dari blog yang mereka miliki, namun pada kenyataannya tidak selalu seperti itu.

Terdapat sudut pandang lain yang menyatakan bahwa ketika seorang blogger terlalu sering mengganti templatenya maka hal itu akan berdampak buruk bagi performa blog yang dimilikinya.

Dampak Sering Sengganti Theme atau Template

Penasarankan?

Yuk kita bahas dibawah ini terkait dengan Dampak Sering Mengganti Theme atau Template Blog yang sudah dirangkum pada artikel ini, berikut ulasannya:

1. Terkesan Tidak Professional

Professional dari sebuah blog dapat dilihat dari dua hal, yaitu yang pertama adalah konsistensi dari blog tersebut.

Mayoritas para pembaca di internet akan melihat kekonsistensian sebuah blog salah satunya dari template yang digunakan selain dari topik yang dibahas oleh blog tersebut.

Konsistensian ini bisa sangat mempengaruhi pembaca karena mereka tidak akan terikat pada sebuah blog yang tidak memiliki konsistensi dalam penanganannya.

Konsistensi dari sebuah blog akan mempengaruhi juga kepada hal kedua yang membuatnya sebuah blog dapat dianggap sebagai blog yang professional, yaitu adalah karakter.

Ketika sebuah blog tidak memiliki karakter, maka blog tersebut sangat mudah untuk ditiru ataupun dijiplak oleh blog lainnya sehingga para visitors yang tadinya setia dengan blog yang anda miliki maka akan berpindah ke blog lainnya untuk mencari informasi yang mereka inginkan.

Konsistensi dan karakter merupakan dua hal yang perlu diperhatikan oleh seorang blogger agar dapat membuat blog yang dimilikinya menjadi sebuah blog yang professional dan pada akhirnya akan membuat para pengunjungnya dapat setia untuk mengunjungi blog yang anda miliki.

2. Traffic Blog Menurun

Inilah yang menjadi momok masalah ketika seorang blogger seringkali mengganti template blog yang mereka miliki.

Kenapa bisa?

Ya karena ketika seorang blogger mengganti template tersebut maka blog harus diatur ulang dari widget, plugin, kategori, tata letak dan lain sebagainya sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat blog kembali siap untuk diluncurkan.

Belum lagi setiap hari muncul blog – blog lain yang sudah siap untuk mengambil alih para pengunjung setia blog yang anda miliki.

Para pengunjung setia anda tidak akan segan untuk berpindah kelain hati, apabila mereka merasa tidak nyaman dengan template blog anda yang sering berganti dan membuatnya pusing tujuh keliling ketika menjelajahi blog yang anda miliki.

3. Mempengaruhi SEO Blog

SEO merupakan salah satu hal yang penting ketika seorang blogger menggantungkan kehidupannya dari aktivitas blogging.

Karena dengan SEO ini, blog yang anda miliki memiliki kemungkinan untuk berada di peringkat atas dari mesin pencari Google.

Sering mengganti theme merupakan salah satu kesalahan optimasi seo blogger pemula. Ketika seorang blogger sering mengganti templatenya, maka Google harus merayapu ulang blog yang blogger tersebut miliki, dan menurut informasi, hal tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat SEO blog menjadi 100% optimal.

Belum lagi apabila terjadi ketidakcocokan antara struktur kode httml pada template sebelumnya dengan template yang baru, sehingga hal tersebut akan menyulitkan dan juga membuat blogger kebingungan untuk mengatur ulang template tersebut agar menjadi nyaman kembali untuk dijelajahi.

Sudah pahamkan apa saja dampak buruk yang bisa dirasakan dari seringnya berganti template pada blog yang dimiliki oleh seorang blogger? Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Leave a Comment