6 Faktor Yang Mempengaruhi Harga Emas

Faktor Yang Mempengaruhi Harga Emas – Dalam sebuah seminar Public Gold Indonesia seringkali dijelaskan mengenai berbagai faktor yang ┬ámempengaruhi harga emas di seluruh dunia.

Memang pada umumnya kebanyakan harga dari sebuah emas ini memiliki harga yang sulit untuk ditebak, dikarenakan kebanyakan harga emas itu biasanya naik dan turun.

Tidaka ada orang yang bisa memprediksi ataupun memahami kalau harga emas itu naik atau turun. Akan tetapi ilmu ini anda bisa mempelajari dalam ilmu yang seperti analisis fundamental.

Naik atau turunnya harga emas menjadi sebuah tantangan yang tersendiri buat para investor dalam mencari keuntungan.

Pada hal yang sebenarnya naik turun dari harga emas ini karena memiliki faktor-faktor.

Nah sesuai dengan apa yang sudah dijudulkan dimana kami akan membahas faktor-faktor yang mempengaruhi harga emas.

Faktor Yang Mempengaruhi Harga Emas

Berikut dibawah ini yang merupakan 6 faktor dalam mempengaruhi harga emas.

2. Faktor Supply and Demand

Di seluruh dunia memproduksi emas dengan terbatas dan sulit untuk mendapatkannya. Maka dari itu emas menjadi salah satu komoditas pertambangan yang sangat mahal serta terbatas produksinya.

Nah apabila permintaan emas mendapatkan peningkatan, maka hal ini akan mengakibatkan harga emas yang ada diseluruh dunia akan menjadi lebih kuat.

Begitupun dengan sebaliknya, apabila hal ini menurun maka kebanyakan bank-bank sentral yang ada diseluruh dunia akan mendapatkan pencadangan emas yang menurun.

Tentu saja harga emas juga akan menurun. Oleh karena itu supply dan demand menjadi salah satu faktor yang paling utama apabila harga emas tidak stabil.

2. Faktor Inflasi serta Deflasi

Di berbagai negara yang ada diseluruh pernah mengalami inflasi serta deflasi yang lebih bervariasi. Dimana dalam hal ini hanya tergantung pada kemajuan ataupun peningkatan dari negara tersebut.

Di setiap negara-negara maju memiliki inflasi rata-rata sekitar 2% hingga 3% dalam per tahunnya.

Sementara di berbagai negara-negara yang berkembang memiliki rata-rata sekitar 5% sampai 6% dalam per tahunnya.

Perlu diketahui kalau inflasi itu sangat mempengaruhi suatu harga emas. Ini karena adanya daya beli atau merosotnya nilai mata uang pada nilai suatu jasa atau barang.

Penyebab dari inflasi yaitu disebabkan karena jumlah uang yang telah tersebar terlalu besar.

Sementara untuk deflasi disebabkan karena adanya uang yang tersebar di masyarakat memiliki jumlah yang sedikit. Ini dikarenakan kebanyakan orang lebih memilih bank untuk menyimpan uang.

3. Faktor Ekonomi

Faktor yang berikutnya adalah faktor yang berasal dari perekonomian. Jika diketahui kalau kondisi dari ekonomi yang berada diseluruh dunia dalam keadaan stabil serta meningkat, hal ini akan membuat harga emas menjadi tidak stabil atau naik ataupun turun.

Pada umumnya apabila emas dalam bentuk perhiasan, maka harganya tersebut akan meningkat jika permintaan meningkat.

Begitu juga dengan sebaliknya, jika permintaan menurun maka harga emas pun akan ikut menurun.

Tak hanya itu saja, apabila keadaan ekonomi secara global tidak sesuai, maka akan membuat inflasi menjadi lebih tinggi.

Emas juga bisa menjadi aset apabila tidak terpengaruhi oleh inflasi, serta cenderung diuntungkan.

4. Faktor Politik

Biasanya faktor politik yang mempengaruhi harga emas adalah perseteruan dari setiap negara yang ada diseluruh dunia.

Perseteruan politik tiap negara akan memicu pada sentimeten pasar sehingga bisa menyebabkan berbagai investor membeli suatu emas untuk mengenkripsi asetnya dan sambil menunggu sebuah perkembangan dari politik yang berikutnya.

Initinya para investor akan menjadi panik sehingga mereka memborong berbagai emas dengan jumlah yang besar.

Mungkin anda juga bisa menanganinya dengan cara jangan terlalu panik serta anda juga harus memastikan kalau anda tidak hanya untuk mengikut membeli emas walaupun anda tidak tahu cara untuk menginvestasikan.

Karena menginvestasi emas gampang tapi sulit, maka dari itu anda harus mengetahui cara untuk menginvestasi emas.

Baca Juga : Cara Investasi Emas Batangan Untuk Pemula

5. Faktor Keuangan

Faktor keuangan yang dimaksud ialah penukaran nilai uang dollar. Apabila mata uang USD menjadi lemah, maka ini akan membuat harga emas lebih meningkat.

Dikarenakan berbagai investor akan cenderung dalam menjual USD yang dimilikinya. Dengan demikian mereka bisa mendapatkan emas dalam mengamankan aset kekayaan yang dimilikinya.

Jika harga dollar itu menguat, maka harga emas pun akan meningkat. Tentu saja anda harus mengamati berita dari perkembangan ekonomi pada saat ini, sehingga anda bisa mendapatkan informasi mengenai nilai dari USD.

6. Gejolak Finansial

Gejolak finansial yang seperti krisis moneter dimana ini akan membuat negara Indonesia ataupun negara tetangga mendapatkan harga emas yang sangat meningkat.

Jika kita melihat krisis moneter yang ada di Indonesia pada tahun 1996, harga emas tersebut mencapai Rp 26,000,- per gram.

Kemudian harga emas melambung menjadi lebih tinggi di tahun 1998 dengan harga yang mencapai Rp 145,000 per gram.

Sementara pada tahun 2018 yang lalu harga emas meningkat menjadi lebih tinggi, karena memiliki nilai yang sebesar Rp 600,000 per gram.

Pembahasan yang ada diatas kita bisa simpulkan bahwa, apabila anda ingin menjadi investor maupun pembisnis emas. (Baca : Cara Mendapatkan Investor Bisnis)

Maka alangkah baiknya anda memperhatikan berbagai faktor-faktor yang telah dibahas tadi diatas.

Dengan demikian pembahasan kita kali ini, semoga anda bisa mendapatkan berbagai manfaat.

Leave a Comment