6 Cara Agar Tidak Gagal Dalam Interview Kerja

Cara Agar Tidak Gagal Dalam Interview Kerja – Setiap ingin melamar pekerjaan pasti melalui berbagai proses. Di antaranya adalah interview kerja.

Nah, ini merupakan penentu diterima kerja atau tidak. Maka dari itu, diperlukan tips agar bisa berhasil dalam melakukannya.

Akan tetapi tidak semua orang tahu cara agar tidak gagal saat interview kerja.

Cara Agar Tidak Gagal Dalam Interview Kerja

Maka di bawah ini perlu kiranya dijelaskan tentang hal-hal tersebut. Sehingga nantinya bisa digunakan oleh masyarakat yang sedang mencari pekerjaan. Ini dia caranya:

1. Berpakaian Layaknya Profesional

Cara yang pertama adalah berpakaian layaknya profesional. Jika ini dilakukan peluang diterima kerja dan lulus interview kerja sangat besar. Karena pihak pewawancara menilai si pelamar sebagai insan yang rapi serta memiliki semangat yang tinggi.

Sebaliknya jika berpakaian ala kadarnya saja, tentu peluang lolos interview sangat kecil. Karena si pelamar dianggap tidak memiliki spirit kerja yang bagus. Sedangkan pihak perusahaan tidak suka dengan fresh graduated semacam ini.

Maka dari itu, jika sedang akan melamar kerja dan sudah memasuki tahap interview pastikan pakaian rapi dan parlente. Ini bisa menunjang penampilan serta membuat pihak perusahaan tertarik untuk merekrutnya.

2. Menjabat Tangan Dengan Tegas

Tips yang kedua adalah menjabat tangan dengan tegas. Lakukan saat baru melakukan wawancara maupun saat sudah selesai. Karena ini menandakan kalau si pelamar memiliki keteguhan hati dan tegas.

Pihak perusahaan lebih tertarik dengan pekerja semacam ini. Sehingga peluang bisa lolos wawancara sangat besar. Sebaliknya jika bersalaman saja letoy dan lemah, itu artinya si pelamar memiliki jiwa yang kerdil.

Orang semacam ini tidak akan disukai atasan perusahaan. Karena dia tidak mempunyai jiwa yang kuat untuk melakukan pekerjaan yang nantinya akan ditugaskan kepadanya.

3. Memperkenalkan Diri Secukupnya

Langkah yang selanjutnya agar lolos interview kerja adalah memperkenalkan diri secukupnya. Usahakan tidak berbicara panjang lebar terkait hal ini. Karena bagi pihak pewawancara informasi yang diinginkan adalah pendek saja dan ringkas tetapi jelas.

Semakin banyak mengumbar kata hanya untuk memperkenalkan diri maka waktu interview akan habis. Padahal perkenalan bukan hal penting terkait dalam aktifitas tersebut.

Maka dari itu silakan perkenalkan diri tetapi singkat saja. Selain itu, ini juga menjadi poin bagi pelamar karena dianggap piawai memilah mana perkataan yang perlu diprioritaskan dan mana yang tidak. Ini bisa ditangkap dari durasi pembicaraan Anda.

4. Memahami Posisi yang Dilamar

Pastikan sebelum melamar pekerjaan pelamar sudah mengetahui tentang posisi yang akan ia masuki kelak jika diterima. Ini juga berfungsi untuk mendapatkan keberhasilan ketika saat interview kerja.

Ketika interview tentu salah satu pertanyaannya ialah apa alasan pelamar melamar di perusahaan tersebut. Jika tidak tahu posisi sebelumnya, tentu ini akan menjadi bumerang. Yang ada jawaban asal dan tidak memuaskan si pewawancara.

Atas alasan inilah silakan melamar asalkan pelajari terlebih dahulu posisi yang akan dilamar. Silakan cari informasi sebanyak-banyaknya, sehingga ketika sudah interview bisa menjawab semua pertanyaan dengan baik.

Ini yang membuat peluang lolos interview sangat besar dibandingkan diam saja mengundi nasib. Jadi silakan lamar pekerjaan dan perbanyak belajar.

5. Menjaga Kontak Mata

Cara agar tidak gagal saat interview kerja yang selanjutnya adalah menjaga kontak mata. Jangan sekali-kali menunduk saat sedang wawancara. Pastikan selalu menatap mata si pewawancara dengan fokus. Sekalipun dia seorang perempuan.

Silakan berikan tatapan optimisme kalau bakal lolos di interview tersebut. Sehingga ada kemantapan hati yang bisa menjaga penampilan di depan si pewawancara tetap elegan.

Semuanya diawali dari tatapan mata. Jika lebih sering menunduk berarti si pelamar tidak memiliki keberanian untuk menghadapi orang. Apalagi untuk berkomunikasi dengan klien nantinya. (Baca : Pengertian Komunikasi Bisnis)

Oleh sebab itu, jaga tatapan mata jika ingin lolos wawancara kerja. Memang cara yang sederhana tetapi efeknya sangat besar.

6. Sampaikan Kelebihan Atau Prestasi

Yang selanjutnya adalah tidak malu untuk menyampaikan prestasi atau kelebihan. Karena ini merupakan hal yang paling dicari perusahaan dari para fresh graduated. Bukan tidak mungkin dari prestasi tersebut, si pelamar langsung mendapatkan tempat atau posisi kerja yang sesuai.

Oleh sebab itu, jika sudah ada instruksi atau pertanyaan terkait kelebihan, silakan sampaikan dengan lengkap. Namun pastikan apa yang disampaikan adalah kejujuran. Jangan mengada-ada karena pihak perusahaan bisa menilai dari ucapan kalau Anda berbohong.

Silakan sampaikan apa adanya yang penting itu memang prestasi dan kelebihan Anda. Tidak usah malu jika prestasi sedikit yang penting itu akan menjadi poin Anda bagi pihak pewawancara.

Itulah beberapa cara agar tidak gagal dalam interview kerja. Silakan diterapkan biasanya ada semangat dan optimisme tinggi sejak awal wawancara hingga akhir.

Ini yang terkadang benar-benar membawa kemujuran dengan Anda diterima kerja di perusahaan yang sudah dilamar sebelumnya.

Leave a Comment