4 Hal Wajib Yang Harus diketahui Sebelum Menjadi Youtuber

Hal Wajib Yang Harus diketahui Sebelum Menjadi Youtuber – YouTube sudah menjadi salah satu sumber pencaharian untuk beberapa orang atau yang lebih dikenal dengan panggilan YouTubers.

Jika sudah bisa menjadi mata pencaharian, maka perlu adanya perhatian khusus dalam pengelolaannya.

Sebelum membahas jauh ke bagian pengelolaan, ayo kita fahami hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan dan perlu diketahui sebelum Anda memulai bergentayangan di YouTube sebagai pemilik channel YouTube.

Baca Juga : Cara Membuat Channel Youtube

Hal Wajib Yang Harus diketahui Sebelum Menjadi Youtuber

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai Hal-hal Wajib Yang Harus diketahui Sebelum Menjadi Youtuber. Diantaranya adalah:

1). Konten

Konten merupakan hal penting dalam pengembangan channel YouTube. Untuk beberapa channel, konten menjadi ciri khas nya.

Ada beberapa orang yang mengatakan bahwa konten YouTube harus lebih spesifik tapi menurut penulis bagaimanapun konten yang Anda buat yang penting berkualitas dan milik sendiri.

Karena konten yang spesifik hanya menjadikan ciri khas untuk channel tersebut misalnya game perang, isinya adalah game tentang peperangan tidak ada game yang lain atau konten lain maka ini akan menjadi ciri khas dari channel tersebut.

Adapun kategori konten yang laris adalah sebagai berikut:

  • VLog

Vlog Adalah video log /aktifitas sehari-hari yang menceritakan keceriaan / aktifitas sehari-hari seorang YouTuber.

Hal ini dapat mengundang banyak penonton jika kisah yang diceritakannya menarik.

Banyak orang yang ingin mengetahui aktifitas orang lain dan kesibukan orang lain, hal ini bisa dimanfaatkan dengan menceritakan kehidupan Anda sehari-hari.

  • Tutorial

Tutorial Adalah video yang menceritakan bagaimana mengatasi masalah terhadap suatu program / suatu kesulitan tertentu.

Video ini banyak diminati karena tidak sedikit orang yang memiliki bantuan dalam menyelesaikan suatu masalah yang dihadapinya.

  • Game

Video yang merekam permainan baik online maupun offline.

Dalam kategori ini hanya “KESERUAN” yang membuat penonton tertarik melihat video-video game Anda selanjutnya.

Semakin seru permainan yang Anda bawakan maka semakin seru juga penonton melihatnya.

3 Kategori tersebut adalah kategori yang laris dan selalu bertambah penontonnya dari hari ke hari, walaupun masih banyak lagi kategori yang populer lainnya.

Maka, Anda perlu memiliki pengetahuan yang luas tentang kategori yang dibawakan agar dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh penonton.

Jadi, sebaiknya buatlah konten yang memang Anda kuasai.

Baca Juga : Cara Optimasi Video Youtube Untuk Meningkatkan View

2). Kualitas

Pastikan Anda memahami kualitas video terbaik YouTube mulai dari resolusi, kualitas audio sampai pembawaan gaya bicara.

Seiring berkembangnya zaman, konten yang dibuat pun harus berkualitas tinggi misalnya dari segi video dan audio.

Jika saat ini masih menggunakan kualitas rendah maka akan terlihat jadul dan mengurangi hasrat penonton untuk menonton video-video Anda selanjutnya.

Gampang-gampang susah dalam mengatur kualitas, dalam beberapa kategori misalnya VLog akan sedikit sulit karena kamera yang digunakan untuk merekam harus memiliki kualitas rekaman yang baik dan penggabungan video satu dengan video lainnya harus pas dan memiliki kualitas yang sama karena jika video satu dan video dua memiliki kualitas yang berbeda tentu akan terlihat aneh.

Berbeda dengan video screen recorder misalnya merekam layar komputer / laptop, sedikit lebih mudah dibanding menggabungkan video-video dari kamera.

Pembawaan gaya bicara pun akan mempengaruhi popularitas Anda di Youtube, jika mampu membawa penonton seolah berdiskusi langsung dengan Anda maka Anda berhasil membuat pembicaraan yang berkualitas.

3). Mental

Di dunia online, mental adalah salah satu hal yang sangat penting.

Selain banyak kompetitor, bersiaplah Anda pun akan memiliki haters / orang yang tidak menyukai Anda atau channel Anda.

Misalnya pada kategori VLog, selain menambah fans dan penggemar Anda pun akan memiliki hater atau orang yang tidak menyukai aktifitasi sehari-hari yang Anda bagikan dan banyak dari mereka ang toxic.

Dalam kategori lain pun sama, ada saja yang tidak menyenangi video yang Anda buat walaupun Anda sudah susah payah membuat video sedemikian rupa agar terlihat menarik.

Tidak masalah ada berapa kategori konten dalam channel Youtube Anda karena yang terpenting itu berkualitas, bermanfaat buat orang lain dan tentu harus konten milik sendiri bukan konten orang lain yang diunggah apa lagi kalo diakui itu karya sendiri.

Seperti yang kita ketahui, selalu ada saja yang memberi komentar tidak baik walaupun menurut Anda video yang dibagikan sudah rapih dan disusun sedemikian rupa agar banyak yang menyukai.

Ada juga fitur like dan dislike (jempol keatas dan jempol kebawah) di YouTube, ini akan mempengaruhi mental pemilik video jika banyak yang memberikan jempol kebawah. Bukan soal dewasa atau kekanak-kanakan, ini soal kerja keras.

Karena mengedit video bukanlah hal sepele, memerlukan waktu dan struktur penempatan yang tepat.

Ketika Anda merasa video yang Anda buat sudah baik tapi masih ada aja yang memberikan jempol kebawah, sepertinya kerja keras itu sia-sia.

Ditambah lagi jika Anda memiliki perasaan yang sensitif, hal ini akan sangat mempengaruhi. Sebaiknya, abaikan jempol-jempol ini dan teruslah membuat video yang lebih baik.

4). Alat

Setelah semuanya siap, perhatikanlah alat yang digunakan.

Biasanya untuk mengetahui seberapa bagus kualitas alat yang digunakan ini perlu melihat dari video-video sebelumnya yang telah diunggah ke YouTube.

Dari situ Anda bisa pelajari apa saja yang kurang dan bagaimana kualitas alat yang digunakan. Jika dirasa masih kurang, silahkan upgrade ke tingkat yang lebih baik.

Misalnya dalam kategori VLog, jika dirasa alat yang digunakan masih kurang bagus dan goyang maka perlu tambahan alat agar membuatnya tidak goyang.

Atau dalam kategori tutorial, jika alat perekam layar yang digunakan kurang bagus maka Anda harus menggantinya dengan yang lebih bagus.

Hal ini akan menentukan bagaimana kualitas video Anda di YouTube. Untuk memiliki kualitas video yang bagus tentu memerlukan kualitas alat yang bagus juga.

Baca Juga : Cara Youtuber Menghasilkan Uang

Leave a Comment